cara membalas email hrd

Sedulur tengah menunggu email HRD? Jangan lupa, Sedulur harus tahu cara membalas email HRD. Terutama jika email yang dikirim kepada Sedulur merupakan email panggilan wawancara dan tahap seleksi selanjutnya.

Tentu ini merupakan peluang yang baik untuk dimanfaatkan. Maka dari itu, Sedulur harus tahu cara membalas email HRD yang tepat. Sebelum kita membahas cara dan tipsnya, alangkah lebih baik Sedulur ketahui dulu proses rekrutmen kerja melalui email di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Tips Sukses Agar Lolos Wawancara Kerja

Proses rekrutmen kerja melalui email

cara membalas email HRD
Populix

Di era digital saat ini, proses melamar kerja sudah bisa dilakukan dengan mudah. Karena hanya melalui email, Sedulur bisa mengirimkan lamaran kerja ke setiap perusaahaan atau startup yang Sedulur inginkan.

-->

Oleh karena itu, selain cara membalas email HRD, Sedulur juga harus mengetahui beberapa tips dan cara mengirim email untuk melamar kerja. Berikut ini beberapa cara yang perlu Sedulur lakukan:

  • Pastikan alamat email sesuai dengan nama Sedulur.
  • Pastikan berkas lamaran kerjamu tidak lebih dari 1 MB dan mudah diakses.
  • Hindari mengirim berkas lamaran kerja dengan format zip/rar.
  • Gunakan bahasa resmi dan formal. Bahasa santai dan tetap resmi.
  • Jangan lupa untuk menulis subject email dengan jelas.
  • Terakhir, Sedulur bisa gunakan salam, pembuka, isi, dan penutup.

1. Balas email tepat waktu

LinovHR

Cara membalas email yang baik yaitu dengan membalas tepat waktu. Semakin cepat membalas maka semakin baik untuk Sedulur dipanggil. HRD membutuhkan waktu untuk menyiapkan wawancara, terutama jadwal itu sendiri. Maka dari itu, jangan biarkan email dibiarkan secara lama.

Cobalah langsung berikan respons setidaknya dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah menerima email panggilan wawancara kerja.

2. Ucapakan salam di bagian pembuka

cara membalas email HRD
Inspirilo

Sedulur bisa memberikan ucapan salam di bagian pembuka. Ini juga merupakan cara membalas email HRD diterima kerja. Contohnya seperti menggunakan kalimati Kepada Yth Bapak/Ibu. Atau ingin lebih sopan menggunakan bahasa Inggris yaitu Dear hiring manager.

Ini penting untuk menunjukan bahwa Sedulur merupakan pelamar yang sopan dan baik. Karena tidak melewatkan pembuka dan mengucapkan salam.

3. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Deposit Photos

Baik diterima atau cara membalas email HRD ditolak kerja, kamu harus mengucapkan terima kasih. Mengucapkan terima kasih kepada HRT memberikan kesempatan lebih besar, terutama peluang untuk wawancara. Contohnya seperti di bawah ini:

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengikuti interview kerja untuk posisi Content Writer di PT. Krakatau Abadi Jaya”

4. Tunjukan apresiasi

cara membalas emai HRD
Kumparan

Cara membalas email HRD dalam Bahasa Inggris yaitu dengan selalui menunjukan apresiasi. Sopan santu, etika hingga tata bahasa yang baik merupakan bagian dari apresiasi. Tunjukkanlah apresiasi, antusiasme, dan rasa terima kasih kepada recruiter yang telah memberikan kesempatan padamu untuk menghadiri interview kerja di antara pelamar lainnya.

5. Jangan bertele-tele

Segirt

Sedulur harus perhatikan juga, dalam cara membalas email HRD untuk mengirim berkas, jangan bertele-tele. Terutama untuk memberikan konfirmasi terkait undangan wawancara atau interview. Sedulur bisa menyampaikan jawaban yang jelas dan tidak bertele-tele.

Sedulur bisa memberikan jawabannya. Seperti contohnya di bawah ini:

Saya bisa hadir pada sesi wawancara kerja yang telah dijadwalkan pada [hari, waktu, media, atau lokasi yang telah ditentukan]

6. Perhatikan isi tetap profesional

Irisan Senja

Selain mengetahui cara membalas email HRD yang telat, penting bagi Sedulur untuk memperhatikan isi email agar tetap sopan dan profesional. Dari isi ini, HRD akan menilai bahwa Sedulur merupakan seseorang yang berkualitas dari isi email tersebut.

