rekomendasi rasa favorit aoka

Untuk saat ini, ada banyak ide usaha sarapan pagi yang sangat menguntungkan. Mulai dari makanan berat hingga cemilan ringan, sangat diminati oleh banyak orang. Tentu saja hal ini bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika melihat kondisi sekitar seperti yang ada di perkotaan maupun di area kampus, kebanyakan orang memang jarang memasak di pagi hari. Bukan tanpa alasan, hal ini karena jadwal mereka yang sangat padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak di pagi hari.

Maka dari itu, usaha sarapan pagi memiliki peluang keuntungan yang cukup besar. Bagi yang ingin mencari penghasilan tambahan maupun sedang membutuhkan pekerjaan utama, Sedulur perlu memanfaatkan peluang yang ada saat ini.

BACA JUGA: Resep Kue Koko Krunch yang Lezat, Mudah, dan Praktis

Ide Usaha Sarapan Pagi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika ada banyak ide usaha untuk pagi hari yang sangat menarik untuk dicoba. Nah, bagi Sedulur yang mungkin masih merasa bingung untuk memulai jenis usaha apa yang paling cocok, berikut ini beberapa yang direkomendasikan!

1. Soto ayam

Unsplash/Eiliv Aceron

Tentu saja Sedulur sudah tahu, jika soto ayam menjadi salah satu hidangan sarapan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Banyak orang menyukai hidangan yang lezat dan hangat untuk sarapan, sehingga banyak yang mencari soto ayam ini di pagi hari.

Banyak orang yang seringkali mencari sarapan di luar rumah karena keterbatasan waktu di pada saat pagi hari. Dengan membuka usaha soto ayam, Sedulur turut menyediakan opsi sarapan yang dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan yang ingin makan di luar.

Selain itu, soto ayam juga memiliki cita rasa yang ringan, sehingga sangat cocok untuk disantap di pagi hari. Kombinasi rempah-rempah dan kaldu yang kaya, memberikan sensasi yang nyaman.

2. Bubur ayam

Ide usaha sarapan pagi yang berikutnya adalah bubur ayam. Selain soto ayam, bubur ayam juga sering menjadi pilihan sarapan yang populer di Indonesia. Bubur ayam yang hangat dan nikmat, membuat banyak orang menjadikannya sebagai opsi terbaik untuk makan di pagi hari.

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka sarapan bubur ayam, yakni karena memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk sarapan pagi.

Bubur ayam juga bisa dimodifikasi sesuai dengan selera dari pelanggan. Sedulur bisa menambahkan berbagai macam bumbu, kecap, sambal, atau kerupuk. Sehingga memberikan variasi rasa dan menyesuaikan dengan selera dan keinginan dari para pembeli.

3. Nasi uduk

Bisa dibilang jika nasi uduk menjadi salah satu sarapan tradisional yang cukup populer di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Banyak orang mencari sarapan yang enak dan juga mengenyangkan di pagi hari, dan nasi uduk benar-benar memenuhi kriteria tersebut.

Nasi uduk memang menghadirkan citarasa yang kaya serta lezat, karena dimasak dengan perpaduan antara santan, serai, daun pandan, hingga bumbu-bumbu khas lainnya. Hal ini membuat nasi uduk menjadi hidangan yang sangat diminati oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, nasi uduk juga biasa disajikan dengan berbagai jenis lauk. Mulai dari ayam goreng, telur, tempe, dan juga sambal. Kombinasi variasi lauk tentu sangat menarik pelanggan dengan selera berbeda.

4. Nasi bungkus

Usaha sarapan pagi yang berikutnya adalah nasi bungkus. Ya, nasi bungkus memang sering menjadi pilihan sarapan yang sangat praktis dan cepat, cocok untuk pelanggan yang sedang dalam perjalanan maupun yang memiliki waktu terbatas di pagi hari.

Sama halnya seperti nasi uduk, nasi bungkus juga cocok disajikan dengan berbagai lauk tambahan seperti ayam goreng, telur, tempe, ikan, atau sambal.

Menariknya lagi, harga dari nasi bungkus juga cukup terjangkau, menjadikannya pilihan ekonomis bagi para pelanggan yang mencari sarapan yang enak tapi tidak membebani dompet. Para mahasiswa dan pegawai kantoran yang jauh dari rumah, tentu tidak akan melewatkan hidangan untuk sarapan ini.

5. Bubur kacang ijo

Unsplash/Eiliv Aceron

Tidak sedikit orang yang suka menyantap hidangan dengan citarasa manis untuk sarapan. Oleh sebab itu, membuat usaha sarapan pagi dengan menjual bubur kacang ijo adalah pilihan yang sangat tepat. Bubur kacang ijo merupakan hidangan tradisional dari Indonesia yang populer di berbagai kalangan.

Sudah pasti, hal ini bisa menarik para pelanggan yang ingin sarapan dengan hidangan bercita rasa manis khas Indonesia. Tekstur yang lembut tersebut, juga membuat bubur kacang ijo cocok untuk disantap di pagi hari. Selain itu, kacang ijo juga memberikan rasa kenyang dan energi yang tahan lama.

Tidak hanya lezat dan nikmat, bubur kacang ijo juga memiliki kandungan nutrisi tinggi. Hidangan yang satu ini, kaya akan protein, serat, dan nutrisi lainnya, menjadikannya pilihan sarapan yang baik untuk kesehatan.

6. Nasi pecel

Seperti yang kita tahu, nasi pecel menjadi salah satu hidangan untuk sarapan populer di Indonesia. Banyak orang yang menyukai citarasa khas pecel yang kaya bumbu dan juga lauk. Ya, santapan ini memang menghadirkan citarasa yang lezat dan juga cocok untuk disantap pada saat pagi hari.

