Usaha sayur dan buah sering dianggap sebagai usaha yang tidak bergengsi.

Pengusaha dan pedagang merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki citra yang baik, seakan dengan menjadi pengusaha atau pedagang kita secara otomatis memiliki banyak harta. Namun ternyata, tidak semua usaha atau bisnis bisa memberikan kita citra tersebut.

Salah satu contohnya adalah usaha sayur dan buah-buahan. Beberapa orang masih beranggapan bahwa, menjadi pengusaha sayur dan buah merupakan sebuah profesi yang tidak bergengsi. Namun, hal tersebut salah besar.

Salah satu indikator yang menjadikan seorang pengusaha bergengsi adalah kesuksesan dan penghasilan yang didapat, dan bisnis buah dan sayur merupakan bisnis yang sangat potensial dan dapat memberikan pemasukan finansial yang besar.

-->

Hal tersebut dikarenakan saat ini telah muncul kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup yang teratur. Hal itu membuat usaha sayur dan buah menjadi hal yang sangat potensial. Terutama bagi Sedulur Super yang tinggal di area yang jauh dari pasar.

Berikut beberapa tips yang wajib Sedulur Super perhatikan sebelum memulai usaha sayur dan buah dan akan membuat usaha sayur dan buah Sedulur sukses. Yuk, mari kita simak ulasannya.

Tips Sukses Memulai Usaha Sayur dan Buah-buahan

1. Cari Pemasok Buah dan Sayur

Buah dan sayuran segar adalah produk yang harus dipasok secara teratur. Jika Sedulur Super memutuskan untuk menjalankan bisnis buah dan sayur segar, pastikan untuk menemukan dan mendapatkan beberapa alternatif pemasok.

Jika pemasok utama berhalangan, Sedulur tidak harus pusing dan memiliki pemasok lain yang bisa memenuhi kebutuhan akan pasokan produk secepatnya. Jangan ragu dan banyak pertimbangan untuk memilih pemasok berkualitas sejak awal.

Jika perlu, mulailah dengan produk buah dan sayur organik untuk menarik banyak pembeli dari kalangan yang sadar kesehatan. Semakin dekat lokasi pertanian tempat asal buah dan sayuran dengan toko atau kios sayur dan buah Sedulur, akan semakin baik kualitas dari sayur dan buah.

Baca Juga: Olahan Sayur yang Menyehatkan

2. Gunakan Mobil Pickup Sebagai Kios

Jika Sedulur Super memulai bisnis dengan modal kecil, Sedulur harus pandai mengatur setiap pengeluaran sebaik mungkin. Menggunakan mobil pengangkut seperti pickup sebagai kios merupakan salah satu cara populer untuk menjalankan kios buah atau sayur.

Sedulur Super bisa memuat cukup banyak dagangan, dan menyetir mobil tersebut ke berbagai tempat lain. Hal ini akan memperluas lingkup pasar dan konsumen Sedulur Super, terutama jika pelanggan potensial bisnis buah dan sayuran harus dicari di beberapa area sekaligus.

Menggunakan mobil pickup juga bisa Sedulur Super lakukan untuk menggapai konsumen yang jauh dari pasar. Sedulur Super bisa masuk ke berbagai perumahan yang jauh dari pasar utama di area berjualan Sedulur.

3. Beli Lemari Es Sebagai Investasi

Menjalankan bisnis buah dan sayuran segar tanpa lemari es hanya  akan memberi waktu terbatas untuk Sedulur menjual buah dan sayuran. Jika Sedulur Super tidak memiliki lemari es dalam menjalankan usaha buah dan sayuran, Sedulur hanya bisa memajang sayuran selama sehari.

Untuk buah, mungkin Sedulur Super hanya dapat memajangnya selama 2 hingga 3 hari sebelum semua dagangan tersebut kehilangan kesegarannya dan membusuk. Dengan lemari es, Sedulur bisa menambah masa penyimpanan, serta memudahkan agar Sedulur  bisa menambah produk secara signifikan.

Selain itu membeli lemari es bisa Sedulur Super jadikan sebagai investasi dari bisnis buah dan sayur yang Sedulur jalani.

Baca Juga: Tips Memilih Sayuran yang Segar

4. Menjual Produk Tambahan

Menawarkan produk yang bervariasi adalah salah satu kunci menarik pelanggan serta dapat memberikan pembeda bisnis yang Sedulur Super jalani dengan bisnis dari pesaing atau kompetitor. Jika Sedulur Super berbisnis buah dan sayuran, terdapat beberapa produk tambahan yang bisa dijual.

Misalkan, Sedulur Super bisa menjual produk atau dagangan yang masih berkaitan dan seputar buah dan sayur. Seperti menjual menjual buah potong dalam kotak plastik, rujak, atau jus buah, jika Sedulur Super memiliki kios buah-buahan.

Untuk produk tambahan seputar atau yang berkaitan dengan sayuran, Sedulur Super bisa menjual produk kebutuhan dapur, seperti bumbu, kerupuk, dan alat-alat kebutuhan memasak dan kebutuhan dapur lainnya.

5. Lakukan Promosi Sebagai Strategi Bisnis

Setiap bisnis dan usaha sangat penting untuk melakukan promosi sebagai salah satu langkah dan cara dari strategi bisnis yang dilakukan. Sedulur Super bisa menerapkan beberapa promosi yang umum dilakukan para pengusaha dan pedagang.

Seperti contoh, Sedulur bisa menerapkan promosi membeli buah lebih dari 5 kg gratis 1 kg buah. Atau Sedulur Super bisa memberikan potongan harga untuk setiap buah dan sayur yang Sedulur jual. Jangan sekali-kali anggap remeh promosi.

Karena promosi dapat memberikan peningkatan penjualan produk buah dan sayuran yang Sedulur jalani. Walaupun harus diakui, bahwa melakukan promosi Sedulur Super memerlukan modal dan biaya yang tidak sedikit.

Tips dan beberapa cara untuk memulai bisnis buah dan sayuran di atas semoga dapat memberi inspirasi untuk Sedulur Super dalam menjalankan bisnis buah. Salah satu tips yang sangat menguntungkan lainnya adalah Sedulur bisa kulak buah dan sayur di Aplikasi Super.

Belanja buah dan sayur di Aplikasi Super akan memberikan keuntungan bagi bisnis buah dan sayur yang Sedulur Super jalani. Karena Aplikasi Super memberikan harga yang murah dari setiap produk yang dijual.

Selain itu, belanja buah dan sayur di Aplikasi Super bisa Sedulur jadikan alternatif jika pemasok untuk bisnis buah dan sayur Sedulur sedang kehabisan persediaan. Sedulur Super bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu.