cara menjadi influencer

Influencer menjadi salah satu profesi yang cukup populer di era digital sekarang ini. Pekerjaan yang berbasis pada sosial media ini, ternyata tak bisa dianggap sebelah mata karena bisa memiliki potensi gaji yang begitu besar. Tidak heran banyak orang yang berusaha dan berlomba untuk membuat konten agar bisa mendapatkan perhatian banyak orang. Sayangnya, cara menjadi influencer tidak semudah yang dibayangkan.

Perlu Sedulur ketahui bahwa untuk menjadi seorang influencer, diperlukan perencanaan dan konsep yang matang. Sedulur perlu mengetahui siapa target pasar dan bagaimana cara konten-konten tersebut bisa dinikmati dan memberikan dampak positif. Ada cukup banyak jenis konten yang umumnya dibuat oleh seorang influencer, seperti konten bertema gaya hidup, traveling, kecantikan,game hingga masak-masak.

Pekerajaan ini juga begitu diminati karena konten yang diambil bisa sangat sesuai dengan karakter seseorang. Sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan passion, hobi, atau kemampuan yang dimilikinya. Nah, agar Sedulur bisa mengetahui lebih dalam tentang cara menjadi influencer dan seberapa besar potensi pekerjaan ini? Mari simak ulasan lengkapnya berikut!

BACA JUGA: 9 Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula

Apa itu influencer?

cara menjadi influencer
iStock

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh kuat dan besar terhadap followersnya. Mereka cenderung memiliki jumlah pengikut yang besar di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, dan lainnya. Sebagai influencer, mereka dapat mempengaruhi perilaku, opini, dan keputusan pengikut mereka.

Influencer dapat berasal dari berbagai bidang, termasuk fashion, makanan, kecantikan, perjalanan, olahraga, teknologi, dan banyak lagi. Mereka sering kali memiliki gaya dan kepribadian yang menarik, serta kemampuan untuk menciptakan konten menarik dan relevan untuk followers mereka.

Sebuah perusahaan atau merek tertentu sering bekerja sama dengan seorang influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Strategi pemasaran melalui influencer ini disebut pemasaran influencer atau influencer marketing. Dengan memanfaatkan popularitas dan kredibilitas influencer, perusahaan berharap dapat meningkatkan penjualan, dan mencapai target pasar yang lebih luas.

Pembagian jenis influencer

cara menjadi influencer
Unsplash

Jenis

Jumlah followers

Nano influencer

10,000 atau kurang

Micro influencer

10,000 – 100,000

Mid-tier influencer

100,000 – 500,000

Macro influencer

500,000 – 1,000,000

Mega influencer

Lebih dari 1,000,000

Namun, perlu Sedulur pahamahi juga bawa menjadi influencer bukan hanya tentang jumlah followers. Selain Sedulur fokus mendapatkan followers, Sedulur juga harus fokus dalam memberikan konten yang bernilai dan membangun kredibilitas diantara followers Sedulur yang sudah ada. Dengan begitu, jumlah followers Sedulur akan meningkat dengan sendirinya.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Teknologi Informasi Digital yang Menjanjikan di 2023!

Gaji seorang influencer

Unsplash

Membicarakan pendapatan atau gaji seorang influencer, maka jawabannya mungkin cukup tidak bisa diterima oleh orang-orang yang memiliki pemikiran konservatif. Hal ini lantaran seorang influencer bisa mendapatkan gajinya dari tawaran endorsement produk atau bisnis lain, mempromosikan bisnis kepada followers, hingga mungkin mendapatkan tawaran untuk menjadi pembicara di sebuah seminar.

Dari sekian banyak sumber pendapatan influencer itu, seorang infuencer bisa mendapatkan gaji yang berbeda-beda. Dilansir dari Insider, pendapatan influencer Instagram bisa dibedakan menjadi beberapa faktor mulai dari jumlah pengikut, tingkat keterlibatan dengan followers, dan negosiasi dengan merek atau perusahaan tertentu.

Beberapa influencer yang sangat populer dan memiliki jutaan pengikut dapat menghasilkan pendapatan yang sangat besar, sementara yang lain dengan basis pengikut yang lebih kecil mungkin menghasilkan lebih sedikit. Biar Sedulur mendapatkan gambaran umum tentang pendapatan seorang influencer ini, berikut beberapa perkiraan mengenai pendapatan influencer Instagram pada tingkat tertentu:

  • Nano – Mikroinfluencer

Biasanya memiliki 1.000 hingga 100.000 pengikut. Pendapatan rata-rata per posting bisa berkisar dari beberapa ratus ribu hingga jutaan Rupia. Sebagian besar pendapatan mereka berasal dari endorse produk atau layanan, tetapi juga bisa melalui program afiliasi atau donasi dari followers.

