Bagi para pelajar, pekerja, atau mahasiswa yang tinggal di kost, tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya Warmindo. Menu Warmindo yang beragam dengan harga yang tergolong murah meriah, membuat banyak orang menjadikannya sebagai tempat tujuan untuk mengatasi rasa lapar.

Warmindo alias warung Indomie sendiri, sejatinya merupakan tempat makan yang menyajikan beragam hidangan dari mie instan. Namun seiring dengan perkembangannya, kini Warmindo tidak hanya menyediakan mie instan saja, namun juga banyak menu menarik lainnya.

Konsep dari warung ini juga hampir sama seperti jenis warung makan jenis. Dimana Sedulur bisa menemukan sejumlah menu makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau. Kendati demikian, tentu saja citarasa yang dihadirkan tetap lezat dan mampu menggugah selera.

Nah, banyaknya orang yang mengandalkan Warmindo, tentunya memberikan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Jika benar-benar ditekuni, bukan tidak mungkin Sedulur bisa mendapat keuntungan puluhan atau bahkan ratusan juta perbulannya, lho!

BACA JUGA: 33 Desain Warung Kopi Sederhana di Kampung, Pasti Nyaman!

Apa Saja Menu Warmindo?

Unsplash/Edanur Agac

Nah, sebelum memulai rencana bisnis mendirikan Warmindo, tentu saja Sedulur perlu tahu aneka menu Warmindo yang dijamin akan membuat para pelanggan merasa tertarik untuk datang. Langsung saja, berikut ini beberapa menu yang nantinya bisa dihadirkan.

1. Nasi goreng

Semua orang pasti tahu nasi goreng, bukan? Ya, makanan yang satu ini memang udah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Dengan rasa yang nikmat, nasi goreng juga biasa dijual dengan harga yang cenderung terjangkau. Nah, tentu saja menu ini dapat ditemukan di Warmindo.

Tidak hanya sekadar nasi goreng biasa, biasanya Warmindo menyediakan kombinasi dengan beberapa topping seperti telur, sosis, sayuran, kerupuk, dan lain sebagainya. Umumnya, nasi goreng di Warmindo dijual dengan harga Rp12.000 sampai Rp15.000 sesuai dengan topping yang ditambahkan.

2. Nasi telur

Menu Warmindo lain yang juga sering dicari adalah nasi telur. Ya, menu yang satu ini seringkali menjadi incaran banyak pelanggan sepanjang waktu. Perpaduan antara nasi, telur, dan juga sayur, tentu menjadi makanan yang murah meriah dan kaya akan gizi.

Bisa dibilang jika setiap Warmindo pasti menyediakan menu nasi telur. Hanya saja, banyak yang mencari nasi telur dengan bumbu dan sayur pendamping yang paling lezat dan nikmat. Kemudian untuk harganya, umumnya nasi telur dijual dengan harga Rp8.000 hingga Rp10.000 untuk satu porsinya.

3. Indomie dengan topping

Sesuai dengan nama warungnya, menu makanan di Warmindo yang paling wajib untuk disediakan adalah Indomie. Dalam hal ini, para pelanggan bisa menikmati mie instan dengan berbagai macam pilihan rasa dan juga topping yang sangat beragam.

Pada umumnya, menu yang satu ini disajikan bersama beberapa topping sesuai permintaan. Baik itu telur, nugget, sosis, ataupun kornet. Selain itu, bisa juga menambah rasa pedas di berbagai level. Harga dari Indomie di Warmindo sendiri mulai dari Rp8.000 untuk yang polosan alias tanpa topping apapun.

4. Bubur kacang ijo

Unsplash/Eiliv Aceron

Warmindo memang tidak akan terasa lengkap tanpa adanya bubur kacang hijau. Ya, hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa dulunya Warmindo sering juga disebut dengan nama Burjonan. Akan tetapi, untuk saat ini mungkin sudah jarang Warmindo yang menyediakan bubur kacang ijo.

