Tebu dikenal sebagai jenis tanaman penghasil gula. Tanaman yang satu ini banyak tumbuh subur di Indonesia, karena memang sangat cocok dengan iklim tropis. Bicara tentang tebu, kali ini kita akan menganalisa usaha es tebu dari berbagai aspek.

Seperti yang telah diketahui, masyarakat Indonesia memang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya olahan makanan dan minuman manis yang biasa ditemukan, salah satunya adalah es tebu.

Jadi tidak heran jika es tebu sering menjadi pilihan bagi banyak orang yang sedang merasa haus di siang hari, dan ingin menghilangkan rasa dahaga dengan minuman yang segar.

BACA JUGA: 10 Minuman Jus untuk Mencerahkan Kulit dan Bikin Awet Muda

Apa itu Es Tebu?

usaha es tebu
Unsplash/Marcius Barros

Es tebu adalah minuman yang dibuat dari sari tebu dan ditambahkan es agar dingin. Tentu saja minuman ini sangat menyegarkan dan sangat cocok untuk diminum saat siang hari. Umumnya, es tebu dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga dengan rasa manis yang terasa alami.

Minuman ini tentu sudah sejak dulu dikenal oleh banyak orang. Seiring dengan berkembangnya trend minuman tebu, tentu saja Sedulur bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha minuman es tebu yang menguntungkan.

Peluang Usaha Es Tebu

Usaha es tebu menjadi salah satu bisnis dengan peluang menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan banyak pelaku bisnis es tebu yang mulai menjamur, mulai dari mulai pedagang gerobak sampai kedai besar. Target pasar dari es tebu ini memang terbilang sangat luas.

Dengan begitu, prospek bisnis es tebu ini sangat menggiurkan, dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Jika digambarkan, misalnya Sedulur membuka usaha es tebu dengan penjualan es tebu sebanyak 250 cup dalam satu hari.

Kisaran harga dari es tebu sendiri mulai Rp 4.000 hingga Rp 9.000. Jika dihitung dengan penghasilan omzet perbulannya, tentu saja Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis, bahkan mencapai belasan juta rupiah.

Persiapan Usaha Es Tebu

usaha es tebu
Unsplash/Alex Lvrs

Sebelum bisnis es tebu dijalankan, tentunya Sedulur harus melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan. Mulai dari pengadaan bahan baku, sampai tahap akhir pemasarannya. Nah, pemilihan bahan baku tebu bisa dibilang cukup mudah.  

Sedulur bisa mendapat bahan baku secara langsung dari para petani lokal. Selain bahan baku, persiapkan pula modal untuk membeli gerobak dan mesin yang nantinya akan memproses tebu menjadi minuman es. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah kebutuhan lain-lain seperti cup, sedotan, dan lain sebagainya.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi juga penting dalam menjalankan usaha es tebu. Sedulur bisa memilih tempat-tempat yang ramai seperti pasar, sekolah, pinggir jalan raya, terminal, stadion, stasiun, pusat kota, mall dan lainnya. Penentuan lokasi ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Misalnya saja Sedulur ingin membuka bisnis es tebu kecil-kecilan, maka bisa berjualan di depan minimarket yang ramai pengunjung. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan dengan berjualan di event-event yang berlangsung di kota Sedulur. Walaupun hanya beberapa hari, namun keuntungannya bisa berlipat, lho.

Risiko Usaha Minuman Tebu

Seperti yang diketahui, setiap usaha pasti ada risiko yang bisa saja terjadi. Jadi sebelum menjalankan bisnis ini, Sedulur perlu mengetahuinya. Jadi, risiko dari usaha es tebu sendiri ini dapat terjadi baik dari saingan yang tinggi ataupun pengaruh dari musim hujan.

Untuk menyiasati kendala resiko tersebut, sebaiknya tidak menggiling es tebu terlebih dahulu ketika cuaca hujan. Bisa dipastikan jika tebu terlanjur digiling tetapi tidak laku karena cuaca di luar sedang hujan, maka es tebu akan mudah basi dan Sedulur akan merugi.

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Minuman yang Menyegarkan!

Modal Usaha Es Tebu

usaha es tebu
Pexels/Syed Nouman

Sedulur tertarik untuk memulai usaha minuman es tebu? Nah, dalam menjalankan bisnis es tebu ini, tentunya juga dibutuhkan modal atau biaya untuk membeli bahan baku dan juga peralatan usaha untuk mendukung kelancaran bisnis yang dijalankan.

Namun jika Sedulur mengalami kendala dalam biaya, maka bisa menjalankan bisnis dengan sederhana atau kecil-kecilan dulu. Walaupun dengan modal kecil, nantinya juga akan berkembang jika pembeli selalu datang. Untuk nominal modal yang harus disiapkan, ketahui melalui analisis bisnis es tebu berikut.

Analisis Usaha Es Tebu

Berikut akan disajikan analisis terkait usaha minuman yang dijalankan dengan cara sederhana dan tidak membutuhkan banyak modalini. Analisis yang ada di bawah ini bisa Sedulur jadikan sebagai patokan maupun pedoman dalam menjalankan bisnis es tebu yang dijalankan.

Biaya Investasi Usaha Minuman Es Tebu

  •         Gerobak                   = Rp 2.000.0000
  •         Mesin penggiling tebu   = Rp 2.700.000
  •         Meja dan kursi           = Rp 300.000
  •         Pisau untuk tebu       = Rp 100.000
  •         Gelas kaca 10 buah   = Rp 25.000

Jumlah Total                         = Rp 5.125.000

Biaya Operasional Bulanan Usaha Minuman Es Tebu

1. Biaya Variabel

  • Tebu (20 batang x Rp3000 x 30 hari) = Rp 1.800.000
  • Es Batu (Rp 10.000 x 30 hari) = Rp 300.0000
  • Gelas plastik (150 buah x 200 × 30 hari) = Rp 900.00
  • Sedotan plastik (Rp 2000 x 30 hari) = Rp 60.000
  • Plastik pengemas (Rp 3000 x 30 hari) = Rp 90.000
  • Jumlah total = Rp 3.150.000

2. Biaya Tetap

  • Penyusutan biaya investasi 1/36 x Rp 5.125.000 = Rp 143.000
  • Biaya sewa tempat = Rp 500.000
  • Jumlah total = Rp 643.000

Total biaya operasional (Total biaya tetap + Total biaya variabel) = Rp 3.793.000

Penerimaan per Bulan

Omset penjualan es tebu selama satu bulan (150 gelas x Rp 4.000/gelas x 30 hari) = Rp 18.000.000

Keuntungan per Bulan

Keuntungan (Total penerimaan – Total biaya operasional) = Rp 14.207.000

Perhitungan untuk Revenue Cost Ratio

R/C (Total penerimaan : total biaya operasional) = (Rp 18.000.000 : Rp 3.793.000) = Rp 4,7 jutaan

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai peluang usaha es tebu dan juga analisis cara untuk menjalankannya. Ya, bisnis es tebu sendiri memang dapat menjadi peluang yang menarik, terutama jika dijalankan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar lokal.

Namun sebelum memulai usaha yang satu ini, pastikan untuk melakukan beberapa hal penting. Misalnya saja seperti riset pasar, perencanaan bisnis, dan juga pertimbangkan berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis es tebu yang Sedulur jalankan nantinya.