cara promosi makanan

Dalam membangun sebuah bisnis terutama bisnis UMKM dalam bidang kuliner, cara promosi makanan yang tepat menjadi salah satu hal yang penting. Pasar dari bisnis kuliner sendiri memang selalu ada, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dicukupi setiap harinya.

Ketika Sedulur merintis bisnis produk makanan, wajib untuk memahami teknik marketing yang tepat. Hal ini mencakup target utama pasar, range harga yang sesuai, hingga cara promosi makanan yang akan bahas pada kesempatan kali ini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cara promosi makanan yang tepat tentu saja mampu meningkatkan omzet penjualan. Jadi bagi yang penasaran, langsung saja simak beberapa cara atau trik promosi makanan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 50+ Kumpulan Kata-kata Promosi yang Bikin Pembeli Datang

1. Gunakan kemasan produk yang menarik

makanan rendah lemak
Eat This Not That

Penggunaan dari kemasan produk yang menarik menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran produk makanan. Kemasan yang menarik ini bisa menarik perhatian para pelanggan, membuat produk lebih mudah dikenali, hingga meningkatkan daya tarik produk secara menyeluruh.

Namun sebelum itu, Sedulur harus bisa memahami target utama pasar dan apa yang mereka cari dari kemasan produk. Nantinya, hal tersebut bisa diterapkan pada gaya kemasan, termasuk warna, desain, bahkan pesan-pesan yang mampu menarik perhatian mereka.

Kemasan produk sendiri tidak hanya harus menarik, namun juga harus berfungsi dengan baik. Pastikan kemasan mampu melindungi produk, mudah dibuka, dan juga nyaman digunakan.

2. Buat foto produk yang unik

Agar produk terlihat lebih menonjol dan menarik perhatian calon pelanggan, maka bisa dengan membuat foto produk yang unik. Untuk melakukannya, Sedulur perlu memahami dengan betul merk produk dan target pasarnya sebelum memulai sesi pemotretan.

Pengetahuan semacam ini akan membantu Sedulur untuk menentukan gaya serta nuansa yang sesuai untuk foto produk tersebut. Kemudian rencanakan konsep kreatif yang unik dan berbeda dengan produk pesaing. Pertimbangkan penggunaan pencahayaan, latar belakang, dan juga aksesori pendukungnya.

Setelah pemotretan, jangan lupa untuk melakukan pengeditan foto guna meningkatkan atau memanipulasi gambar sesuai kebutuhan, namun tetap mempertahankan keaslian produk.

3. Buat website perusahaan

Cara promosi makanan yang berikutnya, yakni dengan membangun sebuah website perusahaan resmi. Website tersebut akan menjadi pusat online dimana calon pelanggan bisa menemukan informasi tentang produk, merek, dan cara menghubungi Sedulur selaku pemilik produk.

Nah, Seudlur bisa menentukan tujuan utama dari pembuatan website. Apakah hanya ingin fokus pada penjualan produk secara langsung, menyediakan informasi produk, membangun merek, atau justru semuanya? Hal ini akan membantu dalam perencanaan struktur dan konten website.

Jangan lupa pastikan website yang dibangun telah dioptimalkan untuk mesin pencari (SEO), agar nantinya website selalu muncul dalam hasil pencarian Google dan meningkatkan visibilitas online.

4. Kerjasama dengan penyedia layanan pesan antar

Bagi yang punya bisnis makanan, menjalin kerjasama dengan penyedia layanan pesan antar (delivery service) merupakan langkah yang cerdas. Hal ini akan membantu Sedulur untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan kenyamanan pelanggan, dan mengoptimalkan bisnis yang dimiliki.

Untuk saat ini, ada banyak penyedia layanan pesan antar yang beroperasi di berbagai kota. Pilihlah penyedia yang terkemuka dan populer di wilayah Sedulur.

Kemudian agar proses pesanan dan pengiriman lebih mudah, sistem pemesanan dan persediaan bisnis Sedulur bisa diintegrasikan dengan sistem penyedia layanan pesan antar. Dengan begitu, maka pesanan pelanggan yang dibuat melalui platform pesan antar akan terhubung secara otomatis.

5. Promosi melalui media sosial

Promosi makanan melalui media sosial merupakan cara yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas, membangun merek, dan meningkatkan penjualan. Namun perlu untuk diketahui, bahwa tidak semua platform media sosial cocok untuk semua bisnis.

