ide jualan sabtu minggu

Sabtu dan minggu menjadi hari yang sangat pas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dimana Sedulur bisa memperoleh uang tanpa mengganggu pekerjaan utama. Hanya saja, masalah yang seringkali dikeluhkan yakni terkait dengan ide jualan Sabtu Minggu.

Perlu untuk diketahui, bahwa jualan sendiri tidak harus berupa barang. Sedulur bisa menjual jasa dari keahlian yang dimiliki. Dengan begitu, bagi yang punya keahlian dalam bidang tertentu, bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan di akhir pekan.

Nah, apakah sampai di sini Sedulur sudah menemukan sekiranya ide jualan Sabtu Minggu yang cocok? Jika belum juga menemukannya, tidak usah khawatir. Di bawah ini akan diberikan beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di akhir pekan.

Tentu saja hasilnya sangat lumayan, dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Jadi pendapatan Sedulur peroleh tidak hanya datang dari satu sumber saja. Untuk itu, langsung saja simak penjelasan mengenai ide jualan sabtu minggu berikut ini!

BACA JUGA: 15 Ide Jualan di Pagi Hari Dijamin Laku dan Menguntungkan!

1. Penulis konten

kerja online mengetik yang digaji
Unsplash/Kaitlyn Baker

Bagi Sedulur yang memiliki keterampilan di bidang penulisan, maka dapat menjadikan keterampilan tersebut sebagai kerja sampingan yang dikerjakan di hari sabtu dan minggu. Ya, untuk saat ini memang ada banyak sekali peluang menjadi seorang penulis, lho.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang silam, peluang menjadi penulis di era digitalisasi ini memang sangat tinggi. Terlebih lagi didukung dengan pesatnya pengguna digital seperti blog maupun website yang dikelola oleh individu atau perusahaan yang menjalankan website resmi mereka.

Oleh sebab itu, tidak heran jika saat ini hampir semua yang memiliki website sendiri, memerlukan penulis untuk mengisi konten di dalam web mereka.  Jadi tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mengambil kesempatan yang satu ini.

Jika Sedulur mempunyai keterampilan menulis, akan terasa sayang jika dibiarkan begitu saja dan tidak disalurkan. Padahal jika disalurkan, hal itu tidak hanya mengasah keterampilan saja. Namun juga dapat menambah wawasan, dan juga akan menambah pemasukan.

2. Fotografer dan videografer

Beberapa tahun terakhir, makin banyak orang yang meminati fotografi dan videografi. Hal ini tentu saja didukung oleh peluang pasar yang terbuka dengan lebar. Sehingga makin menarik perhatian dari para pecinta foto dan video.

Nah, barangkali Sedulur merupakan salah satu yang juga mempunyai skill fotografi dan videografi, dapat menjadikan dua profesi tersebut sebagai pekerjaan sampingan di hari sabtu dan minggu.  Caranya bisa dengan jasa pemotretan untuk wedding, prewedding, atau acara-acara lainnya.

Untuk tarif yang akan didapatkan pun ternyata cukup menggiurkan, lho. Seperti yang telah kita tahu, acara-acara besar seperti pernikahan biasa dilaksanakan di akhir pekan. Nah, tentu saja mereka butuh seorang fotografer untuk mengabadikan momen tersebut.

Selain menjadi fotografer dan videografer untuk acara-acara khusus, Sedulur bisa dapat bekerja menjadi freelance videographer. Dalam hal ini, nantinya tugas yang dimiliki adalah membuat video dan foto untuk mengisi akun media sosial dan website dari sebuah perusahaan.

3. Content creator

Jika Sedulur cukup mempunyai popularitas di dunia sosial media, atau mungkin mempunyai ilmu seputar internet marketing, maka ada ide jualan sabut minggu yang sangat menarik. Ya, Sedulur bisa berjualan konten melalui media sosial yang dimiliki.

