Jika kamu ditanya, jelaskan pengertian ekonomi kreatif dan berikan contohnya, tentu kamu perlu memiliki jawaban yang akurat. Namun sebelum masuk kepenjelasannya, perlu kamu tahu bahwa saat ini usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia sedang diwarnai gelombang ekonomi kreatif. Bisa dibilang banyak usaha UMKM yang cukup maju dan sukses di era sekarang ini.

Meskipun pandemi tentunya berdampak pada UMKM, tapi gak sedikit yang bisa bertahan dan tetap berjalan sampai sekarang. Selain itu, di Indonesia kita tidak menggunakan istilah industri kreatif, tetapi ekonomi kreatif. Istilah ini bahkan juga digunakan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait jelaskan pengertian ekonomi kreatif, sebenarnya sudah tertuang dalam Diktum pertama Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Di dalamnya, ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang didasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu guna menciptakan daya kreasi serta daya cipta yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh soal jelaskan pengertian ekonomi kreatif sampai dengan ciri-ciri, manfaat, dan contohnya, berikut ini penjelasannya. Yuk, simak bareng-bareng!

BACA JUGA: Pengertian Ekonomi Maritim Beserta Kegiatan & Contohnya

1. Pengertian ekonomi kreatif

amartha.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang berdasarkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan kreasi bernilai ekonomis. Namun untuk jelaskan pengertian ekonomi kreatif menurut Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf, sebenarnya juga tidak jauh berbeda.

Ekonomi kreatif adalah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas serta mengandalkan ide dan pengetahuan pelakunya. Diharapkan dengan kreativitas, para pelaku ekonomi ini bisa menghasilkan sebuah karya dengan inovasi dan tentunya memiliki nilai jual dan daya saing dengan produk lain.

2. Ekonomi kreatif menurut para ahli

goodnewsfromindonesia.id

Jika melihat pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli, ada berbagai macam yang bisa Sedulur ketahui. Namun sebenarnya pengertian satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda dan tetap menggunakan kreativitas di dalamnya. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif merupakan industri yang didasarkan pada ide kreatif dalam proses penciptaan produk atau jasa.

Jelaskan pengertian ekonomi kreatif dalam buku Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015, ekonomi kreatif adalah era baru ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Sedangkan, menurut Kementerian Perdagangan Indonesia (2009), ekonomi kreatif adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui krativitas, yang mana pembangunan berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan.

BACA JUGA: 10 Kerajinan dari Bambu yang Kreatif dan Mudah Dibuat

3. Faktor pendorong ekonomi kreatif

kompas.com

Ekonomi kreatif bisa maju tentunya harus didukung dengan berbagai faktor. Sehingga nantinya ekonomi kreatif bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Lalu apa saja faktor pendorongnya?

Kreativitas dalam sektor ekonomi

Tentu kreativitas harus ada sebagai faktor pendorong. Kreativitas merupakan proses dalam memunculkan ide dan gagasan yang sifatnya baru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasukan dan hasil perekonomian. Objeknya biisa berupa barang atau jasa hasil inovasi.

Teknologi yang maju

Kemajuan teknologi menjadi salah satu tumpuan sektor ekonomi kreatif. Akses yang mudah bisa membantu perekonomian semakin maju. Jika kemajuan ini dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat menekan kesulitan dan masalah yang ditemukan dalam proses perekonomian ini. Bahkan, beberapa negara maju telah menggunakan teknologi untuk menjalankan mode ekonomi kreatif seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Tenaga kerja

Tenaga kerja menjadi faktor pendorong ekonomi kreatif. Sebab, manusia sebagai sumber daya untuk penggerak perekonomian. Jika sumber daya manusianya memadai dan berkualitas, maka perekonomiannya akan berjalan dengan baik.

Kemudahan dalam akses komunikasi

Akses komunikasi yang mudah membantu para pelaku ekonomi dalam melakukan usahanya. Sebab, pengakuan dan apresiasi publik dibutuhkan agar pelaku ekonomi terus berkarya dan mengembangkan potensinya. Di sisi lain, akses komunikasi bisa membantu proses pemasaran yang semakin luas.

Media sosial

Platform ini bisa memperlihatkan berbagai informasi dan dapat digunakan dengan berbagai tujuan. Bahkan, media sosial saat ini menjadi salah satu penggerak ekonomi. Lantaran penggunanya juga banyak, media sosial punya potensi bagus untuk sarana pemasaran produk dari hasil industri kreatif.

4. Ciri-ciri ekonomi kreatif

goodnewsfromindonesia.id

Jelaskan pengertian ekonomi kreatif dengan ciri-cirinya, hal itu bisa dilihat dalam buku Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal oleh Sopanah. Berikut ciri-ciri ekonomi kreatif yang bisa Sedulur ketahui:

Memiliki kreasi intelektual

Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta. Itulah kenapa, kreasi intelektual memiliki nilai jual yang tinggi dan perlu ditingkatkan dalam menjalankan ekonomi kreatif.

Mudah tergantikan

Sebenarnya, berbagai produk yang dihasilkan siklusnya cukup singkat. Sebab, produk tersebut mudah ditiru sehingga cepat tergantikan. Maka dari itu, kreativitas dan inovasi terus dikembangkan.