Oleh sebab itu, pilihlah platform yang sesuai dengan demografi target audiens Sedulur. Misalnya saja seperti Instagram dan Pinterest, yang sering menjadi pilihan populer untuk promosi makanan karena fokus pada gambar dan visual.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sedulur perlu membuat konten visual seperti gambar dan video yang berkualitas dan menarik. Gunakan pencahayaan yang baik, latar belakang yang sesuai, serta gaya fotografi yang mampu mencerminkan produk tersebut.

6. Buat promosi yang unik dan menarik

Serba-serbi tentang mentai rice
Unsplash

Membuat promosi makanan yang unik dan menarik adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian para pelanggan dan membedakan bisnis Sedulur dari para pesaing. Cobalah untuk membuat menu khusus atau hidangan eksklusif yang hanya tersedia selama periode promosi tertentu.

Hal itu akan mendorong para pelanggan untuk datang secara langsung ke restoran Sedulur atau langsung memesannya secara online untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Ya, tidak bisa diragukan, promo besar-besaran menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya di Indonesia.

Selain itu, coba bagikan ulasan pelanggan yang menarik dan lucu di media sosial, sehingga dapat menambahkan elemen humor kegiatan promosi yang dilakukan.

7. Endorse menggunakan influencer

Menjalin kerjasama dengan influencer makanan dengan jumlah pengikut yang banyak di media sosial juga menjadi cara promosi makanan yang ampuh. Ketika mereka mencoba hidangan tersebut dan membagikan pengalaman mereka, maka para pengikutnya juga akan tertarik untuk mencobanya.

Maka dari itu, carilah influencer yang mempunyai audiens yang relevan dengan produk Sedulur. Jangan lupa untuk memilih influencer dengan pengikut yang aktif dan juga terlibat ke dalam niche makanan atau kuliner.

Setelah itu, rencanakan konten dengan matang yang akan dibuat. Pastikan konten tersebut benar-benar mencerminkan merek Sedulur dan menggambarkan keseluruhan produk secara positif.

8. Mengadakan giveaway

Mengadakan giveaway juga menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan di media sosial, memperluas jangkauan merek, dan tentu saja memperkenalkan produk Sedulur kepada audiens yang jauh lebih luas.

Namun pastikan untuk memilih hadiah yang relevan dan menarik bagi para audiens. Hadiah yang paling umum adalah produk yang ditawarkan.

Selain itu, tetapkan aturan dan syarat giveaway. Misalnya saja seperti durasi giveaway dan bagaimana seseorang dapat berpartisipasi, apakah mereka harus mengikuti akun Sedulur, menyukai posting, atau tag akun teman-teman.

9. Dengan merekrut reseller

Untuk busa memperluas jaringan distribusi produk makanan dan mencapai pasar yang lebih luas, Sedulur bisa merekrut reseller. Sedulur bisa merekrut reseller individu, toko-toko kelontong, restoran, maupun distributor besar, tergantung pada skala bisnis dan pasar target.

Persiapkan materi promosi yang akan membantu para reseller lebih paham dengan produk yang dijual dengan baik. Hal itu termasuk dengan panduan produk, daftar harga, bahan pemasaran, hingga mater-materi pendukung seperti sampel produk.

Jangan lupa untuk memantau kinerja reseller secara teratur. Tinjau data penjualan, stok, serta umpan balik dari pelanggan, sehingga apa yang berfungsi dan di mana perlu perbaikan bisa lebih dipahami.

10. Prioritaskan kepuasan konsumen

Seperti yang telah diketahui, kepuasan konsumen menjadi hal wajib yang harus dipenuhi seorang pebisnis terutama makanan. Ini adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan menciptakan kesetiaan terhadap merk.

Untuk itu, cobalah untuk selalu mendengarkan pendapat dan umpan balik pelanggan. Manfaatkan media sosial untuk survei dan wawancara, sehingga preferensi, kebutuhan, dan harapan dari para pelanggan bisa diketahui dan dipahami.

Sedulur juga bisa memberikan pengalaman yang lebih personal sesuai dengan preferensi pelanggan. Misalnya seperti penawaran pilihan kustomisasi pada produk yang dibuat.

