Tertarik memulai usaha makanan? Yuk simak rekomendasi 10 usaha makanan yang dijamin menguntungkan.

Saat ini tengah ramai dan berkembang usaha makanan, hal ini dipengaruhi oleh tren dari usaha makanan yang berkembang sedemikian rupa dengan inovasi yang menarik yang menjadi nilai jual tersendiri. Hal ini sering disebut dengan istilah usaha makanan kekinian.

Ditambah lagi dengan metode belanja yang berkembang pesat, perkembangan usaha makanan pun ikut dipengaruhi oleh hal tersebut, kita ambil contoh misalkan usaha makanan online. Oleh karena itu, saat ini kita bisa memulai usaha makanan rumahan modal kecil.

Banyak jenis usaha makanan yang bisa kita coba. Artikel kali ini akan membahas beberapa rekomendasi usaha makanan yang bisa kita lakukan untuk menambah pemasukan tiap bulannya. Apa saja? Yuk, mari kita cek.

-->

Baca Juga: Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Daftar Usaha Makanan yang Terbukti Menguntungkan Sebagai Penghasilan Tambahan

1. Aneka Seblak

Aneka Seblak

Makanan khas Sunda ini dalam 10 tahun belakangan tengah berkembang pesat, mulai dari seblak basah hingga seblak kering yang dijadikan usaha makanan yang bisa dititipkan di warung. Seblak termasuk kategori usaha makanan ringan dan juga usaha makanan rumahan.

Hal tersebut karena seblak bisa kita jual di rumah secara online dan juga seblak bukan termasuk makanan berat. Banyak orang membeli seblak sebagai cemilan untuk menghilangkan lapar, namun malas untuk makan berat.

Seblak ini memiliki rasa yang unik dan khas, aroma yang kuat dan rasanya yang pedas bisa membuat tubuh kita hangat. Apalagi jika dimakan saat cuaca sedang dingin. Menjadikan seblak sebagai usaha rumahan sudah pasti dijamin dapat memberi kita keuntungan dan menambah pemasukan kita.

2. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi udik bisa kita jadikan usaha kuliner yang dapat memberikan kita pemasukan tambahan. Terutama bagi yang memiliki passion di bidang kuliner, nasi uduk bisa dimodifikasi dengan berbagai inovasi yang kekinian.

Selain itu, nasi uduk sudah dikenal sebagai makanan saat sarapan, waktu sarapan adalah waktu di mana masyarakat masih belum memasak. Hal ini yang menjadikan para pengusaha kuliner, terutama kuliner untuk sarapan. Untung super melimpah.

Nasi uduk bisa dimodifikasi dari sisi lauk yang diberikan, kita bisa bereksperimen dengan memasukan berbagai lauk yang kekinian, seperti ayam geprek, seafood dan jenis makanan lainnya.

3. Ayam Geprek

Ayam Geprek

Selain sebagai usaha kuliner yang dijamin mengantarkan keuntungan, ayam geprek juga merupakan usaha makanan yang tengah menjadi tren saat ini dan sekaligus termasuk jenis makanan kekinian. Selain itu, ayam geprek merupakan usaha makanan paling laris saat ini.

Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya usaha ayam geprek yang buka, bahkan beberapa artis nasional pun tertarik untuk menjalankan ayam geprek. Usaha makanan sangat dipengaruhi oleh tren, ketika tren sedang tinggi, usaha makanan yang kita jalankan sudah dapat dipastikan memberi keuntungan.

4. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan jenis usaha  kuliner yang telah sejak lama banyak ditekuni. Di Indonesia, nasi tidak hanya sebagai makanan pokok yang disajikan dalam bentuk matang setelah ditanak. Nasi yang digoreng kembali menggunakan berbagai bumbu dan komposisi tambahan juga diminati sebuah hidangan.

Nasi goreng dianggap sebagai hidangan praktis dan disukai banyak orang. Di Indonesia, usaha makanan ini umumnya dimulai pada malam hari. Meskipun tidak membutuhkan waktu memasak yang lama, namun nasi goreng mempunyai banyak rasa yang menggugah selera.

Misalnya, nasi goreng gila yang terdiri dari berbagai bumbu tambahan, nasi goreng super pedas, nasi goreng spesial dengan ati ampela dan pete dan nasi goreng rempah. Dan banyak topping lain yang melengkapi nasi goreng. Nasi goreng telah terbukti bisa mengantarkan keuntungan.

5. Usaha Kuliner Siomay

Jenis usaha kuliner ini termasuk contoh usaha makanan ringan unik atau biasa kita sebut dengan istilah jajanan. Jajanan yang berasal dari Tiongkok ini mendapatkan perubahan dan modifikasi sesuai dengan bahan baku yang ada di Indonesia.

