Bagi yang ingin menjalankan usaha, seringkali modal menjadi kendala yang dihadapi. Karena kecenderungan membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Namun, stigma tersebut tentu saja salah, ada banyak jenis usaha yang membutuhkan modal kecil. Contohnya, modal 300 ribu bisa usaha apa? Tentu saja ada banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal hanya 300 ribu saja.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi usaha untuk menjawab modal 300 ribu bisa usaha apa. Modal 300 ribu bisa usaha apa? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 8 Tips dan Cara Menjadi Reseller Skincare yang Wajib Diketahui!

1. Bisnis pulsa dan paket internet

cek lokasi kuota lokal tri
Pexels/Porapak Apichodilok

Modal 300 ribu bisa usaha apa? Pilihan pertama yaitu berbisnis PPOB atau pulsa dan paket internet. PPOB atau Payment Point Online Bank merupakan sebuah layanan yang menyelenggarakan pembayaran atau pembelian online.

-->

Pembayaran online saat ini merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari membayar pulsa, internet, listrik dan lain sebagainya. Membuka bisnis PPOB melihat kebutuhan saat ini merupakan salah satu peluang bisnis dengan modal murah dan terjangkau.

Sedulur bisa menawarkan beberapa jasa pembayaran dan transaksi kebutuhan masyarakat. Sebagaimana sistem perbankan yang lebih ramah dan lebih mudah yang bisa dinikmati pelayanannya oleh masyarakat.

Kebutuhan akan pulsa dan paket internet saat ini juga sangat tinggi, karena hampir seluruh masyarakat telah memiliki handphone yang membutuhkan internet dan pulsa. Tentu bisnis ini sangat menarik untuk dicoba

2. Jual hijab

Modal 300 ribu bisa usaha apa? Sedulur bisa menjalankan usaha rumahan satu ini. Jual hijab. Hal tersebut didukung dengan jilbab yang saat ini telah menjadi tren. Hal tersebut tentu saja bisa sangat menguntungkan Sedulur.

Sedulur bisa menggunakan sebagian ruangan di rumah Sedulur yang digunakan sebagai gudang dan juga tempat untuk menjual jilbab. Terutama di waktu yang saat ini akan memasuki bulan puasa dan lebaran Idul Fitri.

Membuat usaha jilbab yang Sedulur lakukan akan semakin laris. Karena pola menjual jilbab sangat dipengaruhi dengan momen-momen hari keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Sedulur bisa segera mencobanya, jangan sampai menyia-nyiakan.

3. Bisnis kecantikan dan kosmetik

masker wajah lokal
Unsplash/Bermix Studio

Bisnis kosmetik saat ini sedang menjadi bisnis yang lagi trend dengan modal yang terjangkau. Bisa kurang dari Rp300rb. Hal tersebut disebabkan oleh trend masyarakat, terutama wanita, yang sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Kosmetika dapat menunjang penampilan menjadi lebih prima dan lebih menarik. Sedulur bisa memanfaatkan momen yang sedang trend saat ini sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan.

Sedulur tinggal mencari supplier yang menawarkan berbagai kosmetik, cari kosmetik dengan produk yang bagus dan harga terjangkau. Lalu jual secara online, Sedulur bisa menjalankan usaha satu ini dari rumah tanpa membutuhkan tempat dan mengeluarkan uang untuk sewa tempat. Dijamin sangat menguntungkan.

4. Bisnis isi ulang air

Selain menguntungkan, bisnis dengan  modal murah ini juga dijamin bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan. Usaha satu ini sangat dibutuhkan dan dapat membuat Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan setiap harinya.

Hampir di setiap rumah menggunakan jasa isi ulang air minum yang digunakan sebagai pasokan air bersih. Apalagi air minum adalah kebutuhan utama setiap manusia dan tidak bisa dilewatkan. Selain itu, bisnis satu ini juga sangat potensial untuk berkembang dan menjadi sebuah usaha rumahan yang sukses besar.

5. Bisnis jasa jahit

Bisnis modal murah hanya Rp300 ribu saja yaitu dengan menjalankan usaha menjahit. Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Sedulur cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan dibidang tersebut.

Sedulur bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Sedulur, dari keluarga hingga teman-teman Sedulur. Sedulur hanya membutuhkan modal mesin jahit.

BACA JUGA: 30+ Rekomendasi Ide Jualan di Bazar Bagi Pemula

6. Bisnis laundry

cara membuka laundry koin
Unsplash/Bianca Jordan

Jenis usaha dengan modal laris manis yaitu dengan membuka usaha laundry. Dengan menjalankan usaha ini, Sedulur yang merupakan seorang karyawan juga bisa menjalankannya dengan mudah. Karena usaha satu ini bisa dijalankan di rumah.

Pekerjaan tetap bisa dilakukan dan usaha laundry tetap bisa berjalan. Terutama jika Sedulur sebagai karyawan yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

7. Jasa pembersihan rumah

Rekomendasi bisnis dengan modal murah yaitu membuka jasa pembersihan rumah. Bisnis ini terbilang cukup fleksibel dan menguntungkan. Dengan modal awal yang terbatas, Sedulur dapat membeli beberapa peralatan pembersihan dasar dan memasarkan jasa Sedulur kepada teman, keluarga, atau melalui platform online.

Bisnis ini bisa dijalankan bahkan tanpa modal, hanya perlu ketekunan serta ketelitian dalam membersihkan rumah sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik dan jasa Sedulur bisa bermanfaat bagi klien yang menggunakan.

