apakah cv boleh 2 lembar

Sebagai pelamar kerja, tentu Sedulur pernah bertanya apakah CV boleh 2 lembar? Atau jangan-jangan CV harus singkat, padat dan kreatif agar dapat dilirik oleh HRD? Lantas harus seperti apa membuat CV yang baik?

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas memenuhi pikiran Sedulur, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama apakah CV boleh 2 lembar beserta dengan jawaban-jawaban di atas lainnya. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Menulis Pengalaman Organisasi di CV Beserta Contohnya

Apakah CV boleh 2 lembar?

apakah cv boleh 2 lembar
iStock

Apakah boleh CV 2 lembar atau lebih? Tentu saja jawabannya boleh, selama informasi yang terdapat di dalam CV relevan dengan pekerjaan yang dilamar dan tentu saja valid. Seseorang yang baru merintis karir belum memiliki pengalaman yang cukup untuk membuat CV 2 lembar atau lebih.

-->

Maka untuk fresh graduate CV 1 lembar lebih baik lagi. Namun juga jangan terlalu pendek, karena rekruter akan menganggap pelamar sangat minim pengalaman. Mengutip Zety, 66% responden survei yang diisi oleh perekrut menyatakan bahwa CV fresh graduate atau karyawan entry level lebih baik satu halaman saja.

Sementara itu, 77% responden beranggapan bahwa pekerja berpengalaman lebih dari 5 tahun boleh memiliki CV 2 halaman atau lebih. Akan tetapi, ada pula hasil sebuah survei yang menunjukkan bahwa 39% responden hanya memiliki CV tidak lebih dari satu halaman.

Survei ini memiliki responden karyawan-karyawan berpengalaman manajerial atau lebih tinggi. Kedua pendapat ini menyatakan hal yang sama, bahwa CV memang lebih baik satu halaman saja. Namun, apabila benar-benar diperlukan karena pengalaman kerja yang sudah begitu banyak, CV 2 halaman atau bahkan lebih merupakan hal yang diperbolehkan.

Maka sederhananya, CV dengan jumlah satu halaman akan lebih cocok untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja atau bagi karyawan baru yang baru memiliki pengalaman kerja yang sedikit. Sedangkan untuk CV yang terdiri atas dua halaman ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan yang sudah memiliki berbagai pengalaman kerja atau sudah berpengalaman di atas lima tahun.

Kesalahan yang harus dihindari agar CV dilirik

Dari penjelasan di atas, pertanyaan apakah CV boleh 2 lembar tentu sudah terjawab. Karena memang idealnya CV harus terdiri dari dua sampai tiga lembar saja. Namun sangat lebih baik lagi jika CV bisa dibuat sesingkat dan sepadat mungkin.

Agar CV yang Sedulur miliki bisa dilirik oleh HRD perusahaan, tentu ada beberapa kesalahan yang perlu Sedulur hindari. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang dimaksud:

1. Hindari typo

apakah cv boleh 2 lembar
iStock

Hal yang pertama harus Sedulur hindari sebagai sebuah kesalahan yaitu hindari typo atau salah pengetikan. Karena penulisan CV dengan typo menunjukan keteledoran dan ketidaktelilitan, merupakan salah satu hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan.

Ketelitian merupakan hal yang sangat penting dan sangat diperhitungkan oleh perusahaan dan menjadi poin utama yang dinilai oleh HRD saat rekruitmen. Meskipun terlihat sepele namun dampaknya sangat besar dan bernilai penting.

2. Hindari membuat CV dengan format terlalu kreatif

apakah cv boleh 2 lembar
iStock

Mungkin Sedulur pernah melihat CV yang kreatif dan inovatif, hal ini merupakan sebuah kelebihan karena akan menilai sisi kreatifitas dan inovasi dari rekruter. Namun Sedulur juga harus menghindari membuat CV dengan format terlalu kreatif dan cenderung berlebihan.

Hal yang paling penting adalah dengan menyesuaikan perusahaan itu sendiri. Karena ada perusahaan yang tidak begitu menyukai CV kreatif, sebaliknya ada perusahaan yang menyukai hal tersebut dan menjadi poin tambahan.

3. Jangan menulis sesuatu yang tidak valid

apakah cv boleh 2 lembar
iStock

Jangan pernah sekali-kali menulis sesuatu yang tidak valid. Jangan pernah sekalipun memalasukan sesuatu dalam CV. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan pelamar. Pelamar yang sengaja memalsukan pengalaman di CV akan mengalami kesulitan saat mengalami tes. Wajib jujur sejak dalam CV, bukan hanya jujur sejak dari pikiran saja ya, Sedulur!

4. Hidari membuat satu CV untuk semua posisi

iStock

Meski Sedulur harus melamar banyak pekerjaan namun penting untuk menghindari menulis dan membuat hanya satu CV untuk melamar berbagai posisi pekerjaan. Usahakan membuat CV dengan memperhatikan posisi yang sedang dilamar dan melakukan penyesuaian pengalaman, skill dan kemampuan untuk posisi yang dilamar.

5. Hindari menulis CV terlalu panjang

iStock

Idealnya, CV hanya terdiri dari dua sampai tiga lembar saja. Tidak disarankan melebihi batas tersebut. Maka dari itu, tuliskan hal-hal yang dirasa perlu dan relevan, serta hindari informasi yang dirasa tidak perlu dicantumkan. Maka dari itu, perhatikan betul efisiensi penulisan CV ya, Sedulur!

BACA JUGA: Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

6. Prioritaskan kesederhanaan

iStock

Tak peduli seberapa banyak pengalaman yang kamu miliki ataupun seberapa panjang CV-mu, hal yang perlu diingat adalah untuk tidak mencantumkan hal-hal yang tidak penting. Kunci dari CV yang baik adalah membuatnya singkat dan padat dengan memastikan informasi utama yang penting bisa tersampaikan dengan baik.

7. Jangan lupakan relevansi

iStock

Relevansi informasi yang dicantumkan di CV adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Secara umum, rekruter akan mau membaca sebuah CV meskipun halamannya 2 ataupun lebih jika kontennya berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Jika isinya bertele-tele, tentunya akan sulit bagi CV untuk lolos pemberkasan. Hal ini juga masih berkaitan erat dengan menghindari menulis sesuatu yang tidak valid atau memalsukan pengalaman.

Nah dari penjelasan di atas, pertanyaan Sedulur tentang apakah cv boleh 2 lembar tentu saja sudah terjawab. Jangan lupa juga perhatikan kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari agar CV Sedulur dilirik HRD dan Sedulur mendapatkan pekerjaan yang idamkan dan diinginkan! Selamat mencoba dan semoga sukses dan berhasil, ya!