tools kelola chat marketplace

Apabila Sedulur sebagai salah seorang yang memiliki bisnis online di beberapa platform marketplace, maka sebuah aplikasi yang memiliki tools kelola chat marketplace merupakan hal penting yang perlu dimiliki. Keberadaan fitur ini akan membantu kinerja Sedulur sehingga aktivitas bisnis berjalan lebih lancar dan cepat.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang manfaat penggunaan aplikasi yang memiliki tools kelola chat marketplace, serta beberapa referensi lainnya guna memaksimalkan layanan komunikasi pada bisnis online Sedulur. Ayo, mari kita simak penjelasannya.

BACA JUGA: 8 Tools Gratis untuk Market Research Agar Bisnis Tepat Sasaran

Apa sih aplikasi tools kelola chat marketplace itu?

Pexels

Sedulur untuk memahami dan memanfaatkan tools manajemen percakapan di marketplace guna meningkatkan kualitas layanan bisnis Sedulur.  Sedulur bisa menggunakan sebuah aplikasi sebagai tools kelola chat marketplace untuk mendukung bisnis di marketplace Sedulur, khususnya saat Sedulur mengirim pesan dan berinteraksi dengan pelanggan saat aktivitas jual beli di marketplace. 

-->

Tujuannya adalah untuk memfasilitasi hubungan antara Sedulur sebagai penjual dengan salah satu pelanggan agar mendorong proses transaksi pembelian lebih lancar dan terpercaya. penggunaan tools kelola chat marketplace ini merupakan salah strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan Sedulur.

Selain itu,  karena pada dasarnya transaksi jual beli bias terjadi karena dimulai dengan proses komunikasi dan interaksi yang efektif. Seperti halnya sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, maka Sedulur sebagai calon konsumen pun biasanya akan bertanya dan membicarakan perihal kondisi barang serta informasi tambahan lainnya mengenai suatu produk yang hendak dibeli.  

Karena itu, tools manajemen percakapan di marketplace ini sangat penting untuk digunakan dan dikelola dengan baik oleh Sedulur, agar kepercayaan pelanggan tetap terjaga, hingga memiliki rasa senang dengan layanan bisnis Sedulur.

Fungsi tools kelola chat marketplace

Pexels

Mengenai kegunaannya, tools kelola chat marketplace memiliki beragam manfaat tergantung pada konteks penggunaannya. Seperti dapat membantu Sedulur dalam mengelola dan mengorganisir pesan yang masuk dari berbagai pelanggan atau pembeli. 

Sedulur juga dapat mengatur pesan-pesan tersebut berdasarkan status, waktu, prioritas, atau kategori tertentu sehingga memudahkan Sedulur dalam menangani setiap pesan dengan efisien.

Tools ini juga dapat dikonfigurasikan untuk mengirimkan pemberitahuan otomatis kepada pelanggan atau pembeli. Misalnya, Sedul dapat mengatur pemberitahuan untuk konfirmasi pesanan, pengiriman, atau pembaruan status. 

Hal ini, tentu akan membantu Sedulur dalam memberikan informasi dalam waktu yang tepat kepada pelanggan serta terjaganya komunikasi yang baik antara Sedulur dengan pelanggan Sedulur. Berikut ini beberapa fungsi lainnya:

a. Efektif meningkatkan kesan pada pembeli

Dengan tools kelola chat marketplace, Sedulur dapat merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat. Ini menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan, menunjukkan bahwa Sedulur peduli dan siap membantu. 

Respons yang cepat dengan metode chat real-time juga dapat mendorong pelanggan untuk membuat keputusan pembelian dengan lebih cepat. Sehingga dapat memberikan keuntungan signifikan dalam meningkatkan pengalaman atau sebuah kesan pelanggan setelah berbelanja di marketplace milik Sedulur.

b. Kepercayaan pelanggan jadi lebih besar

Bukan hanya meningkatkan pengalaman belanja aja pelanggan saja, menggunakan tools kelola chat marketplace Sedulur pun bisa membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Sedulur yang di marketplace. 

Seringkali terjadi dalam bisnis marketplace seseorang merasa ragu ketika membeli produk di marketplace ketika respon Sedulur sebagai tidak real time, sehingga tools manajemen percakapan di marketplace ini merupakan salah satu solusi yang tepat digunakan oleh Sedulur ketika hal tersebut terjadi. Dengan menggunakan tools kelola chat marketplace dengan baik dan memperhatikan kebutuhan seorang pelanggan, maka secara otomatis kepercayaan pelanggan telah terbangun secara kuat. 

c. Mempermudah feedback pelanggan

Ketika Sedulur sebagai seller, tentu ingin mengetahui pendapat pelanggan terhadap toko online terkait produk yang ditawarkan di marketplace, salah satu langkahnya melalui penggunaan tools manajemen percakapan di marketplace ini.