  • Mid-tier – Makroinfluencer

Dengan jumlah pengikut antara 100.000 hingga 1 juta. Pendapatan per posting bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta Rupia tergantung pada popularitas dan keterlibatan konten mereka.

  • Mega-influencer

Biasanya memiliki lebih dari 1 juta pengikut. Pendapatan per posting bisa mencapai puluhan juta sampai ratusan juta Rupia atau bahkan lebih, tergantung pada seberapa terkenal dan berpengaruhnya influencer tersebut.

Selain itu, influencer juga bisa mendapatkan pendapatan melalui kemitraan jangka panjang dengan merek, penjualan produk mereka sendiri, pekerjaan sponsor, dan peluang iklan lainnya.

Cara monetisasi Instagram

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa sebelum menjadi influencer Instagram Sedulur harus paham bagaimana cara monetisasinya. Bahkan setelah mengetahui cara menjadi influencer dengan jelas pun akan percuma jika Sedulur tidak bisa menghasilkan uang.

Berikut ini adalah 4 cara untuk monetisasi Intagram:

  1. Afiliasi

Afiliasi merupakan metode monetisasi di mana sebuah merk atau perusahaan akan memberikan beberapa persen dari hasil penjualan produk mereka kepada seseorang yang mempromosikan produk tersebut. Metode afiliasi dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja, influencer kecantikan dapat mengiklankan produk seperti hair removal dan makeup.

  1. Endorsement

Cara selanjutnya Sedulur juga bisa menghasilkan uang dari endorsement. Jika Sedulur ingin menjadi influencer, endorsement akan menjadi salah satu penghasilan utama. Untuk endorsement, Sedulur akan diminta untuk mempromosikan sebuah produk dari merk atau perusahaan di akun Instagram pribadi Sedulur. Ini adalah metode dimana Sedulur bisa mendapatkan imbalan dengan beriklan di akun Sedulur sendiri.

Satu hal yang perlu Sedulur ingat. Dalam mengambil endorsement, Sedulur harus pintar memilah produk. Hal ini dikarenakan produk yang memiliki reputasi buruk justru akan mengurangi tingkat kepercayaan followers. Akibatnya, jumlah followers Sedulur akan terus berkurang. Seberapapun upahnya, pastikan produk yang Sedulur endorse adalah produk yang bagus dan bermanfaat untuk followers.

  1. Menjual Konten

Cara lain untuk menghasilkan uang di Instagram adalah dengan menjual konten Sedulur. Ada kemungkinan konten yang Sedulur post di akun Instagram menarik user lain untuk membelinya, entah itu sebagai aset bisnis ataupun koleksi pribadinya. Tentunya untuk metode monetisasi yang satu ini Sedulur harus memiliki keahlian dan kreatifitas yang tinggi dalam pembuatan konten untuk menarik pembeli.

  1. Menjual produk

Cara lain untuk monetisasi selanjutnya adalah dengan menjual produk sendiri. Cara yang satu ini membutuhkan lebih banyak upaya dan biaya untuk memulainya. Meski begitu, Sedulur akan diuntungkan jika menggunakan metode ini untuk menghasilkan uang di Intagram sebagai influencers.

Meski begitu, karena menjual produk sendiri, bukan produk orang lain, Sedulur harus dapat memahami karakteristik dan daya tarik produk yang dapat memancing minat pengguna lain untuk membelinya. Akan lebih baik lagi jika produk yang Sedulur jual adalah produk yang bermanfaat.

BACA JUGA: Manfaat Influencer Beserta Tips Memilihnya untuk Bisnis

Cara menjadi influencer

cara menjadi influencer
Pexels

Setelah memahami cara memonitasi sosial media dan pembagian jenis influencer, Sedulur sudah siap untuk memasuki pembahasan lebih lanjut tentang cara menjadi influencer khususnya di media sosial. Berikut ini beberapa langkah-langkah dan cara menjadi influencer ini untuk memulai karir Sedulur.

1.  Tentukan segmentasi

Cara menjadi Influencer Instagram yang pertama adalah Sedulur harus menentukan terlebih dahulu, informasi apa yang ingin Sedulur bagikan kepada followers.

Berbeda dengan User pada umumnya, kehidupan Influencer di Instagram akan selalu dipantau oleh banyak orang. Memposting aktivitas sehari-hari di Instagram adalah bagian dari kehidupan influencer. Dengan begitu, sebelum menjadi influencer, Sedulur harus membiasakan diri untuk selalu berbagi informasi yang bermanfaat kepada followers.

