gaji staf admin indonesia

Di tengah era digital saat ini, ada banyak pekerjaan yang berkaitan dengan sistem online. Salah satunya yaitu admin online. Bagi Sedulur yang tertarik pada pekerjaan ini tentu penasaran dengan gaji admin online dan tugas-tugasnya di perusahaan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berapa gaji admin online baik itu untuk fresh graduate maupun pekerja yang sudah memiliki pengalaman. Terutama gaji admin yang ada di Indonesia. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA:Pahami Pentingnya Manajemen Waktu untuk Bisnis dan Karir

Apa itu admin online?

gaji admin online
iStock

Staf admin atau admin online adalah pekerjaan yang hampir dibutuhkan oleh semua perusahaan, terutama perusahaan yang memberikan pelayanan. Tidak heran jika banyak lowongan dan posisi yang diberikan untuk menjadi admin.

-->

Sebagaimana namanya, pekerjaan ini bertanggung jawab dan bertugas untuk mengurus administrasi dan segala kebutuhan perusahaan. Pekerjaan admin sendiri sangat beragam saat ini, mulai dari admin online shop, sosial media, purchasing, dan lain sebagainya.

Tentu tiap industri dan bidang admin memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Dari tanggung jawab itulah  yang menentukan besaran gaji seorang staf admin.

Apa saja faktor yang menentukan gaji admin online?

gaji admin online
iStock

Ada beberapa faktor atau beberapa hal yang menentukan gaji admin online itu sendiri. Hampir di setiap jenis pekerjaan, ada beberapa hal yang menentukan standar gaji seorang staf, termasuk staf admin.

Nah, berikut ini beberapa hal yang menjadi dasar dan penjelasan dari staf admin itu sendiri. Yuk, mari langsung saja kita cek!

1. Letak perusahaan

Besaran gaji admin online yang diterima, ditentukan dari letak atau lokasi perusahaan. Hal ini karena dalam menentukan gaji, perusahaan juga perlu mengikuti UMR atau UMK yang berlaku.  Sebagai contoh gaji seorang staf admin di Jakarta tentu akan berbeda dengan staf admin di Makassar.

Hal tersebut disebabkan karena UMR yang berlaku berbeda. Tiap wilayah di Indonesia tentu memiliki besaran gaji staf admin yang berbeda-beda, seperti misalnya di beberapa kota berikut ini:

  • Bandung Rp4.8 juta
  • Jakarta Rp4 juta
  • Bekasi Rp3.7 juta
  • Tangerang Rp 3.5 juta
  • Surabaya Rp3.4 juta

2. Ukuran perusahaan

Hal yang menjadi faktor yang menentukan gaji admin online selanjutnya yaitu ukuran perusahaan itu sendiri. Jika Sedulur bekerja sebagai staf admin di perusahaan yang besar, tentu gaji yang akan Sedulur terima pun besar.

Ditambah jika perusahaan besar dan lokasinya memiliki UMR yang tinggi, tentu gaji yang akan diterima juga akan sangat tinggi dibandingkan dengan admin lainnya. Contoh jika Sedulur bekerja sebagai admin online di perusahaan multinasional yang berlokasi di Jakarta. Tentu gaji yang akan Sedulur terima sangat tinggi.

3. Kualifikasi

Faktor selanjutnya yaitu kualifikasi atau kemampuan diri. Hal ini juga menjadi penentu gaji. Sekalipun Sedulur bekerja di bidang yang sama, di kota yang sama, bahkan perusahaan yang sama. Jika Sedulur memiliki kemampuan yang jadi pembeda, gaji Sedulur juga bisa berbeda dari yang lain.

Selain dari kemampuan, tingkat pendidikan juga menjadi kualifikasi yang diperhitungkan perusahaan dalam menentukan nominal gaji.

4. Pengalaman kerja

Faktor yang paling penting dalam pekerjaan, yaitu pengalaman kerja. Seorang staff admin berpengalaman tentu gajinya akan berbeda dengan staff admin fresh graduate. Jika seorang admin fresh graduate akan mendapatkan gaji sesuai UMR, maka seorang staff admin berpengalaman bisa mendapatkan lebih besar beberapa persennya.

