dekorasi warung makan sederhana

Percaya atau tidak, dekorasi warung makan sederhana ternyata mampu membuat para pengunjung tertarik untuk datang, lho. Ketika membuka bisnis warung makan, pastinya butuh keberanian dan juga persiapan yang benar-benar matang.

Mulai dari bagaimana cara untuk bisa menciptakan hidangan yang enak, hingga mengemasnya dalam konsep rancangan yang bisa menarik minat dari konsumen untuk datang berkunjung. Nah, salah satunya adalah menerapkan desain interior dengan dekorasi warung makan sederhana yang estetik dan menarik.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

Ide Warung Makan Sederhana

dekorasi warung makan sederhana
Pexels

Belakangan ini banyak orang yang menyukai desain warung sederhana dengan dekorasi yang bersifat “Instagramable”. Dengan ini, mereka bisa berkunjung, menikmati hidangan, dan tentu saja upload di story media sosial Instagram.

Tentu saja hal ini merupakan keuntungan tersendiri, karena secara tidak langsung para pengunjung juga ikut mempromosikan warung makan yang dimiliki. Jadi bagi yang butuh inspirasi dekorasi warung makan sederhana, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Suasana yang Hangat

Dekorasi warung makan sederhana memang erat kaitannya dengan warna-warna yang terkesan hangat. Misalnya saja seperti krem dan coklat. Warna-warna tersebut terbukti mampu menciptakan suasana yang terasa ramah dan nyaman.

Warna-warna ini juga seringkali memberi kesan yang hangat dan juga menyenangkan. Sedulur bisa juga mengkombinasikan kedua warna tersebut untuk menghasilkan tampilan yang lebih menawan. Letakkan warna coklat pada sisi samping, sementara untuk bagian depannya menggunakan warna krem.

Jika ingin menampilkan sesuatu yang lebih berani namun tetap estetik, bisa memilih warna oranye muda. Kesan ceria yang dihasilkan dari oranye muda, tentu saja mampu memberikan daya tarik tersendiri, terutama bagi anak-anak muda.

2. Sederhana dan Estetik

Berikutnya Sedulur bisa memilih meja dan kursi yang sederhana dan fungsional. Pastikan meja kayu dan kursi kayu yang digunakan benar-benar mampu memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang berkunjung.

Contoh meja sederhana yang bisa dicoba adalah meja dari kayu palet. Selain terlihat menarik, penggunaan meja tersebut juga lebih hemat karena bisa dibuat dengan manfaatkan kayu bekas. Hal ini akan sangat cocok untuk diimplementasikan pada warung makan kecil yang dimiliki.

Akan tetapi, jangan lupa untuk memastikan tempat duduk yang cukup untuk mengakomodasi pelanggan. Pasalnya secara tidak langsung hal ini juga menjadi kunci kenyamanan dari para pelanggan, mengingat kita tidak tahu jumlah pasti pelanggan yang datang dalam waktu bersamaan.

3. Dekorasi yang Instagramable

Tidak perlu takut untuk menghadirkan hiasan dinding di warung makan sederhana yang dimiliki. Hiasan dinding pastinya akan sangat membantu dalam mencuri perhatian dari para pengunjung. Sedulur dapat menambahkan hiasan dinding berupa rak tanaman estetik di beberapa bagian.

Jika desain interior masih terasa sepi, Sedulur bisa juga menambahkan beberapa hiasan dinding lain. Semisal lukisan-lukisan abstrak sederhana, kaligrafi, maupun foto-foto unik yang berkaitan dengan warung makan tersebut.

Hal semacam ini bisa menambah sentuhan seni kecil pada interior warung makan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Selain warung makan, dekorasi ini juga cocok untuk memberikan kesan aksentuasi pada warung kopi depan rumah, lho.

4. Nuansa Tradisional

Dekorasi warung makan sederhana yang terkesan tradisional, dijamin mampu menarik pelanggan dari berbagai kalangan. Bukan hanya anak muda saja, namun juga orang-orang dewasa yang ingin bernostalgia pastinya juga akan meliriknya.

Ya, model warung sederhana ini memiliki tampilan yang cantik berkat tema desain tradisional yang diusung. Untuk menghadirkan kesan tradisional tersebut, Sedulur dapat menggunakan material utama berupa bambu di hampir setiap bagian.

Kemudian material ala tradisional tersebut dikombinasikan dengan kursi panjang teras kayu. Desain warung ini bakal menghadirkan pengalaman kuliner yang berbeda dan sangat jarang dijumpai di kebanyakan rumah makan lainnya.

