usaha makanan ringan serba 1000

Dalam bisnis makanan, hal-hal terkait dengan memasak, memasarkan, dan menjual makanan merupakan hal yang tentunya paling esensial. Ada berbagai jenis makanan, mulai dari yang sederhana seperti roti dan kue, hingga yang lebih rumit. Namun, usaha makanan ringan serba 1000 cukup mencuri perhatian di kalangan pengusaha.

Mengikuti tren dan budaya yang sedang terjadi dari waktu ke waktu, jenis cemilan ringan berhasil selalu berkembang dan berubah.Alhasil, makanan ringan ini bisa tetap menarik banyak target pembeli.

Tidak hanya soal makanan, bisnis makanan juga tentang pelayanan dan pengalaman pelanggan. Membuat pelanggan merasa senang dan puas dengan makanan dan layanan yang mereka terima adalah kunci kesuksesan dalam bisnis ini. Dengan begini juga tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

BACA JUGA: 16 Jajanan Anak Sekolah yang Enak, Murah, Praktis dan Mudah

Rekomendasi Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000

usaha makanan ringan serba 1000
Sall Travel Explore

Jajanan warung sangat banyak pilihannya dan menjadi favorit banyak orang. Pasalnya, snack warung ini menjadi makanan ringan yang sangat cocok untuk dijadikan pilihan cemilan untuk menemani aktivitas santai seperti menonton tv, drama korea, bermain video game, dan lain sebagainya. 

Lantaran harganya yang murah dan sangat terjangkau, makanan ringan dengan harga 1000 rupiah tidak akan sulit untuk kamu jual. Begitu pun juga dengan ide usahanya yang sangat beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan minat, segmentasi pasar, serta modal yang miliki.

Jika kamu sedang tertarik untuk bisnis makanan ringan, usaha makanan ringan serba 1000 bisa banget untuk dicoba. Ini bisa menjadi bisnis sampingan untuk menambah pendapatan. Untuk itu, berikut ini beberapa ide usaha makanan ringan serba 1000 rupiah yang bisa kamu coba!

1. Sempol Ayam

usaha makanan ringan serba 1000
Pinterest

Rekomendasi makanan ringan serba 1000 yang pertama yaitu sempol ayam. Makanan ringan yang sering ditemukan di pinggir jalan ini terbuat dari daging ayam giling, tepung terigu, tapioka, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Sedulur bisa membuat sempol dengan mudah dan menjualnya dengan harga mulai dari Rp1000 per tusuknya. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menyukai makanan ringan yang satu ini.

2. Kacang Telur

Ide usaha makanan ringan serba 1000 yang selanjutnya adalah kacang telur. Punya cita rasa yang khas, renyah, dan cenderung manis, membuat kacang tanah yang dilapisi adonan tepung ini banyak disukai orang-orang. Kacang telur yang paling disukai orang-orang umumnya yang memiliki tekstur halus pada bagian luar.

3. Tahu Crispy

Siapa yang tidak kenal dengan tahu crispy? Makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu dan dipadukan dengan tepung lalu digoreng hingga crispy ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau.

Tahu yang menjadi bahan baku utama dari pembuatannya sangat mudah untuk kamu temui di warung sayuran maupun pasar. Harganya bisa 1000 per tahunya.

4. Cilor

Cilor adalah makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji. Makanan ringan ini merupakan singkatan dari bahan aci dan telur. Kedua bahan itu dimasak dengan cara aci dibalut dengan telur, kemudian digoreng.

5. Jajanan Kue Tradisional

Kue tradisional masih jadi primadona bagi kebanyakan orang. Tak ayal, kudapan yang satu ini memiliki segmen pasar yang luas, mulai dari anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Pilihannya yang sangat beragam serta harganya yang murah membuat jajanan kue tradisional kerap kali dijadikan pilihan kudapan di berbagai acara penting. Kamu pun bisa menjualnya dengan harga seribuan.

6. Keripik Kentang

usaha makanan ringan serba 1000
Recipes

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis camilan enak dan renyah, termasuk diantaranya keripik kentang! Kamu bisa membuat keripik kentang dengan pilihan rasa yang beragam, seperti rasa pedas, manis, asin, dan lain sebagainya.

7. Takoyaki

Takoyaki dikenal sebagai jajanan berbentuk bulat dengan isian daging gurita. Terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dengan alat pemanggang khusus. Kemudian disajikan dengan saus, mayones dan topping berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu.

