Sedulur sedang bingung, kira-kira apa usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari? Jika iya, tidak usah khawatir. Simak informasi penting yang ada di bawah ini!

Usaha sampingan memang memberikan sumber penghasilan tambahan yang dapat membantu meningkatkan pendapatan. Dengan memiliki sumber penghasilan tambahan, Sedulur bisa lebih leluasa dalam mengontrol keuangan.

Mulai dari membayar tagihan, menabung untuk masa depan, atau mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari-hari, bisa dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, kebanyakan usaha sampingan ini bisa Sedulur atur sesuai dengan jadwal yang dimiliki.

Tentunya hal ini memberi fleksibilitas untuk bekerja saat waktu luang, seperti setelah bekerja di pekerjaan utama, di akhir pekan, atau bahkan saat malam hari. Fleksibilitas inilah yang memungkinkan Sedulur untuk tetap menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja serta kehidupan pribadi.

-->

BACA JUGA: Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Ini Rekomendasinya!

Usaha Sampingan yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

Nah, bagi Sedulur yang penasaran apa saja usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari, kurang lebih berikut ini diantaranya!

1. Menjual makanan ringan kekinian

Udalado.idn

Usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari pertama, adalah makanan ringan kekinian. Usaha makanan ringan kekinian ini bisa menjadi pilihan yang menarik karena makanan ringan saat ini memiliki pasar yang cukup besar, terutama di kalangan anak muda dan pekerja kantoran.

Sedulur dapat menjual berbagai jenis makanan ringan yang sedang tren, seperti churros, nugget, roti bakar, atau kue cubit dengan berbagai varian rasa dan topping. Sedulur juga bisa memanfaatkan platform online seperti media sosial atau aplikasi pengiriman makanan untuk memperluas jangkauan pasar.

Atau yang juga sedang hits dan banyak dicari adalah makaroni pedas seperti  Udalado. Cemilan pedas ini tak hanya disukai orang dewasa, tapi juga anak-anak karena rasanya yang unik dan khas nusantara. Dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif, serta kualitas produk yang baik, tentu saja Sedulur dapat menghasilkan uang setiap hari dari penjualan makanan ringan kekinian seperti ini.

2. Bisnis angkringan atau warung kopi

Angkringan atau warung kopi juga merupakan pilihan usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari yang menarik. Usaha sampingan yang satu ini memiliki peluang pasar yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan atau perkampungan.

Sedulur dapat membuka angkringan atau warung kopi dengan konsep yang unik dan menarik, misalnya dengan menyediakan menu kopi spesial, teh tarik, atau makanan ringan tradisional yang disukai oleh banyak orang seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

Selain itu, Sedulur juga bisa menyediakan tempat duduk yang nyaman dan suasana yang hangat dan ramah, sehingga pelanggan merasa betah untuk datang kembali. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menyajikan produk-produk berkualitas, Sedulur dapat memperoleh pendapatan lebih setiap hari.

3. Usaha skincare dan kosmetik

Usaha skincare/kosmetik merupakan pilihan yang menarik. Bukan tanpa alasan, hal ini bisa terjadi karena permintaan akan produk skincare dan kosmetik terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kulit dan penampilan.

Nah, Sedulur bisa memilih untuk menjual produk skincare/kosmetik yang sudah ada di pasaran atau membuat produk skincare/kosmetik sendiri dengan merek sendiri. Akan tetapi, dalam menjalankan bisnis ini, kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat penting.

Sementara untuk memperoleh kepercayaan pelanggan, pastikan produk yang ditawarkan berkualitas, aman digunakan, dan juga sesuai dengan kebutuhan pasar. Sedulur juga dapat memanfaatkan platform online seperti website, media sosial, atau marketplace untuk memasarkan produk secara lebih luas.

Dengan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang diminati oleh pasar, bukan tidak mungkin Sedulur dapat menghasilkan pendapatan setiap hari dari penjualan produk skincare/kosmetik.

4. Bisnis rumah makan

Percaya atau tidak, usaha rumah makan juga menjadi pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang selalu dicari. Sedulur dapat membuka rumah makan dengan konsep yang unik dan menarik.

Misalnya saja dengan menyajikan masakan tradisional, masakan daerah tertentu, atau menu spesial yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pastikan untuk menyajikan makanan yang berkualitas, enak, dan higienis sehingga pelanggan merasa puas dan kembali datang lagi.

Sedulur juga dapat memanfaatkan layanan pesan antar atau platform online untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menyajikan menu yang disukai banyak pelanggan, Sedulur dapat menghasilkan pendapatan setiap hari dari penjualan di rumah makan yang dimiliki.

5. usaha minuman kekinian

Usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari berikutnya, yakni usaha minuman kekinian. Usaha minuman kekinian ini bisa menjadi pilihan yang menarik karena minuman kekinian, seperti bubble tea, kopi spesial, atau minuman buah segar.

Minuman-minuman tersebut, saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, terutama anak muda dan kaum milenial. Sedulur dapat membuka gerai atau kedai minuman dengan konsep yang unik dan menarik, serta menyediakan variasi menu minuman yang inovatif dan mengikuti tren terkini.

Selain itu, Sedulur juga dapat memanfaatkan platform online seperti media sosial atau aplikasi pengiriman makanan untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan menyajikan minuman yang berkualitas, unik, dan mengikuti tren, Sedulur bisa menghasilkan pendapatan tiap harinya.

BACA JUGA: Rincian Modal dan Tips Jalani Bisnis Air Isi Ulang, Catat!

6. Usaha warung sembako

SuperApp

Usaha warung sembako bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari. Ini adalah pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan, karena sembako atau kebutuhan pokok merupakan barang yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari.

Sedulur bisa membuka warung sembako dengan menyediakan berbagai macam produk sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti beras, minyak goreng, gula, tepung, dan lainnya. Pastikan untuk menjual produk sembako dengan harga yang kompetitif dan menyediakan pelayanan yang ramah.

Selain itu, Sedulur juga dapat menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari lainnya, seperti makanan ringan, minuman kemasan, atau produk-produk kebersihan.

Dengan menyediakan produk sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari dan memberikan pelayanan yang baik, Sedulur bisa menghasilkan pendapatan setiap hari dari penjualan di warung sembako yang dimiliki.

Kalau tertarik untuk memulai usaha warung sembako, jangan khawatir karena Sedulur bisa kulakan dengan mudah dan praktis di SuperApp. Tak hanya bisa belanja, Sedulur juga bisa menemukan banyak produk unggulan seperti minyak goreng, beras, hingga bumbu dapur lho.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

7. Jualan parfum

Usaha parfum bisa dijadikan sebagai pilihan yang menarik karena parfum merupakan produk yang digunakan oleh banyak orang setiap hari untuk meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan. Sedulur dapat memilih untuk menjual parfum yang sudah beredar di pasaran.

Bahkan jika memungkinkan, Sedulur dapat membuat parfum sendiri dengan merek sendiri. Namun pastikan untuk memilih bahan-bahan yang berkualitas dan aman digunakan, serta menciptakan aroma yang menarik dan unik.

Tentu saja Sedulur bisa memanfaatkan platform online seperti website, media sosial, atau marketplace untuk memasarkan produk kepada pelanggan potensial. Dengan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang diminati oleh pasar, Sedulur bisa menghasilkan pendapatan setiap hari.

8. Jasa laundry pakaian

Berikutnya ada usaha laundry pakaian, yang menjadi pilihan menarik sebagai usaha sampingan karena layanan laundry merupakan kebutuhan pokok bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

Sedulur dapat membuka jasa laundry pakaian dengan menyediakan layanan cuci, setrika, dan lipat pakaian. Pastikan untuk menggunakan peralatan dan bahan pembersih yang berkualitas, serta memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan ramah kepada pelanggan.

Sedulur juga dapat memanfaatkan layanan antar-jemput atau platform online untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas, serta menawarkan harga yang kompetitif, dijamin usaha laundry ini tidak akan pernah sepi oleh pengunjung.

9. Usaha katering makanan

Usaha katering makanan bisa menjadi pilihan yang menarik berikutnya, karena permintaan akan jasa katering selalu ada, terutama untuk acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, pertemuan bisnis, atau acara keluarga.

Sedulur bisa membuka jasa katering makanan dengan menyediakan menu makanan yang bervariasi dan sesuai dengan selera pelanggan. Pastikan untuk menyajikan makanan yang berkualitas, enak, dan higienis, serta memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan.

Jangan lupa manfaatkan platform online atau media sosial untuk memasarkan jasa katering kepada para pelanggan potensial. Dengan strategi pemasaran yang efektif dan pelayanan yang berkualitas, jasa katering makanan ini bisa memberi hasil yang tidak sedikit, lho!

10. Bisnis pakaian

Usaha pakaian khususnya kaos, juga merupakan pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan karena pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi banyak orang. Sedulur dapat mendesain dan menjual kaos dengan desain yang unik dan menarik, atau bahkan memproduksi kaos dengan merek sendiri.

Nah, pastikan untuk memilih bahan yang berkualitas dan nyaman dipakai, serta menciptakan desain yang diminati oleh pasar. Sedulur juga harus bisa memanfaatkan platform online seperti website, media sosial, atau marketplace untuk memasarkan produk tersebut kepada para pelanggan yang lebih luas.

Dengan menyediakan produk kaos yang berkualitas, unik, dan sesuai dengan tren, maka bisa saja usaha pakaian ini akan jauh menjadi lebih besar dan mendatangkan lebih banyak keuntungan. Selain itu, jangan lupa berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, ya!

BACA JUGA: 30+ Rekomendasi Ide Jualan di Bazar Bagi Pemula

11. Menjual produk homemade

Pexels/Polina Tankilevitch

Sedulur bisa mencoba Usaha produk homemade atau produk rumahan sebagai usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari. Usaha dapat menjadi pilihan yang menarik karena memiliki keunikan dan nilai tambah tersendiri.

Sedulur dapat membuat berbagai macam produk homemade seperti kue, roti, makanan ringan, sabun, lilin aromaterapi, maupun produk kerajinan tangan lainnya. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman, serta memberikan sentuhan personal dalam setiap produk yang dibuat.

Sedulur juga dapat memanfaatkan platform online seperti media sosial atau marketplace untuk memasarkan produk homemade kepada pelanggan yang lebih luas. Dengan menyajikan produk homemade yang berkualitas dan unik, Sedulur tentu bisa menghasilkan pendapatan setiap hampir hari.

12. Bisnis depot air isi ulang

Usaha depot air isi ulang juga bisa menjadi pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan. Hal ini karena air minum merupakan kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh masyarakat. Nah, Sedulur dapat membuka depot air isi ulang dengan menyediakan berbagai macam jenis air minum seperti air minum isi ulang, air mineral, atau air galon.

Akan tetapi, pastikan untuk menyediakan air minum yang berkualitas dan higienis, serta memberikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada pelanggan. Selain itu, Sedulur dapat memanfaatkan layanan antar-jemput atau platform online untuk memperluas jangkauan pasar.

Dengan menyediakan air minum yang bersih, segar, dan berkualitas, serta memberikan pelayanan yang baik sangat kepada para pelanggan, Sedulur bisa menghasilkan pendapatan setiap hari dari usaha depot air isi ulang ini.

13. Usaha salon atau barbershop

Usaha yang menarik dicoba untuk sampingan berikutnya, adalah salon atau barbershop. Usaha yang satu ini, dapat menjadi pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan, karena layanan kecantikan dan perawatan diri merupakan kebutuhan yang selalu ada di masyarakat.