7. Mengatur jadwal wawancara jika tidak sesuai waktunya

cara membalas email HRD
Head Topics

Sedulur juga perlu tahu cara membalas email panggilan interview, terutama jika waktu wawancara tidak cocok dengan waktu yang Sedulur miliki. Sedulur jangan segan untuk meminta penyesuaian waktu.

Sampaikan bahwa Sedulur sangat menantikan kesempatan tersebut, namun jadwal yang dijadwalkan kurang sesuai. Lalu, berikan alternatif waktu kepada HRD untuk dijadwalkan kembali. Setelah itu, kamu bisa menanyakan apakah waktu yang Sedulur usulkan sesuai dengan waktu mereka atau tidak.

8. Balas email interview jika kamu akan menolaknya

Yahoo Berita

Cara membalas email HRD, meskipun Sedulur ingin menolaknya, Sedulur harus tetap membalas email tersebut. Balas dengan memulai untuk menyampaikan perimitaan maaf bahwa Sedulur tidak bisa melanjutkan pada proses wawancara. Tidak perlu dijelaskan secara detail terkait alasannya.

Sedulur bisa to the point dan menyampaikan bahwa tidak bisa ikut melanjutkan proses karena satu dan lain hal. Lebih baik memberikan alasan yang secara general agar pihak HRD tidak bertanya-tanya.

9. Usahakan balas email sesegera mungkin

cara membalas email HRD
GenPI

Sedulur juga harus memperhatikan perihal waktu membalas email. Jika di awal disampaikan untuk membalas tepat waktu, namun alangkah lebih baik untuk membalasnya sesegera mungkin. Sedulur juga bisa mempertimbangkan waktu kerja HRD itu sendiri.

Ini bertujuan agar email balasan Sedulur segera mendapatkan respon atau balasan dari HRD sehingga urusan menjadi lebih jelas.

10. Akhiri email dengan sopan

Deposit Photos

Jangan lupa juga untuk mengakhiri email dengan sopan. Cara membalas email HRD yang paling penting adalah dengan mengakhiri email dengan sopan. Baik untuk memberikan konfirmasi, atau rasa antusias, atau untuk memberi konfirmasi tidak bisa melanjutkan proses.

Pada umumnya, membalas email HRD dengan mengakhiri email dengan sopan tidak berbeda jauh dengan surat resmi atau surat lainnya.

11. Tambahkan informasi kontak di bawah email

cara membalas email HRD
Parboaboa

Patut untuk Sedulur perhatikan, jangan lupa untuk menambahkan informasi kontak yang bisa dihubungi. Sedulur bisa mencantumkan alamat email, nomor telepon dan kontak informasi laiinya. Sedulur juga pastikan setiap kontak yang diberikan memang kontak yang sebenarnya.

12. Cek kembali penulisan email

Langkah terakhir adalah memeriksa kembali penulisan email. Sedulur bisa memastikan juga untuk selalu mengoreksi email yang sudah ditulis. Pastikan tidak ada kesalahan ketik (typo), kalimatnya tidak bertele-tele, dan mudah dipahami.

Jika semuanya sudah baik dan sesuai, maka kamu dapat segera mengirimkan email balasan tersebut. Dengan begitu, Sedulur bisa menambah kesan baik di mata HRD.

BACA JUGA: 15 Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

Tips melamar kerja melalui email

cara membalas email HRD
Deposit Photos

Nah, Sedulur juga perlu mengetahui seperti tips melamar kerja melalui email. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur pahami:

  • Gunakan alamat email sendiri dan mudah diingat.
  • Masukkan profil dari media sosial sebagai referensi.
  • Buat CV yang menarik dan relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Pilih bidang pekerjaan dengan kemampuan yang dikuasai atau yang berhubungan dengan pekerjaan sebelum.

Dari beberapa tips di atas, Sedulur bisa mulai untuk mengirim berbagai lamaran kerja kepada email perusahaan yang membutuhkan pekerjaan. Jangan lupa juga untuk selalu optimisi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

Jika lamaran yang Sedulur kirim mendapatkan balasan dari HRD, Sedulur bisa menerapkan cara membalas email HRD yang tepat. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.