usaha agen bawang merah

Usaha agen bawang merah masih menjadi usaha yang populer dan banyak diminati. Hal ini tidak lepas dari alasan menjadi agen bawang merah bagi pemula dinilai tidak susah. Ditambah lagi, bawang merah juga merupakan salah satu bumbu yang wajib tersedia di dapur sehingga banyak dibutuhkan masyarakat.

Dengan kata lain, peluang keuntungan bisnis satu ini bisa dikatakan cukup menjanjikan meski sudah banyak pula orang yang menjalankan bisnis serupa. Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk mencoba peluang usaha agen bawang merah?

Berikut ini sudah dirangkum cara-cara sekaligus tips menjalankan usaha agen dan berjualan bawang merah yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Tips dan Cara Memulai Usaha Kerupuk Mentah agar Laris Manis

Peluang Usaha Agen Bawang Merah

usaha agen bawang merah
Pexels/Maria Orlova

Sebelum mencari tahu cara memulai usaha agen bawang merah, tak ada salahnya Sedulur menyimak peluang keuntungannya terlebih dahulu. Seperti disampaikan sebelumnya, usaha satu ini terbilang masih cukup menjanjikan mengingat bawang merah masih banyak dibutuhkan khususnya dalam keperluan rumah tangga.

Di sisi lain, bawang merah juga diperlukan untuk keperluan bisnis lainnya, misalnya bisnis bawang goreng dan rumah makan. Sementara itu, berikut beberapa peluang menjadi agen bawang merah yang perlu Sedulur ketahui.

  • Minat pasar akan bawang merah masih tinggi sehingga kemungkinan tidak laku terbilang kecil.
  • Sebagai pengusaha bawang merah, Sedulur bisa menjadi pemasok ke pedagang keliling.
  • Bisa bekerja sama dengan pelaku usaha lain, misalnya rumah makan.
  • Bisa menjadi pemasok di supermarket, minimarket, hingga warung kelontong.

Mengenal Tantangan Usaha Agen Bawang Merah

Pexels/Quang Nguyen Vinh

Selain menyimak peluang keuntungan dari usaha agen bawang merah, Sedulur juga perlu mengetahui tantangan yang mungkin akan dialami ketika menjalani bisnis tersebut. Dengan demikian, Sedulur bisa menyusun strategi bisnis terlebih dahulu untuk mengantisipasi kendala yang mungkin akan dihadapi.

Berikut beberapa tantangan dalam usaha agen bawang merah yang perlu Sedulur ketahui.

  • Persaingan dengan pedagang lainnya

Seperti diketahui, usaha agen bawang merah bukanlah jenis usaha baru dan telah banyak orang yang menjalankan bisnis serupa. Untuk itu, Sedulur perlu merancang bisnis secara matang agar usaha yang dikelola dapat bersaing dan mendatangkan keuntungan sesuai harapan.

  • Manajemen stok barang

Bawang merah merupakan jenis bumbu dapur yang bisa membusuk apabila tidak disimpan dengan baik. Selain itu lama waktu penyimpanan juga bisa mempengaruhi kondisi bawang merah. Hal ini penting untuk diperhatikan agar Sedulur tidak mengalami kerugian karena bawang tidak laku.

  • Ketersediaan stok

Selain manajemen penyimpanan stok bawang, Sedulur juga perlu mengantisipasi adanya gagal panen dari petani yang menjadi pemasok bawang untuk usaha Sedulur. Seperti diketahui, salah satu tantangan dari usaha hasil bumi adalah adanya potensi terjadinya gagal panen. Sehingga Sedulur perlu mengatur manajemen risiko agar kerugian yang dialami tidak terlalu besar.

BACA JUGA: 15 Ide Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pembeli, Laris Tiap Hari!

Cara Usaha Agen Bawang Merah

usaha agen bawang merah
Pexels/Daniel Twal

Sementara, berikut ada 6 cara menjalankan usaha agen bawang merah, khususnya bagi Sedulur yang masih pemula dalam bidang bisnis satu ini. Ada baiknya Sedulur memahaminya satu per satu sebagai bekal sebelum benar-benar terjun langsung memulai usaha.

1. Siapkan modal

Hal pertama yang perlu untuk dipersiapkan adalah modal untuk memulai usaha. Tak hanya menetapkan besar uang yang akan dijadikan modal, Sedulur juga perlu mengenali kemampuan finansial Sedulur.

Kemudian, jangan lupa lakukan survei terkait besar modal yang dibutuhkan. Apabila modal yang dibutuhkan dan kondisi keuangan Sedulur sudah sesuai, Sedulur bisa mulai berbisnis.

2. Buat rencana usaha

Langkah berikut adalah membuat rencana usaha secara komprehensif. Rencana usaha di sini meliputi analisis pasar, strategi pemasaran, pengaturan keuangan, hingga rencana pelaksanaan operasional usaha.

3. Cari sumber daya

Selanjutnya, tentukan sumber daya atau sumber pasokan bawang merah untuk usaha Sedulur. Sedulur bisa melakukan survei terkait petani bawang merah beserta lahannya untuk mendapatkan bawang merah yang berkualitas.

Selain bekerja sama dengan petani bawang yang sudah ada, Sedulur juga bisa memulai pengelolaan dari awal dengan memilih lahan yang sesuai untuk penanaman bawang merah. Pastikan lokasi lahan yang dipilih memiliki akses yang mudah menuju pasar.

4. Siapkan gudang

Selain mendistribusikan bawang merah dari petani langsung ke pasar, Sedulur juga perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan stok. Gudang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol arus penjualan bawang sehingga lebih teratur. Hal ini penting dilakukan apabila Sedulur memiliki banyak mitra yang membantu penjualan bawang ke tangan konsumen.

5. Siapkan izin usaha

Hal lain yang tak kalah pentingnya untuk disiapkan sebelum memulai usaha bawang merah adalah perizinan usaha. Pastikan perizinan usaha yang Sedulur kelola telah sesuai dengan aturan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

6. Atur pemasaran usaha

Meski Sedulur menjadi pemasok untuk pedagang kecil atau pedagang keliling, bukan berarti Sedulur tidak perlu memikirkan masalah pemasaran. Sebab, masalah pemasaran tidak terbatas hanya terkait penjualan barang dari penjual ke konsumen saja.

Sedulur juga perlu menentukan strategi yang tepat untuk menawarkan kerja sama dengan para pedagang yang nantinya menjadi mitra Sedulur.

BACA JUGA: 7 Cara Memulai Usaha Agen Telur Ayam yang Hasilnya Cuan

Tips Sukses Berbisnis Bawang Merah

Unsplash/Ankit Manoharan

Sebagai tambahan informasi, berikut beberapa tips usaha agen bawang merah agar bisnis Sedulur cepat balik modal.

  • Pilih petani yang profesional atau memiliki sistem bertani yang baik, termasuk dalam hal panen.
  • Perhatikan kualitas bawang yang akan dijual.
  • Perhatikan suhu gudang yang menjadi tempat penyimpanan stok bawang.
  • Kontrol keuangan secara ketat sehingga semua pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan baik.
  • Jalin hubungan baik dengan mitra bisnis.

Itu dia informasi mengenai usaha agen bawang merah, mulai dari peluang, cara, hingga tips agar segera balik modal. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!