peluang usaha sayur packing

Perkembangan teknologi bukan hanya terjadi pada sektor komunikasi dan informasi saja. Akan tetapi, terjadi juga dalam dunia bisnis di sektor agribisnis yang mulai menjamur dalam kehidupan masyarakat yaitu usaha sayuran packing.

Meskipun usaha sayuran packing pada awalnya dianggap sebelah mata, karena masih banyak masyarakat yang membeli sayuran langsung di pasar. Namun bagi sebagian orang yang memilih untuk tinggal di perkotaan, usaha sayuran packing ini sangat membantu untuk memenuhi asupan dan kebutuhan sayuran bagi mereka.

Bagi mereka yang tak punya waktu banyak pergi ke pasar hanya untuk berbelanja sayuran, tentu akan sangat merasa terbantu semenjak hadirnya usaha sayuran packing. Apalagi jika proses jual belinya bisa dilakukan lewat smartphone dan tidak perlu berdesakan, tinggal menunggu pesanan diantar kerumah saat itu juga.

Lantas, seperti apa sih peluang untuk saat ini? Bagaimana cara dan tips untuk memulainya? Simak selengkapnya berikut ini!  

-->

Peluang usaha sayuran packing

The Pioneer Woman

Apakah Sedulur termasuk orang yang bertanya-tanya, seberapa besar sih peluang usaha sayuran packing saat ini? Jika melihat kondisi saat ini, justru peluangnya cukup menjanjikan lho.

Hal ini akibat permintaan pasar terhadap sayuran tidak pernah sepi, apalagi jika melihat kebutuhan masyarakat terhadap sayuran terus mengalami peningkatan sebab mengkonsumsi banyak sayuran diyakini akan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan demikian, seharusnya sudah terjawab bahwa masih ada peluang juga bagi Sedulur untuk meraup keuntungan, untuk memulai usaha sayuran packing. Meski sebetulnya akan berhadapan dengan sebuah persaingan pasar, namun Sedulur harus yakin bisa membuat sebuah inovasi baru usaha sayuran packing agar kelak tetap meraup keuntungan.    

BACA JUGA: Peluang Bisnis Sayuran Potong, Cara Memulai, dan Keuntungan

Cara memulai usaha sayuran packing

Mashed

Jika Sedulur benar-benar tertarik untuk memulai usaha sayuran packing, tentu Sedulur harus memperhatikan beberapa langkah penting sebelum memulainya. Jangan sampai Sedulur memulainya dengan hanya rasa penasaran saja, atau hanya buang-buang uang modal usaha sayur packing, karena kurangnya pemahaman mengelola usaha sayur packing ini, alhasil bukan untung malah buntung.

Lakukan perbaikan atau parafase pada artikel ini agar tidak terjadi copy paste, ganti kata kamu dengan kata Sedulur, dan tambahkan juga apabila perlu sesuai sumber yang relevan dengan topik artikel ini. Supaya lebih jelas, simak informasi mengenai cara berbisnis sayuran kemas berikut:

1. Menentukan jenis sayuran

Dalam memulai usaha, hal pertama yang perlu Sedulur pikirkan adalah apa yang ingin Sedulur jual. Oleh karena itu, saat memulai usaha sayuran packing tentu Sedulur harus menentukan jenis sayuran apa yang ingin Sedulur tawarkan kepada konsumen.

Terdapat beberapa jenis sayuran kemas yang umum dijual di pasaran seperti kangkung, bayam, sawi, terong, cabai, dan bumbu dapur lainnya. Dalam menentukan apa yang ingin dijual, sebaiknya Sedulur pun melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.

2. Menentukan target pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar atau kategori konsumen yang Sedulur tuju dalam menjalankan usaha sayuran packing. Informasi ini bisa ditemukan saat Sedulur melakukan riset. Setelah target pasar telah ditentukan, Sedulur dapat memilih cara menjual, apakah melalui pasar konvensional, toko online, atau bahkan keduanya.

3. Cari pemasok

Untuk memastikan ketersediaan barang dagangan, Sedulur perlu mencari pemasok. Jika Sedulur masih pemula, harga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Usahakan mencari pemasok sayuran yang menawarkan harga yang terjangkau agar Sedulur dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar. Namun, tetap perhatikan kualitas sayuran yang diperoleh agar tidak mengecewakan pembeli.

Selain mencari pemasok, Sedulur juga dapat menanam sayuran sendiri untuk dijual. Cobalah menanam sayuran sederhana seperti sayuran kangkung, pakcoy, seladah, cabai, serai, lengkuas, jahe, atau jenis lainnya. Jika Sedulur serius dalam menjalankan usaha sayuran packing, maka potensi penghasilan dari penjualan sayuran packing yang diperoleh bisa berlipat ganda.

