Sedulur seorang karyawan dan membutuhkan tambahan? Sedulur bisa coba daftar usaha sampingan karyawan dalam di bawah ini!

Di tengah krisis dan resesi ekonomi yang saat ini sedang berlangsung saat ini, dampak dari virus corona. Banyak yang dari kita yang membutuhkan usaha sampingan yang menjanjikan. Pekerjaan sampingan bisa dilakukan disesuaikan kemampuan dan kebutuhan kita. Banyak ide usaha sampingan yang bisa menghasilkan cuan banyak.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar contoh usaha sampingan yang cocok bagi kita para pekerja, mulai dari usaha sampingan modal kecil untuk karyawan, beberapa daftar peluang usaha sampingan karyawan, penghasilan tambahan untuk karyawan, hingga bagaimana cara menambah penghasilan bagi karyawan.

Menjalankan kerja sampingan sangat dapat membantu penghasilan bulanan kita. Simak cara kerja sampingan dan juga cari usaha sampingan yang akan dijelaskan di bawah ini. Agar bisa memiliki penghasilan tambahan untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal, Sedulur Wajib Tahu!

Daftar Jenis Usaha Sampingan Untuk Karyawan untuk Penghasilan Tambahan

1. Usaha Laundry

1. Usaha Laundry
akurat.co

Jenis usaha sampingan karyawan yang bisa Sedulur coba yang pertama adalah membuka usaha laundry. Dengan menjalankan usaha ini, Sedulur yang merupakan seorang karyawan juga bisa menjalankannya dengan mudah. Karena usaha satu ini bisa dijalankan di rumah

Pekerjaan tetap bisa dilakukan dan usaha laundry tetap bisa berjalan. Terutama jika Sedulur sebagai karyawan yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

2. Usaha Katering

2. Usaha Katering
berkahcatering.web.id

Usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah membuka usaha katering, sama dengan usaha laundry, usaha satu ini juga bisa dijalankan di rumah, pekerjaan Sedulur sebagai karyawan pun masih tetap bisa dilakukan. Terutama, jika Sedulur tinggal di daerah perkantoran, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan utama, banyak pekerja yang membutuhkan makan siang di tengah waktu kerja yang dilakukan. Terutama jika Sedulur jago masak dan memiliki beberapa anggota keluarga yang bisa diajak bekerja sama untuk mengurus usaha sampingan karyawan satu ini. Dijamin menguntungkan!

Baca Juga: Begini Cara Sukses Menjadi Dropshipper, Bisa Untung Melimpah!

3. Dropshipping

3. Dropshipping
lifepal.co.id

Jenis usaha sampingan karyawan selanjutya adalah menjadi dropshipping. Menjadi dropshipper cara kerjanya hampir sama dengan reseller, yang menjual produk yang sudah ada. namun bedanya menjadi dropshipper tidak akan mendapatkan komisi tambahan. Terlebih lagi, menjalankan usaha satu ini bisa membuat Sedulur tetap menjalankan pekerjaan sebagai karyawan.

Keuntungan yang didapat oleh dropshipper adalah dari harga yang dinaikan beberapa persen saja. Hal ini sangat menguntungkan jika jumlah barang yang dijual secara banyak. Walaupun mengambil keuntungan sedikit, jika dikalikan dengan jumlah yang banyak akan memberikan banyak keuntungan.

4. Menjadi Vlogger/Youtuber

4. Menjadi Vlogger/Youtuber
forbes.com

Bukan hanya sebagai usaha sampingan karyawan, youtuber saat ini merupakan sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan, terutama di era digital seperti saat ini. Sedulur bisa membagikan kegiatan Sedulur sebagai seorang pekerja di kanal Youtube. Banyak orang yang mungkin tertarik dengan kehidupan sehari-hari seorang karyawan, hal tersebut bisa menjadi daya tarik utama dari konten youtube Sedulur.

Sama seperti influencer, menjadi Youtuber juga merupakan sebuah peluang bisnis online yang banyak dijalani saat ini. Jika influencer memiliki platform di berbagai media sosial, Youtuber hanya menggunakan Youtube sebagai platform untuk menjalankan peluang bisnis onlinenya.