Nah, Sedulur dapat membuka salon atau barbershop dengan menyediakan berbagai layanan seperti potong rambut, perawatan rambut, facial, manicure, pedicure, atau layanan spa. Pastikan untuk menyediakan layanan yang berkualitas, menggunakan produk-produk yang aman dan berkualitas tinggi.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada pelanggan. Sedulur juga dapat memanfaatkan media sosial atau platform online untuk mempromosikan layanan salon atau barbershop kepada pelanggan potensial.

14. Usaha jasa desain grafis

Usaha jasa desain grafis juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan. Hal ini karena banyaknya permintaan akan desain grafis di berbagai bidang, seperti desain logo, desain brosur, desain kemasan, atau desain grafis untuk media sosial.

Sedulur dapat menawarkan jasa desain grafis dengan menyediakan berbagai layanan seperti desain logo, brosur, spanduk, atau konten visual untuk media sosial. Pastikan untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup dalam bidang desain grafis.

Jangan lupa pula gunakan perangkat lunak dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Sedulur juga dapat memanfaatkan platform online seperti website atau media sosial untuk mempromosikan jasa desain grafis kepada para pelanggan.

Dengan memberikan desain yang kreatif, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta memberikan pelayanan yang baik dan responsif, Sedulur dapat menghasilkan pendapatan yang sangat lumayan dari usaha yang dijalankan ini.

15. Usaha jasa fotocopy

Usaha jasa fotocopy adalah pilihan berikutnya yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Ini adalah usaha yang menarik, karena masih banyaknya kebutuhan akan layanan fotokopi, terutama di sekitar perkantoran, kampus, atau pusat komunitas.

Sedulur dapat membuka usaha jasa fotocopy dengan menyediakan layanan fotokopi berbagai dokumen, seperti dokumen kantor, tugas kuliah, atau materi pelajaran. Pastikan untuk memiliki peralatan fotokopi yang berkualitas dan memadai, serta memberikan pelayanan yang cepat, dan akurat.

Selain itu, Sedulur juga dapat menawarkan layanan tambahan seperti fotokopi warna, print digital, atau jilid dokumen. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan harga yang kompetitif, serta menjaga kualitas hasil fotokopi, Sedulur bisa menghasilkan pendapatan hampir setiap hari dari usaha jasa fotocopy.

16. Usaha servis handphone

Pexels/Poline Simmerman

Bagi Sedulur yang punya keahlian dalam servis handphone, maka bisa memanfaatkan keahlian tersebut. Usaha servis handphone bisa menjadi pilihan yang menarik sebagai usaha sampingan karena banyaknya permintaan akan layanan perbaikan handphone di masyarakat.

Sedulur bisa membuka usaha servis handphone dengan menyediakan berbagai layanan perbaikan handphone, seperti penggantian layar, baterai, atau komponen yang rusak, serta perbaikan perangkat lunak atau troubleshooting.

Namun, benar-benar pastikan untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup dalam perbaikan handphone, serta peralatan dan suku cadang yang berkualitas. Selain itu, Sedulur juga dapat memanfaatkan media sosial atau platform online untuk mempromosikan layanan servis handphone.

17. Usaha cuci motor

Usaha jasa cuci motor bisa menjadi usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari berikutnya. Ya, permintaan akan layanan cuci motor selalu ada di masyarakat, terutama di daerah perkotaan atau pusat perbelanjaan memang cukup tinggi.

Sedulur dapat membuka usaha jasa cuci motor dengan menyediakan layanan cuci motor secara manual atau menggunakan mesin cuci motor otomatis. Pastikan untuk menyediakan layanan cuci motor yang cepat, berkualitas, dan ekonomis, serta menggunakan bahan-bahan pembersih terbaik.

