warna cat untuk warung makan

Membangun bisnis seperti warung makan tentu banyak yang harus dipersiapkan. Nggak hanya modal atau produk saja yang perlu dipikirkan, tapi yang tak kalah penting bagaimana desain rumah makan itu sendiri. Mulai dari kursi, meja, sampai dengan warna cat untuk warung makan harus diperhatikan.

Pasalnya, penggunaan warna cat tempat makan atau restoran yang tepat bisa memengaruhi perasaan manusia melalui efek psikologis. Hal ini sudah terbukti dan memang memilih warna yang tepat untuk warung makan bisa meningkatkan selera makan para pelanggan dan membuatnya ingin kembali lagi.

Mereka akan merasa nyaman ketika duduk dan menyantap makanan kamu. Itulah kenapa memilih warna sangat penting dan gak boleh sembarangan. Perlu kamu tahu juga bahwa warna memainkan peranan sangat penting dalam kehidupan. Warna dapat mempengaruhi bagaimana cara orang berpikir, bertindak, bereaksi, meningkatkan tekanan darah bahkan dapat mempengaruhi nafsu makan.

BACA JUGA: 15 Ide Dekorasi Warung Makan Sederhana, Nyaman dan Bersih!

Rekomendasi Warna Cat untuk Warung Makan

warna cat untuk warung makan
Elite Traveler

Ada sejumlah studi yang dilakukan pada bagaimana persepsi rasa dipengaruhi oleh warna. Studi menyimpulkan bahwa orang belajar dan menjadi akrab dengan kombinasi spesifik warna dan makanan. Kombinasi ini dapat mengubah persepsi dan menciptakan harapan tentang bagaimana bau dan rasa makanan.

Itulah kenapa, wajib hukumnya kamu memilih warna cat dinding yang tepat untuk warung makanmu. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi warna cat untuk warung makan yang bisa kamu pilih. Pasti bisa membantu pelanggan merasa nyaman dan tempat makan kamu laris manis!

1. Warna cat dinding putih

Broadsheet

Warung makan cocok banget pakai warna tembok putih, karena otomatis akan membuat ruangan jadi terlihat bersih dan nyaman. Selain itu, kalau luas warung makan gak begitu besar, tembok putih akan membuat ruangan terkesan lebih luas.

Warna cat tembok putih cocok banget untuk warung kecil dan restoran yang memang hanya menyediakan sedikit kursi untuk makan di tempat. Memang, terlalu banyak warna putih membuat ruangan jadi terlihat terlalu steril, mirip di rumah sakit. Karena itu, kamu perlu menambahkan elemen yang seru di dekorasi dan furniturnya.

Misalnya padukan dengan warna merah, oranye atau kuning yang membuat warung makan jadi lebih menarik. Kebetulan ketiga warna ini juga bagus untuk warung makan. Jadi, patut untuk kamu coba.

2. Warna cat dinding hijau

Hijau adalah warna alam yang sama dengan warna berbagai macam bahan makanan. Terutama sayur-sayuran dan buah-buahan. Jadi warna hijau untuk dinding warung makan kamu akan mampu memberi efek yang menenangkan dan bikin nyaman. Dengan begitu, pelanggan pun akan semakin betah.

Warna tembok hijau sebenarnya cocok untuk semua jenis bisnis kuliner. Tapi paling cocok diaplikasikan pada warung makan untuk vegetarian dan vegan, warung makan hidangan sehat, atau warung jus dan salad buah maupun sayur. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan konsep warung kamu sendiri.

3. Warna cat dinding merah

NY Times

Secara psikologis, setiap warna punya maknanya tersendiri. Kalau diaplikasikan di warung makan, warna merah ternyata bisa memberi efek meningkatkan detak jantung pengunjungnya dan membuat mereka jadi merasa lebih lapar.

Selain itu, warna merah juga membuat tamu makan lebih cepat dan meninggalkan warung. Ini tentu bagus untuk meningkatkan jumlah pelanggan untuk terus datang dan pergi.  Tapi gak semua bisnis kuliner cocok dengan warna merah.

Untuk warung makan yang menyediakan makanan cepat saji, warna merah memang dianjurkan. Kalau tujuan pemiliknya untuk mendapat pelanggan sebanyak-banyaknya, warna ini juga pas banget. Warna merah di restoran baik dipadukan dengan oranye, kuning dan dusty pink. Jadi, harus pintar-pintar membuat kombinasi warnanya.

4. Warna cat dinding kuning

Efek warna kuning kurang lebih sama dengan oranye, yaitu bikin perasaan pengunjung jadi lebih bahagia dan merasa nyaman. Suasana jadi lebih menyenangkan, jadi pengunjung pun merasa lebih betah ada di warung dan menyantap menumu. Warna kuning paling cocok untuk warung makan yang kesannya kasual atau etnik. 

Tapi selain itu, warna ini bisa cocok untuk tempat makan dengan konsep kafe. Kamu bisa padukan dengan warna oranye atau hijau supaya tampilannya makin menyenangkan. Jadi, pastikan desain rumah makanmu harus pas kombinasi warna biara kelihatan lebih menarik.