BACA JUGA: Cara Mudah Bisnis Kebab: Tips, Modal, dan Cara Promosi

11. Manfaatkan Google My Business

Cara memulai bisnis
Loomis US

Google My Business (GMB) adalah tool yang sangat penting untuk bisnis makanan. Tool ini memungkinkan Sedulur untuk memperbarui dan mengelola informasi bisnis di Google.

Hal ini memungkinkan para calon pelanggan untuk menemukan bisnis Sedulur dengan lebih mudah melalui hasil pencarian Google, Google Maps, dan lainnya. Oleh sebab itu, isilah profil bisnis sebaik mungkin. Sertakan informasi penting seperti alamat, nomor telepon, situs web, deskripsi bisnis, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk upload foto dan video berkualitas tinggi, mulai dari produk makanan, interior restoran, bahkan staf. Gambar dan video yang menarik tentu saja dapat membuat bisnis terlihat lebih menonjol di hasil pencarian.

12. Tingkatkan kualitas produk

Salah satu tahapan dalam promosi makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah meningkatkan kualitas produk makanan. Hal ini merupakan langkah yang kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan mempertahankan basis pelanggan yang setia.

Produk makanan yang berkualitas sendiri dimulai dengan bahan baku yang berkualitas tinggi. Carilah pemasok yang memang mampu menyediakan bahan-bahan segar dan berkualitas. Setelah itu, pastikan bahwa seluruh proses produksi berjalan dengan baik.

Tidak lupa penampilan dan penyajian makanan juga sangat penting. Pastikan produk makan Sedulur dihias dengan indah dan juga disajikan dengan rapi.

13. Ikuti event

Mengikuti event juga efektif dalam mempromosikan produk makanan sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas. Namun Sedulur perlu mengidentifikasi event yang sesuai dengan produk yang dimiliki. Jangan sampai salah ikut event, yang justru hanya akan membuang-buang modal.

Jika sudah menemukan event yang tepat, siapkan materi promosi. Mulai dari brosur, sampel makanan, poster, spanduk, dan lain sebagainya. Pastikan materi-materi tersebut mampu mencerminkan merek yang ditawarkan dengan baik.

Jangan lupa pula untuk mendesain booth atau stan yang mampu menarik perhatian banyak orang. Pastikan booth tersebut mempunyai branding yang kuat dan visual yang mencolok.

14. Bekerjasama dengan metode pembayaran

Bekerjasama dengan penyedia metode pembayaran atau aplikasi pembayaran khusus juga menjadi cara promosi makanan yang bisa dicoba. Sebab, adanya hal ini akan memudahkan para calon pelanggan dalam melakukan transaksi.

Sedulur bisa bekerjasama dengan penyedia metode pembayaran untuk menawarkan diskon eksklusif kepada pelanggan yang menggunakan metode pembayaran tertentu. Ini bisa menjadi insentif yang kuat bagi pelanggan untuk memilih opsi pembayaran tersebut.

Oh iya, pastikan integrasi dengan metode pembayaran tersebut juga mudah dan lancar sehingga pelanggan bisa dengan mudah melakukan transaksi di bisnis yang Sedulur kelola.

15. Lakukan inovasi produk

Inovasi produk menjadi salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan dalam bisnis makanan. Dengan melakukan inovasi, Sedulur bisa memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan yang berubah serta membedakannya dari bisnis milik pesaing.

Untuk melakukannya, lakukan penelitian pasar terlebih dahulu untuk memahami tren dan kebutuhan pelanggan. Pelajari apa yang sedang diminati oleh konsumen akhir-akhir ini, dan identifikasi kesenjangan dalam pasar makanan.

Perbarui menu secara berkala dengan hidangan baru yang bisa dilakukan. Pertimbangkan menciptakan menu musiman yang memanfaatkan bahan-bahan segar yang tersedia pada waktu tertentu.

16. Membuat tagar khusus

We Eat Together

Membuat tagar khusus untuk promosi makanan ternyata mampu meningkatkan visibilitas kampanye produk di media sosial. Tagar (hashtag) dapat membantu orang untuk menemukan konten Sedulur dengan lebih mudah.

