content planner

Content planner merupakan sebuah pilihan karir yang bisa jadi pilihan Sedulur. Pasalnya, pekerjaan satu ini sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Terutama bagi startup dan para selebgram yang memang membutuhkan konten secara berkala untuk berbagai kepentingan.

Nah, dalam kesempatan kali ini akan dibahas bersama terkait content planner. Mulai dari pengertian, tugas, tanggung jawab hingga skill yang dibutuhkan. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasa di bawah ini!

BACA JUGA: Devops Engineer: Pengertian, Tanggung Jawab & Prospek Karir

Apa itu content planner?

content planner
Zip Recruiter

Content planner adalah mereka yang bertanggung jawab terkait segala hal yang berurusan tentang perencanaan konten. Perencanaan konten dibuat secara menyeluruh dan untuk waktu yang ditentukan secara berkala. Misalkan untuk satu bulan, tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun.

-->

Lebih tepatnya, content planner job description berkaitan tentang rancangan strategi konten yang dibutuhkan. Seseorang yang bekerja di bidang ini akan menerapkan segala strategi dalam bentuk konten yang telah dijadwalkan secara tersusun. Perencanaan yang disusun sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Para perencana konten juga menyiapkan berbagai momentum yang bisa dijadikan sebagai campaign. Misalnya seperti perayaan HUT Republik Indonesia, hingga hari besar keagamaan, atau momentum lainnya.

Tugas dan tanggung jawab

content planner
LinovHR

Setelah mengetahui apa itu content planner media sosial, tentu Sedulur penasaran terkait tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan satu ini.

Secara garis besar, pekerjaan ini mengerjakan segala hal berkaitan dengan konten dan perencanaan konten itu sendiri. Selain itu, konten yang disusun dan direncanakan juga harus berkaitan dengan produk dan campaign yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri.

Lebih jelasnya, Sedulur bisa menyimak penjelasan terkait tugas dan tanggung jawab di bawah ini!

1. Perencanaan konten

content planner
Small Business Trends

Sebagaimana namanya, pekerjaan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang pertama adalah membuat perencanaan konten. Perencanaan dapat dibuat dalam jangka waktu tertentu, misalkan setiap minggu, setiap bulang hingga setahun sekali.

Jangka waktu ini disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil riset yang dilakukan oleh content strategist sebelumnya. Perencanaan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ia harus mempertimbangkan informasi apa yang ingin diterima oleh konsumen dan dalam bentuk apa informasi tersebut disampaikan.

2. Melaksanakan setiap hal yang direncanakan

content planner
Designer Blogs

Tugas dan tanggung jawab kedua yaitu melaksanakan setiap perencanaan yang telah dibuat. Sedulur juga harus memastikan bahwa setiap konten yang dibuat dapat diakses semua orang yang berkaitan dengan digital marketing. Untuk mempermudah, biasanya dibuat kalender editorial konten, agar pelaksanaannya bisa dijalankan dengan baik.

3. Mengawasi konten yang telah dibuat

content planner
Pixel

Setelah membuat perencanaan konten dan kemudian melaksanakan perencanaannya, tugas dan tanggung jawab selanjutnya yaitu dengan mengawasi setiap konten yang telah dibuat berjalan sesuai dengan rencana.

Pengawasan ini penting, terutama untuk hal yang berkaitan dengan evaluasi konten. Evaluasi bisa dilakukan berdasarkan ketepatan konten yang dibuat. Apakah konsumen menerima kontennya dengan baik? Atau apakah kontennya sudah sesuai sasaran.

Oleh karena itu, pengawasan sangat penting dilakukan. Karena dengan melakukan pengawasan, bisa dilakukan evaluasi yang dapat berimbas untuk kualitas konten selanjutnya.

Skill yang dibutuhkan

Deposit Photos

Sedulur bisa lihat contoh content plan social media salah satu brand? Dari setiap konten yang dibuat, Sedulur bisa mempelajari apa sebenarnya pola dari konten brand tersebut secara keseluruhan. Dari hal tersebut, dapat dipahami apa saja skill yang dibutuhkan oleh seorang konten planner.

Namun, untuk memastikan kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang konten planner. Sedulur bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

1. Memahami SWOT

Techarea

Skill yang pertama kali harus dimiliki oleh seorang konten planner adalah kemampuan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri merupakan teknik perencanaan strategis yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terkait persaingan bisnis dan perencanaan konten.

2. Kreatif dan inovatif

JUST Creative

Coba Sedulur lihat beberapa contoh content plan instagram dari beberapa brand yang menarik. Dalam konten-konten tersebut terlihat kreatifitas dari seorang perancang konten. Maka dari itu, kemampuan yang sangat wajib dimiliki adalah kreatifitas serta tentu saja mengetahui segala cara membuat content plan itu sendiri.

3. Memahami tren

National Today

Ini juga merupakan syarat mutlak terkait skill yang dibutuhkan seorang content planner instagram atau medsos lainnya. Dengan memahami tren dan mengikuti momentum-momentum yang terjadi, dapat membuat Sedulur bisa membuat konten yang tepat sasaran.

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

Berapa gaji content planner?

Zip Recruiter

Tentu dari semua penjelasan di atas, hal yang paling membuat Sedulur penasaran adalah gaji content planner. Terkait ini tentu saja setiap perusahaan atau startup memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ditambah lagi kualitas dan pengalaman kerja dari content planner itu sendiri mempengaruhi jumlah gaji yang bisa didapatkan.

Namun, rata-rata secara umum, pekerjaan ini dapat memberikan gaji dengan kisaran Rp 2.500.000 hingga Rp 9.000.000. Tentu bisa lebih besar dari kisaran gaji yang disampaikan tersebut. Karena, semakin banyak konten yang dibuat, semakin lama pengalaman bekerja juga turut mempengaruhi gaji yang akan diterima.

Nah, itulah penjelasan terkait content planner, dari penjelasan di atas kini Sedulur telah paham pekerjaan satu ini. Barangkali pekerjaan ini bisa jadi salah satu rekomendasi karir yang bisa jadi pilihan Sedulur. Terutama di era digital ini, jenis pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, baik pemerintahan maupun perusahaan dan startup.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.