cara membuat cv tanpa pengalaman kerja

Cara membuat CV tanpa pengalaman kerja merupakan hal yang perlu Sedulur ketahui, terutama bila kamu seorang fresh graduate. Apalagi bagian pengalaman kerja menjadi salah satu topik yang banyak dilihat oleh para rekruter untuk dijadikan pertimbangan bekerja. Lantas, bagaimana cara membuat CV tanpa pengalaman kerja yang benar dan bisa menarik perhatian para penerima kerja? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini! 

BACA JUGA: Tips Menulis Pengalaman Organisasi di CV Beserta Contohnya

1. Tulis detail personal dan informasi kontak

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Dalam suatu CV, penting bagi Sedulur untuk mencantumkan detail personal dan paling serta informasi kontak yang bisa dihubungi. Jangan sampai recruiter kebingungan untuk menghubungi Sedulur saat mereka tertarik dengan profil Sedulur.

Jadi, pastikan Sedulur telah mencantumkan nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan email yang masih aktif agar mudah recruiter hubungi. Sedulur juga bisa menampilkan beberapa akun-akun media sosial yang Sedulur miliki untuk memudahkan perusahaan mengenal Sedulur lebih jauh.

-->

Hal yang terpenting dalam CV sebenarnya Sedulur bisa menampilkan profil yang berkaitan dengan dunia profesional. Jadi pastikan profil LinkedIn di dalam CV yang akan Sedulur buat menampilkan citra tersebut.

2. Tulis profil yang singkat namun menarik

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Pada bagian surat lamaran jangan hanya menampilkan data pribadi saja, tapi juga tulis profil singkat yang menarik para rekruter. Sedulur bisa menulisnya sebagai ringkasan CV-mu secara keseluruhan. Isinya sendiri bisa berupa skill yang Sedulur kuasai, latar belakang pendidikan, serta potensi diri yang dimiliki.

Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa menuliskan tujuan karir yang ingin dicapai dalam sebuah perusahaan. Tambahkan juga posisi yang ingin Sedulur tempati di perusahaan tersebut.

3. Cantumkan riwayat pendidikan

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Sedulur harus mampu mencantumkan riwayat pendidikan dengan jelas dan detail. Pasalnya, Sedulur belum memiliki pengalaman kerja yang bisa Sedulur tunjukkan. Latar belakang pendidikan ini nantinya bisa memudahkan tim HR perusahaan untuk menyeleksi dan menilai kecocokan jurusan atau konsentrasi pendidikan dengan posisi kerja yang Sedulur pilih atau lamar.

Tentunya, bila Sedulur sebelumnya bersekolah di sekolah atau kampus ternama, hal ini bisa menjadi keuntungan. Pasalnya, HR akan melirik lulusan dari tempat-tempat tersebut.

4. Tulis pengalaman organisasi dan kegiatan

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Bagi Sedulur yang selama kuliah atau sekolah memiliki banyak pengalaman berorganisasi harus mencantumkan pengalaman tersebut di CV. Pasalnya, pengalaman tersebut akan menunjukan bahwa Sedulur setidaknya memiliki beberapa soft skill, jiwa leadership, pengalaman teamwork, serta kemampuan untuk beradaptasi.

Pengalaman yang Sedulur tulis pun bisa apa saja. Sedulur bisa mencantumkan pengalaman saat mengikuti organisasi kampus, kegiatan amal, komunitas, volunteering, hingga kepanitiaan. Namun, Sedulur harus juga bisa menjelaskan tugas-tugas yang Sedulur kerjakan saat mengikuti aktivitas-aktivitas tersebut. 

5. Beri kesan yang baik dan profesional dalam CV

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Jangan khawatir bila Sedulur belum memiliki pengalaman dalam CV. Sebagai cara membuat tanpa pengalaman kerja Sedulur bisa menonjolkan kesan yang baik kepada rekruter. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan secara mendalam kemampuanmu yang berkaitan dengan posisi kerja yang dilamar.

Namun, jangan tulis terlalu basa-basi. Jadi pastikan poin tersebut ditulis sesingkat mungkin namun padat dan jelas. Hal ini penting karena HR memiliki banyak CV dari pelamar dan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca CV Sedulur secara keseluruhan. Jadi apabila Sedulur tidak bisa membuat mereka tertarik di awal, kemungkinan besar CV Sedulur akan dilewatkan begitu saja.

6. Sematkan link portofolio

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Cara membuat CV tanpa pengalaman kerja yang harus Sedulur coba adalah dengan menambahkan link portfolio. Ini akan menunjukkan bahwa meski tanpa pengalaman kerja, Sedulur memiliki banyak karya yang harus HR perhitungkan.

Portofolio tersebut bisa Sedulur tambahkan tergantung bidang apa yang Sedulur minati dan posisi apa yang akan Sedulur lamar. Jadi isinya bisa berupa karya tulis, desain, hasil fotografi ,cetak biru arsitek atau hasil terjemahan. 