Untuk membuat konten, tentukan dulu niche atau topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan Sedulur. Pilih sesuatu yang memiliki potensi audiens dan permintaan yang tinggi. Selain itu, pelajari demografi dan minat audiens. Sesuaikan konten untuk memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

Nah, saat ini ada banyak platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, yang menyediakan program mitra yang memungkinkan para content creator untuk mendapatkan uang melalui iklan yang muncul di video atau konten mereka.

Selain itu, content creator juga dapat memasarkan produk atau layanan dari pihak ketiga dan menerima komisi atas setiap penjualan atau tindakan yang dilakukan melalui tautan afiliasi yang dibagikan. Jadi nantinya Sedulur seperti mengiklankan produk dari pihak ketiga, kemudian dibayar untuk iklan tersebut.

4. Jualan car free day

Seperti yang kita tahu, Car Free Day (CFD) seringkali diadakan di setiap kota pada akhir pekan. Banyaknya orang yang antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, tentu saja mewujudkan ide jualan sabtu minggu dengan penghasilan yang sangat menguntungkan.

Berjualan di Car Free Day (CFD) memiliki peluang untuk menjangkau berbagai kalangan, terutama mereka yang sedang mencari hiburan dan bersosialisasi. Produk yang cocok dijual di CFD sendiri biasanya bersifat ringan, menarik, dan juga sesuai dengan suasana yang santai.

Sedulur bisa mulai menjual makanan seperti camilan sehat, buah potong, es buah, atau smoothie segar. Ataupun minuman-minuman yang menyegarkan seperti minuman organik, air mineral, infused water, teh es, minuman kekinian, atau kopi dingin.

Selain itu, beberapa barang yang sering ditemui di CFC seperti aksesoris musiman, kacamata, topi, atau pakaian santai yang sesuai dengan cuaca. Kemudian melihat banyaknya anak-anak yang datang, membuat Sedulur bisa menjual mainan anak, buku cerita anak, atau produk edukatif untuk anak.

5. Mengajar les

Ide jualan sabtu minggu yang berikutnya, adalah dengan menjual ilmu yang Sedulur miliki. Mengajar les di akhir pekan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang cukup signifikan. Ini bisa menjadi cara untuk menambah penghasilan Sedulur tanpa mengganggu pekerjaan yang utama.

Akhir pekan sering kali menjadi waktu luang bagi banyak orang, termasuk murid yang ingin mengambil les dan menambah ilmu di luar sekolah atau kampus. Hal ini memberi Sedulur fleksibilitas dalam menentukan jadwal mengajar yang sesuai, baik untuk murid maupun Sedulur sendiri.

Selain itu, mengajar les juga bisa membantu mengembangkan keterampilan pengajaran serta komunikasi. Pengalaman ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan karier Sedulur, terutama jika berkecimpung di dalam bidang pendidikan maupun pelatihan.

Dengan mengajar les, Sedulur juga memiliki kesempatan untuk membantu orang lain untuk mencapai tujuan akademis atau keterampilan tertentu. Secara tidak langsung, hal tersebut akan memberikan kepuasan dan kebanggaan secara pribadi.

6. Reseller buku

Unsplash/Luna Wang

Menjadi reseller buku bisa memberikan peluang pendapatan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal awal yang terlalu besar. Sedulur bisa membeli buku dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi yang pastinya menguntungkan.

Bisa dibilang jika bisnis reseller buku ini dapat dijalankan secara fleksibel. Sebenarnya Sedulur bisa mengatur waktu kerja kapa saja sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan. Jadi dapat dilakukan setiap hari, hanya saja untuk pengelolaan di hari sabtu dan minggu lebih diutamakan.

Nah, sebagai seorang reseller, Sedulur memiliki kebebasan untuk memilih jenis buku apa yang ingin dijual. Bisa saja memilih untuk fokus pada genre tertentu, atau menawarkan variasi yang lebih luas sesuai dengan target pasar yang dituju.

Seperti yang sebelumnya dikatakan, modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis reseller buku memang terjangkau. Selain itu, Sedulur juga dapat beroperasi dengan stok yang relatif kecil, sehingga pengelolaan inventarisnya lebih mudah, terutama jika bekerja secara online.

