apa itu fresh graduate

Akhir-akhir ini, istilah fresh graduate ramai disebut dalam lowongan pekerjaan entry level. Bahkan, ada beberapa posisi yang memang sengaja ditujukan oleh seorang fresh graduate saja. Tapi, apakah Sedulur sudah tahu mengenai apa itu fresh graduate?

Fresh graduate merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan seseorang yang baru saja lulus, baik dari tingkat sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi. Istilah ini banyak digunakan karena menunjukkan sifat seorang lulusan baru yang masih segar dan inovatif.

Penasaran sampai kapan lulusan baru akan terus disebut fresh graduate? Simak informasi selengkapnya, yuk!

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

-->

Apa itu fresh graduate?

apa itu fresh graduate
iStock

Istilah fresh graduate sering dipakai untuk menyebut seseorang yang baru saja lulus dari kuliah, kemudian sedang mencari pekerjaan. Tak jarang juga digunakan untuk menyebut lulusan sekolah SMA atau SMK. Jadi jika Sedulur masih bingung, apakah lulusan SMA/K disebut fresh graduate? Jawabannya adalah iya.

Fresh graduate adalah setiap individu yang baru saja lulus, baik dari sekolah SMA, SMK, atau perguruan tinggi dengan jenjang diploma maupun sarjana. Meskipun begitu, kriteria fresh graduate tentunya berbeda-beda pada tiap perusahaan. 

Lama seseorang disebut fresh graduate

fresh graduate
iStock

Lama seseorang disebut fresh graduate tidak bisa disamaratakan. Ada yang menyebut fresh graduate adalah seseorang yang baru saja lulus dan sedang mencari pekerjaan, ada juga yang menyebut bahwa fresh graduate merupakan orang yang memiliki pengalaman kerja 0 sampai 1 tahun.   

Selain itu, definisi seseorang masih dianggap sebagai fresh graduate bisa merujuk pada seorang lulusan perguruan tinggi dalam jenjang diploma atau sarjana yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak diwisuda dan resmi mendapatkan ijazah. Lebih dari itu, tentunya seseorang sudah tidak bisa lagi disebut fresh graduate, meskipun ia belum bekerja sekalipun. 

BACA JUGA: Devops Engineer: Pengertian, Tanggung Jawab & Prospek Karir

Apa yang sebaiknya dilakukan fresh graduate?

Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang fresh graduate setelah lulus dari sekolah atau kuliahnya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Melamar pekerjaan

melamar kerja
iStock

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Maka dari itu, tujuan setelah lulus dari suatu tingkatan pendidikan tentu saja adalah melamar pekerjaan.

Sedulur bisa mencari pekerjaan melalui portal job online maupun dari informasi layanan karir universitas. Ada banyak sekali posisi yang ditawarkan oleh perusahaan yang bisa Sedulur pilih, baik yang relevan dengan pendidikan yang Sedulur pilih ataupun lintas jurusan.

Memang, mendapatkan pekerjaan secara penuh waktu bukan hal yang mudah. Selain banyak saingan pelamar, lokasi kantor yang sangat jauh dan penawaran gaji yang tidak sesuai ekspektasi membuat para lulusan baru sulit mendapatkan pekerjaan dalam waktu cepat.

Dalam kondisi ini, Sedulur harus bisa melihat peluang yang ada. Cobalah membuat jadwal harian untuk mengirim lamaran ke perusahaan secara rutin. Dengan langkah kecil yang dilakukan setiap harinya, Sedulur akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan impian.

2. Melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya

kuliah
iStock

Selain langsung melamar pekerjaan, Sedulur juga bisa memilih untuk melanjutkan ke studi jenjang selanjutnya. Jika Sedulur adalah lulusan SMA atau SMK, maka meneruskan ke jenjang diploma atau sarjana adalah pilihan yang baik.

Sementara jika Sedulur sudah sarjana dan ingin mendapatkan peluang yang lebih besar, melanjutkan ke jenjang pasca-sarjana merupakan pilihan yang tepat. Dengan tingkatan pendidikan yang lebih tinggi, ilmu yang Sedulur miliki akan lebih dalam dan dari jumlah saingan akan lebih berkurang.