Dengan berbagi informasi yang bermanfaat, Sedulur akan membangun kredibilitas dan reputasi yang baik pada akun Instagram Sedulur, sehingga jumlah followers pun akan terus meningkat.

Ketika membagikan suatu informasi, akan lebih baik jika informasi tersebut bersinggungan dengan apa yang pernah Sedulur alami atau lakukan. Dengan begitu, Sedulur bisa lebih percaya diri dan mudah untuk menyampaikannya.

2.  Temukan role model

Setelah Sedulur memutuskan segmentasi, carilah influencer-influencer yang telah berhasil sebelumnya, dan jadikanlah role model. Role model adalah akun lain yang akan menjadi inspirasimu dalam ide konten.

Instagram ingin memberikan informasi yang diinginkan user, dan Sedulur tidak bisa berhasil hanya dengan suatu ide yang terpikir begitu saja. Carilah referensi informasi yang diinginkan user Instagram dari role model tersebut. Jika Sedulur hanya membahas ulang suatu hal yang telah dibahas oleh satu role model, kredibilitas mu akan dipertanyakan. Karena Sedulur hanya mengulangi kata-kata orang lain.

Setidaknya Sedulur harus menemukan 3 role model dengan jumlah pengikut lebih dari 10,000. Satu role model saja tidak dapat memvalidasi informasi yang disampaikan, karena akan terkesan subjektif. Ada pula terlalu banyak role model akan membuatmu kesulitan untuk memutuskan siapa yang harus Sedulur percaya.

3.  Tentukan konsep

Selanjutnya, Sedulur akan memutuskan konsep konten akun Instagram Sedulur. Ketika membuat postingan di Instagram, pastikan Sedulur mengikuti konsep postingan konten sebelumnya, karena itu akan membantu akunmu berkembang dengan lebih efisien.

Dengan bekerja mengikuti konsep, isi konten yang Sedulur buat akan menjadi lebih konsisten dan jelas. Ini akan membuat akunmu jadi lebih dipercayai oleh pengguna Instagram lainnya. Selain itu, dengan menentukan konsep postingan, Sedulur bisa membuat identitas sebagai influencer yang akan membedakanmu dengan kompetitor atau influencer lainnya. Ada pula kualitas konten dan pendapatanmu sebagai influencer akan meningkat.

4.  Buat profil yang menarik

Cara menjadi influencer Instagram selanjutnya adalah, Buat profil Instagram semenarik mungkin untuk target followers Sedulur. Profil Instagram Sedulur adalah faktor yang penting untuk meningkatkan followers, karena journey follower adalah sebagai berikut:

  • Melihat postingan
  • Mengunjungi profil
  • Follow

Dengan kata lain, seberapapun informatifnya postingan Sedulur, jika profil Sedulur tidak menarik, Sedulur tidak akan mendapatkan followers baru. Sebaliknya, profil Instagram yang menarik akan memikat lebih banyak followers, dan mendekatkan langkahmu untuk menjadi influencer.

5.  Buat konten original

Setelah mendesain profil, sekarang saatnya memasuki fase konten. Meskipun terdengar simpel, tapi Sedulur juga tidak boleh sembarangan dalam memposting konten. Ingat, Sedulur bisa membuat konten yang dapat membantu permasalahan user lain.

Bahkan untuk 1 postingan konten saja ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Seperti menyesuaikan formatnya dengan algoritma Instagram atau membuat thumbnail yang menarik. Ketika mempublikasikan postingan, jangan lupa juga untuk mencatat komentar dan kritik dari user lain yang dapat Sedulur gunakan untuk meningkatkan kualitas postingan selanjutnya.

6.  Analisa dan kembangkan konten

Setelah memposting, analisalah “konten apa yang populer?” dan “konten apa yang tidak populer?” sebagai bahan introspeksi. Jika Sedulur tidak menganalisanya, Sedulur tidak akan tahu penyebab kenaikan followersmu, dan Sedulur tidak bisa melangkah maju. Perhatikan metric berikut dalam menganalisa:

  • Kenaikan jumlah followers
  • Save rate
  • Reach
  • Percentage of reach
  • Engagement rate

Metric seperti kenaikan jumlah followers, dan reach, bisa Sedulur dapatkan di Instagram Insight, sedangkan metric lain seperti engagement rate, dan percentage of reach. Analisa dan catat angka-angka tersebut, terutama pada percentage of reach dan save rate yang mempengaruhi algoritma Instagram.

7.  Terima endorsement

Setelah rajin memposting, dan followers meningkat, Cara menjadi influencer selanjutnya mulailah terima endorsement yang masuk. Seperti yang telah kita bahas pada Cara Memonetisasi Instagram, endorsement adalah sumber penghasilan utama influencer.