Daerah yang menghasilkan siomay yang paling nikmat biasanya berasa dari daerah Jawa Barat. Rasanya yang nikmat dan juga murah membuat siomay atau baso tahu menjadi jenis usaha yang tak lekang oleh zaman. Di beberapa daerah siomay dikenal dengan nama penthol.

Siomay juga memiliki variasi lain dengan cara digoreng atau yang dikenal dengan nama batagor, singkatan dari baso tahu goreng. Bumbu kacang yang menemani sajian siomay ini adalah daya tarik lainnya.

6. Nasi Padang

Nasi Padang

Tidak ada masyarakat yang tidak menyukai masakan padang. Masyarakat Indonesia di daerah mana pun pasti suka dengan makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini. Olahan daging dengan rempah yang kuat dan memiliki cita rasa yang lezat ini disukai oleh hampir seluru masyarakat Indonesia.

Di setiap daerah di Indonesia pasti terdapat rumah makan padang khas Minangkabau, hal tersebut menunjukan bahwa nasi padang merupakan jenis usaha makanan yang tak lekang oleh waktu dan bahkan berhasil menembus sekat-sekat wilayah, suku bangsa dan bahkan agama.

Bahkan, salah satu masakan dari nasi padang pernah dinobatkan sebagai makanan nomor satu yang paling nikmat yang pernah ada di dunia. Makanan apalagi jika bukan rendang. Hal tersebut sangat membanggakan bagi kita seluruh warga Indonesia umumnya, khususnya masyarakat Minangkabau.

7. Bakso Dan Mie Ayam

Bakso Dan Mie Ayam

Usaha kuliner yang bisa mengantarkan keuntungan kepada kita adalah bakso dan mie ayam. Kita bisa menjualnya secara bersamaan, atau juga menjualnya terpisah. Keduanya merupakan hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Baik dalam momen apapun, bakso dan mie ayam selalu memiliki penikmatnya sendiri. Terutama ketika memasuki musim hujan, masyarakat akan secara bersamaan menjadi pecinta bakso secara bersamaan. Menikmati bakso dan mie ayam paling cocok ketika cuaca sedang dingin.

8. Warteg

Warteg

Usaha kuliner ini merupakan usaha yang menjadi pilihan utama bagi setiap masyarkat yang merasakan lapar saat dalam perjalanan. Biasanya warteg selalu berada di sisi jalan raya atau jalan utama. Warteg merupakan usaha makanan berat dengan berbagai lauk rumahan.

Banyak yang memilih untuk makan di warteg selain karena lauknya yang identik dengan rumah, harganya yang murah juga menjadi alasan utama. Oleh karena itu menjalankan usaha kuliner satu ini menjadi pilihan tempat untuk mendapatkan keuntungan.

Walaupun harga murah dan lama mendapatkan untung, tapi dengan banyaknya pembeli keuntungan akan jauh lebih besar. Jika Sedulur ragu, buktikan sediri saja.

9. Nasi Soto

Nasi Soto

Usaha kuliner yang menjanjikan dan menguntungkan satu ini biasanya dijual saat sarapan. Kita biasa menemukan soto Lamongan atau soto Madura. Kedua jenis soto ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Walaupun terdapat jenis soto lainnya, kedua soto yang berasal dari Jawa Timur tersebut dianggap yang paling memiliki cita rasa yang nikmat. Kuahnya yang lezat dengan aroma khas dan cita rasa yang unik membuat sarapan kita menjadi mengenyangkan.

Baca Juga: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

10. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Usaha kuliner untuk sarapan memang terbukti paling ampuh untuk memberikan keuntungan, hal ini disebabkan karena kebiasaan masyarakat di Indonesia yang belum masak pada pagi hari. Alhasil, kuliner sarapan selalu habis dibeli masyarakat.

Salah satu kuliner untuk sarapan yang umum kita jumpai adalah bubur ayam. Bubur ayam juga merupakan kuliner yang bisa kita modifikasi dengan berbagai inovasi agar menjadi makanan kekinian. Saat ini banyak jenis bubur ayam yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Daftar usaha kuliner yang telah dijelaskan di atas semoga bisa membantu kita untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan. Bagi Sedulur yang akan memulai usaha kuliner di atas, bisa belanja bahan bakunya di Aplikasi Super.Karena Aplikasi Super menjamin harga murah dan belanja dengan cara mudah. Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki banyak bonus dan program menarik. Penasaran apa saja? Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, cari tahu dan pelajari sendiri segala hal terkait Aplikasi Super.