Tidak harus menggunakan isian daging gurita, kamu bisa menjualnya dengan isian yang lebih merakyat seperti sosis, keju, atau bakso ikan agar bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Dengan begini kamu pun bisa menjual dengan harga 1000.

8. Keripik Singkong

Selain keripik kentang dan pisang, jenis usaha makanan ringan serba 1000 lainnya yang berbentuk keripik adalah keripik singkong. Terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong tipis dan digoreng hingga crispy, makanan satu ini tidak pernah sepi peminat dari masa ke masa.

9. Mie Lidi

Mie lidi, salah satu jajanan SD yang masih ramai peminatnya. Mie lidi yang beredar di pasaran umumnya memiliki warna kuning atau merah sesuai dengan bumbu atau rasa yang dipilih. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan telur, tepung terigu, tepung sagu, penyedap rasa, baking powder, dan air untuk melarutkan bahan yang ada.

Jika kamu merasa kerepotan untuk membuatnya, kamu bisa menjadi reseller resmi dari supplier terpercaya. Yang terpenting, pastikan barang yang kamu pilih memiliki citarasa yang sesuai dengan harga yang miring, sehingga tidak hanya konsumen yang merasa senang dan puas, namun juga kamu bisa mendapatkan untung dari setiap penjualan yang ada.

10. Basreng

Basreng atau bakso goreng adalah snack murah dengan rasa enak yang memiliki segmen pasar cukup luas. Basreng umumnya dibuat setipis mungkin untuk menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat. Kamu pun bisa menjualnya dengan bungkus kecil dengan harga 1000.

11. Kerupuk Seblak

Endeus TV

Seperti halnya dengan seblak yang berasal dari daerah Jawa Barat dan menjadi terkenal di berbagai penjuru daerah, makanan yang satu ini sama populernya. Yang menjadi pembeda antara keduanya adalah tekstur yang disajikan, di mana kerupuk seblak berbentuk kering dan renyah, tidak seperti seblak yang cenderung basah dan lembek.

12. Makaroni

Hadir dengan berbagai varian mulai dari asin, pedas, dan manis, makaroni menjadi salah satu ide usaha makanan ringan serba seribu yang masih tetap eksis sampai saat ini. Kamu bisa menjual makaroni dengan pilihan rasa yang beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli atau by request. Kamu pun bisa membungkusnya kecil-kecil dengan harga 1000.

13. Stik Keju

Stik keju adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, maizena, dan keju sebagai bahan dasarnya. Camilan ini bisa menjadi usaha makanan ringan serba 1000 yang tidak boleh kamu lewatkan. Anak kecil hingga dewasa juga menyukai camilan satu ini.

14. Rempeyek

Rempeyek adalah makanan ringan khas Yogyakarta, Jawa Tengah yang bisa kamu pilih sebagai usaha makanan ringan serba 1000. Aneka rempeyek yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari campuran udang, kacang hijau, kacang tanah, sampai dengan ikan teri. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan selera pasar kamu.

15. Agar-agar

Ingin menjual sesuatu yang kenyal dan segar? Puding atau agar-agar bisa jadi pilihannya! Memulai usaha yang satu ini terbilang mudah dan bisa dimulai dengan modal yang relatif minim. Selain cara membuatnya mudah, ide makanan ini bisa menjadi jajanan harga 1000 yang punya banyak peminat. Untuk varian rasanya pun bisa kamu sesuaikan dengan kreativitasmu.

16. Otak-otak

usaha makanan ringan serba 1000
Pinterest

Selalu laku keras dan banyak diburu oleh orang-orang, camilan yang satu ini cara membuatnya cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemui di mana saja.

Antara lain yaitu otak-otak instan, bumbu penyedap makanan dengan rasa asin, manis, pedas, atau varian rasa lainnya. Kamu juga dapat mengkombinasikan varian rasa lainnya yang banyak disukai orang-orang, seperti barbeque, balado, dan bawang putih. Dengan banyaknya varian rasa, pasti banyak pembeli yang menyukainya.

17. Molen

Camilan yang dibuat dengan cara digoreng memang banyak disukai orang-orang. Tak terkecuali molen yang umumnya diberi isian seperti pisang, nanas, nangka, bahkan selai. Kamu juga bisa mengkreasikan molen yang ada sesuai dengan kreativitas yang kamu miliki. Lalu kamu bisa menjualnya 1000 per satu buah molen.