7. Membuat podcast

Nah, bagi Sedulur yang memiliki keahlian dalam hal bercerita atau menyampaikan narasi, maka bisa memanfaatkannya dengan cara membuat sebuah podcast. Ya, untuk saat ini podcast menjadi salah satu hiburan yang banyak disukai, terutama oleh kalangan anak muda milenial.

Membuat podcast sendiri, memberikan Sedulur platform untuk berbicara secara langsung dengan para audiens. Dalam hal ini, Sedulur dapat membagikan pandangan, cerita, dan juga ide-ide dengan cara yang lebih pribadi, namun tetap menarik di telinga audiens.

Podcast juga dapat membantu membangun citra dan merek pribadi atau bisnis yang dimiliki. Tentu saja hal ini membuka kesempatan untuk menunjukkan kepribadian, kepakaran, serta visi Sedulur. Dengan begitu, secara tidak langsung Sedulur sudah memiliki portofolio profesional.

Seiring dengan pertumbuhan pada jumlah audiens atau pendengar, Sedulur dapat menjelajahi peluang untuk menghasilkan banyak uang dari podcast yang dibuat, baik itu melalui iklan, sponsor, maupun dukungan secara langsung dari para pendengar setia podcast tersebut.

8. Disc jockey (DJ)

Menjadi disc jockey (DJ) di akhir pekan dapat memberikan penghasilan tambahan yang signifikan, lho! Tentu saja Sedulur sudah tahu jika ada banyak acara dan tempat hiburan yang memiliki permintaan tinggi terhadap DJ pada hari-hari tertentu, terutama sabtu dan minggu.

Pekerjaan sebagai disc jockey (DJ) juga memiliki fleksibilitas jadwal, terutama jika Sedulur bekerja penuh waktu di bidang yang lain. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk tetap bisa mengejar hobi dan juga minat di luar jam kerja utama atau reguler.

Tidak hanya dari penghasilan yang menguntungkan, bermain musik secara langsung juga memberikan kesempatan untuk terus meningkatkan keterampilan musikal. Sedulur dapat memperdalam pemahaman mengenai tentang genre musik tertentu dan mempelajari bagaimana merespons tanggapan dari audiens.

Jika Sedulur sudah berhasil menjadi DJ yang populer, maka hal itu bisa menghadirkan pengakuan dan reputasi yang positif di dalam komunitas musik dan hiburan. Menjadi seorang DJ yang diakui dan disukai itu dapat membawakan prestise dan sangat baik untuk karier di dunia hiburan.

9. Jualan fashion thrift

Seperti yang telah diketahui, akhir-akhir ini fashion thrift semakin banyak diminati. Fenomena tersebut membuat ide jualan sabtu minggu semakin banyak. Ya, pakaian thrift sering kali dipandang sebagai sesuatu yang unik dan memiliki gaya yang beragam.

Hal ini memberikan pelanggan pilihan yang berbeda dari barang-barang yang biasa ditemukan di toko pakaian konvensional. Nah, biasanya pakaian thrift dijual dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pakaian baru.

Tentu saja harga yang lebih murah tersebut mampu menarik perhatian dari para pelanggan yang mencari fashion dengan anggaran yang terbatas. Menjual pakaian thrift juga mendukung konsep keberlanjutan dan ramah lingkungan, karena dapat membantu mengurangi limbah tekstil dan mendukung siklus hidup barang.

Sedulur dapat menjual pakaian thrift secara langsung di toko fisik maupun melalui platform online. Sehingga benar-benar fleksibilitas dalam menjangkau para pelanggan. Saat akhir pekan, Sedulur dapat menjual pakaian di acara lokal atau pasar untuk menarik perhatian langsung dari pelanggan.

10. Pembuatan buket

Bunga seringkali menjadi elemen yang sangat penting dalam acara perayaan dan pernikahan. Jika Sedulur memiliki keterampilan dalam membuat buket bunga, maka dapat memanfaatkan ide jualan sabtu minggu yang satu ini. Tidak perlu khawatir, Sedulur dapat memiliki kontrol atas jadwal pembuatan buket.