Di situ Sedulur dapat bertanya kepada pelanggan mengenai pandangan mereka tentang kualitas  produk, pelayanan, hingga proses pengiriman. Maka dari sudut pandang tersebut, Sedulur dapat mengetahui apa yang mesti diperbaiki oleh bisnis sedulur di marketplace supaya penjualan dapat mengalami peningkatan secara signifikan.

Caranya tentu Sedulur dapat memberikan survei singkat mengenai kepuasan pelanggan terkait pengalaman setelah melakukan transaksi di marketplace Sedulur dengan menggunakan salah satu tools kelola chat marketplace.

BACA JUGA: Intern to Full Time: Cerita Annisa Arifien, Si Anak Magang yang Berhasil Berkarir di Aplikasi Super

Lantas, apa saja aplikasi chat marketplace yang bisa Sedulur coba gunakan untuk mengelola berbagai pesan pelanggan toko online Sedulur di marketplace secara praktis? Berikut 10 daftar aplikasi yang bisa Sedulur coba:

1. LiveChat

LiveChat

LiveChat sebagai salah satu aplikasi yang didalamnya tentu memiliki tolls kelola chat marketplace yang dapat sedulur coba untuk mengelola pesan yang disampaikan oleh pelanggan Sedulur di marketplace.

Dengan berbagai tools manajemen percakapan di marketplace yang dimiliki oleh LiveChat, Sedulur pun bisa membalas pesan dari satu atau lebih marketplace yang dimiliki Sedulur dengan hanya dalam satu dashboard saja.

Selain itu, Sedulur bias menggunakan LiveChat sebagai tools kelola chat marketplace dengan menggunakan perangkat apapun seperti laptop, tablet, hingga cukup dengan menggunakan smartphone milik Sedulur saja.

2. LiveAgent

Aplikasi selanjutnya yang memiliki tools kelola chat marketplace dalam mengelola pesan dari pelanggan yaitu LiveAgent. Dengan LiveAgent pun, Sedulur bisa mengelola ataupun menanggapi setiap chat pelanggan dari berbagai marketplace dalam satu dashboard.

Sebagai tools manajemen percakapan di marketplace, LiveAgent memiliki berbagai fitur canggih yang dapat Sedulur gunakan dengan mudah karena tools kelola chat marketplace tampilannya cukup sederhana, sehingga mudah saat digunakan Sedulur.

Sedulur pun dengan menggunakan tools manajemen percakapan di marketplace yang ada pada aplikasi LiveChat untuk melakukan manajemen kontak pelanggan dengan lebih mudah. Bahkan, dapat diintegrasikan dengan aplikasi CRM secara otomatis.

3. Mekari Qontak

Mekari Qontak diklaim sebagai sebuah aplikas yang memiliki tools kelola chat marketplace dengan fitur yang lengkap untuk membantu penggunanya dalam menanggapi pesan dari pelanggan.

Tools kelola chat kelola marketplace yang ada di software yang satu ini pun bahkan dirumorkan dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain nya. mulai dari Facebook Messenger, Instagram, WhatsApp Business API, serta lainnya.

Selain itu, dengan Mekari Qontak, Sedulur pun bisa menggunakan fitur chat bot sehingga tidak perlu menulis pesan satu per satu untuk membalas chat pelanggan, sebab semuanya bisa diotomatisasi sehingga lebih efektif.   

4. HiToko Chat

HiToko Chat termasuk dalam salah satu pilihan aplikasi yang dapat Sedulur gunakan juga sebagai tools kelola chat marketplace yang bisa membantu Sedulur untuk mengelola pesan pelanggan. HiToko ini merupakan tools manajemen percakapan di marketplace yang memungkinkan Sedulur untuk berkomunikasi dengan semua pelanggan secara lebih efisien tanpa harus membuka tutup banyak aplikasi.

Sinkronisasi pesan dari berbagai marketplace pun bisa secara real time ketika Sedulur menggunakan aplikasi ini, sehingga semua pesan pelanggan bisa Sedulur tanggapi secara tepat waktu. Untuk cara penggunaannya pun tidak begitu sulit, Sedulur hanya perlu menginstal HiToko Chat serta menghubungkan semua toko online Sedulur di marketplace ke dalam dashboard.

5. Chat Commerce SIRCLO

Pilihan aplikasi yang memiliki tools kelola chat marketplace lainnya yaitu Chat Commerce dari SIRCLO Store. Dengan menggunakan aplikasi ini SEdulur dapat mengelola pesan pelanggan dari WhatsApp Business API.

