Ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave, selain membahayakan bisa membuat microwave menjadi rusak.

Microwave merupakan alat yang dapat memudahkan kita untuk mengurus segala urusan dapur, terutama makanan. Kita tidak perlu sibuk dan ribet untuk memanaskan makanan, karena dengan microwave, makanan akan mudah untuk dipanaskan.

Microwave merupakan bukti dari kecanggihan teknologi yang tengah berkembang pesat saat ini. Memiliki microwave sangat memudahkan kita dalam memasak dan mengolah makanan. Namun, kemudahan tersebut jangan sampai membuat kita lalai.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave. Selain membahayakan bagi tubuh, dapat membuat kerusakan pada microwave itu sendiri. Apa saja makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Daftar Harga Beras Agustus 2020

Beberapa Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

1. Kentang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Makanan pertama yang tidak boleh dipanaskan di microwave adalah kentang. Hal tersebut disebabkan karena kentang bisa menyebabkan keracunan makanan jika dipanaskan di microwave dan didiamkan di suhu ruangan.

Hal tersebut dapat menumbuhkan bakteri botulism yang menyebabkan penyakit botulisme. Jadi, disarankan jika kita setelah masak kentang, dan tidak akan langsung memakannya, maka langsung masukkan ke kulkas saja.

Dan jika kemudian kita akan memakannya, cukup panaskan sebentar saja dengan cara biasa menggunakan kompor dan kuali. Tidak perlu dipanaskan dan dimasukkan ke dalam microwave, karena bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

2. Ayam Harus Matang Sempurna

Jika kita sudah memasak ayam hingga matang sempurna, maka sebenarnya tidak apa-apa menghangatkan ayam di microwave. Namun tidak disarankan untuk memasak ayam dengan microwave, karena hanya akan matang di bagian luarnya saja.

Memasak ayam dengan menggunakan microwave tidak menjamin ayam matang sempurna. Ayam yang tidak matang sempurna bisa menyimpan bakteri, seperti bakteri salmonella. Bakteri tersebut dapat memberikan efek buruk bagi tubuh kita.

Jadi, jika ingin menghangatkan ayam di microwave, masak ayam hingga benar-benar matang terlebih dahulu. Ayam tidak termasuk makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave, dengan catatan selama ayam telah matang sempurna sebelumnya.

3. Nasi Dapat Memberikan Efek Buruk Dipanaskan di Microwave

Berdasarkan laporan dari Food Standards Agency, menghangatkan nasi di microwave bisa menyebabkan keracunan makanan, karena hadirnya bakteri bernama Bacillus Cereus. Panas bisa membunuh bakteri ini, namun ini bisa meninggalkan spora yang beracun bagi tubuh.

Lebih parah dan membahayakan, spora tersebut tahan panas alias tidak bisa dibunuh walau sudah dipanaskan di microwave. Jika kita memiliki nasi yang tidak terpakai, ada baiknya untuk tidak dipanaskan di microwave.

Sebaiknya olah nasi menjadi masakan lain, seperti nasi goreng atau olahan lain agar nasi tidak terbuang sia-sia. Tidak semua makanan dapat dipanaskan di microwave, termasuk nasi menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave.

Baca Juga: Daftar Harga Sembako Murah Terupdate Agustus 2020

4. Jamur Dapat Menghasilkan Racun Jika Dipanaskan Di Microwave

Jamur adalah jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan, karena bisa menyebabkan sakit perut. Bakteri juga bisa tumbuh jika didiamkan di suhu ruang normal. Maka sebaiknya sekali masak jamur, harus langsung dihabiskan.

Berdasarkan fakta tersebut, jamur merupakan makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave. Jangankan dipanaskan di microwave, dipanaskan dengan cara biasa saja dapat membuat jamur menjadi makanan yang berbahaya.

Karena kandungan bakteri dalam jamur yang tidak memungkinkan untuk dipanaskan. Jika kita ingin mengolah jamur dan menjadikan jamur sebagai hidangan, maka jamur harus dihabiskan saat itu juga. Karena beberapa bakteri dalam jamur yang akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

5. Telur Rebus Dapat Membuat Microwave Rusak

Baik masih berkulit atau tidak, telur rebus tidak boleh dipanaskan di microwave. Telur rebus bisa seperti pressure-cooker kecil, yang kelembapan di dalam bisa semakin panas hingga akhirnya meledak. Lebih parahnya, telur tidak akan meledak di dalam microwave.

Selain dapat memberikan kerusakan terhadap microwave, telur rebus juga tidak baik jika dipanaskan dalam microwave. Disarankan simpan saja telur rebus di kulkas ketika telah diolah. Masak atau rebus kembali jika kita menginginkan telur dalam kondisi panas.

Kecanggihan microwave memang dapat membantu kehidupan sehari-hari kita, namun tidak semua makan boleh dipanaskan oleh microwave, termasuk telur rebus.

6. Cabai Buruk Bagi Pernafasan Jika Dipanaskan di Microwave

Makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave selanjutnya adalah cabai. Ketika cabai dipanaskan di microwave, kandungan capsaicin di dalamnya akan terlepas ke udara. Akibatnya, zat kimia alami akan membakar mata dan tenggorokan kita.

Berdasarkan laporan dari Readers Digest, seluruh penghuni sebuah apartemen di New York pernah harus diungsikan karena cabai yang dimasukkan ke microwave membuat mereka batuk, susah bernapas, dan seperti tercekik.

Memanaskan cabai dalam microwave dapat membahayakan saluran pernafasan kita, dan jangkauannya bisa sangat luas berdasarkan laporan di atas. Jangan melakukan hal yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya memanaskan cabai di microwave harus dihindari.

Olah makanan sebagaimana mestinya, ada baiknya juga pertimbangkan memasak makanan sesuai kebutuhan. Jangan terlalu berlebihan agar tidak ada makanan yang tersisa dan harus dipanaskan oleh microwave.

Selain itu, mengolah makanan seperlunya juga akan membuat kita semakin bijak dalam mengolah makanan dan menghargai bahan makanan yang ada. Walaupun bukan berarti kita harus irit dan hemat dalam mengolah makanan.

Persediaan makanan harus tetap kita penuhi, bukan berarti harus irit dengan tidak membeli persediaan makanan. Olah makanan secukupnya, dan tetap penuhi persediaan makanan dan sembako agar kebutuhan dapur tetap aman.

Kita bisa memenuhi kebutuhan dapur dengan belanja di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan dapur yang komplit dengan harga yang sangat murah. Pastikan untuk belanja kebutuhan di Aplikasi Super. Download Aplikasi Super sekarang juga bagi yang belum download aplikasinya.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Pelajari segala sesuatu berkaitan dengan Aplikasi Super dan juga cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan super melimpah.