Membuat buket di akhir pekan dan menjalankan bisnis pembuatan buket bunga dapat memberikan sejumlah keuntungan yang cukup memuaskan. Banyak orang yang mencari buket bunga untuk berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, atau berbagai macam acara khusus yang lainnya.

Selain itu, membuat buket bunga juga menjadi bentuk ekspresi secara kreatif. Hal ini akan memberikan Sedulur kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui desain dan kombinasi warna yang unik. Proses membuat buket dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus memuaskan.

Secara tidak langsung, kegiatan tersebut juga dapat memberikan efek relaksasi dan meningkatkan mood setelah bekerja selama sepekan. Bahkan pembuatan buket bunga untuk perayaan atau momen spesial juga dapat membantu menciptakan kenangan berharga untuk pelanggan, lho.

BACA JUGA: 23 Ide Jualan Aneka Cemilan yang Bisa Dititipkan di Warung

11. Jual gorengan

ide jualan sabtu minggu
Unsplash/Ice Tea

Menjual gorengan merupakan salah satu ide jualan sabtu minggu yang memberikan sejumlah keuntungan signifikan. Seperti yang diketahui, gorengan sering menjadi camilan favorit banyak orang, terutama di akhir pekan. Permintaan untuk gorengan cenderung tinggi selama liburan atau acara-acara tertentu.

Nah, menjual gorengan di akhir pekan dapat memberikan sumber pendapatan tambahan yang terbilang cukup baik. Hal ini dapat menjadi opsi bisnis sampingan yang akan memberikan penghasilan ekstra. Produksi gorengan sendiri juga hanya membutuhkan bahan-bahan yang terjangkau.

Misalnya saja seperti tepung terigu, telur, dan minyak goreng. Dengan bahan baku yang murah, tentu bisa membantu menjaga biaya produksi agar tetap rendah. Sedulur dapat menjual gorengan di berbagai lokasi, mulai dari pinggir jalan, pasar tradisional, atau bahkan acara-acara lokal.

Fleksibilitas tersebut memberikan Sedulur peluang untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Tidak usah khawatir, proses produksi gorengan umumnya cepat dan efisien. Sedulur dapat mempersiapkan dan menggoreng gorengan dengan cepat, sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan secara efektif.

12. Bisnis kue kering

Ide jualan sabtu minggu yang berikutnya, adalah dengan membuat dan menjual kue kering. Nah, bisnis kue kering ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang sangat lumayan. Banyak orang menyukai kue kering sebagai camilan maupun sebagai hadiah untuk acara-acara khusus.

Kue kering bisa dipersiapkan dan dipanggang di akhir pekan, sehingga memberikan fleksibilitas jadwal yang sangat baik, terutama jika Sedulur memiliki pekerjaan penuh waktu di hari-hari kerja. Jadi tidak perlu khawatir bahwa pekerjaan sampingan ini akan mengganggu aktivitas dan pekerjaan utama.

Kue kering sendiri sering dicari untuk berbagai kesempatan, seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, hari raya, atau sebagai hadiah. Selain itu, Sedulur juga dapat berpartisipasi dalam acara pasar lokal atau acara khusus untuk mempromosikan dan menjual kue kering yang dibuat.

Hal itu tentu saja memberikan peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Jika kue kering yang dibuat enak, maka Sedulur dapat membangun basis penggemar kue sendiri. Pelanggan yang puas sering kali akan menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan produk kue tersebut kepada orang lain.

13. Jasa pembersihan

Banyak orang memiliki lebih banyak waktu pada akhir pekan, terutama saat hari libur. Namun, permintaan untuk jasa pembersihan tetap tinggi karena mereka lebih memilih menggunakan waktu luang mereka untuk bersantai daripada membersihkan rumah.

Nah, hal itu tentu saja membuka peluang bisnis untuk menambah penghasilan. Dimana Sedulur bisa menawarkan jasa pembersihan. Bukan hanya pembersihan untuk rumah pribadi, namun juga bisa pembersihan untuk kantor bisnis maupun acara-acara khusus.

