Ide kerajinan tangan

Ada banyak cara untuk memulai bisnis rumahan, bisa dengan berjualan kebutuhan pokok seperti sembako, menggunakan kemampuan dalam bidang teknologi, sampai membuat kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Untuk lini bisnis terakhir, mulai banyak orang yang tertarik untuk mencoba. Hal ini karena ide kerajinan tangan bisa dilakukan oleh siapa saja asal memiliki ketrampilan.

Untuk bisa menemukan ide kerajinan tangan yang tepat, biasanya seseorang akan melakukan riset atau melihat berbagai macam referensi di luar negeri. Ide kerajinan tangan sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya membuat barang bekas yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi lebih berharga.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan bisnis kreatif dan sedang mencari ide kerajinan tangan untuk dicoba. Mari simak ulasan di bawah ini ya!

BACA JUGA: Seni Kriya: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis & Contohnya

-->

Jasa hantaran atau mahar

Ide kerajinan tangan
Indozone

Usaha kerajinan tangan rumahan yang bisa menjadi ladang bisnis pertama adalah jasa hantaran atau mahar. Kerajinan tangan ini memiliki potensi yang besar karena pasarnya begitu banyak. Bagaimana tidak, hampir setiap hari ada saja orang yang menikah dan membutuhkan jasa hantaran dan mahar.

Namun, untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam bisnis kerajinan tangan mahar maka Sedulur harus memiliki jiwa yang telaten dan kreatif. Hal ini tak lepas dari bisnis hantaran yang memang memiliki banyak kompetitor.

Untuk keperluan modal, usaha ini tergolong sangat fleksibel dan bisa dimulai dari yang kecil atau menengah. Penyesuaian modal ini juga dilihat dari ide kerajinan tangan yang akan Sedulur usung, akankah menggunakan material yang mahal atau yang lebih murah.

Kerajinan rajut tangan

Ide kerajinan tangan
Unsplash

Kerajinan tangan dari benang wol ini bisa diciptakan menjadi beragam benda yang bermanfaat. Misalnya saja sweater, selimut, syal, dan boneka. Namun, tak hanya kerajinan tangan yang bisa dipakai saja, hasil rajut juga bisa dibuat untuk keperluan interior seperti hiasan dinding berbentuk makrame atau taplak meja.

Harga jual kerajinan serba rajut ini cukup mahal karena dibuat secara manual dan membutuhkan ketelitian. Supaya hasil rajutan ini berkualitas, pilihlah benang wol yang tidak mudah terurai ketika selesai dirajut serta hangat tapi lembut di kulit. Selain itu, rajinlah menyusuri internet untuk mendapatkan ide pola yang menarik dan kekinian.

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

Lilin aromaterapi

Ide kerajinan tangan
Unsplash

Jika Sedulur suka bereksperimen, membuat lilin aroma terapi adalah jenis bisnis kerajinan tangan yang cocok dicoba. Apalagi Lilin aromaterapi banyak diminati sebagai souvenir pernikahan, dimana hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus dalam beberapa tahun kedepan.

Namun sebelum membuatnya, Sedulur harus tahu pasti jenis bahan lilin apa yang akan digunakan. Lebih baik lagi jika Sedulur menggunakan bahan lilin yang alami seperti soy wax, palm wax, dan beeswax. Jenis lilin alami tersebut adalah yang biasa digunakan dalam pembuatan lilin aromaterapi karena bahannya yang aman dan bahan bakunya mudah ditemukan.

Dan untuk aroma, Sedulur harus pintar meracik aroma yang menenangkan sekaligus menyegarkan. Pengemasan pun juga berpengaruh, dimana Sedulur bisa menggunakan gelas lilin dengan bentuk menarik, dan desain yang menggambarkan aroma dari lilin aroma tersebut.

Aksesoris perhiasan

Ide kerajinan tangan
Unsplash

Bisnis perhiasan memang sudah banyak, namun peluang bisnis ini masih terbuka lebar bila Sedulur berhasil menemukan ciri khas dari aksesoris perhiasan yang akan diciptakan. Ciri khas inilah yang membuat bisnis perhiasan menjadi sebuah pasar yang sangat luas untuk dijajaki.

Sedulur bisa membuat perhiasan dengan model yang sederhana dan tidak memerlukan teknologi tinggi, seperti manik-manik kalung. Namun jika fasilitas yang Sedulur miliki itu cukup, maka bisa menjual perhiasan yang dibuat dengan teknologi tinggi, seperti perhiasan dari mutiara atau perak.

Dalam usaha ide kerajinan tangan satu ini, bagian terpenting yang harus Sedulur perhatikan adalah nilai lebih pada produk yang Sedulur tawarkan. Desain unik yang dibuat akan menjadi ciri khas dan membuat produk Sedulur bisa diterima di pasar.

Walaupun memiliki banyak pesaing dan harus jeli dalam menciptakan kerajinan tangan, usaha aksesoris perhiasan termasuk usaha kerajinan tangan rumahan yang menjanjikan lho.