Penyediaan produk secara langsung dan tidak langsung

Produk kreatif yang telah dihasilkan bisa dipasarkan secara langsung maupun tidak langsung kepada para konsumen.

Memerlukan kerja sama

Kerja sama diperlukan antar berbagai pihak yang bersangkutan. Salah satunya, kerja sama antara pengusaha dan pemerintah untuk mengatur kebijakan.

Berbasis pada ide

Dalam ekonomi kreatif ide kreatif dan inovatif selalu diperlukan untuk pengembangan. Sehingga penciptaan produk baru selalu berdasar pada ide baru.

Tidak terbatas

Penciptaan produk baru tidak ada habisnya. Bahkan, bisa diterima oleh pasar dan dapat digunakan secara tidak terbatas.

BACA JUGA: Pengertian Sektor Esensial dan Kritikal Beserta Perbedaannya

5. Manfaat ekonomi kreatif

kompas.com

Masih mengutip buku Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal, ekonomi kreatif memiliki manfaat untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
  • Mengurangi pertumbuhan angka pengangguran.
  • Menciptakan masyarakat yang kreatif sekaligus inovatif.
  • Menciptakan kompetisi aktivitas dunia bisnis yang lebih sehat.
  • Meningkatkan inovasi pelaku ekonomi kreatif di berbagai sektor.

6. Apa yang dimaksud industri kreatif?

dara.co.id

Setelah jelaskan pengertian ekonomi kreatif, Sedulur juga perlu tahu apa bedanya dengan industri kreatif. Lalu apa sih industri kreatif?

Menurut Departemen Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan kerja baru lewat penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi serta daya cipta individu tersebut.

Industri kreatif juga tidak membutuhkan produksi skala besar, seperti halnya industri manufaktur. Industri ini lebih mengandalkan kualitas dan kreativitas dari sumber daya manusianya. Itulah sebabnya, industri kreatif banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah. Umumnya, pelaku ekonominya juga lebih mandiri dan tidak bermental buruh.

BACA JUGA: 30+ Ide Bisnis Kreatif & Inovatif Paling Menguntungkan di 2021

7. Hubungan ekonomi kreatif dan industri kreatif

majoo.id

Ekonomi kreatif berkaitan erat dengan industri kreatif, tapi ekonomi kreatif punya cakupan yang lebih luas. Lalu bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?

Ekonomi kreatif merupakan proses produk atau jasa dibuat, sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya. Artinya, bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah produk atau jasa yang dibuat di ekonomi kreatif, akan diproses lewat industri kreatif untuk diperjualbelikan hingga bisa memajukan ekonomi kreatif.

8. Ekonomi kreatif di Indonesia

cnnindonesia.com

Ekonomi kreatif di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu dengan PBD cukup tinggi pada tahun 2019, yaitu 5,10% dengan cakupan industri kreatif yang kini mencapai 14 sektor. Bahkan saat ini sudah ada BEKRAF yang secara khusus mengembangkan pergerakan ekonomi kreatif di Indonesia.

Mengutip Kominfo, pertumbuhan ekonomi kreatif sekitar 5,7 persen setiap tahunnya. Angka ini di atas pertumbuhan ekonomi pada sektor listrik, gas, dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, jasa-jasa, dan industri pengolahan.

Pertumbuhan ekonomi kreatif diperkirakan masih akan terus bertambah sehingga pemerintah yakin masa depan ekonomi kreatif dan membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) supaya ekonomi kreatif bisa tumbuh lebih baik.

BACA JUGA: Motif Ekonomi: Pengertian, Sifat, Tujuan, Macam & Contohnya

9. Perkembangan ekonomi kreatif di daerah

cnnindonesia.com

Kalau kamu ditanya jelaskan perkembangan ekonomi kreatif di daerah kalian, tentu kamu bisa melihat bagaimana industri kreatif yang berkembang di tempatmu. Sebab, setiap daerah pasti memiliki ekonomi kreatif yang berbeda-beda. Misalnya saja, ada yang membuat kerajinan yang bahannya memanfaatkan sumber daya alam. Atau mungkin kerajinan perkayuan, dan masih banyak lagi. Tapi biasanya, setiap daerah punya ciri khasnya sendiri.

10. Contoh ekonomi kreatif

investree.id

Ada berbagai macam contoh ekonomi kreatif. Misalnya, kerajinan (kayu, kulit, tanah liat dll), desain (kartu ucapan, tiket, undangan, dll), fashion atau busana, pembuatan game, pembuatan aplikasi, video, fotografi, dan masih banyak lagi.

Setelah membaca artikel ini, kalau Sedulur ditanya jelaskan pengertian ekonomi kreatif, semoga sudah gak perlu bingung lagi untuk menjawab ya. Apalagi pembahasan kali ini juga cukup lengkap sampai dengan contoh. Sehingga kalau nanti ditanya jelaskan perkembangan ekonomi kreatif di daerah kalian, Sedulur sudah gak perlu kesulitan untuk menjelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!