gaji housekeeping hotel

Housekeeping hotel merupakan salah satu pekerjaan yang ada di hotel. Gaji housekeeping hotel memiliki angka yang besar, terutama jika bekerja di hotel bintang 5 yang ternama. Profesi satu ini salah satu profesi yang cocok dan wajib dicoba bagi Sedulur yang tertarik dengan sektor pariwisata.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berapa gaji housekeepinghotel yang bisa jadi gambaran Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang tertarik untuk bekerja menjadi housekeeping. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya!

BACA JUGA: Intip Kisaran Gaji Part Time Content Writer di Indonesia 2023!

Apa itu housekeeping hotel?

gaji housekeeping hotel
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan gaji housekeepinghotel, tentu Sedulur harus mengetahui profesi apa housekeepingitu. Housekeeping adalah sebuah manajemen yang bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga.

-->

Misalnya memasak, membersihkan setiap sudut ruangan, mengurus tagihan, dan berbelanja. Housekeeping juga dapat disebut sebuah departemen operasional dalam suatu hotel ataupun apartemen yang mengurus segala kebutuhan hotel terkait dengan perawatan dan kebersihan hotel. Housekeeper yang bertugas pada departemen housekeeping.

Adapun untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai tugas dan tanggung jawab seorang housekeeping Sedulur bisa menyimaknya di bawah. ini Nah, terkait pekerjaan tanggung jawab dan tugas penting untuk diketahui karena akan menjadi ukuran dan indikasi kebaikan dan pencapaian kerja.

Tugas dan tanggung jawab

gaji housekeeping hotel
iStock

Selain tentang gaji housekeeping hotel, Sedulur yang tertarik tentu harus tahu apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang housekeeping. Paling dasar dan pertama, tugas dari housekeeping akan menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi mengenai kamar VIP.

Terutama terkait kamar VIP yang telah di pesan di setiap harinya. Tugas selanjutnya terkait jadwal check-out room. Kemudian laporan akan diteruskan ke masing-masing supervisor. Secara detail, tugas dari housekeeping hotel itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pencatatan dan pemeriksaan barang yang hilang ataupun rusak dan diganti dengan yang baru.
  • Membagi jadwal cleaning supplies ke masing-masing lantai.
  • Membuat laporan jadwal housekeeping evening shift.
  • Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan di waktu sore hingga malam, terutama apabila executive housekeeping sedang tidak ada di tempat.
  • Mengisi buku daftar hadir.

Selain beberapa tugas seorang housekeeping di atas, ada juga tanggung jawab yang harus dipenuhi. Tugas dan tanggung jawab merupakan bagian dari sebuah pekerjaan yang menjadi indikator atau capaian pekerjaan tersebut bisa disebut sukes. Untuk tanggung jawab yang dimaksud, Sedulur bisa menyimaknya di bawah ini:

  • Membersihkan dan memelihara kamar-kamar tamu di seluruh area hotel.
  • Menjaga kebersihan secara menyeluruh di area umum hotel.
  • Menjaga kebersihan linen hotel.
  • Membuat laporan status kamar ke bagian front officer.
  • Menjaga peralatan kerja housekeeping dengan baik.
  • Menata kamar supaya terlihat bersih dan indah.

Dalam menjalankan beberapa tugas dan tanggung jawab tersebut seorang housekeeping tentunya akan diberi upah atau gaji setiap bulannya. Upat atau gaji yang diterima setiap bulannya merupakan hasil dari melakukan tugas dan menuntaskan tanggung jawab.

Langsung saja ke pembahasan utama terkait gaji housekeeping hotel, berikut adalah gaji housekeeping hotel bintang 3 sampai bintang 5 di Indonesia. Bagi Sedulur yang penasaran berapa gajinya Sedulur bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Besaran Gaji Pelayaran di Indonesia Sangat Menggiurkan

Gaji housekeeping hotel bintang 3

iStock

Gaji housekeeping tentunya akan berbeda setiap hotelnya, semakin bagus hotel tempat housekeeping tersebut bekerja maka gaji nya akan semakin besar, untuk gaji perbulan dari seorang housekeeping hotel bintang 3 yaitu mendapatkan gaji sebesar Rp 2.100.000 juta perbulan.

Dan untuk posisi Executive Housekeeper mendapatkan gaji sebesar Rp 3.100.000 juta perbulan. Gaji yang terbilang tinggi, bisa lebih tinggi jika hotelnya ternama dan dikenal baik. Selain itu, kenaikan gaji juga biasanya terjadi berkaitan dengan penambahan tugas dan tanggung jawab.

Gaji housekeeping hotel bintang 4

iStock

Berikutnya adalah gaji housekeeping hotel bintang 4, untuk besaran gaji setiap bulannya akan mendapatkan gaji sebesar Rp 3.100.000 juta perbulan, dan untuk posisi Executive Housekeeper akan mendapatkan gaji perbulan sebesar Rp 5.100.000 juta perbulan.

Gaji housekeeping hotel bintang 5

iStock

Gaji housekeeping yang terakhir adalah gaji housekeeping hotel bintang 5, untuk besaran gaji nya yaitu sebesar Rp 4.600.000 juta perbulan, dan untuk posisi Executive Housekeeper akan mendapat gaji sebesar Rp 6.200.000 juta perbulan.

Nah itulah penjelasan dan daftar gaji housekeeping hotel di berbagai jenis bintang, ditambah dengan penjelasan tentang pekerjaan housekeeping dan tugas dan tanggung jawabnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan dapat memberikan motivasi untuk bekerja di bidang pariwisata.

Ada banyak jenis motivasi yang bisa didapatkan, salah satunya dengan mengetahui tugas dan fungsinya, terutama mengetahui jumlah gaji yang didapatkan. Apapun jenis pekerjaannya, jujur, disiplin dan memberikan hal yang terbaik adalah kunci untuk mendapatkan karir dan pekerjaan yang sukses.