Biasanya, bubur kacang ijo yang ada di Warmino juga menyajikan tambahan ketan hitam serta roti. Bahkan para pelanggan juga dapat meminta tambahan susu kental manis jika diinginkan. Untuk saat ini, bubur kacang ijo di Warmindo umumnya dijual dengan harga sekitar Rp12.000.

5. Nasi ayam goreng

Menu Warmindo yang wajib ada berikutnya, adalah nasi dan ayam goreng. Dapat dikatakan jika menu ini adalah yang paling fancy jika dibandingkan dengan menu-menu lainnya. Pasalnya, nasi ayam goreng menjadi hidangan yang paling mahal di dalam daftar menu Warmindo.

Dalam hidangan ini, pelanggan akan mendapatkan seporsi nasi putih hangat, dan ayam goreng, dan juga aneka lalapan yang segar. Biasanya satu porsi nasi ayam goreng di Warmindo dibanderol dengan harga sekitar Rp15.000 saja.

6. Aneka gorengan 

Para pengunjung yang datang ke Warmino hanya sekadar ingin bersantai dan makan cemilan, maka dapat menikmati aneka gorengan yang gurih dan juga sedap. Harganya pun sudah pasti sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1.000 saja untuk satu buahnya.

Jenis gorengan yang disediakan biasanya juga cukup beragam. Mulai dari tempe tepung, tahu goreng, bakwan, pisang goreng, dan lain sebagainya. Para pengunjung bisa menikmati gorengan dengan cabai, kecap, maupun saus sambal yang sudah disediakan.

7. Aneka minuman sachet

Menu Warmindo yang berikutnya, tentu saja aneka minuman sachet. Ada banyak jenis minuman sachet yang dapat ditemukan di Warmindo, baik itu minuman panas ataupun minuman dingin yang menyegarkan. Sedulur bisa menemukan banyak sekali minuman sachet dari berbagai merek terkenal.

Kemudian bicara soal harganya, tentu saja setiap jenis minuman dibanderol dengan harga masing-masing. Biasanya yang paling murah yakni sekitar Rp3.000 hingga yang paling mahal bisa mencapai Rp10.000 untuk satu gelasnya.

8. Magelangan

Pexels/Ricky Esquivel

Jangan bilang Sedulur adalah pecinta Warmindo sejati jika belum kenal dengan menu yang satu ini. Ya, magelangan merupakan salah satu menu Warmindo yang terbilang unik. Hal ini karena magelangan sendiri adalah hidangan dari campuran mie instan goreng dengan nasi goreng yang diolah dengan bumbu khas.

Tidak lupa, dalam proses penyajiannya juga ditambahkan dengan berbagai macam sayuran yang segar yang akan menambah kenikmatannya. Belum lagi, tambahan topping kerupuk udang akan membuatnya terasa sempurna. Satu porsi magelangan, biasa dijual dengan harga Rp13.000 sampai Rp15.000.

9. Aneka kopi

Kopi tentu saja sudah menjadi salah satu minuman yang wajib ada di dalam menu Warmindo. Hal ini karena kopi sendiri merupakan minuman yang sangat pas dinikmati setelah merasa kenyang dengan satu porsi hidangan makanan Warmindo yang nikmat.

Nah, menu kopi di Warmindo umumnya dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai dari Rp3.000 saja. Para pelanggan bisa memilih jenis dan merek kopi yang diinginkan, mulai dari kopi hitam, kopi susu, white coffee, dan lain sebagainya.

10. Teh manis

Seperti yang telah diketahui, teh manis telah menjadi salah satu minuman andalan bagi masyarakat Indonesia. Teh manis mempunyai cita rasa yang sangat menyegarkan, terlebih lagi jika disajikan dalam keadaan dingin alias ditambahkan es.

Nah, jika menyantap hidangan di Warmindo saat siang hari yang panas, rasanya akan tidak lengkap jika tidak memasang teh manis dingin, bukan? Oleh sebab itu, pastikan untuk menyediakan hidangan teh manis karena dijamin akan banyak pelanggan yang memesannya.