Nah, pertama pikirkan dulu tentang apa yang ingin disampaikan tentang produk makanan yang dimiliki. Apakah ingin menyoroti hidangan tertentu, mengumumkan promosi, atau merayakan momen khusus? Pastikan tujuan pembuatan tagar ini benar-benar jelas dan merujuk pada satu tujuan.

Kemudian baru buat tagar yang relevan dengan pesan atau tujuan promosi yang dilakukan. Pastikan tagar tersebut mudah untuk diingat dan sesuai dengan merk.

17. Bundle offer

Bundle offer merupakan strategi promosi yang populer dalam bisnis makanan. Strategi ini melibatkan penawaran beberapa item makanan atau hidangan dalam satu paket dengan harga yang lebih rendah, daripada jika item tersebut dibeli secara terpisah.

Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendorong penjualan, meningkatkan rata-rata pembelian per pelanggan, dan juga menghabiskan stok makanan secara lebih cepat. Sedulur bisa memilih item makanan atau hidangan yang komplementer satu sama lain.

Sebagai contoh, jika produk utama adalah burger, maka Sedulur bisa menciptakan bundel yang mencakup burger, kentang goreng, dan minuman.

18. Birthday sale

Birthday Sale adalah strategi promosi yang berkaitan dengan momen perayaan ulang tahun bisnis. Dalam momen ini, Sedulur bisa menawarkan diskon, promosi, atau penawaran istimewa kepada para pelanggan setiap maupun calon pelanggan.

Untuk itu, komunikasikan Birthday Sale secara jelas kepada para pelanggan. Gunakan media sosial, situs web, signage di restoran, email, dan lain sebagainya, untuk mempromosikan penawaran yang diberikan.

Setelah itu, baru persiapkan materi pemasaran yang mencakup gambar dan desain berkaitan dengan ulang tahun bisnis. Hal ini mencakup logo khusus atau elemen-elemen yang berkaitan dengan desain ulang tahun seperti balon atau topi ulang tahun.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan yang telah mendukung bisnis selama beberapa tahun terakhir. Ucapan terima kasih ini bisa dilakukan di media sosial atau email, atau bahkan dengan memberikan bonus khusus kepada pelanggan yang datang dalam momen Birthday Sale.

19. Kampanye pre-launch

Kampanye pre-launch sangat efektif untuk membangun antisipasi dan keinginan konsumen sebelum diluncurkannya produk makanan baru secara resmi. Dengan ini, Sedulur bisa mengumpulkan minat pelanggan potensial, mendapatkan umpan balik.

Bahkan Sedulur juga bisa mempromosikan produk yang sebelumnya tidak tersedia. Sebelum kampanye ini dimulai, lakukan penelitian pasar dan analisis pesaing dulu untuk memahami tren yang saat ini terjadi, dan bagaimana produk nantinya akan bersaing.

Nantinya hasil kampanye pre-launch ini bisa ditinjau. Berapa banyak email yang berhasil dikumpulkan, berapa banyak orang yang mendaftar, dan juga bagaimana media dan para pesaing merespons. Ini sangat penting untuk keberlangsungan dan perkembangan bisnis.

20. Sample gratis

Pinterest

Cara promosi makanan yang terakhir adalah mengadakan sample gratis. Cara promosi ini juga tidak kalah efektif untuk memperkenalkan produk makanan kepada pelanggan potensial. Sedulur secara tidak langsung dapat meningkatkan minat mereka untuk membeli di masa yang mendatang.

Untuk melakukannya, bukalah stand pengujian di lokasi fisik, seperti toko, pasar, atau acara lokal. Biarkan para pengunjung mencoba hidangan atau produk secara gratis. Pastikan juga untuk menjelaskan keunggulan produk saat mereka mencicipi.

Sedulur juga bisa mengadakan kompetisi di media sosial, di mana para pengikut harus melakukan tindakan tertentu. Misalnya seperti upload foto atau menyebarkan pesan, untuk bisa mendapat kesempatan memenangkan sampel produk gratis.

Promosi makanan sendiri memang mempunyai banyak manfaat penting dalam industri kuliner dan bisnis makanan. Walaupun modal yang dibutuhkan terkadang tidak sedikit, namun nantinya keuntungan yang didapatkan juga berlimpah.

Maka dari itu, pastikan Sedulur menggunakan cara promosi makanan yang tepat. Agar nantinya modal yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia dan terbuang begitu saja.