5. Gerobak dalam Ruangan

Ingin menghadirkan dekorasi yang unik pada warung makan sederhana yang dimiliki? Gunakan saja ide dekorasi yang satu ini. Jadi, warung sederhana tersebut akan terlihat lebih unik dengan adanya gerobak di dalam ruangan.

Kemudian jangan lupa untuk menambahkan deretan kursi kayu panjang untuk memperkaya kesan nyaman di area makan tersebut. Bagi yang biasa nongkrong di angkringan, tentu saja akan merasa tidak asing ketika berkunjung.

Ya, nuansanya memang terkesan sedikit berbeda, karena nantinya menu-menu yang disajikan juga bisa dibilang lebih menarik daripada yang biasa disajikan di gerobak angkringan pada umumnya. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh rumah makan Sedulur.

6. Desain yang otentik

Broadsheet

Untuk bisa menghasilkan tampilan warung makan yang otentik, tentu saja Sedulur harus memperhatikan dekorasi dan desain interior yang digunakan. Hal pertama yang perlu digunakan adalah meja kayu minimalis dan juga keramik lantai bermotif vintage.

Untuk membuat kesan otentikterasa semakin kental, bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa perabotan klasik. Misalnya saja seperti lampu gantung lama, cermin kayu sederhana, hingga mesin kasir klasik juga bisa ditampilkan.

Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari warung. Karena selain menjaga kenyamanan dari para pelanggan yang berkunjung, penggunaan dekorasi otentiksendiri memang akan terlihat kurang menarik jika dalam keadaan yang kotor.

7. Nuansa Homey

Desain rumah plus warung akan tampak menarik dan terasa “homey” berkat desain dan penataan dekorasi yang tepat. Dengan begitu, maka para pengunjung bisa betah untuk berlama-lama berkunjung di warung makan yang dimiliki.

Jangan lupa untuk menambahkan meja makan kayu yang ditempatkan di area luar ruangan. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman menyantap kuliner yang tidak biasa. Mereka bisa menyampat hidangan sembari menikmati suasana luar ruangan yang asri.

Untuk membuat warung makan terasa jauh lebih sejuk dan nyaman, tambahkan juga sejumlah tanaman hias di area outdoor-nya. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan beberapa lampu taman untuk penerangan pada saat malam hari.

8. Kedai Makan Sederhana

Masih dengan konsep warung makan outdoor, kali ini ada ide desain kedai makan sederhana outdoor yang terasa leluasa dengan aplikasi jendela kaca bukaan lebar. Kemudian untuk bagian dindingnya, pastikan tidak terlalu banyak dekorasi.

Cukup letakkan papan menu dan beberapa lukisan simpel saja, maka kesan estetik akan tercipta. Walaupun desainnya benar-benar simpel, namun dengan dekorasi yang instagramable dijamin akan membuat pengunjung berdatangan.

Selain warung makan, pastinya desain ini juga cocok bagi Sedulur yang ingin membuka kedai kopi, dimana nantinya para pengunjung dapat menikmati aktivitas barista pada saat menyiapkan kopi. Ya, berbagai atraksi dari barista memang memiliki daya tarik tersendiri.

9. Gaya Retro

Desain warung makan dengan gaya retro atau vintage juga sedang menjadi tren beberapa waktu belakangan ini. Gaya retro sendiri menghadirkan perpaduan warna jadul yang unik untuk memberikan kesan klasik. Ya, Seolah-olah mengingatkan para pengunjung akan memori di masa lalu.

Tatanan warung makan dengan gaya retro ini mampu memberikan sentuhan klasik dengan adanya interior yang juga jadul. Sedulur dapat menambahkan dekorasi berupa perabot gaya klasik, TV jadul, mesin kasir klasik, dan bahkan radio lama.

Selain itu, kesan klasik juga bisa dihasilkan dengan cara mengecat ruangan dengan warna-warna yang khas zaman dulu. Kesan yang ditampilkan memang kuno, akan tetapi bagi kebanyakan orang tempat makan semacam ini terasa sangat unik dan bikin mereka nostalgia.

10. Modern Minimalis

Konsep yang satu ini sangat cocok diterapkan jika target market utama Sedulur adalah kalangan anak muda. Konsep modern minimalis memang mampu memberikan kesan ruangan yang terlihat bersih dengan dekorasi yang tidak berlebihan.

Walaupun ukuran ruang yang digunakan sebenarnya tidak terlalu luas, namun penerapan desain modern minimalis ini akan membuatnya terasa lega. Terlebih lagi jika pemilihan warna cat tembok yang digunakan juga mendukung, maka tampilan warung makan akan tampak lebih sempurna.

Jadi Sedulur dapat memilih warna-warna yang senada dan tidak berlebihan. Selain itu, cukup tmambahkan dekorasi seperlunya saja agar ruangan tidak terasa sempit. Kemudian untuk perabot, pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar dan multifungsi, ya!