Sehingga proses transaksi dari aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp pun bisa dilakukan Sedulur secara praktis. Selain itu, Chat Commerce dari SIRCLO Store pun memungkinkan Sedulur untuk mengelola pesan pelanggan dari berbagai marketplace. 

BACA JUGA: Keuntungan Model Bisnis Subscription Bagi Seorang Pengusaha

6. BoostrChat

BoostChat

Melalui aplikasi BoostrChat Sedulur bisa dengan mudah mengoperasikan tools manajemen percakapan di marketplace ini, baik melalui web atau pun mobile apps, karena tampilannya sangat sederhana.

BoostrChat tentu bisa menjadi salah satu pilihan Sedulur guna membantu untuk menanggapi pesan secara tepat waktu. Sehingga, performa chat toko online Sedulur di marketplace baik di Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya bisa meningkat, serta mendapat kepercayaan yang tinggi dari pelanggan toko online Sedulur.

7. Intercom

Dengan Intercom, Sedulur bisa mengaktifkan chatbot sehingga proses menanggapi pesan pelanggan dapat dilakukan secara lebih praktis, dan tidak terlalu banyak memerlukan orang untuk membalas pesan pelanggan secara manual.

Tools kelola chat marketplace yang ada dalam aplikasi ini pun cukup lengkap, tidak hanya sebagai aplikasi live chat saja. Pasalnya, Intercom bisa digunakan sebagai alat orientasi, asisten dukungan, alat penghasil prospek, otomatisasi pemasaran, hingga software keterlibatan pengguna. 

Selain itu, Intercom dapat diintegrasikan dengan Google Analytics, CRM, layanan pemasaran email, dan lainnya yang bisa Sedulur gunakan sesuai kebutuhan bisnis online di marketplace. 

8. Olark

Untuk Sedulur yang masih mencari referensi tools kelola chat marketplace untuk memudahkan pengelolaan pesan pelanggan, tentu bisa juga coba menggunakan aplikasi Olark. Karena, aplikasi ini bisa menghemat waktu Sedulur dalam menanggapi pesan pelanggan sehingga kepuasan dapat ditingkatkan dengan baik.

Aplikasi Olark pun bisa dioperasikan melalui PC, atau pun ponsel yang berbasis IOS maupun Android, sehingga dalam mengelola pesan pelanggan bisa dilakukan Sedulur secara lebih fleksibel. 

Tools manajemen percakapan di marketplace ini juga menyediakan fitur laporan yang dapat Sedulur akses sesuai kebutuhan dalam bentuk matrik secara rinci. Sehingga, dapat memudahkan Sedulur mengetahui aspek mana saja yang butuh diperbaiki guna keperluan bisnis yang lebih baik lagi.

9. Freshchat

Freshchat memiliki tools kelola chat marketplace yang dilengkapi dengan fitur percakapan dan messenger yang memungkinkan Sedulur untuk memulai obrolan secara real time. Sehingga interaksi antara Sedulur dengan pelanggan toko online di marketplace akan lebih terjalin kepercayaannya.

Aplikasi ini juga sudah bisa terhubung dengan CRM dan saluran bisnis lainnya. Selain itu, aplikasi ini selain sebagai tools manajemen percakapan di marketplace yang memiliki tambahan fitur seperti laporan dan analisa, serta terdapat juga bot yang bisa Sedulur sesuaikan dengan kebutuhan percakapan mengenai informasi produk atau bisnis online Sedulur secara otomatis.

10. Chaport

Terakhir, buat Sedulur yang mencari aplikasi tools kelola chat marketplace secara gratis, Sedulur tentu bisa mencoba menggunakan aplikasi Chaport pada bisnis online di marketplace 

Salah satu kelebihan dari tools manajemen percakapan di marketplace ini ada pada layanan fitur softwarenya yaitu menyediakan riwayat percakapan, notifikasi, sistem database pelanggan, formulir pelanggan, dan obrolan tidak terbatas.

Menggunakan tools-tools untuk mengelola chat dari berbagai pelanggan merupakan sebuah kunci dalam mengembangkan bisnis online Sedulur di marketplace secara baik. Apa yang telah dibahas di atas pun, tentu bisa menjadi sebuah referensi bagi Sedulur yang masih bingung untuk memilih tools-tools sesuai kebutuhkan dalam menjalankan bisnis online di marketplace.

Namun, Sedulur perlu ingat bahwa masih banyak aplikasi chat marketplace lainnya yang tersedia dengan tools kelola chat marketplace, tentu itu pun dengan berbagai kelebihan masing-masing. Maka, Sedulur bisa memilih aplikasi yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi Sedulur.