Seperti yang disebutkan di atas, ada berbagai cara untuk mendapatkan endorsement sebagai influencer. Kalau Sedulur hanya menunggu tawaran datang, mungkin Sedulur akan menunggu cukup lama, jadi cobalah untuk mengambil inisiasi sendiri.

Bergabung dengan sebuah manajemen influencer mungkin adalah cara terbaik, dan termudah. Disamping sedikitnya effort yang perlu Sedulur keluarkan, Sedulur juga akan dimanajeri oleh profesional yang sudah terhubung dengan banyak brand, sehingga yang perlu Sedulur lakukan hanya fokus membuat konten dan menunggu tawaran dari platform tersebut datang.

8.  Ikuti tren

Mengikuti tren adalah cara menjadi influencer harus sedulur lakukan jika ingin mencoba peruntungan di Instagram, Sedulur jangan malas untuk riset mengenai tren yang sedang hangat. Tren ini bukan hanya sekadar tema konten yang perlu dibuat melainkan platform dan bentuk konten. Untuk mencari tren yang akan booming di Indonesia, carilah tren yang terlebih dulu viral di luar negeri, karena tren di Indonesia biasanya akan telat 1-2 bulan mendatang.

9.  Perluas networking

Cara menjadi influencer selanjutnya adalah perluas networking, Bagaimana mau mendapat exposure jika Sedulur tidak memperluas networking alias pergaulan? Untuk memulai menjadi influencer jangan lupa juga untuk sering-sering berinteraksi dengan para influencer. Mungkin untuk zaman sekarang disebut pansos alias panjat sosial. Walaupun pansos berkonotatif negatif, tetapi Sedulur tetap bisa pansos dengan cara yang baik.

Bagaimana caranya? Caperlah dengan para influencer seperti memberikan komen-komen yang postif atau berhubungan dengan kontennya. Carilah topik yang memang menarik untuk dibalas oleh si influencer dan bukan hanya sekadar komentar-komentar tidak penting layaknya bot yang pada akhirnya menjadi menganggu.

10. Lakukan interaksi dengan followers

Sedulur pasti sudah tahu kan apa tugas utama dari seorang influencer? Sudah pasti meng-influence masyarakat dengan hal-hal yang positif. Sedulur akan menjadi icon atau opinion leader dari sesuatu dan sangat berpengaruh pada pengikutmu nanti.

Jadi, cara menjadi influencer selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan mereka dan berikan opini-opinimu sebagai influencer. Ingat, menjadi influencer adalah bentuk komunikasi dua arah sehingga Sedulur tidak bisa mengabaikan para followers jika terjadinya interaksi.

11.  Jaga etika dan tata krama

Seorang influencer merupakan seorang tokoh yang mempengaruhi banyak orang. Influencer sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti seseorang yang mempengaruhi. Mempengaruhi yang dimaksud tentu saja mempengaruhi hal-hal positif. Untuk itu, agar setiap konten influence Sedulur diterima oleh followers. Cara menjadi influencer selanjutnya adalah Sedulur harus menjaga etika dan tata krama dan harus berkelakuan baik.

12.  Konsisten bikin konten

Menjadi Influencer artinya Sedulur harus rutin membuat konten dan menguploadnya. Sedulur juga harus membuat jadwal rutin untuk upload konten. Hal ini agar followers tidak menantikan setiap konten Instagrammu.

Disiplin dan konsisten adalah cara menjadi influencer Instagram agar cepat sukses dan mendapatkan jumlah followers yang menjadi salah satu indikator dan capaian seorang influencer itu sendiri.

Nah, gimana cukup jelas dengan penjelasan cara menjadi influencer di atas? Sedulur langsung tertarik untuk mencoba menjadi influencer dalam waktu dekat? Perlu diingat bahwa menjadi influencer bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan. Karena perlu waktu untuk bisa mendapatkan pengikut dan segmen pasar yang tepat.

Dari penjelasan tentang apa itu influencer dan cara menjadi influencer di atas, juga dapat disimpulkan bahwa pekerjaan ini adalah profesi orang-orang yang memiliki banyak pengikut dan mempengaruhi gaya hidup mereka baik itu di dalam kehidupan nyata maupun sosial media. Namun, untuk menjadi influencer kamu harus fokus untuk mendapatkan kredibilitas dibandingkan jumlah followers.

Membeli followers memang bisa membuat akun Sedulur tampak kredibel. Namun seiring berjalannya waktu, kebenaran akan terungkap, dan followers Sedulur akan menghilang satu demi satu. Untuk menjadi influencer yang sesungguhnya, kamu harus membuat konten yang orang-orang ingin, kemudian analisa dan terus perbaiki untuk jadi lebih baik di konten selanjutnya.