5. Warna cat dinding oranye

warna cat untuk warung makan
Freepik

Cat tembok oranye untuk warung makan bisa bikin pengunjungnya otomatis merasa lebih ceria dan bahagia. Warna ini cocok untuk warung makan yang sifatnya kasual seperti toko es krim, warung camilan, atau fast food.

Warna ini bisa dipadukan dengan merah atau kuning untuk hasil yang lebih maksimal lagi. Warung makan pun akan terlihat lebih menarik. Tentunya banyak sekali produk cat dengan warna oranye yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mencoba memiliki produk cat yang di dalamnya memiliki kandungan akrilik. Hal ini akan membuat hasil cat kamu lebih mengkilap.

Selain itu, jenis cat ini cepat kering dan mudah dibersihkan. Jadi, cocok banget untuk warung makan kamu.

6. Warna cat dinding hitam

Mungkin banyak yang gak terpikir kalau hitam bisa menjadi warna cat tembok yang keren untuk warung makan kamu. Padahal, efek tembok hitam mampu membuat warna lain di warung makan itu jadi lebih ‘keluar’. Misalnya dari warna sajian makanan dan minuman.

Jadi, makanan dan minuman itu akan lebih terlihat karena background cat warung kamu berwarna hitam. Karena warna hidangannya menjadi lebih kelihatan, akan terlihat lebih menarik dan menggiurkan di mata pelanggan.

Tapi pastikan pencahayaannya ruanngan juga bagus, supaya warung makan gak jadi terlalu gelap dan terkesan muram. Nanti pengunjung justru jadi kurang selera makan. Jadi, pastikan pencahayaan benar-benar terang.

7. Warna cat dinding cokelat

Pilihan yang selanjutnya kamu bisa memiliki warna cokelat yang mampu membantu pengunjung warung makan merasa lebih rileks dan nyaman. Kalau pengunjung sudah nyaman, mereka cenderung bakal memesan lebih banyak.

Para pelanggan yang datang akan betah duduk lebih lama menikmati suasana warung makanmu sambil menyantap makanan lezat. Bahkan warna cokelat bisa membuat pelanggan kepingin balik lagi, hingga akhirnya jadi pelanggan tetap.

Nggak hanya cocok untuk warung makan, tapi warna dinding cokelat juga cocok untuk jenis bisnis kuliner lainnya. Antara lain warung kopi, restoran kontemporer, bistro dan bar. Pilihan warna cokelatnya juga luas, mulai dari cokelat muda sampai cokelat tua gak masalah. 

8. Warna cat dinding biru

warna cat untuk warung makan
Grand Rapids

Warna biru adalah warna kesukaan banyak orang. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru mengecat dinding warung makanmu dengan warna ini. Karena ternyata warna ini termasuk yang dihindari untuk bisnis kuliner. Alasannya, karena biru bukan warna yang secara alami ada di bahan makanan. Jadi bisa mengurangi nafsu makan pelanggan. 

Tapi, meski begitu ternyata warna ini cocok banget kalau kamu punya bisnis warung makan di pinggir pantai. Atau warung milikmu adalah tipe warung kopi yang hanya menyajikan minuman dan makanan ringan. Kalau dengan konsep ini, baru deh cocok banget untuk kamu pilih warna biru buat warung makan Sedulur. 

9. Warna cat dinding mustard

Jika kamu menyukai warna cerah yang tidak terlalu mencolok, cobalah aplikasikan warna mustard pada area warung makan. Sebab warna ini mampu membawa keceriaan namun tetap membuat ruangan terlihat minimalis. Tentunya pelanggan akan lebih betah berlama-lama.

Belum lagi kalau menu-menu kamu rasanya lezat, sudah pasti akan bikin betah pelanggan. Mungkin mereka juga akan kembali lagi ke warung kamu hingga akhirnya menjadi pelanggan loyal. Jadi, gak ada salahnya kamu pilih mustard untuk dinding rumah makanmu.

10. Warna cat dinding abu-abu 

House & Garden

Abu-abu adalah jenis warna yang memberikan kesan dingin pada ruangan sekaligus menenangkan. Selain itu, tentu saja akan membuat rumah makan kamu terkesan lebih modern. Agar lebih sempurna, gunakan furniture berwarna gelap seperti hitam yang akan membuat area makan terlihat semakin menawan. 

Akan tetapi tetap berhati-hati saat mengaplikasikan warna gelap yang berlebihan, karena dapat memberikan kesan gelap dan suram. Untuk itu, pastikan pencahayaannya bagus dan terang.

Itu tadi beberapa rekomendasi warna cat untuk warung makan yang bisa kamu pilih. Tentunya dengan memilih warna yang tepat, diharapkan warung makan kamu menjadi laris manis dan menjadi tempat makan favorit banyak orang. Jika warungmu bisa laris, kamu pun akan lebih mudah memutar uang. Jadi, semoga beberapa referensi tadi bisa dicoba ya.