cara memulai usaha agen telur ayam

Telur merupakan salah satu bahan pokok yang banyak dibutuhkan. Selain karena murah, kandungan gizi dan nutrisi dalam telur ayam juga sangat tinggi. Hal tersebut tentu bisa menjadi cara memulai usaha agen telur ayam untuk Sedulur.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa tips dan cara memulai usaha agen telur ayam. Terdapat beberapa langkah yang perlu Sedulur pahami agar tidak salah dalam menjalankan bisnis ini. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak tips dan cara memulai usaha agen telur ayam di bawah ini!

BACA JUGA: Rincian Perhitungan Bisnis Telur Ayam, Cocok untuk Pemula!

Tips dan Cara Memulai Usaha Agen Telur Ayam

cara memulai usaha agen telur ayam
Pexels

Tips dan cara memulai usaha agen telur ayam yang akan dijelaskan di bawah ini, tentu saja dapat menjadi panduan bagi Sedulur untuk memulai menjadi agen telur ayam. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Mencari supplier telur ayam

Cara memulai usaha agen telur ayam pertama yang perlu Sedulur lakukan untuk memulai usaha sebagai agen telur ayam adalah mencari supplier telur ayam yang terbaik. Supplier ayam ini bertugas menyuplai telur ayam yang nantinya akan Sedulur jual.

Upayakan untuk mencari supplier telur yang amanah dan memiliki pasokan telur dari kandang secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan selisih harga yang bisa membuat Anda lebih untung.

Selain itu, dengan bekerja sama bersama pemilik kandang secara langsung juga memungkinkan Sedulur mendapatkan pelayanan lain seperti pengantaran langsung dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan lokasi usaha

cara memulai usaha agen telur ayam
YT Farm Up

Jika akhirnya Sedulur Super memilih untuk menjalankan bisnis telur ayam dengan membuka toko sendiri, pastikan lokasi toko telur ayam Sedulur Super sangat strategis. Pilih lokasi yang dapat dengan mudah dijangkau masyarakat, seperti di pinggir jalan utama atau jalan raya.

 Dan pastikan setiap konsumen yang ada di sekitar toko telur ayam Sedulur merupakan konsumen yang sangat membutuhkan telur ayam.Segala aspek yang berkaitan dengan lokasi penjualan telur ayam akan mempengaruhi perkembangan bisnis telur ayam yang Sedulur jalankan.

Jangan lupa juga untuk melakukan komunikasi yang teratur agar konsumen nyaman belanja telur ayam di toko Sedulur.

3. Menentukan sistem penjualan telur

Karena tentu saja sudah sangat banyak yang menjalankan bisnis telur ayam, Sedulur Super harus punya strategi pemasaran yang efektif dan berbeda agar bisnis telur ayam Sedulur Super laku dan bisa bersaing dengan pedagang yang sudah lama eksis.

Bisnis Sedulur Super harus memiliki metode dan strategi tersendiri dalam memasarkan telur ke konsumen. Cara jualan ini nantinya akan berpengaruh pada manajemen bisnis dan jalannya bisnis telur ayam yang Sedulur kelola. Contohnya, sejauh ini terdapat beberapa cara dalam menjual telur ayam. Pertama, Sedulur Super bisa menyewa lapak di pasar atau membuka toko sendiri untuk jualan telur ayam.

Jika Sedulur membuka toko sendiri, usahakan cari tempat yang ramai seperti pinggir jalan agar potensi datangnya konsumen lebih besar. Kedua, Sedulur Super bisa sebagai pemasok telur ayam yang disimpan di setiap toko kelontong atau ke pasar tradisional.

BACA JUGA: Cara Beternak Ayam Petelur yang Benar, Hasilkan Untung Besar!

4. Menentukan harga jual telur

YT Soson Farm

Harga jual telur menjadi salah satu faktor penting yang menentukan lancarnya bisnis Sedulur. Pada dasarnya, harga telur antara satu wilayah dan wilayah lainnya cenderung sama. Naik turunnya harga telur biasanya dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan stok telur di pasaran.

Oleh karena itu, sebelum menentukan harga jualnya, Sedulur bisa melakukan survey harga terlebih dulu di toko lain maupun di pasar agar dapat lebih kompetitif.

5. Memperkirakan stok telur

Langkah selanjutnya adalah memperkirakan stok telur yang Sedulur miliki. Pastikan toko Sedulur memiliki stok yang cukup sehingga Sedulur selalu bisa menyediakannya ketika pembeli membutuhkannya. Selain itu, upayakan untuk menyediakan stok yang cukup namun tidak berlebih agar Sedulur tidak harus lost sale atau jual rugi.

6. Tentukan jenis telur yang akan dijual

Sebelum Sedulur mulai menjalankan bisnis telur ayam, sebaiknya Sedulur harus mencari tahu lebih dulu jenis telur apa yang paling diminati di daerah tempat Sedulur akan berjualan. Telur yang dimaksud disini adalah telur ayam kampung atau telur ayam ras, atau yang umum dikenal dengan nama telur ayam negeri.

Secara umum dan keseluruhan, telur ayam kampung tentu akan lebih disukai oleh para konsumen karena meskipun bentuknya sedikit lebih kecil, namun memiliki cita rasa yang lebih enak dibanding telur ayam jenis lain. Hanya saja harganya yang cukup mahal dan susah didapatkan dalam jumlah banyak, menjadikan telur ayam kampung sebagai barang jualan utama tentu tidak pas.

Lebih disarankan untuk Sedulur memulai dengan menjual telur ayam negeri, karena jenis ini harga jualnya cukup terjangkau dan lebih mudah untuk mendapatkannya. Jika dihitung secara keseluruhan, hampir 65% masyarakat Indonesia sangat membutuhkan telur ayam negeri. Hal menjadikan telur ayam negeri sebagai salah satu sembako yang dibutuhkan secara nasional.

Namun, tidak ada salahnya juga Sedulur menyediakan jenis telur lain sebagai pelengkap, bisa telur bebek atau telur ayam kampung. Sedulur juga bisa menjual telur-telur lain seperti telur puyuh., karena pasti ada saja masyarakat yang mencari telur-telur selain telur ayam negeri.

7. Memberikan pelayanan terbaik

cara memulai usaha agen telur ayam
Pexels

Pelayanan yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan dari sebuah usaha atau bisnis. Oleh karena itu, agar pembeli Sedulur lebih banyak dan menjadi pelanggan tetap, Sedulur perlu memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Sedulur harus memberikan respon yang gesit dan ramah ketika melayani pembeli.

Nah itulah tips dan cara memulai usaha agen telur ayam yang dimaksud. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur terutama saat pertama menjalankan bisnis satu ini. Tetap semangat dan yakin bahwa usaha yang Sedulur jalankan akan sukses dan memberikan penghasilan yang besar.