18. Pukis 

Kue pukis yang bercita rasa manis dan hangat banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan sore hari ditemani secangkir teh hangat.

Harga jualnya per kue pukis kamu bisa patok 1000. Dengan harga yang murah dan enak, pasti banyak orang yang menyukainya.

19. Pentol

Mirip seperti baso namun dengan komposisi daging yang lebih sedikit, pentol banyak disukai orang-orang terutama anak sekolahan. Kamu bisa memilih pentol sebagai salah satu ide usaha makanan ringan serba 1000.

Jajanan ini cocok untuk anak-anak sampai orang dewasa karena banyak yang menyukainya. Untuk sambalnya kamu bisa dengan saos, kecap, dan sambal ulek. Pasti kepedasannya terjamin mantap!

20. Serabi

Selain seblak, makanan khas Jawa Barat berikutnya yang tidak kalah menarik dan nikmat adalah serabi! Untuk menarik minat konsumen lebih banyak sekaligus menjadi unique selling point usahamu.

Sedulur bisa mengkreasikan serabi yang dibuat dengan topping yang lebih variatif namun tetap menekan budget yang ada. Pasti banyak pembeli yang menyukainya.

21. Leker

Pinterest

Berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti ‘enak’, makanan yang umumnya bercita rasa manis ini bisa jadi ide usaha makanan ringan serba 1000 yang menjanjikan!

Isian leker yang dapat kamu pilih antara lain yaitu buah-buahan seperti pisang atau leker gurih yang dipadukan dengan sosis. Atau, bisa juga kamu tambahkan cokelat atau susu. Pasti akan disukai banyak orang.

22. Pisang Lumer

Manis, renyah, dengan isiannya yang lumer membuat usaha makanan ringan serba 1000 berikut ini memiliki segmen pasar yang boleh dikatakan lumayan luas. Selain itu bahan untuk membuatnya bisa dengan mudah kamu temui di berbagai tempat.

Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menjualnya. Selain itu, alat bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

23. Gorengan

Siapa yang tidak kenal dengan gorengan? Rasanya hampir seluruh masyarakat kita menyukai makanan yang satu ini. Gorengan punya banyak jenis varian yang bisa dipilih.

Mulai dari yang bercita rasa gurih cenderung asin, manis, sampai dengan gorengan yang cenderung pedas. Jika kamu bisa menjual menu komplit, tentu pelanggan lebih suka karena banyak pilihannya.

24. Telur Gulung

Makanan ringan yang satu ini paling-paling digemari oleh banyak orang. Tidak hanya anak kecil, orangtua sekalipun menyukai telur gulung. Dengan pembuatannya yang sederhana, namun kita tetap harus belajar dan mencari konsistensi yang tepat supaya telur gulung yang kita buat ini teksturnya pas, lembut, dan juga nikmat.

Cara menggulung telur gulung juga perlu dipelajari agar bisa tersangkut sempurna pada stik yang kita gunakan. Kita bisa menginovasikan telur gulung dengan menambahkan bihun atau mie ketika menggorengnya.

25. Pisang Nugget

Pisang nugget adalah camilan yang terbuat dari pisang dan dilumuri dengan tepung roti. Agar tampilannya bisa terlihat lebih menarik, kamu bisa memvariasikannya dengan berbagai macam topping kekinian. Kemudian harga jualnya kamu bisa sesuaikan menjadi 1000 per biji. Pasti banyak yang membeli.

BACA JUGA: 20 Resep Jajanan Buka Puasa yang Terpopuler dan Paling Laris!

Tips Ketika Ingin Usaha Makanan Ringan Serba 1000

usaha makanan ringan serba 1000
L’Academie de Cuisine

Makanan ringan serba 1000 ini bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu jalankan untuk menjadi bisnis. Peluang bisnis yang satu ini masih tergolong ramah di kantong banyak orang.

Bahkan, usaha ini tidak melihat kelas masyarakat dengan tingkat ekonomi yang tinggi, menengah atau sedang, hingga kebawah sekalipun. Agar bisa mendatangkan untung besar, coba beberapa tips jualan makanan ringan berikut ini:

1. Tentukan Bahan yang Akan Dipilih

Karena usaha makanan yang akan kita jalankan ini merupakan makanan dengan kisaran harga kecil, tentunya budget bahan makanan yang akan kita pilih juga menyesuaikan dengan harga yang akan kita jual.

