Sedulur punya ide untuk memulai bisnis kuliner makanan pedas? Selain menyiapkan resep terbaik, penamaan produk tidak boleh dilupakan. Jika masih bingung, mari kita bahas tentang ide penamaan makanan pedas yang terbaik.

Sejak dulu makanan dengan citarasa pedas memang tidak pernah sepi peminat. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia terutama anak muda sangat gemar hidangan pedas. Itulah salah satu peluang bisnis dengan modal terbatas yang dapat dimanfaatkan.

Kembali dengan pembahasan tentang nama, nama produk atau usaha adalah media untuk melakukan branding ke publik. Oleh sebab itu, sebaiknya bisnis makanan pedas ini memiliki nama dengan kata-kata yang unik, menarik, dan tentu saja mudah untuk diingat.

Apakah Sedulur sudah terbayang nama apa yang cocok untuk usaha yang digeluti? Jika belum, tidak usah khawatir. Terus simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Resep Sambal Goreng Tempe Teri Kacang Pedas Manis, Nagih!

Daftar Ide Penamaan Makanan Pedas

makanan super pedas di jakarta
Kemapalan

Nah, jadi di bawah ini akan diberikan beberapa ide penamaan makanan pedas yang bisa dijadikan sebagai referensi dan inspirasi. Siapkan kertas, dan tulis nama yang dirasa paling cocok dengan usaha atau produk pedas yang dimiliki!

1. Ide penamaan makanan pedas ala Indonesia

Untuk ide yang pertama, adalah nama yang mendapat penambahan kata bahasa Indonesia. Nama-nama tersebut biasanya digabungkan dengan nama produk makanan yang dituju. Secara singkat, ide dari nama makanan pedas di bawah ini sangat terasa sangat otentik.

  • (Nama usaha/produk) Bringas
  • (Nama usaha/produk) Gila
  • (Nama usaha/produk) Granat
  • (Nama usaha/produk) Mampus
  • (Nama usaha/produk) Mercon

Beberapa istilah di atas memang sangat familiar di telinga. Keunggulannya adalah sangat mudah diterima di masyarakat, walaupun ada beberapa yang mempunyai arti negatif.

2. Ide penamaan unik untuk makanan pedas

Terdapat beberapa nama unik untuk makanan pedas yang belum banyak dipakai, lho. Sedulur tidak harus terbatas pada istilah dalam bahasa Indonesia, karena memang sudah banyak digunakan. Untuk itu, berikut rekomendasi nama makanan pedas yang terasa unik dan istimewa.

  • (Nama usaha/produk) Forage Spicy
  • (Nama usaha/produk) Baked Spicy
  • (Nama usaha/produk) Crisp Spicy
  • (Nama usaha/produk) Bazaar Spicy
  • (Nama usaha/produk) Bit Spicy

Jika ditelaah, istilah yang digunakan tersebut menggambarkan wujud dari makanan yang bersangkutan. Jadi jangan lupa untuk memilih nama yang sesuai, ya!

3. Ide penamaan camilan pedas kekinian

Endeus TV

Jika produk makanan pedas yang dimiliki berupa camilan, maka Sedulur harus tahu ide-ide penamaan berikut. Ya, saat ini masyarakat memang lebih suka nama yang terkesan modern dan kekinian untuk usaha mereka, seperti yang ada di bawah ini.

  • (Nama usaha/produk) Alluring Spicy
  • (Nama usaha/produk) Dine Spicy
  • (Nama usaha/produk) Flame Spicy
  • (Nama usaha/produk) Part Spicy
  • (Nama usaha/produk) Spicyegy

Sama seperti daftar yang sebelumnya, penggunaan dari istilah-istilah di atas juga berhubungan dengan wujud dari makanannya. Jadi pastikan nama yang dipilih benar-benar tepat.

4. Ide penamaan snack pedas kekinian full

Jika Sedulur tidak memiliki rencana untuk menambahkan kata khusus pada nama produk yang dimiliki, maka tidak usah bingung. Berikut akan diberikan rekomendasi nama modern yang dapat membuat snack pedas terlihat jauh lebih menarik.

  • Delightful Herbs
  • The Spicy Hut
  • Untamed Spicy
  • Spicing Life
  • Satchel of Spicy

Silahkan pilih salah satu ide nama snack yang ada di atas, sesuai dengan keinginan dan preferensi. Namun sebelum itu, pastikan bahwa nama yang dimiliki belum digunakan, ya!

5. Ide nama usaha kuliner pedas keren

Masih butuh referensi untuk nama makanan pedas yang keren dalam bahasa Inggris? Jangan bingung, dibawah ini adalah beberapa ide nama camilan pedas yang dapat Sedulur gunakan. Tentukan nama produk sesegera mungkin sebelum digunakan.

  • Clinical Hot
  • Deli Spicy
  • Food Basics
  • Behold Hot
  • Alison Spicy

Oh iya, selain kelima nama keren di atas, masih ada lagi beberapa yang tidak kalah menarik. Di antaranya yakni Romance Hot, Royal Spicy, Secret Hot, Select Food, Shining Hot, Simply Nature, dan Spicy House.

6. Ide penamaan camilan pedas modern dan lucu

Tidak ada salahnya menambahkan unsur-unsur komedi dalam penamaan sebuah produk camilan pedas. Justru hal tersebut akan membuat para calon konsumen merasa lebih tertarik terhadap produk Sedulur. Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi ide nama makanan pedas yang modern dan juga lucu.

  • (Nama usaha/produk) Helderberg Spicy
  • (Nama usaha/produk) Spicy For Life
  • (Nama usaha/produk) Desi Spicy
  • (Nama usaha/produk) Crown spicy
  • (Nama usaha/produk) Sweet Savory Spicy

Dengan menanamkan unsur lucu pada nama makanan, diharapkan orang-orang bisa lebih mudah untuk mengingat nama produk yang dimiliki.

