cara membuat lamaran kerja pdf lewat hp

Surat lamaran kerja merupakan surat penting, terutama bagi Sedulur yang sedang mencari pekerjaan. Di tengah era teknologi yang saat ini semakin canggih, Sedulur tidak perlu lagi membuat surat lamaran kerja di laptop, karena ada cara membuat lamaran kerja PDF lewat HP yang lebih mudah.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa cara membuat lamaran kerja PDF lewat HP yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak caranya di bawah ini!

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Benar Beserta Contohnya

Cara membuat surat lamaran PDF di HP

cara membuat lamaran kerja pdf lewat hp
Pexels

Langkah pertama tentu saja Sedulur buat dulu format surat lamaran kerja. Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, simpan file tersebut. Pastikan file tersebut mudah ditemukan untuk melalui proses selanjutnya.

Sehingga bisa diproses menjadi PDF melalui HP. Adapun beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

1. Cara membuat surat lamaran PDF lewat HP dengan Microsoft Word

Cara membuat surat lamaran PDF lewat HP bagian inti adalah mengubah file Word tersebut ke PDF secara manual. Berikut ini empat cara mudah membuat surat lamaran PDF lewat HP.

  1. Buka Dokumen CV: Buka dokumen yang ingin Sedulur ubah, lalu klik tab “File”.
  2. Pilih “Save As”: Pilih opsi “Save As” dari daftar di sebelah kiri. Pada opsi Sava As, pilih tempat Sedulur ingin menyimpan PDF (OneDrive, PC, folder tertentu, atau di mana pun).
  3. Pilih PDF: Selanjutnya, klik panah dropdown di sisi kanan kotak “Save as type”, dan pilih “PDF (* .pdf)” dari menu dropdown. Jika sudah selesai, klik tombol “Save”.

Setelah menyimpan PDF, Sedulur akan dikembalikan ke dokumen Word, dan PDF baru akan terbuka secara otomatis di penampil PDF defaultmu.

2. Cara membuat surat lamaran PDF lewat HP dengan Google Drive

Sedulur juga bisa melakukan cara membuat lamaran kerja PDF lewat HP melalui Google Drive, berikut ini langkahnya:

  1. Masuk ke drive.google.com menggunakan akun Google.
  2. Upload file Word yang ingin Sedulur ubah menjadi PDF ke Google Drive.
  3. Buka file yang sudah terupload dengan melakukan double click pada file yang ingin Sedulur ubah formatnya. Klik Open With, kemudian pilih Google Docs. Maka file akan terbuka di tab baru dalam halaman editor Google Docs.
  4. Setelah halaman dokumen terbuka, klik pada File > Download As > pilih PDF Document (.pdf).
  5. Download dan simpan file PDF di folder yang Sedulur inginkan.

3. Cara membuat surat lamaran PDF lewat HP dengan PDF2DOC

Situs atau website PDF2DOC juga bisa jadi pilihan Sedulur. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  1. Buka situs PDF to Doc di URL berikut pdf2doc.com.
  2. Setelah masuk, pada bagian tab, Sedulur pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.
  3. Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan diconvert, Sedulur bisa mengupload banyak file PDF untuk diconvert sekaligus.
  4. Tunggu proses convert sampai selesai.
  5. Kemudian download file yang sudah diconvert tadi dengan klik tombol download atau download all jika sebelumnya Sedulur mengunggah banyak file.

4. Cara membuat surat lamaran PDF lewat HP dengan Smallpdf

Ada juga website Smallpdf, langah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs https://smallpdf.com/word-to-pdf
  2. Drag file Word-mu ke bagian unggah file.
  3. Situs akan secara otomatis memulai proses konversi.
  4. Tunggu konverter selesai mengubah Word ke PDF dan unduh file PDF-mu.

Susuanan surat lamaran PDF di HP

iStock

Selain cara membuat lamaran kerja PDF lewat HP, Sedulur juga harus mengetahui susunan surat lamaran kerja PDF yang dibuat di HP. Adapun susunan lengkap yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Bagian nama dan alamat

Pertama, menuliskan nama penerima surat yang akan dituju dan menuliskan alamat lengkap dari perusahaan. Penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word ini, lengkapi dengan tanggal pembuatan surat lamaran kerja.

Letak dari tanggal pembutaan surat lamaran tersebut biasanya terletak di pojok kanan atas. Apabila Sedulur memang tidak mengetahui nama HRD dari sebuah perusahaan yang dilamar, maka cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar cukup mengosongkannya saja, kemudian bisa diganti dengan menuliskan Yth. Bapak/Ibu.

2. Bagian salam dan pembukaan

Buat kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja. Hal ini tentunya wajib untuk dicantumkan, terutama dari mana mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang dituju.

Baik dari surat kabar, internet, atau mungkin kerabat. Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar selanjutnya, jangan lupa untuk menyebutkan posisi jabatan pekerjaan yang dipilih dalam perusahaan.

3. Bagian biodata lengkap

Di tahap penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word, tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail.

Apabila ingin menulis latar belakang pendidikan, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar cukup menuliskan latar belakang pendidikan tertinggi. Perhatikan baik-baik cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bagian ini.

4. Bagian pemaparan pengalaman

Bagi yang masih berstatus sebagai freshgraduate dan belum memiliki pengalaman kerja, tuliskan pengalaman magang jika pernah magang di sebuah perusahaan. Bisa menuliskan organisasi yang pernah diikuti yang sekiranya bisa menunjang posisi yang lamar. Tuliskan kemampuan yang dibutuhkan dalam perusahaan.

BACA JUGA: 18 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar!

Hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja

iStock

Dalam menulis surat lamaran kerja, perlu diperhatikan juga beberapa hal yang wajib dicantumkan, di antaranya sebagai berikut.

  • Gunakan bahasa formal yang baik dan benar.
  • Jangan bertele-tele. Tulis kalimat yang singkat, padat, dan jelas.
  • Jangan sampai ada salah ketik (typo).
  • Isi data diri beserta informasi dengan jujur dan sesuai keadaan.
  • Pastikan melampirkan berkas-berkas yang diminta dengan lengkap.

Nah itulah beberapa cara membuat lamaran kerja PDF lewat HP yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk lebih mudah membuat surat lamaran kerja, ya!