menulis pengalaman organisasi di cv

Menulis pengalaman organisasi di CV ternyata menjadi salah satu tolok ukur rekruter untuk menerima seorang kandidat sebelum bergabung dalam perusahaan. Pengalaman organisasi ini dapat berupa kepanitiaan, volunteer atau juga kegiatan intra maupun ekstra kampus. Lantas bagaimana sih cara menulis pengalaman organisasi di CV yang benar dan dapat menarik rekruter perusahaan? Yuk simak rangkuman informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : Purchasing Staff: Tugas, Tanggung Jawab, Gaji, & Jenjang Karier

Tips menulis pengalaman organisasi di CV

Agar CV Sedulur menarik, berikut tips menulis pengalaman organisasi di CV yang harus Sedulur perhatikan.

1. Tulis nama organisasi

menulis pengalaman organisasi di cv
Freepik

Perlu Sedulur perhatikan bawah mencantumkan pengalaman organisasi di CV harus ditulis dengan jelas. Berikut contohnya.

-->
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Student Executive Board
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) atau Student Representative Council
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau The Student Activity Unit
  • Himpunan Profesi (Himpro) atau Student Profession Associations

2. Sertakan posisi dan masa jabatan di organisasi

Freepik

Jangan lupa juga untuk mencantumkan jabatan dalam organisasi yang pernah Sedulur ikuti. Tulis posisi jabatan dan berapa lama Sedulur menjabat di organisasi tersebut.

  • Ketua atau President
  • Wakil Ketua atau Vice President
  • Sekretaris atau Secretary
  • Bendahara atau Treasurer
  • Tim Acara atau Event Planner
  • Penasehat atau Advisor

Dalam penulisan jabatan ini, Sedulur juga bisa menggunakan satu tips singkat yaitu ketika membuat CV Pengalaman Organisasi menggunakan bahasa Inggris. Maka disarankan untuk menuliskan jabatan dalam bahasa Inggris juga. Hal ini bisa menunjukkan konsistensi penggunaan bahasa pada para rekruter.

3. Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian

Freepik

Hal yang tak kalah penting untuk dicantumkan di CV ketika menyertakan pengalaman organisasi adalah deskripsi tanggung jawab selama berperan dalam organisasi dan pencapaian jika ada.Kedua hal ini harus ditulis dengan poin singkat dan padat akan tetapi dapat menjelaskan apa saja yang sudah dicapai selama berada di organisasi tersebut.  Akan tetapi Sedulur perlu berhati-hati, jangan sampai memenuhi tampilan CV karena justru akan membuatnya menjadi sulit atau terlalu lama untuk dibaca oleh rekruiter yang justru akan membuat CV Sedulur  tidak lolos seleksi.

4. Perhatikan format

Freepik

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis pengalaman orgaisasi di CV adalah format penulisannya. Pastikan Sedulur sudah menulis sesuai dengan format yang benar agar HRD mudah untuk membacanya. Urutkanlah pengalaman organisasi dari yang terbaru hingga yang paling lama.

Jangan lupa juga untuk menggunakan kapitalisasi dan tanda baca yang tepat. Tak hanya itu, perhatikan juga pilihan font dan ukuran tulisan.  Banyak orang melakukan kesalahan dengan memilih font yang terlalu sulit terbaca dan diperparah dengan ukuran tulisan yang kecil. Pastikan Sedulur menulis CV dengan padat dan rapi sehingga mudah dibaca dari jarak yang wajar. 

BACA JUGA : 12 Contoh Pertanyaan Interview User dan Cara Menjawabnya

5. Pastikan relevansi dengan posisi yang dilamar

Freepik

Perlu Sedulur perhatikan bahwa tidak semua pengalaman organisasi harus dicantumkan di CV, apalagi jika tidak ada hubungannya dengan posisi yang dilamar.  Organisasi umum seperti UKM, BEM, atau himpunan kampus biasanya bermanfaat dan perlu dicantumkan untuk posisi apapun. Misalnya seperti Sedulur pernah menjadi bendahara, maka akan cocok untuk melamar pekerjaan di bidang finance. Berbeda dengan organisasi yang lebih spesifik misalnya komunitas hobi yang tidak ada hubungannya. Hal ini sebaiknya tidak perlu ditulis dalam CV.

6. Deskripsikan pengalaman organisasi 

Freepik

Menuliskan nama organisasi dan jabatan saja rasanya tidak cukup untuk memberikan rekruter gambaran yang utuh tentang tugas dan tanggung jawab kandidat. Maka dari itu, Sedulur bisa memilih 1-2 tugas yang paling relevan dengan pekerjaan yang dilamar atau berkesan dalam organisasi tersebut. Setelah itu deskripsikan pengalaman organisasi dengan jelas dan juga singkat.

Salah satu tips yang juga perlu Sedulur perhatikan adalah bahasa komunikasi yang digunakan. Sebaiknya jangan menulis pengalaman organisasi secara bertele-tele atau terlalu banyak, hal ini justru akan mempersulit rekruter membacanya.

Contoh deskripsi pengalaman organisasi dalam Bahasa Inggris untuk Ketua/ President:

  • Supervising all student organization meetings.
  • Overseeing the process of student organization event planning.
  • Holding a minimum of one meeting for the general membership per month.

