ide jualan di pagi hari

Ada banyak ide jualan di pagi hari yang ternyata mampu mendatangkan keuntungan melimpah. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti roti basah, kue, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Sedulur bisa mendapatkan cuan yang sangat lumayan.

Jika memperhatikan kondisi di sekitar, misalnya saja di area kampus atau perkantoran, kebanyakan orang jarang atau tidak sempat untuk memasak di pagi hari. Jadwal yang padat, menuntut mereka untuk menyelesaikan pagi hari secara instant.

Maka dari itu, Sedulur bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan ide jualan di pagi hari. Siapa tahu, bisnis yang awalnya menjadi sampingan ini, justru menjadi sumber penghasilan utama dalam menjalani karir sebagai seorang pengusaha sukses.

Nah, bagi yang tertarik untuk mencobanya, di bawah ini ada beberapa ide jualan di pagi hari yang dapat dicoba. Langsung saja, simak dan perhatikan beberapa ide berikut lengkap dengan modal yang dibutuhkan!

BACA JUGA: Inspirasi Ide Bisnis Bawang Goreng, Modal Kecil Omzet Melejit

1. Nasi Uduk

ide jualan di pagi hari
Pinterest

Saat mencari hidangan untuk sarapan, salah satu makanan yang seringkali terlintas di benak adalah nasi uduk. Ya, nasi uduk sendiri merupakan olahan nasi dengan cita rasa yang gurih dan nikmat, karena dimasak menambahkan santan.

Oleh sebab itu, nasi uduk mampu menghadirkan rasa yang lezat dan gurih. Oh iya, jangan lupa juga untuk menambah beberapa varian lauk pauk, agar para konsumen dapat memilih menu nasi uduk sesuai dengan keinginan mereka.

Lauk pauk yang disediakan, biasanya seperti ayam, telur, kering tempe, perkedel, dan lain sebagainya. Silahkan sediakan selengkap mungkin agar lebih banyak pelanggan yang berdatangan.

Bisa dibilang jika nasi uduk ini termasuk ide jualan sarapan pagi yang sangat menguntungkan. Hidangan sarapan ini benar-benar cocok untuk dijual pada pagi hari, karena porsinya yang cukup banyak dan rasanya yang nikmat.

2. Soto Ayam

Selain nasi uduk, soto ayam juga menjadi salah satu hidangan yang sering diandalkan untuk mengisi perut di pagi hari. Ya, menjual soto ayam memang menjadi salah satu ide jualan di pagi yang sangat menggiurkan dan menjanjikan.

Terlebih jika lokasi Sedulur berada di dekat area kampus, kost, atau bahkan perkantoran. Soto ayam sering diminati banyak orang untuk sarapan pagi. Kuah hangatnya yang enak, gurih, dan juga memiliki protein, menjadikannya sebagai salah satu favorit.

Rasa yang sangat nikmat dengan harga yang cukup terjangkau, juga membuat sarapan ini disukai oleh berbagai kalangan. Baik itu anak muda hingga orang dewasa, tidak sedikit yang menggemarinya.

Untuk itu, bagi ingin menjual soto ayam di pagi hari, sebaiknya menerapkan harga yang tidak menguras dompet para pembeli. Dengan begitu, mereka akan terus berdatangan di hari berikutnya hingga akhirnya menjadi pelanggan tetap.

3. Nasi Bungkus

Ide jualan di pagi yang berikutnya adalah nasi bungkus. Perlu untuk diketahui, bahwa tidak semua orang punya banyak waktu untuk berkunjung ke warung dan menikmati hidangan di warung tersebut. Terkadang mereka datang hanya untuk membeli, kemudian kembali lagi ke tempat kerja atau ke kampus.

Melihat fenomena tersebut, Sedulur dapat coba menjual nasi bungkus. Hidangan satu ini berupa seporsi nasi dengan lauk dan sayur, yang kemudian dibungkus dengan menggunakan kertas minyak. Jangan lupa untuk menambahkan sedok plastik agar pembeli lebih mudah saat menyantapnya.

