cara membuat digital marketing proposal

Bagi Sedulur yang seorang pekerja di bidang digital marketing, tentu harus mengetahui bagaimana cara membuat proposal campaign digital marketing. Biasanya para kreatif yang bekerja di agensi periklanan tidak asing dengan hal yang terkait ini.

Nah, bagi Sedulur yang baru berkecimpung di dunia digital marketing, tentu harus tahu cara membuat proposal campaign digital marketing. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas terkait campaign digital mareketing itu sendiri. Lantas seperti apa cara membuat proposal campaign digital marketing? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Telemarketing: Definisi, Tugas, Karir dan Skill Wajibnya

Apa itu proposal campaign digital marketing?

cara membuat proposal campaign digital marketing
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat proposal campaign digital marketing, tentu Sedulur harus mengetahui pengertian dari proposal campaign digital marketing. Proposal digital marketing merupakan sebuah alam yang memiliki pengaruh penting.

-->

Terutama di dalam dunia agensi digital, karena proposal akan digunakan sebagai alat untuk menawarkan jasa pemasaran mereka kepada klien yang membutuhkan jasa  digital marketing. Proposal  digital marketing menjadi alat pertimbangan klien untuk memilih agensi mana yang akan mereka percaya untuk bisnis mereka.          

Informasi penting dalam proposan digital marketing

cara membuat proposal campaign digital marketing
iStock

Saat mengetahui cara membuat proposal campaign digital marketing, Sedulur akan mengetahui bahwa terdapat dua informasi penting yang harus ada di proposal. Dua informasi penting tersebut akan mempengaruhi klien dalam mempertimbangkan pilihan mereka. Informasi tersebut adalah:

  • Informasi logistik. Dalam informasi logistik, Sedulur dapat memberikan penjelasan mengenai jenis layanan apa yang ditawarkan seperti pemasaran, manajemen media sosial, SEO, perancangan website dan lain sebagainya.
  • Informasi yang meyakinkan. Dalam hal ini, Sedulur dapat menjelaskan atau membuktikan bagaimana layanan yang ditawarkan dapat bermanfaat bagi klien dan tujuan apa yang akan ditargetkan atau dicapai.

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

Cara membuat proposal campaign digital marketing

cara membuat proposal campaign digital marketing
iStock

Kali ini, kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat proposal campaign digital marketing. Dalam prosesnya, terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu Sedulur lakukan dalam membuat proposal. Langkah-langkah tersebut yaitu:

1. Riset klien

Langkah pertama dalam cara membuat proposal campaign digital marketing, hal yang perlu Sedulur lakukan yaitu riset klien. Lakukan riset terhadap perusahaan mereka mulai dari pahami bisnisnya, tujuan mereka, bagaimana tentang industri perusahaannya, produk/layanan, target pasar mereka dan keuangan masa lalu/saat ini.

Sedulur juga harus memahami apa yang sebenarnya mereka butuhkan untuk mendorong mereka agar mempromosikan bisnisnya melalui pemasaran digital.

2. Membuat deskripsi agensi

Langkah selanjutnya yaitu dengan membuat deskripsi agensi tempat Sedulur bekerja, sertakan juga layanan yang diberikan oleh agensi Sedulur. Pastikan dalam merangkai proposal harus tetap sederhana, jelas dan ringkas serta realistis tentang apa yang dapat Sedulur berikan kepada klien.

3. Menyusun strategi

Kemudian Sedulur bisa menyusun strategi pemasaran yang akan diberikan sebagai layanan utama. Mulai dari prosesnya, alat apa saja yang digunakan sehingga dapat membantu menjelaskan kepada klien bagaimana caranya mengatasi masalah yang mereka hadapi.

4. Cantumkan indikator keberhasilan

Dalam sebuah project, perlu sebuah target yang memiliki indikator keberhasilan yang jelas, seorang digital marketer dapat menjelaskan bagaimana matrik untuk mengukur hasil kerja dari strategi yang sudah disusun sedemikian rupa agar pekerjaan dapat terukur dan transparan.  