Namun, kita tetap perlu memilih bahan makanan yang kualitasnya baik untuk menjamin kualitasnya tetap bagus dan bisa dipercaya oleh banyak orang.

Dengan memastikan bahan yang kita pilih ini berkualitas, murah, dan higienis, maka kita bisa memberikan nilai lebih dari makanan yang kita jual meskipun banyak pesaingnya. Selain itu, memperbesar kemungkinan makanan kita laku juga di pasaran.

2. Catatan Laporan Keuangan yang Jelas

Ketika menjalani usaha, yang paling pertama perlu kamu buat adalah rancangan laporan keuangan yang jelas. Tips ini akan mempermudah kamu nantinya untuk menghitung rinci segala pengeluaran dan pemasukan.

Dimulai dari menghitung barang modal dengan rinci, barang keperluan lain-lain yang harus dibeli, margin penjualan, revenue, dan segala hal berbau keuangan dicatat dengan rinci.

Keuntungan dari hasil usaha perlu dipisahkan sendiri, karena nantinya mempermudah mengetahui hasil keuntungan yang diperoleh, dan tidak tercampur dengan uang lainnya. Jika uang tercampur, nantinya akan menimbulkan masalah dan buruknya lagi bisa menimbulkan kerugian.

3. Pastikan Makanan yang Dibuat Rasanya Enak

Memang betul harga murah itu menggiurkan, tetapi jika rasa makanannya tidak mendukung, orang-orang juga tidak tertarik untuk membeli lagi setelah percobaan pertama mereka makan jualan kita.

Rasa yang enak, ditambah harga yang murah akan menjadi gabungan kesempatan untuk membuat seseorang menjadi merasakan nilai tambah dari makanan yang kita jual. Jika ia puas, ia akan tidak segan untuk membeli lagi dan lagi atau bahkan mengajak teman-teman dan sanak saudaranya untuk ikut membeli jualan kita.

4. Ciptakan Inovasi Produk

Meskipun makanan yang kita jual bisa dikatakan sudah sangat umum, tapi jangan malas untuk berinovasi. Kalian bisa kreasikan makanan yang akan kamu jual dengan menambahkan topping yang belum umum, atau menciptakan bumbu khas ala bisnis Sedulur.

Ini diperlukan ketekunan untuk mencari, dan mencoba banyak cara untuk menemukan ciri khas yang kalau perlu belum ada yang lakukan. Ciri khas akan membantu pelanggan kamu cepat mengidentifikasi produk kamu.

5. Promosikan Sebanyak Mungkin Untuk Menarik Pelanggan

Di era digital ini, kita sudah mempunyai banyak privilege untuk mempromosikan produk yang kita jual dengan jauh lebih mudah. Namun, memang diperlukan usaha lebih yang benar-benar menarik.

Sehingga dari sekian banyak tawaran yang sudah bertebaran di berbagai platform media sosial, promosi kita tetap bisa menarik perhatian dan mengundang mereka membeli produk yang kita jual.

Selain itu, kita bisa menyuguhkan banyak foto makanan kita dengan menarik, mengendorse para publik figur yang aktif di sosial media, dan fokus di bidang makanan, serta tawaran-tawaran menarik lainnya.

6. Jaga Hubungan Baik Dengan Para Pelanggan

Dengan kita menjaga hubungan baik kita dengan pelanggan, maka akan memperbesar kemungkinan pelanggan tersebut senang dengan produk bisnis kita. Besar kemungkinan mereka merekomendasikan ke orang terdekat atau mitra-mitra yang berhubungan dengan mereka, dan peluang lainnya yang menjadi hubungan timbal balik yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Itulah tadi berbagai ide usaha makanan ringan serba 1000. Banyak sekali makanan ringan serba 1000 yang bisa kamu jadikan peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan resepnya yang mudah dibuat, tidak perlu modal yang besar, dan target pasar yang cukup luas.

Meskipun usaha yang satu ini terbilang receh karena harganya yang murah meriah, namun nyatanya hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Lho. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memiliki usaha sendiri dengan modal minim, beberapa ide usaha tadi bisa banget untuk kamu coba. Salam sukses!