strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli

Dalam dunia bisnis, strategi marketing merupakan salah satu hal atau faktor yang penting untuk dipikirkan. Karena strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli tentu saja akan lebih akurat jika diterapkan langsung sesuai dengan kondisi lapangan dan kondisi bisnis itu sendiri.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli yang bisa jadi rujukan Sedulur agar cepat laris. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Favorit Bocil, Pasti Laris!

1. Perhatikan kualitas produk

contoh pesan pembuka olshop
Homefords

Strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli yang pertama yang dapat Sedulur lakukan adalah memperhatikan selalu kualitas barang yang Sedulur jual. Itulah yang dapat menarik pelanggan agar selalu datang membeli barang dagangan Sedulur.

Jika barang yang Sedulur jual merupakan peralatan, maka dari itu perhatikan betul kualitas dari peralatan yang akan digunakan oleh konsumen. Perhatikan juga kelayakan peralatan yang digunakan. Sedulur bisa menggunakan teknik First In First Out (FIFO) dalam menyusun barang dagangan Sedulur.

Jika Sedulur menjual makanan, pastikan makanan tersebut baik dari segi kualitas, cita rasa, dan kesegarannya. Itulah yang harus Sedulur perhatikan, pasalnya jika terdapat sedikit kelalaian dalam menjaga kualitasnya, maka Sedulur akan kehilangan banyak pelanggan. Penting juga bagi Sedulur untuk melakukan pengecekan stok dan tanggal kadaluarsa secara berkala dari barang dagangan Sedulur.

2. Beri pelayanan yang maksimal

Pembeli atau konsumen adalah raja, hal ini wajib jadi landasan bagi Sedulur dalam memberikan pelayanan. Pelayanan yang baik merupakan strategi ampuh agar dagangan laris dan menarik pelanggan yang lebih banyak.

Sedulur harus selalu ingat bahwa pembeli adalah raja. Maksud dari kalimat tersebut yaitu sebagai pedagang memperlakukan pembeli secara baik, ramah, dan menyampaikan segala informasi yang diperlukan.

Namun dalam transaksi jual beli, seorang penjual tidak dapat memilih siapa pelanggannya dan pelanggan yang hanya dapat memilih penjual. Terkadang kita sering menjumpai pembeli yang tidak kooperatif, bahkan hingga berbuat kasar dan arogan.

Maka dari itu, inilah yang menjadi tantangan bagi para pedagang untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi siapapun pelanggan terlepas dari karakter si calon pembeli tersebut. Tujuan dari poin ini adalah agar pembeli merasakan kepuasan pelayanan dan menciptakan teknik marketing yang baik.

3. Perhatikan harga produk yang dijual

Harga merupakan salah satu penentu agar dagangan laris terus menerus. Saran yang dapat Sedulur lakukan yaitu, jangan pernah menjual barang dagangan Sedulur lebih mahal dari harga yang Dipatok oleh kompetitor. Apalagi jaraknya berada kurang Dari 1 km dari tempat dagang Sedulur.

Selain itu jangan remehkan selisih harga, meskipun Rp 1000 hingga Rp 5000. Karena, dengan harga yang selisihnya sedikit itulah yang dapat membuat pelanggan Sedulur beralih ke kompetitor. Strategi ini banyak digunakan oleh pedagang yang hendak memulai usahanya,

4. Jangan lupa beri diskon

Strategi ampuh agar dagangan laris yang ketiga adalah memberikan potongan harga/diskon kepada pelanggan setia. Hal ini bertujuan agar pelanggan setia merasa senang ketika berbelanja di tempat dagang Sedulur. Bisa dikatakan pelanggan setia merupakan suatu aset yang harus dipelihara sebaik-baiknya.

Pelanggan setia inilah yang biasanya akan melakukan rekomendasi ke kerabat terdekat. Tentunya rekomendasi dari para pelanggan inilah yang menjadikan laris dan barang dagangan Sedulur cepat laku. Sebaiknya, Sedulur juga menjaga hubungan dengan pembeli dengan baik.

5. Selalu kedepankan kejujuran

usaha kebab
iStock

Jujur merupakan strategi ampuh agar dagangan laris yang kelima. Penting sekali kejujuran untuk Sedulur terapkan agar dagangan Sedulur terus berkembang dan laris. Jika Sedulur mengabaikan kejujuran, maka sangat merugikan diri sendiri sebagai pedagang dan pembeli akan beralih ke kompetitor lain.

Ada beberapa contoh perilaku tidak jujur dalam berdagang. Lebih baik Sedulur hindari karena membawa keburukan bagi usaha dagang Sedulur. Berikut ini contoh dari perilaku yang tidak seharusnya dilakukan oleh pedagang diantaranya:

6. Jangan lupa bersedekah

Jangan lupa untuk bersedekah, karena hal ini merupakan suatu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Sang Pemberi Rezeki untuk Sedulur. Menurut sebagian besar hal ini sepele dan tidak ada hubungannya dengan usaha dagang Sedulur. Akan tetapi, hal ini merupakan cara agar dagangan Sedulur laris.

Tidak dipungkiri bahwa inilah yang menjadi rahasia kesuksesan para pebisnis sukses dan banyak orang kaya. Mereka berpendapat bahwa semakin kita banyak beramal, maka rezeki juga akan semakin mengalir kembali kepada kita sendiri.

7. Selalu berdoa dan bersyukur

Strategi ampuh agar dagangan laris yang terakhir adalah selalu berdoa dan mensyukuri rezeki yang diberikan oleh Tuhan Sang Maha Pemberi Rezeki untuk Sedulur. Selalu berdoa dan bersyukur maka Sedulur akan menyambut hari berikutnya dengan perasaan positif dan lebih percaya diri.

Pedagang besar biasanya memiliki sikap yang positif dan percaya diri sehingga dagangan mereka laris terus menerus. Jika Sedulur tidak percaya, dapat Sedulur buktikan sendiri manakah dagangan yang lebih maju antara berdoa dan bersyukur dengan tanpa melakukan doa dan bersyukur.

8. Bertindak sebagai konsultan

Strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli selanjutnya adalah harus bertindak sebagai konsultan. Buat konsumen merasa nyaman dan yakin dengan produk Sedulur. Buatlah seolah konsmen mendapatkan saran dari ahli untuk meningkatkan bisnisnya.

9. Jadikan produk solusi bagi pembeli

Zoe Levana toko kelontong
SuperApp

Di antara semua strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli di atas, hal ini yang harus menjadi perhatian. Sedulur harus berhasil menjadikan produk Sedulur sebagai solusi bagi pembeli agar produk bisa bermanfaat bagi konsumen.

Nah itulah beberapa strategi ampuh agar dagangan laris menurut para ahli, dari penjelasan di atas, semuanya merupakan bagian penting yang harus Sedulur pertimbangkan agar dapat menjalankan bisnis dengan lancar dan sempurna.