Maka dari itu, saat hendak mendaftar bekerja, pengalaman kerja wajib dimasukkan dalam CV karena hal tersebut akan digunakan sebagai ukuran untuk menentukan gaji seseorang. Semakin berpengalaman seseorang, maka akan semakin tinggi juga gaji yang diterimanya.

BACA JUGA: Tugas, Jenjang Karir dan Gaji Receptionist Hotel Terbaru 2023

Gaji admin online di Indonesia

gaji admin online
iStock

Bukan hanya beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas yang dapat menjadi penentu berbedanya gaji admin online. Salah satu hal yang paling penting adalah perosalan industri. Setiap industri memiliki beban kerja yang berbeda-beda.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas gaji admin online di Indonesia berdasarkan industri yang saat ini ada dan berjalan di Indonesia. Yuk, mari langsung kita simak!

1. Admin online shop

Salah satu yang paling banyak adalah pekerjaan menjadi admin online shop. Karena saat ini perkembangan online shop sangat pesat di Indonesia. Sehingga banyak dibutuhkan.

Jika Sedulur ingin bekerja menjadi admin online shop, kisaran gaji yang bisa Sedulur dapatkan adalah Rp3.500.000-Rp2.500.000. Salah satu kisaran gaji yang cukup tinggi untuk posisi pekerjaan sebagai seorang admin online shop.

2. Admin rumah sakit

Bukan hanya admin online shop, dan hanya bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan admin. Tempat pelayanan masyarakat seperti rumah sakit juga membutuhkan admin. Nah, angka gaji yang diberikan untuk posisi admin rumah sakit terbilang tinggi.

Seorang admin rumah sakit bisa mendapatkan gaji di angka Rp3.600.000 hingga Rp7.500.000. Salah satu penghasilan yang cukup untuk menghidupi

3. Admin sosial media

Selain admin online shop, pekerjaan yang saat ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan adalah admin sosial media. Baik itu sosial media perusahaan, public figure atau bahkan instansi dan lain sebagainya.

Rata-rata seorang admin sosial media mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000. Tentu nominal tersebut kembali lagi kepada perusahaan tempat bekerja. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa gaji seorang admin sangat ditentukan oleh tempat perusahaan dan ukuran perusahaan itu sendiri.

Selain beberapa contoh gaji admin di atas, ada beberapa contoh gaji admin online yang setidaknya ada di Indonesia. Berikut ini daftarnya:

  • Gaji admin support: Untuk posisi admin support, rata-rata gaji adalah Rp3.600.000 per bulan.
  • Gaji admin logistik: Mengutip dari Indeed.com, di Indonesia gaji staff admin logistik adalah sebesar Rp3.600.000 per bulannya.
  • Gaji admin took: Posisi admin toko gajinya berkisar Rp800.000- Rp3.000.000. Besaran gaji tersebut ditentukan oleh seberapa besar toko tersebut.
  • Gaji admin purchasing: Jika Sedulur tertarik menjadi admin purchasing, gaji yang bisa Sedulur dapatkan ada di angka Rp3.900.000 per bulannya.
  • Gaji admin finance: Staff admin finance di Indonesia rata-rata gaji yang didapatkan ada di kisaran Rp3.800.000
  • Gaji admin HRD: Staff admin HRD bisa mendapatkan gaji sebesar Rp4.100.000 per bulan.
  • Gaji admin tambang: Industri tambang diketahui memiliki gaji yang tinggi. Untuk seorang admin tambang, kisaran gaji yang bisa didapat adalah Rp3.600.000-Rp8.000.000.
  • Gaji admin warehouse: Saat ini, kisaran gaji staff admin warehouse atau gudang berada pada range Rp3.400.000.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait informasi gaji admin online di Indonesia. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, yang tengah mencari pekerjaan yang cocok secara penghasilan dan bidang pekerjaan.