Pengalaman organisasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja

menulis pengalaman organisasi di cv
Freepik

Pengalaman organisasi dan kepanitiaan bisa menjadi nilai tambah selain pengalaman kerja di CV . Akan tetapi, bagaimana jika ternyata Sedulur belum memiliki pengalaman kerja alias fresh graduate? Sedulur tidak perlu khawatir, beberapa pengalaman organisasi dan kepanitiaan di bawah ini bisa berguna saat mencari kerja lho. Pengalaman tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut. 

1. Project management

Ketika sudah memasuki dunia kerja, pengalaman organisasi seperti keterampilan manajemen ternyata sangat berguna. Tidak menutup kemungkinan jika rekruter akan mempertimbangkan jika kandidat mempunyai pengalaman project management.

Nah, untuk menulis pengalaman organisasi di CV, Sedulur dapat mencantumkan project apa saja yang pernah dikerjakan. Pada saat diwawancara, Sedulur dapat menjelaskan kepada rekruter bagaimana cara  Sedulur dalam mengelola project tersebut.

2. Mengelola keuangan

Jika Sedulur memiliki  pengalaman organisasi sebagai bendahara atau kemampuan mengelola keuangan, alangkah baiknya untuk mencantumkan juga di CV. Kemampuan mengelola keuangan merupakan salah satu kemampuan yang akan langsung dilirik oleh rekruter.

Tentunya dengan pengalaman organisasi dan kepanitiaan dalam mengelola uang, maka kandidat akan dinilai sebagai orang yang teliti, bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Hingga kini masih banyak perusahaan yang membutuhkan skill ini lho. Jadi, jangan ragu masukkan kemampuan ini di pengalaman organisasi di CV ya!

3. Komunikasi

Tak hanya skill dalam mengelola keuangan, kemampuan yang akan dilirik oleh rekruter adalah kemampuan dalam membangun komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain. Pengalaman organisasi dan kepanitiaan ini akan sangat membantu dalam membangun komunikasi interpersonal.

Dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi interpersonal ini sangat penting untuk memecahkan masalah. Tak hanya itu, pengalaman organisasi dalam membangun komunikasi yang baik juga sangat bermanfaat baik sebelum bekerja maupun saat sudah bekerja.

4. Team work

Pengalaman organisasi di CV yang akan dilirik oleh rekruter selanjutnya adalah team work. Selain untuk melatih komunikasi interpersonal, kandidat yang juga mempunyai pengalaman dalam bekerja sama dengan banyak orang yang berbeda menjadi nilai plus di mata rekruter. 

Jika Sedulur mempunyai  pengalaman organisasi team work yang cukup baik, maka rekruter akan beranggapan bahwa Sedulur dapat mendukung rekan kerja dan menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif untuk mencapai tujuan bersama.

5. Berpikir kreatif

Pengalaman organisasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja selanjutnya adalah berpikir kreatif. Pengalaman organisasi dan kepanitiaan ini akan membuat rekruter berpikir bahwa kandidat dapat menemukan solusi yang efektif dan sekaligus mencegah masalah yang mungkin akan terjadi.

Sedulur dapat juga mulai menceritakan pengalaman organisasi di CV saat sedang melakukan interview. Ceritakan mengenai hal yang menarik  ketika Sedulur sedang memecahkan masalah dalam organisasi. Hal ini akan membuat rekruter merasa tertarik dengan pengalaman organisasi tersebut. 

Contoh CV 

Freepik

Cempaka Putih (Fresh Graduate)

Saya merupakan lulusan jurusan Psikologi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saya memiliki minat terhadap dunia pendidikan, khususnya psikologi pendidikan. Saya berharap dapat bekerja sesuai bakat dan studi ilmu yang telah saya tempuh di bangku perkuliahan.

Identitas Diri

  • Nama: Cempaka Putih
  • Tempat dan tanggal lahir: Surabaya, 1 Juli 1998
  • Amalat domisili: Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Status: belum menikah
  • Kewarganegaraan: Indonesia

Informasi Kontak

  • Email: cempakaputih@gmail.com
  • Nomor telepon: 081234567890
  • Alamat: Jl. Damai Sejahtera No.45 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pendidikan

  • 2014-2017: SMA Negeri 1 Surabaya
  • 2017-2021: Psikologi – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPK 3,70)

Pengalaman Organisasi

  • Wakil Ketua Pramuka SMA Negeri 1 Surabaya (2015-2016)
  • Anggota Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2014-2017)
  • Anggota Divisi Sosial Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2017-2018)
  • Ketua Divisi Literasi Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2018-2019)

Pengalaman Magang

  • Relawan Konseling di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta(2017)
  • Guru Honorer di SMP Negeri 1 Yogyakarta (2018)

Prestasi

  • Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tema Psikologi Klinis di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2019)

Hobi

  • Membaca
  • Menulis
  • Bercerita

Kemampuan Dasar

  • Curriousity
  • Communication skill
  • Critical thinking
  • Problem solving

Demikianlah rangkuman informasi tentang tips dan cara menulis pengalaman organisasi di CV yang dapat Sedulur praktikan agar CV terlihat lebih menarik dan dilirik oleh HRD. Jangan lupa untuk memperhatikan format penulisannya juga ya Sedulur. Selamat mencoba!