Bisnis gerabah atau keramik

Ide kerajinan tangan
Unsplash

Ide kerajinan tangan selanjutnya adalah gerabah dan keramik. Dua kerajinan yang berasal dari tanah liat ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena memang masih diminati masyarakat sampai sekarang.

Untuk bisa memulai bisnis kerajinan tangan satu ini, Sedulur perlu mempelajari teknik pembuatan dan pembakaran keramik agar bisa mendapatkan produk yang baik. Hal ini tak lepas dari pembuatan gerabah dan keramik sangat tergantung dari dua teknik tersebut.

Lalu bagaimana tips usaha kerajinan tangan dan cara membuatnya, khususnya untuk pembuatan gerabah keramik?

Pertama Sedulur bisa mempelajari teknik dasar seperti teknik cetak, teknik putar, sampai teknik pembakaran agar keramik gerabah bisa matang secara sempurna.

Setelah itu, lakukan finishing sesuai dengan karakter yang ingin Sedulur ciptakan. Misalnya, ingin menciptakan kerajinan keramik yang elegan maka Sedulur bisa meninggalkan finishing glossy. Atau jika ingin memberikan nuansa klasik bisa memberikan finishing tipis agar serat keramik atau gerabah tetap terlihat jelas.

Bisnis ini termasuk usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang besar meskipun terlihat cukup rumit dan perlu ketelitian tinggi dalam membuatnya.

BACA JUGA: 20 Kerajinan Tangan dari Kayu yang Unik & Mudah Dibuat

Jualan nasi tumpeng

Ide kerajinan tangan
Saung Kabayan

Contoh ide dan peluang usaha kerajinan tangan yang ada dalam dunia kuliner adalah nasi tumpeng. Makanan satu ini memang sangat ikonik, apalagi kalau Sedulur menghadiri acara besar seperti syukuran, ulang tahun, sampai peresmian sebuah tempat.

Mungkin Sedulur bertanya-tanya, kok bisa nasi tumpeng masuk ke dalam usaha kerajinan tangan? Hal ini tak lepas dari banyaknya komponen dari membuat tumpeng yang memang memerlukan ketrampilan khusus. Dimana Sedulur harus bisa membuat susunan tumpeng yang cantik agar menarik perhatian pelangga.

Selain itu, tumpeng harus dilengkapi dengan hiasan daun pisang yang dibentuk seperti matahari dan ini tidak bisa dibuat tanpa ketrampilan tangan yang baik.

Bentuk tumpeng yang menjulang tinggi seperti gunung juga harus dihiasi dengan potongan cabe dan timun yang tidak boleh biasa-biasa saja. Ini penting karena tumpeng menjadi simbol kemegahan dan rasa syukur yang ingin diucapkan oleh pelanggan dalam acara yang dibuatnya.

Dalam membuat usaha nasi tumpeng, Sedulur juga harus memperhatikan kematangan dan kepulenan nasi. Karena seperti halnya kuliner lain, tumpeng juga harus memperhatikan rasa karena akan disantap oleh para pelanggan.

Beras buncit
Aplikasi Super

Jika Sedulur tertarik, ada satu merek beras yang cocok untuk membuat tumpeng yang bisa dibeli lewat Aplikasi Super. Beras tersebut Bernama Beras Buncit dan Beras Karya Alam yang merupakan beras kualitas terbaik yang dibuat Super untuk masyarakat Indonesia.

Usaha satu ini juga cenderung tidak lekang oleh waktu, karena hampir setiap hari selalu ada acara perayaan yang membutuhkan nasi tumpeng sebagai simbol utama perayaan. Jadi jika Sedulur tertarik dengan usaha kerajinan tangan dan kuliner, maka usaha satu ini wajib banget dicoba.

Bucket bunga kertas

Ide kerajinan tangan
Unsplash

Terakhir ide kerajinan tangan yang bisa dijadikan lahan bisnis adalah membuat bucket bunga kertas. Bucket bunga ini baru banyak dicari oleh orang-orang kerena bisa menjadi hadiah yang unik untuk perayaan seperti pernikahan, wisuda, sampai hari ulang tahun.

Jenis bucket bunga kertas pun sudah banyak mengalami modifikasi lho. Ada beberapa orang yang bahkan membuat bucket bunga dari uang kertas agar bisa menunjukkan kesan mewah. Tak hanya dari kertas, bucket bunga juga bisa menggunakan cemilan bungkusan.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari ide satu ini. Dimana kerajinan tangan bucket bunga merupakan barang yang ramah lingkungan. Selain itu, jika dibandingkan dengan bucket bunga biasa, maka bunga kertas bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah busuk. Jadi bagaimana? Menarik banget kan ide kerajinan satu ini.

Demikian tadi deretan ide kerajinan tangan yang bisa Sedulur coba. Dalam membuat usaha kerajinan tangan, Sedulur harus memperhatikan aspek ketelitian dan hasil produk yang unik agar bisa menarik perhatian para konsumen.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.