7. Tonjolkan prestasi dan pencapaian

cara membuat cv tanpa pengalaman kerja
iStock

Sedulur memiliki banyak prestasi saat berkuliah? Atau, Sedulur menerima banyak penghargaan ketika sekolah? TIdak ada salahnya untuk Sedulur mencantumkan beberapa prestasi dan pencapaian Sedulur sebelum bekerja. INi bisa menjadi nilai tambah bagi Sedulur.

Perlu Sedulur ingat, bahwa prestasi yang bisa Sedulur cantumkan tidak harus selalu mengenai lomba atau kompetisi. Sedulur juga menyebutkan beberapa pencapaian dengan menyebutkan angka atau persentase yang kongkrit.

Misalnya, Sedulur pernah menjadi admin media sosial di organisasi saat masih kuliah. Sedulur bisa menulis ‘mendapatkan 100.000 followers di 6 bulan pertama menjabat’, atau ‘memproduksi 100 konten informatif dalam satu tahun’. 

8. Tuliskan hobi atau minat

iStock

Cara menulis CV tanpa pengalaman kerja yang satu ini bisa Sedulur lakukan saat Sedulur melamar perusahaan yang  menekankan pentingnya worklife balanceNamun, apabila perusahaan yang Sedulur lamar adalah perusahaan yang formal, sebaiknya Sedulur tidak perlu mencantumkan hal-hal yang bersifat personal seperti hobi atau minat.

9. Tambahkan kemampuan

iStock

Jika Sedulur belum memiliki pengalaman kerja, maka Sedulur harus bisa menonjolkan kemampuan Sedulur yang bisa menarik apar ar rekruter. Sedulur bisa menuliskan beragam kemampuan atau keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang sedang Sedulur lamar. Sekedar tips, Sedulur sebaiknya menulis secara detail dan jika memungkinkan untuk menggambarkan tingkat keahlian tersebut.

10. Gunakan “Active Voice

iStock

Dalam tiap deskripsi yang Sedulur tulis, pastikan Sedulur menggunakan ‘active voice’ atau kalimat aktif. Menjelaskan kemampuan atau pengalaman dengan kalimat aktif akan membuat yang impactful bagi pembaca dibanding kalimat pasif.

Cara membuat CV tanpa pengalaman yang satu ini walaupun terbilang sederhana juga meninggalkan kesan positif bagi HR. Bukan hanya itu, Sedulur juga  akan terdengar ‘powerful’.

11. Modifikasi CV sesuai dengan kebutuhan

iStock

Saat Sedulur baru lulus, mungkin Sedulur akan melamar pekerjaan ke banyak tempat sekaligus. Namun, perlu Sedulur ingat bahwa tiap lowongan kerja yang berbeda juga membutuhkan kualifikasi yang berbeda pula.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur tidak perlu menulis ulang isi CV-mu. Sedulur hanya cukup sesuaikan dengan kebutuhan rekruter. Sedulur bisa mengganti atau menambahkan detail-detail yang penting.

Detail yang dimaksud seperti di bagian skill maupun pengalaman agar lebih sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja yang Sedulur lamar. Dengan cara ini Sedulur bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dipanggil interview.

12. Jujur dalam membuat CV

iStock

Sangat sering HR menemukan CV yang tidak sesyai dengan data yang sebenarnya. Pasalnya tidak sedikit, orang-orang lebih memilih memasukkan informasi palsu atau hal yang berlebihan untuk menarik HR.

Hal ini bisa jadi kesalahan yang fatal, pasalnya Sedulur akan mempertanggungjawabkan semuanya saat di di sesi interview. Selain itu, HR juga cari informasi sendiri untuk mengetahui apakah informasi yang pelamar masukkan benar atau tidak.

13. Buat CV yang ringkas

iStock

Sedulur tidak perlu membuat CV sampai berlembar-lembar. Cukup tuliskan poin-poin penting dengan singkat dan jelas. Bila Sedulur membuat CV kreatif, pastikan juga bahwa Sedulur membuat desain CV menarik yang sederhana namun elegan.

14. Cantumkan pengalaman yang relevan

iStock

Sedulur bisa menambahkan pengalaman apa saja yang ingin Sedulur tulis di CV. Tapi sebaiknya pilah pengalaman yang berkaitan langsung dengan pekerjaan yang Sedulur lamar. Tidak semua pengalaman akan penting bagi pekerjaan atau posisi yang dilamar, maka jangan lupa memilih dan memilih dengan baik, ya!

Itu tadi artikel mengenai cara membuat CV tanpa pengalaman kerja, terutama bagi para fresh graduate yang tengah berambil mendapatkan kerja dan meniti karir untuk mendapatkan kesuksesan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur, ya!