Jika menawarkan jasa pembersihan untuk bisnis atau kantor, maka akhir pekan bisa menjadi waktu yang ideal untuk membersihkan ruangan tanpa mengganggu aktivitas harian para pegawai. Selain itu, Sedulur juga bisa menawarkan jasa pembersihan untuk acara khusus, seperti pesta atau pertemuan keluarga.

Nantinya ketika bisnis pembersihan yang dijalankan sudah berkembang, Sedulur tentu memiliki kesempatan untuk merekrut pekerja tambahan yang dapat bekerja pada akhir pekan untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat. Pastinya hal ini akan memperluas lapangan kerja, bukan?

14. Aksesoris handmade

Menjalankan usaha aksesoris handmade di hari sabtu dan minggu atau akhir pekan, ternyata juga dapat memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan. Bisnis aksesoris handmade ini dapat dijalankan dengan jadwal yang fleksibel, khususnya untuk akhir pekan.

Ya, akhir pekan sering kali menjadi waktu di mana dilaksanakannya berbagai macam acara khusus, seperti pasar seni atau bazaar. Dengan begitu, Sedulur dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjangkau target pasar yang lebih besar dan menemui pelanggan-pelanggan baru.

Untuk pasar lokal atau acara seni di akhir pekan, akan memberikan platform secara langsung untuk memamerkan dan menjual aksesoris handmade yang dibuat kepada para pengunjung yang berpotensi. Selain itu, Sedulur bisa menjual aksesoris handmade secara online.

Dalam penjualan online, Sedulur dapat memanfaatkan platform seperti Etsy, Instagram, maupun situs web sendiri. Penjualan secara online ini tentu saja memberikan potensi untuk menjangkau pelanggan yang jauh lebih luas, bahkan dari seluruh penjuru dunia, lho!

Selain membuat dan juga menjual aksesoris, Sedulur juga dapat menawarkan kursus atau workshop pembuatan aksesoris. Jadi pendapatan tambahan di akhir pekan tidak hanya berasal dari penjualan aksesoris yang dibuat saja, namun juga dari orang-orang yang ikut ke dalam kursus yang diadakan.

15. Produk kecantikan

Unsplash/Toa Heftiba

Pada akhir pekan, banyak orang yang memiliki lebih banyak waktu luang untuk berbelanja dan juga menjelajahi produk kecantikan. Bagi Sedulur yang memang ahli seputar produk kecantikan, bisa memanfaatkan waktu-waktu di hari sabtu dan minggu untuk meningkatkan peluang penjualan.

Akhir pekan sering kali menjadi waktu di mana diadakan acara-acara khusus, pesta, dan juga perayaan. Nah, para pelanggan biasanya akan mencari produk kecantikan yang paling cocok untuk dipakai pada acara tersebut, sehingga terciptalah peluang penjualan tambahan.

Sedulur dapat menawarkan promosi khusus, diskon, maupun bundel produk pada akhir pekan untuk menarik perhatian dari pelanggan dan mendorong pembelian impulsif. Selain itu, Sedulur juga bisa mengikuti acara lokal atau pasar di akhir pekan.

Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk kecantikan yang dijual kepada para pelanggan. Tentu saja Sedulur memiliki lebih banyak waktu di akhir pekan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, memberikan saran, dan juga menjelaskan manfaat produk secara lebih rinci.

Nah, mungkin hanya itu beberapa ide jualan sabtu minggu yang bisa Sedulur coba. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam kegiatan jualan, produk yang dijual itu tidak hanya barang saja. Namun juga jasa dan juga keterampilan yang dimiliki.

Jadi bagi yang merasa tidak mempunyai bakat untuk berjualan barang, tidak perlu bersedih. Sedulur bisa lebih mengeksplorasi diri sendiri, menemukan keahlian, bakat, dan minat yang terpendam, kemudian memaksimalkan dan memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tiap akhir pekan.