BACA JUGA: 8 Resep Makanan Berkuah Pedas, Enak Disantap Saat Hujan!

Tips Memilih Nama Produk Usaha Makanan Pedas

Cemilan pedas berkuah
Akurat

Memilih penamaan untuk produk atau usaha makanan pedas sendiri memang tidak boleh sembarangan. Jangan hanya melihat dari keren tidaknya nama tersebut, namun Sedulur juga harus memahami beberapa poin penting seperti berikut ini.

1. Mudah dibaca dan diingat

Ketika membuat nama dari produk atau usaha makanan pedas, sudah seharusnya nama brand tersebut mudah untuk dieja, dibaca, dan juga diingat. Hal ini karena salah satu faktor orang-orang mengingat produk tersebut adalah dari namanya.

Bukannya tidak boleh menggunakan kata-kata yang sulit diucapkan, namun alangkah lebih baik jika kata yang digunakan pada nama cenderung sederhana. Ketika suatu nama dari produk makanan mudah diingat, tentu saja akan membantu meningkatkan brand awareness, sehingga banyak orang tertarik.

2. Jangan terlalu panjang

Bisa dibilang jika poin yang satu ini masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya. Pilih nama yang tidak terlalu panjang supaya para pelanggan bisa lebih mudah untuk mengingat dan mengucapkannya. Nama yang terlalu panjang dan rumit tentu saja akan membuat pelanggan kesulitan mengingatnya.

Jika nama yang ditentukan terlalu panjang, Sedulur bisa menyingkatnya. Namun pastikan singkatan yang digunakan juga memiliki makna tertentu. Jangan asal menyingkat kalimat menjadi satu kata yang tidak familiar, karena orang-orang tetap akan susah untuk mengingatnya.

3. Terdapat unsur makanan yang dijual

Tidak hanya soal pemilihan kata untuk nama brand yang mudah diingat, sebaiknya tambahkan unsur hidangan pedas pada produk makanan yang dijual. Dengan adanya unsur tersebut, maka orang bisa tahu secara jelas produk apa yang dihadirkan.

Mereka tidak perlu menerka-nerka, karena memang sudah terpampang dengan jelas. Nah, hal tersebut bisa diperkuat dengan menambahkan gambar produk yang menarik pada desain logo. Walaupun menambahkan jenis produk pada brand tidak wajib, tapi cukup bagus untuk memberi informasi yang jelas.

4. Menggunakan bahasa gaul atau bahasa asing

Penggunaan bahasa asing pada nama usaha kuliner pedas merupakan cara yang sangat menarik. Ini akan membuat brand tersebut terkesan lebih keren, sekaligus membuatnya terdengar kekinian saat diucapkan. Misalnya saja, Sedulur dapat mengganti kata ‘Cabai’ dengan ‘Chili’, atau lain sebagainya.

Tidak hanya terdengar cukup keren pada saat diucapkan, penggunaan bahasa asing atau bahasa gaul juga bisa menambah nilai estetikanya pada produk. Seperti yang telah diketahui, saat ini banyak orang terutama anak muda yang suka dengan hal-hal berbau estetik.

5. Menyisipkan nama pemilik usaha

Jika masih bingung untuk menentukan nama usaha makanan pedas yang tepat, Sedulur bisa menyisipkan nama dari pemilik usaha atau produk yang bersangkutan. Ya, tidak ada salahnya untuk menyisipkan nama pemilik usaha pada brand untuk membedakan produk tersebut dengan produk kompetitor.

Sedulur bisa melihat banyaknya produk makanan yang menyisipkan si pemilik, dan ternyata hal tersebut berdampak positif untuk kemajuan usaha. Jadi jika berkenan, jangan ragu untuk menambahkan nama sendiri ke dalam nama produk yang dimiliki.

6. Jelas dan memiliki makna

Hal paling penting lain yang harus diperhatikan ketika menentukan nama usaha, yakni pastikan nama tersebut jelas dan mempunyai makna. Pastikan nama yang dipilih tidak mengundang persepsi negatif di masyarakat. Jadi tetaplah memilih istilah-istilah yang positif untuk lebih dihargai masyarakat.

Selain itu, untuk saat ini penggunaan nama dari sebuah brand kuliner juga tengah menjadi sorotan MUI (Majelis Ulama Indonesia), dimana mereka melarang penggunaan kata-kata yang berkonotasi negatif pada produk makanan halal yang dijual.

7. Periksa kepatenan dan merek dagang

Nah, untuk tips yang terakhir ini benar-benar penting dan tidak boleh dilewatkan. Hal ini berkaitan erat dengan keberlangsungan usaha nantinya. Pastikan bahwa nama dari makanan yang Sedulur pilih belum dipatenkan atau dilindungi sebagai merek dagang oleh bisnis lain.

Jika tetap nekat menggunakan nama yang sama, bukan tidak mungkin akan mendapatkan sanksi oleh pihak yang berwajib. Selain itu, jelas brand produk Sedulur akan kalah saing dengan produk dengan nama yang sama, jika produk tersebut sudah lebih dulu terkenal di pasar.

Mungkin hanya itu informasi seputar ide penamaan makanan pedas dan tips memilih nama untuk produk atau usaha makanan pedas yang dapat disampaikan. Perlu untuk diingat, bahwa nama usaha menjadi bagian yang sangat penting dari identitas sebuah merek atau brand.

Jadi Sedulur harus memilihnya dengan cermat, sehingga memberikan dampak besar yang positif pada persepsi pelanggan terhadap bisnis tersebut.