5. Cantumkan lingkup pekerjaan

Dalam proposal  digital marketing, Sedulur perlu menyertakan lingkup pekerjaan yang merinci layanan Sedulur untuk memenuhi tuntutan tugas pemasaran yang tidak dimiliki oleh klien namun dibutuhkan untuk perkembangan bisnis mereka. Contohnya seperti pemasaran media sosial, yang mana lingkup pekerjaannya meliputi pembuatan jadwal konten media sosial, mengunggah postingan dan menganalisis matrik.  .

6. Hasil project

Untuk mendapatkan kepercayaan klien, Sedulur dapat memberikan gambaran atas hasil yang akan didapatkan dari tantangan atau kebutuhan klien sehingga memberikan manfaat untuk bisnis mereka. Sedulur dapat menjelaskan solusi yang dapat diberikan.  

7. Cantumkan batas waktu

Dalam pembuatan proposal, Sedulur perlu memberikan perkiraan atau batas waktu apakah calon klien memutuskan untuk melanjutkan proses kontrak atau kerjasama dengan agensi tempat Sedulur bekerja. Sertakan juga perkiraan kerangka waktu seperti jadwal konten media sosial dan konten lainnya berdasarkan manajemen waktu agensi.  

8. Cantumkan biaya dan persyaratan

Penting untuk memberikan rincian perkiraan biaya untuk proyek beserta persyaratan untuk mencapai kesepakatan. Hal yang mungkin dapat disertakan seperti strategi penetapan harga, persyaratan pembayaran, jaminan yang dapat Sedulur berikan maupun situasi yang dapat menimbulkan pemutusan kontrak.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Hal yang dapat dihindari saat membuat proposal

iStock

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur hindari saat membuat proposal campaign digital marketing. Hal-hal yang harus dihindari tersebut yaitu:

  • Informasi yang ambigu sehingga klien sulit memahami
  • Informasi yang terlalu panjang
  • Penyusunan strategi yang tidak realistis

Tips yang perlu diperhatikan

iStock

Agar semakin mudah membuat proposal untuk campaign digital marketing, tentu Sedulur perlu memperhatikan beberapa tips penting. Tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan visual yang menarik seperti infografis untuk menggambarkan poin poin, grafik untuk memvisualisasi data dan gambar agar lebih menarik secara visual
  • Menggunakan huruf dan ukuran huruf yang mudah dibaca
  • Gunakan heading dan subheading untuk membagi teks          
  • Menggunakan desain yang sederhana dan profesional
  • Perhatikan warna yang digunakan

Struktur proposal digital marketing

iStock

Adapun struktur proposal digital marketing yang perlu Sedulur perhatikan saat membuat proposal digital marketing adalah sebagai berikut:

  1. Berisi ringkasan informasi mengenai tujuan agensi, tentang agensi, layanan yang Sedulur tawarkan beserta harganya.
  2. Tentang kami. Berisi informasi detail tentang agensi, layanan, dan pencapaian agensi selama ini untuk membantu meyakinkan klien.
  3. Layanan kami. Berisi layanan yang akan Sedulur berikan dan bagaimana layanan Sedulur dapat membantu menyelesaikan masalah klien untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  4. Investasi atau harga. Berisi informasi secara detail mengenai investasi atau biaya yang perlu dibayarkan terhadap layanan yang disediakan.
  5. Berisi kesimpulan dari proposal dan harapan Sedulur kepada klien untuk langkah selanjutnya. Sertakan ajakan bertindak seperti menghubungi agensi mu untuk mendiskusikan proposal lebih detail dan diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Nah itulah cara membuat proposal campaign digital marketing disertai dengan penjelasan lainnya yang dapat membuat Sedulur lebih paham lagi. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur agar bisa lebih memahami cara kerja agensi berkaitan dengan digital marketing.