8. Bisnis katering

ide jualan makanan online
Pexels/Valeria Boltneva

Bisnis rumahan dengan modal murah selanjutnya yaitu dengan membuka usaha katering, sama dengan usaha laundry, usaha satu ini juga bisa dijalankan di rumah dengan mudah dan bisa dijalankan bagi Sedulur yang memiliki pekerjaan utama. Terutama, jika Sedulur tinggal di daerah perkantoran, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Membuka warung makan atau bisnis katering sebagai usaha rumahan yang menjanjikan sangat wajib dicoba. Bagi Sedulur yang memiliki bakat memasak, sebaiknya mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan dijual, sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar.

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan utama, banyak pekerja yang membutuhkan makan siang di tengah waktu kerja yang dilakukan. Terutama jika Sedulur jago masak dan memiliki beberapa anggota keluarga yang bisa diajak bekerja sama untuk mengurus usaha sampingan karyawan satu ini. Dijamin menguntungkan!

9. Jasa desain grafis

Modal usaha 300 ribuan bisa usaha apa? bisa buka jasa desain grafis, memulai jasa desain grafis dapat menjadi pilihan yang menjanjikan. Dengan menggunakan perangkat lunak desain yang tersedia secara online atau perangkat lunak gratis.

Sedulur dapat menawarkan layanan desain logo, brosur, pamflet, kartu nama, atau desain grafis lainnya kepada bisnis lokal, organisasi, atau individu yang membutuhkan bantuan dalam memvisualisasikan identitas merek mereka.

Membangun portofolio yang menarik dan berkomunikasi secara efektif dengan klien akan membantu membangun reputasi dan meningkatkan peluang mendapatkan proyek yang lebih besar di masa depan.

10. Jualan tanaman hias

Terakhir, memulai usaha jualan tanaman hias bisa menjadi pilihan menarik. Dengan modal 300 ribuan, Sedulur dapat membeli berbagai bibit tanaman hias yang populer, Sedulur bisa langsung menjual atau mengembangbiakkan terlebih dahulu.

Sebelum itu, cari tahu jenis tanaman yang sedang tren dan diminati oleh pasar, seperti monstera, succulent, atau tanaman kaktus. Sedulur bisa membeli bibit dengan harga yang terjangkau dan menumbuhkannya dengan cermat hingga tumbuh dewasa sebelum menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Tips dan Cara Memulai Usaha Aksesoris Wanita di Rumah

Tips dan Cara Memulai Usaha Modal Kecil

alat yang digunakan untuk kasir
Unsplash/Blake Wisz

Menjalankan bisnis dengan modal kecil tentu menjadi tantangan tersendiri. Nah, dalam hal ini tentu saja Sedulur membutuhkan tips untuk menjalankannya. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Mulai dengan niat dan cari kebutuhan harga grosir

Mulai dengan tekad dan mencari kebutuhan dengan harga grosir merupakan langkah awal yang bisa diambil oleh setiap individu untuk memulai usaha meskipun dengan modal yang terbatas. Namun, bagaimana cara memulai usaha dengan modal terbatas?

Pertama-tama, Sedulur perlu memastikan diri dan meneguhkan tekad untuk memulai usaha, termasuk menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan. Selanjutnya, Sedulur dapat memulai dengan mencari barang atau bahan yang ditawarkan dengan harga grosir atau diskon.

Namun, yang tetap perlu diperhatikan adalah kualitas dari barang tersebut. Meskipun modal yang Sedulur miliki terbatas, ini justru bisa menjadi motivasi ekstra untuk mengembangkan usaha dan meraih keuntungan.

2. Manfaatkan media sosial dengan baik

Era teknologi internet saat ini sebenarnya makin memudahkan setiap orang untuk menyebarkan pesan atau informasi kepada seluruh dunia. Saat ini hampir semua orang setidaknya memiliki satu akun media sosial.

Hal ini harus Sedulur manfaatkan sebagai pengusaha yang baru memulai usaha dengan modal kecil. Sedulur bisa mempromosikan usaha atau bisnis Sedulur lewat berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

3. Alokasikan modal bisnis secara tepat

Perlu diketahui bahwa terdapat dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis. Pertama adalah capital expenses, di mana modal digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis.

Contohnya adalah jika Sedulur akan memulai bisnis laundry maka pembelian mesin cuci, mesin pengering, dan stok sabun cuci termasuk ke dalam pengeluaran ini.

Yang kedua adalah operational expenses, yaitu pengeluaran operasional yang mencakup biaya listrik, sewa gedung, gaji karyawan, dan sejenisnya. Dengan alokasi yang tepat, maka modal kecil dapat digunakan secara efektif dan efisien.

4. Pilihlah lokasi yang strategis

Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam memulai usaha. Dengan memilih lokasi ramai dan tepat bisa membuat usaha Sedulur lebih cepat berkembang. Untuk usaha yang baru dirintis, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah yang ada seperti teras atau garasi rumah.

Contoh beberapa perusahaan besar di dunia ini berasal dari garasi rumah seperti Apple, Google, Amazon, Microsoft dan lain sebagainya.

5. Selalu lakukan inovasi produk

Pada dasarnya kebanyakan konsumen memiliki sifat cenderung mudah bosan, mereka menginginkan produk dengan inovasi baru. Jika konsumen sudah bosan pastinya konsumen akan pindah ke lain tempat yang dirasa lebih menarik dari sebelumnya.

Contoh saja warung bakso, sekarang ini banyak sekali inovasi bakso yang menarik untuk dicoba seperti bakso beranak, bakso klenger, bakso bakar, bakso balungan. Hal ini tentu membuat konsumen penasaran dengan inovasi produk bakso tersebut.

Nah itulah daftar bisnis untuk menjawab modal 300 ribu bisa usaha apa. Disertai dengan tips yang Sedulur butuhkan dalam menjalankan bisnis. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur dan terlebih dapat memotivasi Sedulur dalam berbisnis dan menjalankan usaha. Semoga membantu penjelasan di atas Sedulur ya!