Nah, untuk takaran porsinya sendiri, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Biasanya takarannya tidak terlalu banyak, namun juga tidak terlalu sedikit. Jadi benar-benar pas untuk sarapan dan memberi tenaga di pagi hari.

Kemudian untuk harga yang dipatok biasanya juga cukup terjangkau. Sedulur bisa menetapkan harga sesuai dengan lauk dan sayur yang digunakan.

4. Bubur Ayam

Salah satu menu makanan yang biasa dijual di pagi hari adalah bubur ayam. Ya, bubur ayam memang sangat cocok dinikmati sebagai hidangan sarapan. Sedulur bisa memanfaatkan ide jualan di pagi ini untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Banyak orang yang menggemari bubur ayam ini karena memiliki rasa yang gurih dengan kuah hangat yang sangat nikmat. Terlebih lagi, kebanyakan orang memang suka menyantap makan makanan gurih saat pagi hari.

Tidak hanya enak, bubur ayam juga mempunyai tekstur yang lembut, sehingga sangat cocok untuk mengisi perut yang masih kosong. Harganya yang relatif terjangkau juga membuat minat masyarakat akan hidangan ini sangat tinggi.

5. Bubur Kacang Ijo

Selain makanan dengan citarasa yang gurih, ternyata ada banyak orang yang menyukai makanan manis saat pagi hari. Ya, hal itu membuat bubur kacang ijo menjadi salah satu ide jualan sarapan di pagi yang sangat menggiurkan.

Tidak hanya manis dan nikmat, bubur ayam juga mengenyangkan dan cocok untuk mengisi stamina. Teksturnya yang lembut di mulut, juga membuat para penikmat tidak perlu repot lama-lama mengunyah, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang.

Biasanya, dalam satu porsi bubur ijo sendiri juga ditambahkan bubur ketan hitam dan santan. Jadi paling tidak Sedulur harus menyediakan ketiganya. Tinggal nanti si pembeli yang akan memilih apakah hanya ingin bubur kacang ijo, ketan hitam, atau menu yang lengkap.

6. Nasi Kuning

ide jualan di pagi hari
Family Recipes

Dapat dikatakan jika nasi kuning adalah salah satu hidangan yang banyak diminati untuk sarapan. Ya, pagi hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk orang bersantap dan mempersiapkan energi untuk melakukan aktivitas seharian.

Maka dari itu, bisnis kuliner dengan bahan dasar nasi yang sangat cocok untuk dijual di pagi hari ini. Dalam hal ini, Sedulur dapat memilih untuk menjual nasi kuning yang khas dari daerah jawa. Umumnya, nasi kuning khas jawa memiliki rasa gurih manis yang sedap.

Itulah yang membuatnya menjadi salah satu masakan yang sangat populer dan banyak memiliki banyak penggemar. Tidak hanya sekadar nasi, Sedulur juga bisa menambahkan beberapa topping seperti kering tempe, telur dadar, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, maka para ibu rumah tangga, pelajar, pekerja, dan juga mahasiswa yang bersiap untuk beraktivitas akan semangat untuk menikmatinya.

7. Kue Lopis

Kue lopis adalah makanan tradisional Indonesia yang dibuat dari ketan dan gula merah. Kue ini bisa menjadi salah satu pilihan ide jualan di pagi, lho! Tidak hanya rasanya yang lezat, lopis juga mempunyai daya tarik sebagai hidangan yang mudah disantap untuk sarapan di pagi hari.

Bagi yang ingin memulai usaha jualan di pagi hari, pilihan menu yang tepat tentu saja menjadi kunci kesuksesan usaha yang dijalankan. Nah, lopis ini dapat menjadi opsi yang menarik karena selain rasanya yang lezat, harganya pun juga relatif terjangkau.

Kendati demikian, sebelum mulai membuka usaha jualan lopis, sebaiknya analisis pasar lebih dulu. Hal ini sangat penting dilakukan untuk, demi memastikan jika permintaan pasar terhadap lopis di area usaha yang dituju benar-benar besar.