4. Buat kemasan yang menarik

Salah satu alasan mengapa orang mulai membeli sayuran secara online adalah kemasan yang rapi dan bersih. Oleh karena itu, pastikan kemasan sayuran harus bersih dan aman agar tidak rusak saat sampai ke tangan konsumen. Selama proses pengemasan, perhatikan kebersihan agar bakteri tidak menempel pada sayuran.

Beragam kualitas kemasan pada usaha sayuran packing tentu sangat berguna, selain itu bisa juga digunakan untuk mengklasifikasikan jenis sayuran yang dipasarkan dan menghindari pencampuran yang dapat menyebabkan pembusukan. Sayuran yang dikemas berdasarkan jenisnya lebih menarik untuk dilihat daripada mencampur beberapa jenis sayuran menjadi satu.

Gunakanlah wadah kemasan yang tahan air untuk mencegah pembusukan. Namun, saat mengikat plastik, Sedulur pun harus memastikan bahwa ikatannya tidak terlalu kencang, agar udara di dalam kemasan pun bisa keluar masuk dengan baik.

5. Cepat pasarkan

Beberapa jenis sayuran dapat mengalami penurunan kualitas jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, sebaiknya Sedulur segera memasarkan sayuran setelah dikemas. Sedulur dapat menawarkan paket sayuran packing kepada tetangga atau orang-orang terdekat, jika perlu menjual sayuran dengan cepat.

Penjualan secara online juga dapat membantu penjualan dalam usaha sayuran packing yang Sedulur jalankan. Selain dapat menjangkau lebih banyak orang, Sedulur juga dapat dengan mudah melakukan promosi.

6. Pengiriman yang cepat

Proses pengiriman menjadi hal yang tidak kalah penting dalam usaha sayuran packing secara online. Usahakan Sedulur agar segera mengirim pesanan pembeli sampai ke tangan mereka dengan cepat dan tepat, apalagi mengingat beberapa sayuran mudah mengering dan busuk jika dibiarkan terlalu lama setelah dikemas.

7. Jual bahan pokok lainnya

Jika usaha sayuran packing Sedulur sudah berjalan dengan baik, tidak salah juga jika Sedulur mencoba varian bahan pokok lainnya seperti daging, buah, ayam, atau ikan. Dengan begitu, konsumen dapat membeli berbagai kebutuhan sehari-hari cukup dengan hanya mengunjungi toko Sedulur. Namun, jangan lupa Sedulur harus tetap lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan dalam pola bisnis.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Sayur dan Buah-Buahan

Tips menjaga sayuran packing tetap awet

Business Insider

Salah satu tantangan dalam bisnis sayuran kemas adalah menjaga kesegaran sayuran agar tetap awet saat dikirim, apalagi pesanan harus diantar kepada konsumen dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Untuk lebih memudahkan Sedulur juga, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesegaran paket usaha sayuran packing:

1. Lakukan penyortiran produk sayuran 

Saat menerima kiriman sayuran dari pemasok, pastikan Sedulur menyortir terlebih dahulu sayuran yang memiliki kualitas baik.

2. Cuci dan keringkan

Cuci sayuran hingga bersih, lalu keringkan dengan baik sebelum Sedulur melakukan penyimpanan. Selain itu, simpan lah sayuran dalam kulkas khusus syuran untuk menjaga kesegarannya.

3. Pisahkan jenis sayuran

Pisahkan juga berbagai jenis sayuran dengan rapi agar Sedulur lebih mudah dalam proses pengemasan. Hal ini juga akan membantu bercampurnya antara jenis sayuran yang berbeda.

4. Monitor suhu kulkas

Jangan lupa Sedulur pun harus melakukan pemeriksaan suhu pada kulkas khusus sayuran secara berkala untuk memastikan sayuran tetap dalam kondisi optimal. Perlu Sedulur ketahui, bahwa suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi kesegaran sayuran.

5. Lakukan penyimpanan sesuai permintaan

Hal ini pun penting, Sedulur jangan menyimpan sayuran terlalu lama di kulkas jika sudah ada konsumen yang memesannya. Sedulur harus secepatnya mengemas dan mengirim sayuran setelah ada pesanan agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

6. Pastikan kemasan memiliki sirkulasi udara

Saat mengemas sayuran, Sedulur harus pastikan bahwa kertas atau plastik kemasan untuk  sayuran memiliki lubang untuk sirkulasi udara yang baik. Hal ini juga, akan membantu menjaga kesegaran sayuran selama pengiriman.

7. Lakukan pengiriman tepat waktu

Usahakan Sedulur untuk mengirim sayuran pada hari yang sama setelah dikemas. Pengiriman yang tepat waktu akan mengurangi risiko sayuran menjadi cepat busuk dan layu.

Bagaimana menurut Sedulur, cukup menarik bukan usaha sayuran packing ini? Itulah penjelasan mengenai usaha sayuran packing beserta peluang usaha sayuran packing, cara dan tips untuk memulainya bagi Sedulur yang tertarik untuk memulai terjun ke bisnis sektor agribisnis ini.