Banyak pemasukan yang bisa kita dapatkan, terutama jika kita telah memiliki banyak subscriber. Pertama pemasukan dari Google Adsense, kedua pemasukan dari berbagai produk untuk iklan di channel Youtube yang kita jalankan.

5. Penulis Lepas

5. Penulis Lepas
kolomsatu.com

Menjadi penulis lepas juga bisa Sedulur gunakan sebagai salah satu pilihan dari beberapa jenis saha sampingan karyawan yang tersedia. Penulis lepas saat ini banyak dicari dan dibutuhkan o;eh berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa copywriting. Hal ini dipengaruhi dengan perkembangan bisnis online yang  sangat pesat dan membutuhkan banyak penulis konten.

Penulis konten tersebut akan membuat beberapa artikel untuk mempromosikan produk dari usahanya. Selain itu, banyak juga dibutuhkan penulis konten untuk memberikan edukasi terkait produk usaha. Menjadikan penulis konten sebagai peluang bisnis online tentu akan sangat menguntungkan.

6. Menjual Snack dan Camilan

6. Menjual Snack dan Camilan
aktualita.co

Daftar jenis usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah dengan menjual snack dan camilan. Banyak makanan ringan atau camilan yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif dan inovatif. Banyak juga contoh usaha kecil-kecilan satu ini yang telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis yang menjalankannya.

Ditambah perkembangan media sosial, dan dibalut dengan kreativitas dan inovasi, bisa membuat peluang usaha satu ini sangat menguntungkan. Ditambah lagi, pekerjaan Sedulur sebagai karyawan bisa tetap dijalankan dan tidak akan terganggu. Oleh karena itu menjalankan usaha satu ini sangat menguntungkan.

7. Membuat Kerajinan Tangan

7. Membuat Kerajinan Tangan
belajardm.com

Salah satu ide usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah membuat kerajinan tangan dan menjualnya, menjalankan usaha satu ini sangat mudah, modalnya hanya kreatifitas dan ketekunan.

Jualan modal kecil bisa dilakukan dengan menjual kerajinan tangan. Salah satu hal yang membuat bisnis modal kecil untuk pemula ini menarik adalah nilai kreativitasnya. Karena kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang bagus dengan menjual produk yang spesial.

8. Menjual Tanaman Hias

8. Menjual Tanaman Hias
merdeka.com

Ide bisnis yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah menjual tanaman hias. Saat ini, tren menghias rumah dengan tanaman, baik di halaman rumah atau juga di dalam rumah sedang ramai diminati. Hal tersebut bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Sedulur menjual tanaman hias dengan kreativitas dan inovasi yang dilakukan. Selain itu bisnis tanaman hias merupakan salah satu usaha pertanian yang sangat menguntungkan saat ini. Didukung dengan tren yang sedang ramai, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk mengantarkan cuan yang banyak!

9. Thrift Shop

9. Thrift Shop
sonora.id

Banyak yang menjalankan usaha thrift shop saat ini, baik anak muda dan berbagai rentang usia lainnya saat ini yang melakukan thrifting dan menjualnya kembali. Hal tersebut menunjukan salah satu kelebihan usaha satu ini. Thrift shop merupakan salah satu ide bisnis \yang saat ini ramai dilakukan dan sedang menjadi tren.

Menjual pakaian bekas yang masih memiliki kualitas tinggi. Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan karena model dari setiap pakaian jarang ada yang memiliki. Banyak juga yang saat ini menyukai model pakaian yang sangat antik dan klasik, hal tersebut merupakan sebuah keuntungan tersendiri menjalankan usaha sampingan karyawan satu ini.

10. Menjual Buku Bekas

10. Menjual Buku Bekas
blog.tempoinstitute

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah menjual buku bekas, terutama bagi Sedulur yang memiliki koleksi buku yang banyak yang sudah tidak dibaca lagi, dari pada sayang membuat rumah sempit, Sedulur bisa menjualnya untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas, terutama jika Sedulur memiliki buku lawas dan buku antik. Banyak kolektor buku yang mengincarnya. Hal tersebut bisa merupakan sebuah kemudahan untuk menjalankan usaha sampingan karyawan satu ini.