3. Meningkatkan skill

pelatihan
iStock

Jika Sedulur merasa masih bingung dan tidak memiliki bayangan untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan dalam waktu dekat, pilihan lain yang bisa Sedulur coba adalah meningkatkan skill melalui pelatihan gratis atau berbayar secara online ataupun offline.

Dengan meningkatkan skill yang Sedulur miliki, waktu setelah lulus akan lebih bermanfaat untuk masa depan. Cobalah untuk meningkatkan skill yang banyak dibutuhkan perusahaan saat ini, seperti bahasa Inggris, Excel, ataupun kepenulisan. 

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

4. Menyusun portofolio kerja

portofolio
iStock

Waktu setelah lulus juga bisa Sedulur gunakan untuk menyusun portofolio kerja. Meskipun belum pernah bekerja secara penuh waktu atau dalam kata lain masih 0 pengalaman, Sedulur bisa memulai dengan magang, freelance, ataupun bekerja part-time.

Kerjakan proyek sesuai dengan keahlian Sedulur agar perekrut tahu bahwa Sedulur layak untuk diterima pada perusahaan mereka. Tulislah semua yang pernah Sedulur lakukan sebagai bukti jika Sedulur memang bisa diandalkan.

5. Membuka usaha 

apa itu fresh graduate
iStock

Pilihan lain yang bisa Sedulur coba adalah membuka usaha sendiri. Dengan berwirausaha, Sedulur memiliki kontrol penuh pada pekerjaan, waktu kerja yang lebih fleksibel, dan bisa mengambil keputusan sesuai dengan idealisme pribadi.

Dalam hal ini, Sedulur harus memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat. Selain modal usaha, Sedulur juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti strategi pemasaran dan siapa saja pesaing dalam bisnis tersebut.

Kelebihan merekrut fresh graduate

apa itu fresh graduate
iStock

Ada beberapa kelebihan yang didapatkan jika merekrut seorang fresh graduate. Simak penjelasan berikut ini.

Seorang pekerja keras

Seorang fresh graduate terkenal dengan sifat pekerja kerasnya. Sebagai orang baru, mereka akan memberikan performa kerja terbaik dengan menunjukkan skill-skill yang dimiliki. Sifat ini tentu saja menguntungkan perusahaan karena memiliki pekerja yang sedang berada pada fase super produktif.

Memiliki semangat belajar tinggi

Karena masih baru, mereka tentu saja akan memiliki semangat belajar yang tinggi. Seorang fresh graduate tentunya akan menemui banyak hal baru yang selama ini belum pernah dialami ketika sekolah. Dengan begitu, rasa ingin tahu mereka mengenai banyak hal akan semakin tinggi. 

Lebih tahu kabar terkini

Seorang fresh graduate dinilai lebih mengetahui kabar terkini. Perkembangan zaman akan membuat seseorang yang lebih muda akan memiliki lebih banyak informasi daripada orang yang lebih tua. Sama halnya dengan fresh graduate, mereka akan lebih tahu perkembangan zaman dan teknologi.

Lebih terbuka dengan feedback

Daripada karyawan lama, seorang fresh graduate akan lebih terbuka dengan masukan yang diberikan kepeda mereka. Hal ini akan mendorong mereka untuk berubah dalam waktu cepat dan memberikan dampak positif dalam pekerjaan yang dilakukan. 

BACA JUGA: Admin Sales: Pengertian, Skill, Jenjang Karir & Tugasnya

Alasan fresh graduate sulit mendapat pekerjaan

apa itu fresh graduate
iStock

Setelah membaca informasi di atas, Sedulur pastinya berpikir mengapa masih banyak fresh graduate yang menganggur karena sulit mendapatkan pekerjaan. Secara umum, ada dua alasan utama yang mendasari alasan tersebut.

Pertama, persaingan yang ada pada posisi entry level semakin hari semakin ketat. Selain itu, alasan kedua adalah belum adanya pengalaman kerja yang relevan yang dimiliki sehingga membuat perekrut tidak tertarik. 

Demikian informasi mengenai apa itu fresh graduate dan seberapa lama mereka dapat disebut sebagai seorang fresh graduate. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam menentukan langkah setelah lulus. Semangat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.