Tidak hanya sekadar cuci motor, Sedulur juga dapat menawarkan layanan tambahan seperti poles atau detailing motor. Dengan memberikan pelayanan yang baik, harga yang kompetitif, dan promosi yang efektif, dijamin usaha jasa cuci motor akan berjalan dengan lancar dan berkembang pesat.

18. Driver ojek online

Rekomendasi usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari terakhir, adalah menjadi driver online. Fleksibilitas waktu dan potensi penghasilan dari menjadi driver online memang cukup besar. Sedulur dapat bergabung dengan platform layanan ojek online seperti Gojek, Grab, atau yang lainnya.

Kemudian menjadi driver ojek online dengan menggunakan sepeda motor atau mobil Sedulur yang dimiliki. Nah, pastikan untuk memahami aturan dan kebijakan dari platform yang dipilih, serta memberikan pelayanan yang ramah, aman, dan nyaman kepada penumpang.

Dengan menawarkan layanan yang cepat, aman, dan nyaman, serta menjaga rating dan ulasan positif dari penumpang, penghasilan dari menjadi driver ojek online dijamin bisa terus bertambah. Bahkan bisa saja pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan utama.

BACA JUGA: Perhitungan Biaya dan Modal Usaha Cuci Motor, Catat!

Tips Dalam Menjalankan Usaha Sampingan

ide jualan di bazar
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Dari beberapa usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari di atas, apakah Sedulur sudah bisa memutuskan kira-kira usaha mana yang akan dijalani. Nah, jika sudah, jangan lupa ketahui beberapa tips dalam menjalankan usaha sampingan berikut ini!

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Mulailah dengan menetapkan tujuan yang spesifik untuk usaha sampingan yang dipilih. Apakah tujuan Sedulur ingin menghasilkan pendapatan tambahan, mengembangkan keterampilan baru, atau mempersiapkan diri untuk berpindah ke bisnis penuh waktu di masa depan?

Nah, dengan menetapkan tujuan yang jelas, maka Sedulur dapat fokus pada langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

2. Manajemen waktu yang efektif

Manajemen waktu adalah kunci sukses dalam menjalankan usaha sampingan. Buatlah jadwal yang teratur dan tetapkan waktu khusus untuk bekerja pada usaha sampingan Sedulur.

Pisahkan waktu dengan jelas antara pekerjaan utama, keluarga, dan usaha sampingan, dan pastikan untuk menggunakan waktu Sedulur secara efisien.

3. Fokus pada prioritas utama

Dalam menjalankan usaha sampingan, penting untuk fokus pada prioritas utama. Identifikasi kegiatan atau tugas yang memberikan dampak terbesar pada perkembangan usaha yang dijalankan dan alokasikan waktu dan tenaga Sedulur secara proporsional.

Dan yang tidak kalah penting, yakni hindari menyia-nyiakan waktu pada hal-hal yang tidak mendukung tujuan utama usaha Sedulur.

4. Jaga kualitas dan konsistensi

Kualitas produk atau layanan dan konsistensi dalam pelayanan merupakan faktor kunci untuk membangun reputasi yang baik dan mempertahankan pelanggan. Pastikan untuk memberikan produk atau layanan yang berkualitas tinggi dan memenuhi harapan pelanggan setiap saat.

Konsistensi dalam pelayanan juga membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, maka pelanggan baru akan datang dan pelanggan lama tidak pergi.

5. Berjejaring dan memanfaatkan dukungan

Bangunlah jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat atau bidang yang sama, baik itu sesama pengusaha sampingan atau pelaku bisnis lainnya.

Manfaatkan dukungan dari keluarga, teman, atau mentor yang dapat memberikan saran, motivasi, dan dukungan praktis dalam menjalankan usaha sampingan yang Sedulur jalankan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari serta tips dalam menjalankannya. Ya, memiliki usaha sampingan dapat menjadi langkah yang sangat positif dalam mencapai tujuan keuangan, pengembangan diri, dan kepuasan pribadi!