cv mahasiswa magang

CV mahasiswa magang menjadi acuan untuk setiap perusahaan, startup atau institusi untuk menerima mahasiswa bekerja magang di tempatnya. Bukan hanya isi dari CV magang mahasiswa yang harus berbobot, namun tampilannya juga harus menarik.

Dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas beberapa referensi CV mahasiswa magang agar bisa jadi acuan Sedulur untuk membuat CV. Namun sebelum masuk ke pembahasannya, kita simak terlebih dahulu tujuan CV itu sebenarnya untuk apa sih?

BACA JUGA: 10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman dan Tipsnya

Tujuan dan Fungsi CV

Deposit Photos

Sebelum masuk ke pembahasan contoh CV magang mahasiswa dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, sebaiknya Sedulur ketahui terlebih dahulu tujuan dan fungsi dari CV itu sendiri. Berikut ini daftar tujuan dari CV untuk mahasiswa magang:

  • Untuk mengetahui riwayat pribadi, tentang pendidikan, pengalaman, keterampilan dan minat.
  • Untuk melamar pekerjaan magang atau pekerjaan tetap.
  • Untuk mendapatkan kriteria pekerjaan yang dibutuhkan.
  • Untuk menunjukan kualitas diri seseorang, agar meyakinkan untuk diterima
  • CV merupakan ringkasan terkait pengalaman kerja dan kemampuan diri.

Selain tujuan di atas, adapun fungsi dari CV adalah sebagai berikut:

  • Memperkenalkan diri kepada perusahaan.
  • Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya.
  • Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.
  • Mengetahui nominal gaji yang layak bagi seorang pelamar.

Nah setelah mengetahui betapa CV memengang peran penting, tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak contoh CV ATS mahasiswa, agar Sedulur bisa mendapatkan fungsi CV yang baik dan mengetahui tujuan sebenarnya.

1. CV tanpa pengalaman kerja

cv mahasiswa magang
Kumparan

Sedulur pasti tahu, tujuan untuk magang adalah agar mendapatkan pengalaman kerja. Jadi ketika nanti lulus, Sedulur bisa lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan. Namun terkadang, membuat CV tanpa pengalaman terlihat seperti percuma.

Tidak perlu berkecil hati, seperti yang Sedulur lihat dalam contoh curriculum vitae mahasiswa magang di atas, kendati pun tanpa pengalaman kerja, Sedulur bisa mencantumkan setiap pengalaman organisasi dan pengalaman sosial lainnya.

Dari pengalaman tersebut akan menunjukan bahwa sebagai seorang mahasiswa, Sedulur aktif dan memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sesuatu. Tujuan utama dari CV adalah memberikan gambaran tentang karakter diri pelamar, terutama tanggung jawab dalam bekerja.

2. CV mahasiswa masih kuliah

99.co

Kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa, biasanya dilakukan saat mahasiswa masih aktif kuliah. Kadang kala, beberapa jurusan mewajibkan setiap mahasiswanya untuk melakukan magang. Bahkan terdapat beberapa jurusan yang menerapkan mata kuliah magang.

Hal tersebut merupakan sebuah terobosan yang baik bagi mahasiswa. Karena dengan mahasiswa mengikuti magang, mahasiswa dapat memiliki pengalaman kerja dan membuat mereka ketika lulus bisa mudah diserap oleh lapangan pekerjaan.

Salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur jadikan sebagai contoh untuk CV seperti yang bisa Sedulur lihat dari desain CV di atas.

3. CV mahasiswa bahasa Inggris

Anak UI

Ada juga contoh CV yang bisa Sedulur jadikan rujukan, yaitu CV dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan CV menggunakan bahasa Inggris dapat memberikan kesempatan bagi Sedulur untuk mendapatkan peluang bekerja magang di perusahaan internasional.

Tentu saja, semakin baik perusahaan tempat Sedulur magang, tentu akan memberikan peluang dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak lagi nantinya. Bagi Sedulur yang kebingungan mencari referensi CV bahasa Inggris, Sedulur bisa melihat contoh CV di atas.

4. CV mahasiswa aktif organisasi

Bikin CV

Jika sebagai mahasiswa Sedulur belum memiliki pengalaman bekerja sedikit pun, tentu Sedulur bisa memanfaatkan pengalaman aktif beroganisasi sebagai referensi untuk dicantumkan pada CV. Dalam setiap open recruitment, selalu disampaikan kesempatan bagi pelamar fresh graduate (baru lulus).