11. Open Kitchen

dekorasi warung makan sederhana
Unsplash

Bagi yang ingin menarik perhatian secara lebih kepada para calon pengunjung, bisa menerapkan konsep open kitchen. Open kitchen sendiri berarti bagian dapurnya terbuka dan bisa dilihat oleh setiap pengunjung yang sedang berada di sana.

Sudah ada banyak restoran yang menerapkan ide desain ini, dan tentunya berhasil membuatnya terlihat menarik. Hal ini karena para pengunjung bisa melihat proses memasak secara langsung. Bahkan atraksi dari juru masaknya juga menjadi poin plus dalam menarik minta pembeli.

Kemudian untuk desain dan dekorasinya, Sedulur bisa membuat dapur terlihat terbuka tanpa adanya sekat pemisah. Kemudian tata meja dan kursinya sesuai dengan bentuk ruangan, dan tambahkan dekorasi ala-ala kitchen bar agar terlihat semakin menarik.

12. Tema Tradisional

Tidak ada salahnya untuk menerapkan tema tradisional pada warung makan yang dimiliki. Sebab bagi sebagian besar orang, tema seperti ini mampu memberikan memori tertentu, seperti mengingatkan mereka pada masakan rumah yang sederhana namun sangat nikmat.

Nah, untuk pemilihan interiornya, Sedulur bisa menggunakan meja kayu panjang dengan kursi kayu atau bambu. Menghadirkan nuansa tradisional dalam sebuah rumah makan memang mampu menghadirkan pengalaman makan yang memorable.

Apalagi jika Sedulur juga menyediakan menu masakan rumahan tentu. Tentu saja akan membuat warung yang dimiliki terasa sangat menarik, walaupun tampilannya sederhana. Untuk pelengkap, jangan lupa putar lagu-lagu lawas tahun 90-an.

13. Konsep Industrial

Konsep yang satu ini memang terlihat unik karena tampak seperti bangunan setengah jadi. Namun banyak warung makan yang mengusung tema industrial akhir-akhir ini karena banyak diminati, terutama oleh kalangan anak muda.

Namun membangun konsep industrial sendiri tidak bisa sembarang. Sedulur harus bisa pandai menata perabotan dan dekorasi serta memilih warna yang pas. Dengan begitu, maka tampilan tempat makan akan terlihat tetap bersih walaupun temboknya tidak dicat.

Oleh sebab itu, tema industrial pada tempat makan memang harus dipadukan dengan konsep minimalis agar terlihat elegan. Penggunaan perabotan dengan warna senada seperti earth tone, akan membuat suasana terasa sejuk dan nyaman dipandang.

14. Meja Tembok Sederhana

Jika luas tempat yang digunakan untuk membuat warung makan cukup terbatas, maka Sedulur dapat menerapkan penggunaan meja tembok sederhana. Dengan begitu, maka warung makan tersebut akan tetap terlihat menarik.

Penggunaan meja tembok memang tidak akan memakan banyak, tempat karena hanya perlu ditempelkan di bagian pinggir ruangan saja. Kemudian untuk kursinya, tambahkan saja kursi kayu panjang atau kursi plastik yang bentuknya minimalis.

Nah, untuk lebar meja temboknya sendiri sebaiknya disesuaikan agar tidak terlalu sempit. Hal ini karena tembok juga berpengaruh pada kenyamanan para pengunjung pada saat menyantap hidangan. Jadi mereka tetap merasa nyaman berkunjung ke tempat tersebut.

15. Konsep Sederhana dengan Area Terbuka

NY Times

Untuk rekomendasi dekorasi warung makan sederhana yang terakhir, yakni dengan mengaplikasikan konsep sederhana dengan area terbuka. Konsep ini memang lebih cocok diterapkan oleh Sedulur yang mempunyai lahan cukup luas.

Namun meskipun begitu, Sedulur tidak perlu terlalu pusing dengan dekorasi yang harus diberikan. Bahkan tidak membutuhkan kursi, karena konsep ini cenderung lebih cocok diaplikasikan pada rumah makan lesehan yang biasanya didatangi oleh rombongan pengunjung.

Itulah beberapa ide desain dan dekorasi warung makan sederhana yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Ya, secara tidak langsung, penerapan desain dan dekorasi memberi pengaruh terhadap jumlah pengunjung yang datang.

Akan lebih baik lagi jika tema konsep yang diusung sesuai dengan target pasar utama. Dengan begini, maka peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan sesuai target pasar lebih besar. Tidak hanya karena hidangannya saja, namun mereka akan datang karena konsep warung makan yang disajikan.