11. Fotografer

11. Fotografer
hipwee.com

Menjadi Fotografer merupakan pekerjaan sampingan yang menarik dan bisa memberikan keuntungan melimpah bagi Sedulur yang memiliki ketertarikan dan bakat di dunia fotografi,. Terutama bagi Sedulur yang telah berkecimpung di dunia fotografi sejak lama dan mendalam. Menjadikan skill fotografi pekerjaan merupakan cara yang cerdas untuk mendapatkan keuntungan.

Pekerjaan sampingan dengan menjadi fotografer bisa Sedulur gunakan untuk foto produk dan jasa konsultasi visual dari produk yang membutuhkan sentuhan visual yang menarik. Fotografer merupakan profesi yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

12. Guru Les

12. Guru Les
popmama.com

Usaha sampingan lainnya yang bisa Sedulur lakukan adalah menjadi guru les, terutama bagi Sedulur yang saat ini berprofesi sebagai guru. Mengajar les akan memberikan pemasukan tambahan bagi Sedulur, yang paling penting banyak guru yang menjalankan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingannya, dan bahkan memberikan pemasukan lebih tinggi dibanding dengan pemasukan dari pekerjaan utama.

Menjadi guru les cukup mudah dan fleksibel untuk dilakukan, karena Sedulur bisa menentukan jadwal mengajar kapan saja, terutama lagi jika memberikan pengajaran secara online. Hal yang menarik dari pekerjaan sampingan satu ini adalah karena Sedulur tidak membutuhkan modal material yang besar.

13. Penerjemah

13. Penerjemah
welcome-center-germany.com

Pekerjaan sampingan selanjutnya adalah menjadi penerjemah. Menjadi penerjemah merupakan jenis bisnis online yang paling fleksibel dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Modal utamanya hanya satu, yaitu kemampuan Bahasa yang baik dan mumpuni.

Hal yang paling menarik adalah Sedulur bisa menentukan tarif penerjemahan setiap lembar berdasarkan tingkat kesulitan dari teks yang diterjemahkan. Biasanya Sedulur yang berprofesi sebagai guru bahasa atau Sedulur yang memiliki pendidikan di bidang bahasa asing bisa melakukan pekerjaan sampingan satu ini.

14. Desain Grafis

14. Desain Grafis
pexels.com

Berkaitan dengan dunia digital dan dunia visual, usaha sampingan ini sangat dibutuhkan dalam dunia digital marketing. Untuk menunjang promosi bisnis secara online, banyak desain grafis yang dibutuhkan untuk membuat beberapa poster atau visual yang menarik. Seperti desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan banyak lainnya.

Menjadi Desainer Grafis merupakan sebuah peluang bisnis online yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Sama seperti SEO Specialis, menjadi desainer grafis merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan.

15. Jasa Pembuatan Website

15. Jasa Pembuatan Website
pexels.com

Usaha sampingan selanjutnya masih seputar dunia digital dan internet marketing, yaitu menawarkan jasa pembuatan website. Perkembangan era digital yang tengah berjalan pesat saat ini memberikan berbagai macam peluang bisnis online. Untuk dapat berjualan secara online, banyak pengusaha yang harus memiliki website sebagai toko online.

Bagi Sedulur yang memiliki kemampuan membuat dan mendesain website bisa menjadikan kemampuan yang dimiliki sebagai peluang bisnis online. Kita bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada setiap pengusaha yang membutuhkan website.

16. Super Agen di Aplikasi Super

16. Super Agen di Aplikasi Super
superapp.id

Ide usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya menjadi Super Agen. Banyak yang belum menyentuh usaha sembako yang dibalut dengan kemudahan digital dan teknologi. Banyak keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan dengan menjual sembako dengan bergabung menjadi Super Agen.

Cara kerja Super Agen pun sangat fleksibel dan menyesuaikan dengan jam kerja Sedulur sebagai karyawan. Banyak keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan dengan menjadi Super Agen, penghasilan bulan hingga jutaan rupiah dan juga beberapa bonus lainnya yang menggiurkan bisa Sedulur dapatkan.

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!

Bagi Sedulur yang tertarik, Sedulur bisa cek informasi secara lengkap di Aplikasi Super, Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, agar bisa mendapatkan informasi penting secara langsung. Semoga daftar ide bisnis untuk anak muda di atas bisa menjadi referensi dan motivasi Sedulur yang ingin memanfaatkan masa muda semaksimal mungkin. Selamat mencoba!