Namun, bagi mahasiswa baru lulus sekalipun, para rekruiter atau HRD pasti akan mempertimbangkan pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan. Salah satunya tentu saja pengalaman dalam berorganisasi di kampus atau selama berkuliah.

Tentu hal ini penting, semakin banyak aktif berorganisasi, semakin baik untuk peluang memberikan pekerjaan magang itu sendiri.

5. CV mahasiswa fotografer

Kumparan

Di era digital dan visual saat ini, dunia fotografi mengalami peningkatan yang pesat. Banyak mahasiswa yang belajar fotografi dan memiliki segudang pengalaman di dunia fotografi. Melalui CV di atas, Sedulur bisa mencantumkan skill dan kemampuan fotografi dalam CV.

6. CV mahasiswa ilmu komputer

Kumparan

Selain fotografi, dunia komputer juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dari contoh CV di atas, Sedulur bisa mencoba membuat CV untuk mendapatkan pekerjaan di bidang komputer.

Terutama bagi mahasiswa yang sedang magang, contoh CV di atas bisa dijadikan referensi untuk melamar pekerjaan saat magang.

7. Contoh CV magang mahasiswa akuntansi

CV mahasiswa magang
Kumparan

Selanjutnya adalah contoh CV untuk mahasiswa akuntansi yang akan magang. Sedulur bisa mencontoh CV di atas, karena dalam contoh di atas, terlihat sangat simple, menarik dan mencantumkan setiap informasi yang dibutuhkan untuk HRD atau rekruiter mengetahui kinerja seorang mahasiswa.

Ditambah lagi posisi menjadi seorang akuntan sangat dibutuhkan di setiap lini pekerjaan, baik itu perusahaan hingga berbagai institusi sangat membutuhkan jasa seorang akuntan. Ketersediaan lapangan untuk bekerja harus dimanfaatkan dengan sangat baik, ya!

8. CV part time mahasiswa

cv mahasiswa magang
99.co

Terakhir adalah contoh CV part time mahasiswa, tujuannya adalah bagi mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan sambilang atau paruh waktu. Contoh di atas bisa Sedulu jadikan patokan. Terdapat beberapa hal penting yang bisa Sedulur cantumkan.

Dalam gambar di atas, Sedulur bisa lihat betapa pengalaman organisasi menjadi hal penting dalam membuat CV.

BACA JUGA: 18 Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Panduan Menyusunnya

Isi yang harus ada di dalam CV

LinovHR

Nah, setelah Sedulur melihat beberapa contoh di atas, tentu Sedulur telah dapat mengambil kesimpulan apa saja yang harus terdapat dalam CV. Namun, agar Sedulur lebih mudah membuat CV mahasiswa untuk organisasi, berikut ini beberapa hal yang penting yang harus ada dalam CV, yaitu:

  1. Identitas diri merupakan bagian penting dan paling pertama yang harus ditunjukan. Identitas seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan email.
  2. Bagian kedua adala isi yang ringkas dan padat yang mencantumkan pengalaman and prestasi yang perlu diketahui.
  3. Data pendidikan merupakan bagian penting yang wajib ada, Bagian penting yang dimaksud adalah seperti mencantukan jurusan, kampus, IPK hingga prestasi akademik lainnya.
  4. Pengalaman organisasi dan magang juga penting untuk dicantumkan. Ini yang akan menjadi modal kamu diterima bekerja atau tidak. Jika bisa sampaikan juga capaian-capaian yang telah dihasilkan.
  5. Prestasi dan skill adalah bagian penting, cantumkan sesuai dengan posisi yang Sedulur lamar. Ini akan sangat membantu HRD atau rekruter menilai kualitas diri.
  6. Sampaikan juga tenang hobi dan minat Sedulur, ini memberikan gambaran apakah posisi yang dipegang cocok dengan hobi atau minat yang dimiliki.
  7. Desain dan tata letak juga menjadi penting. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam contoh di atas, desain sangat membantu untuk HRD atau rekruiter.

Nah Sedulur, itulah beberapa contoh CV mahasiswa magang yang bisa Sedulur jadikan rujukan. Semakin baik dan menarik sebuah CV, semakin membuka peluang untuk diterima, baik untuk magang atau untuk bekerja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.