Kandungan bumbu dan sayuran segar yang ada di dalamnya, juga memberikan kesegaran untuk memulai aktivitas harian. Selain itu, kombinasi antara nasi dengan sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu pecel, mampu memberikan nilai nutrisi yang baik. Hal ini dapat menciptakan hidangan seimbang.

Nasi pecel juga cocok disajikan dengan berbagai macam lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur, dan sambal. Dengan begitu, Sedulur bisa menyediakan variasi rasa dan pilihan bagi para pelanggan.

7. Nasi kuning

Menjual nasi kuning menjadi ide usaha sarapan pagi yang menarik untuk dicoba. Nasi kuning sendiri memiliki citarasa yang sangat khas dengan aroma yang harum karena dimasak dengan santan, kunyit, daun pandan, dan rempah-rempah lainnya. Hal ini mampu menciptakan hidangan yang menggugah selera.

Menariknya lagi, nasi kuning termasuk dalam hidangan tradisional dari Indonesia yang kental akan nilai budaya. Bagi para pelanggan yang mencari pengalaman kuliner yang otentik, tentu hidangan ini terasa sangat menarik.

Nasi kuning dengan lauk-pauknya juga menjadi sarapan yang mampu memberikan gizi yang cukup, sangat cocok untuk memulai hari dengan penuh energi. Ya, menjual nasi kuning memberikan keberagaman dalam menu sarapan, yang dapat menarik para pelanggan yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Oia, agar hidangan nasi kuning yang Sedulur buat makin memikat pelanggan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan beras berkualitas premium yang memiliki karakter pulen dan cocok untuk segala jenis masakan seperti Beras Buncit. Dengan begitu, nasi kuning yang dihasilkan akan semakin lezat.

8. Aneka roti dan jajan pasar

rekomendasi rasa favorit aoka
Pexels/Polina Tankilevitch

Bukan hanya makanan berat, ide usaha sarapan pagi yang ringan seperti aneka roti dan jajanan basah juga menarik dicoba. Dengan menjalankan usaha ini, Sedulur dapat memberikan opsi sarapan yang ringan, praktis, dan tentu saja lebih mudah dikonsumsi di pagi hari.

Hidangan semacam ini sangat cocok untuk para pelanggan yang ingin sarapan cepat tanpa harus duduk lama. Sangat cocok untuk berbagai para pelanggan yang tidak punya banyak waktu di pagi hari, termasuk pekerja kantoran yang terburu-buru, mahasiswa, atau keluarga yang ingin sarapan praktis.

Beberapa varian roti, terutama yang mengandung bahan-bahan sehat seperti gandum, biji-bijian, dan buah-buahan, pastinya juga dapat menarik para pelanggan yang mencari opsi sarapan yang lebih sehat.

BACA JUGA: 17 Resep Olahan Ayam Goreng Kampung untuk Bulan Puasa

Tips Menjalankan Usaha Sarapan Pagi

rekomendasi rasa favorit aoka
Pexels/Roberto Hund

Usai mengetahui beberapa ide usaha sarapan pagi hari, tentu saja Sedulur perlu memikirkan cara untuk menjalankan bisnis yang benar agar bisa mencapai sukses. Selain itu, beberapa tips yang ada di bawah ini akan membantu untuk menghindari kesalahpahaman pada saat membangun sebuah bisnis.

  • Terjun secara langsung

Yang pertama adalah terjun secara langsung. Dalam hal ini, Sedulur sendiri yang harus bekerja di dapur dan menggunakan berbagai peralatan dan bahan secara langsung.

  • Lokasi yang strategis

Berikutnya, pastikan lokasi yang dipilih untuk berjualan harus menguntungkan secara strategis. Misalnya saja di pinggir jalan, dekat kampus atau perkantoran, dan tempat strategis lainnya.

  • Menyediakan beragam makanan

Meskipun Sedulur menyediakan menu utama berupa nasi, jangan lupa untuk menyediakan menu yang lain. Hal ini dilakukan agar para pembeli tidak hanya terpaku pada satu menu saja.

  • Selalu menjaga kebersihan

Seperti yang telah diketahui, kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting supaya para pembeli tidak merasa risih ketika berkunjung ke tempat Sedulur berjualan.

  • Perhatikan rasa makanan

Perlu untuk Sedulur ketahui, rasa menjadi nilai jual yang terbesar. Jika rasa yang disajikan kurang enak, tentu saja para pembeli tidak akan kembali membelinya di kemudian hari.

  • Kualitas layanan yang baik

Mungkin banyak yang kurang memperhatikan tips satu ini. Padahal, kualitas layanan yang baik sangat penting karena para pembeli tentu saja tidak suka dengan penjual yang tidak ramah.

Kurang lebih, itulah beberapa ide usaha sarapan pagi yang menarik untuk dicoba. Ide-ide usaha yang ada di atas, tentu saja memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan keberhasilan dan juga keuntungan yang begitu melimpah.

Akan tetapi, selalu pastikan untuk memahami pasar target, menjaga kualitas bahan baku, dan memberikan variasi menu yang menarik. Dengan begitu, Sedulur dapat meningkatkan daya saing serta potensi keuntungan dalam usaha sarapan pagi yang dijalani.

Apabila Sedulur ingin mencari kebutuhan bisnis sarapan pagi seperti beras, bumbu dapur, dan beberapa kebutuhan memasak lainnya. Tenang, karena semuanya tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.