Indonesia memiliki banyak sekali jenis sambal yang tersebar di seluruh pelosok daerah. Mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal bawang, sambal buah, dan sambal teri kacang. Untuk jenis sambal terakhir, diketahui sebagai salah satu menu sambal yang bisa langsung disantap dengan nasi panas. Resep sambal goreng teri kacang pedas manis bahkan sering dijadikan sebagai menu andalan di warung makan dan restoran.

Kelezatan rasa pedas pada sambal teri kacang sendiri memang sukses membuat banyak orang ketagihan. Apalagi sambal ini, termasuk jenis sambal yang praktis dan tahan lama. Sedulur bisa membuat resep sambal goreng teri kacang pedas manis dengan menggunakan beberapa campuran bahan utama seperti cabai, bawang merah, teri, dan kacang yang dimasak hingga kering.

Lantas, bagaimana sih cara membuat resep sambal goreng teri kacang pedas manis yang enak dan renyah? Mari simak ragam resepnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Resep Masakan Daging Sapi Berkuah Tanpa Santan

-->

Kelebihan membuat sambal tempe teri kacang pedas manis

resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis
Jangkara

Resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri yang membuatnya menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah beberapa kelebihan dalam membuat sambal tempe teri kacang pedas manis:

1. Kandungan nutrisinya tinggi

Tempe, sebagai salah satu bahan utama dalam sambal ini, kaya akan protein nabati. Protein nabati ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Tempe juga mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah yang sehat.

Teri, bahan lain yang ada dalam sambal ini, mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini memiliki manfaat kesehatan yang penting, terutama untuk kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah kita.

Kacang tanah, yang juga menjadi komponen penting dalam sambal tempe teri kacang pedas manis, mengandung lemak sehat dan vitamin E. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis akan membuat Sedulur merasakan kelezatan dari olahan ini, namun dengan tambahan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Sebagai cemilan ataupun makanan tambahan dapat membuat Sedulur sehat.

2. Bisa bertahan lama

Daya tahan yang luar biasa menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis. Melalui proses pengolahan yang kering, sambal akan awet dan daya tahannya dalam jangka waktu lama, tanpa harus disimpan di dalam kulkas. Hal ini memberikan kemudahan bagi Sedulur dalam membawa dan menyimpan sambal ini saat bepergian atau saat dibutuhkan dalam waktu yang lama.

Proses pengolahan kering sambal tempe teri kacang pedas manis ini merupakan salah satu faktor utama yang memberikan kelebihan daya tahan. Dalam proses ini, bahan-bahan utama seperti tempe, teri, dan kacang tanah dimasak secara kering tanpa menggunakan banyak air. Hal ini membantu menghilangkan kadar air di dalam sambal dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menyebabkan sambal cepat basi.

BACA JUGA: 18 Ide Resep Makanan untuk Anak 1 Tahun yang Susah Makan

Resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis

Endeus TV

 

Setiap resep masakan tentu saja membutuhkan bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Termasuk untuk membuat sambal goreng tempe teri kacang pedas manis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal teri kacang pedas manis ini adalah:

  • Teri, sebanyak 100 gram
  • Kacang tanah, sebanyak 100 gram
  • Tempe, sebanyak 100 gram
  • Daun jeruk, sobek-sobek menjadi 2 lembar
  • Daun salam, sebanyak 2 lembar
  • Lengkuas, memarkan sepanjang 3 cm
  • Air asam jawa, sebanyak 1 sendok makan
  • Gula pasir, sebanyak 1/2 sendok teh
  • Garam, sebanyak 1 sendok teh
  • Minyak, sebanyak 4 sendok makan
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya

Bumbu halus yang diperlukan:

  • Cabai merah keriting, sebanyak 12 biji
  • Bawang merah, sebanyak 4 siung
  • Bawang putih, sebanyak 2 siung

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat resep sambal goreng teri kacang pedas manis:

  1. Pertama, goreng teri nasi Medan, tempe, dan kacang tanah secara terpisah hingga kering. Setelah itu, sisihkan teri, tempe, dan kacang tanah yang telah digoreng tersebut. 
  2. Ambil 3 sendok makan minyak sisa dari proses penggorengan untuk digunakan dalam tumisan bumbu halus. Tumis bumbu halus tersebut hingga harum dan matang sempurna.
  3. Setelah itu, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan lengkuas yang telah dimemarkan ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk rata agar bumbu dan aromanya meresap dengan baik.
  4. Selanjutnya, masukkan tempe, teri, dan kacang tanah yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam tempe, teri, dan kacang tanah tersebut.
  5. Tambahkan air asam jawa, gula pasir, dan garam ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata agar bumbu tercampur dengan baik dan memberikan rasa yang sesuai dengan selera.
  6. Terakhir, tambahkan cabai merah keriting yang telah digoreng ke dalam sambal. Aduk rata agar cabai merah terdistribusi dengan baik dalam sambal.

Melihat dari daftar bahan yang dibutuhkan serta langkah membuatnya di atas, tentu resep sambal ini sangat mudah dan sederhana. Sehingga waktu makan Sedulur bisa lebih nikmat. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sedulur akan dapat membuat resep sambal goreng tempe teri kacang pedas manis yang lezat dan nikmat. Simpan sambal ini dalam toples kaca yang kedap udara agar dapat bertahan lebih lama. Sambal ini dapat digunakan sebagai pelengkap makanan atau sebagai camilan yang gurih dan pedas. Selamat mencoba!

Sedulur bisa membeli setiap bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep di atas dengan kulakan di Aplikasi Super. Proses belanjanya dijamin mudah dan cepat. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah, karena setiap barang yang dibeli pada hari ini besok sudah sampai rumah.

Belanja dan kulakan di Aplikasi Super banyak untungnya, dari tersedianya beragam promo menarik seperti cashbackbundling item, sampai diskon spesial semua ada setiap hari. Jadi tunggu apalagi, segera download Aplikasi Super dan belanja kebutuhan memasakmu sekarang!