corporate relations

Apakah Sedulur mengetahui pekerjaan corporate relations? Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Profesi yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan hingga 8% dan menghasilkan 6.300 kesempatan kerja antara tahun 2018 hingga 2028.

Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan perusahaan akan pekerjaan sebagai corporate relations. Karena perusahaan bertujuan untuk mempertahankan hubungan yang baik bersama klien, partner dan konsumen.

Lebih lengkapnya, Sedulur bisa mempelajari pekerjaan satu ini dalam penjelasan di bawah ini. Mulai dari penjelasan terkait tugas, fungsi hingga skill yang dibutuhkan bagi Sedulur yang tertarik untuk bekerja di bidang ini. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Waitress: Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab dan Proyeksi Karir

Apa itu corporate relations?

corporate relations
iStock

Corporate relations merupakan ahli yang bertanggung jawab atas seluruh keperluan promosi dan segala hal terkait public relations perusahaan. Pekerjaan ini bekerja dibidang komunikasi yang secara garis besar memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan:

  • Menulis press release
  • Mengatur jadwal wawancara dewan direksi
  • Bekerja dengan departemen lain untuk memberikan informasi terkait pasar perusahaan

Seorang CR juga bertanggung jawab memberikan citra positif bagi perusahaan dengan cara menepis segala isu yang dapat merusak perkembangan bisnis.

Pada organisasi atau perusahaan yang lebih besar, corporate relations juga harus berurusan dengan wartawan. Mereka perlu memantau berita yang diterbitkan pihak pers tentang perusahaan mereka.

Tugas dan fungsi corporate relations

iStock

Tugas dari corporate relations secara umum yaitu berkaitan dengan media massa. Pekerjaan ini memiliki tugas dan tujuan untuk menyampai berita tentang perusahaa. Karena tanggung jawabnya untuk mengatasi masalah perusahaan.

Citra perusahaan menjadi tujuan yang harus dijaga. Terutama untuk mencegah hal-hal buruk yang terjadi kepada perusahaan. Pekerjaa ini juga memiliki tugas untuk merancang dan mendistribusikan press release. Secara khusus, adapaun tugas dari pekerjaan ini yaitu:

  • Menulis press release dan menyiapkan informasi untuk media.
  • Mengidentifikasi kelompok klien utama dan audiens untuk menentukan cara terbaik untuk menjangkau mereka.
  • Menunjuk juru bicara yang tepat atau sumber informasi untuk pertanyaan media.
  • Mengembangkan citra dan identitas perusahaan.
  • Membantu dan beri tahu eksekutif dan juru bicara perusahaan.
  • Merancang program iklan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

Selain tugas-tugas dari seorang corporate relations di atas, terdapat fungsi yang lebih spesifk bagi seorang corporate relations. Berikut fungsi-fungsinya:

  • Untuk menyempurnakan profil dari perusahaan (corporate branding)
  • Untuk meminimalkan perbedaan antara identitas perusahaan yang diinginkan dan fitur merek dari sebuah produk yang dihasilkan perusahaan
  • Untuk mendelegasikan tugas-tugas dalam komunikasi
  • Untuk merumuskan dan melaksanakan prosedur yang efektif untuk membuat keputusan mengenai urusan komunikasi
  • Untuk menggerakkan dukungan internal dan eksternal demi tujuan-tujuan perusahaan
  • Untuk berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan bisnis internasional

Latar belakang yang dibutuhkan

corporate relations
iStock

Sebelum membahas skill atau kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang corporate relations, Sedulur harus mengetahui latar belakang yang dibutuhkan untuk dapat bekerja menjadi profesi satu ini.

Latar belakang atau backgroun yang dibutuhkan yaitu berlatar belakang pendidikan ilmu komunikasi, jurnalistik dan manajemen. Namun, beberapa perusahan juga mencari seseorang dengan latar belakang administrasi bisnis atau ilmu ekonomi.

Dari latar belakang yang dibutuhkan untuk menjadi seorang corporate relations, secara khusus terdapat beberapa skill dan pengalaman yang diperlukan. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini.

Skill yang dibutuhkan

iStock

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjadi seorang corporate relations, terdapat beberapa skill atau kemampuan khusus yang dibutuhkan. Adapun kemampuan atau skill khusus yang dibutuhkan corporate relations yaitu sebagai berikut:

1. Public speaking

Skill untuk menjadi seorang corporate relations yang perlu dimiliki pertama yaitu kemampuan oblik speaking. Karena tugasnya berkaitan erat dengan media dan publik. Bahkan seringkali profesi ini bertugas sebagai seorang juru bicara perusahaan.

Maka dari itu, kemampuan public speaking perlu ditingkatkan dan diasah lagi. Kemampuan public speaking akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan media dan publik dengan baik.

2. Kemampuan menulis

Menjadi seorang corporate relations juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Salah satu tugas dari profesi ini adalah membuat press release perusahaan untuk media. Untuk bisa membuat press release yang baik tentunya Sedulur harus memiliki kemampuan menulis yang baik.

Tujuannya agar press release perusahaan mudah dibaca dengan informasi menarik dan bisa membuat media tertarik untuk meliput segala hal tentang perusahaan. Maka dengan itu, perusahaan bisa mendapatkan citra positif di masyarakat dan dapat meningkatkan penjualan.

3. Leadership

Seorang corporate relations juga harus memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan yang baik. Karena pekerjaan ini berkaitan dengan divisi lain seperti public relations, marketing, bahkan segala hal yang berkaitan dengan media massa.

Bahkan, kadang akan diberi tugas sebagai pemimpin dalam berja sama untuk membuat strategi komunikasi publik yang baik. Maka dari itu kemampuan leadership atau kepemimpinan yang baik diperlukan agar strategi komunikasi bisa berjalan dengan baik.

4. Problem solving

Seseorang dengan profesi ini sering kali menjadi orang yang mengurus permasalahan perusahaan yang berhubungan dengan publik. Oleh karena itu, Sedulur harus memiliki kemampuan problem solving untuk bisa menjalani profesi ini.

Ada banyak masalah di perusahaan yang perlu diselesaikan, tentu dengan kemampuan problem solving menjadi seorang corporate relations akan terasa lengkap dan dapat berkontribusi besar bagi perusahaan.

5. Kemampuan komunikasi

Kemampuan yang dibutuhkan menjadi seorang corporate relations terakhir yaitu dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, mustahil bisa menjadi seorang corporate relations dengan kemampuan public speaking yang baik.

Karena agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan publik dan media, Sedulur harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

BACA JUGA: Pengertian Sales Admin Beserta Skill, Tugas & Jenjang Karirnya

6. Perencanan dan manajemen krisis

Kemampuan terakhir yaitu kemampuan perencanaan dan manajemen krisis. Pekerjaan apapun membutuhkan kemampuan perencanaan dan bagaimana manajemen krisis untuk keluar dari kondisi buruk. Karena setiap perusahaan memiliki rencana krisis.

Kemampuan ini sangat penting, termasuk kemampuan wajib yang dibutuhkan oleh seseorang yang terjun di dunia kerja. Dalam konteks menjadi seorang corporate relations, kemampuan ini bisa membuat perkembangan karir dan membantu perusahaan atau corporate itu sendiri.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait corporate relations, mulai dari tugas dan fungsi serta bagaimana skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang corporate relations. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami beberapa jenis pekerjaan yang tersedia, ya!