11. Nasi kornet

Tidak hanya nasi telur ataupun nasi kornet sebagai menu dengan harga yang terjangkau di Warmindo, pelanggan juga bisa menemukan menu nasi kornet. Umumnya nasi kornet ini disajikan dengan telur orak arik serta daging sapi kornet seperti halnya nasi goreng.

Walaupun menu ini cukup sederhana, akan tetapi selalu banyak peminatnya karena rasanya yang lezat dan juga nikmat. Biasanya harga dari hidangan nasi kornet di Warmindo, mulai dari Rp10.000 saja, sesuai dengan topping dan isian dari hidangan yang diinginkan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Mie Ramen Instan Terenak 2023, Pasti Halal!

Tips Memulai Bisnis Warmindo

Pexels/Tony Schnagl

Selain menyediakan menu yang lengkap dan juga menarik, membuka usaha Warmindo juga membutuhkan beberapa trik dan tips untuk bisa terus berjalan atau bahkan berkembang. Nah, bagi Sedulur yang ingin memulainya, simak dulu beberapa tips berikut ini.

1. Persiapkan modal

Tips untuk memulai bisnis Warmindo yang pertama, sudah pasti Sedulur harus mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Tentu saja menyajikan menu Warmindo dalam jumlah yang besar, memerlukan modal yang tidak sedikit.

Tapi tidak perlu merasa khawatir, karena modal yang dibutuhkan ini secara umum juga tidak terlalu besar juga, kok. Terlebih jika Sedulur sudah memiliki tempat sendiri. Paling tidak, Sedulur harus menyediakan modal antara Rp7.000.0000 sampai Rp12.000.000 untuk bisa membuka usaha Warmindo sendiri.

2. Pilih konsep

Walaupun menu utama yang dihadirkan hanya sekadar mie instan saja, Sedulur tetap harus menyediakan konsep yang menarik. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun brand awareness dari para pelanggan. Dengan begitu, mereka akan sulit untuk melupakan bisnis Sedulur, dan terus datang kembali.

Nah, dalam hal ini Sedulur dapat memulai dengan menerapkan aneka warna pada desain Warmindo. Bisa juga dengan menambahkan juga aksesoris yang menarik. Memilih lokasi yang nyaman dengan view yang menarik seperti pegunungan tentu akan memberikan nilai plus.

3. Harga bersaing

Alasan utama kenapa Warmindo sering menjadi pilihan, yakni karena harganya yang ramah di kantong banyak orang. Oleh sebab itu, Sedulur harus bisa menentukan harga yang tepat. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi karena akan sulit untuk mendapat pelanggan tetap.

Asalkan menu yang dihidangkan memiliki kualitas terbaik, nantinya Sedulur bisa menaikkannya bandrol harganya secara perlahan. Ketika awal Warmindo dibuka, tujuan utamanya adalah mendapat pelanggan tetap. Jika sudah mendapatkannya, mereka akan tetap datang walaupun harga menunya sudah naik.

4. Buat strategi bisnis

Supaya menu Warmindo yang dihadirkan semakin diminati, Sedulur juga bisa membuat strategi bisnis tertentu. Walaupun hanya menyajikan mie instan sebagai hidangan utama, jika Sedulur menggunakan strategi yang baik pasti akan lebih laris.

Atau jika tidak ingin terlalu pusing, Sedulur juga dapat bergabung dengan franchise Warmindo dengan berbagai macam bundle yang mereka tawarkan. Hanya saja, bergabung dengan franchise membutuhkan modal yang lebih besar, dibandingkan dengan memulai bisnis dari awal dengan konsep sendiri.

Demikianlah artikel tentang menu Warmindo dan juga sedikit tips untuk memulainya. Perlu untuk diingat, jika kesuksesan usaha itu membutuhkan dedikasi, konsistensi, dan juga adaptabilitas.

Sedulur harus selalu siap untuk beradaptasi dengan perubahan dan juga memperbarui strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan pasar dan juga pelanggan. Jangan khawatir untuk memulai bisnis Warmindo karena semua kebutuhan bisa kulakan di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

 

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.