Pasalnya, untuk saat ini jajanan berupa kue lopis sendiri sudah mulai tergeser dengan makanan-makanan modern lain. Meskipun begitu, bukan berarti hidangan ini sepi penggemar.

8. Telur Rebus Roti Panggang

Sedulur ingin menjual hidangan untuk sarapan yang sehat, nikmat, namun mudah untuk dibuat? Telur rebus dengan roti panggang serta sayuran segar dapat menjadi ide jualan di pagi patut dicoba. Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah untuk didapatkan.

Sedulur mungkin hanya perlu bahan dasar seperti roti tawar, telur, sayuran seperti selada, dan saus. Cara pembuatannya pun juga sangat mudah. Hanya perlu memanggang roti dan merebus telur. Kemudian ditata dan diberi saus layaknya sebuah sandwich.

Dengan pengolahan yang tepat, maka akan menghasilkan hidangan dengan rasa yang sangat enak. Tentu saja hal ini akan membuat banyak orang penasaran dengan menu yang satu ini. Setelah mereka mencoba dan puas dengan rasanya, maka mereka akan kembali untuk membeli.

9. Gorengan

Tentu saja Sedulur sudah tahu jika minat masyarakat Indonesia pada gorengan sangat tinggi. Tidak peduli jika sebenarnya hidangan ini termasuk sebagai makanan berat maupun hanya kudapan ringan, namun banyak yang mencarinya setiap saat, terutama di pagi hari.

Nah, Sedulur bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha jualan gorengan. Ada banyak jenis gorengan yang bisa dijual seperti tahu, tempe, pisang goreng, tapai, risoles, dan jenis gorengan umum lain yang biasanya dikonsumsi di pagi hari sebagai pengganti sarapan.

Semakin lengkap jenis gorengan yang disediakan, tentu saja jumlah pembeli yang berdatangan juga akan semakin banyak. Walaupun kebanyakan dari mereka adalah ibu rumah tangga, namun tidak jarang anak kuliah dan pekerja kantoran yang menyukainya.

Mungkin keuntungan yang didapatkan dari tiap gorengannya cukup sedikit. Namun jika dijumlahkan, bukan tidak mungkin keuntungannya akan melimpah.

10. Minuman Cokelat

Mungkin Sedulur sebelumnya merasa agak ragu untuk menjual minuman di pagi hari. Namun jangan salah, ide jualan minuman di pagi hari ternyata prospektif untuk dilakukan, lho! Ya, Sedulur bisa menjual minuman cokelat hangat untuk menghangatkan pagi orang-orang.

Terdapat banyak menu khusus berupa beberapa variasi minuman hangat dengan sensasi rasa cokelat yang bisa disediakan. Di antaranya variasi dengan keju, selai, maupun beragam topping lain yang mampu menggugah selera para penikmatnya.

Sedulur dapat berjualan di sebuah gerai khusus atau membuat lapak sendiri di tempat-tempat yang lokasinya strategis. Untuk kemajuan usaha nantinya, jangan lupa buat brand sendiri yang simpel dan juga mudah diingat.

Selain itu, pastikan bahwa packaging yang digunakan terlihat menarik, sehingga anak muda pun akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

11. Bumbu Dapur

bisnis bumbu dapur renteng
Aplikasi Super

Sebagian besar para ibu rumah tangga akan merasa kebingungan untuk membeli bumbu dapur yang tiba-tiba habis di pagi hari. Nah, masalah tersebut ternyata juga bisa dimanfaatkan para calon pengusaha untuk membuka usaha dengan berjualan bumbu dapur.

Ya, jadi dalam usaha ini Sedulur nantinya akan menjual bumbu masakan untuk berbagai jenis olahan. Mulai dari garam, lada, gula, bahkan hingga berbagai rempah lainnya. Selain bumbu dapur yang masih berbentuk bahan, Sedulur juga bisa menjual bumbu olahan basah.

Dengan bumbu olahan tersebut, maka ibu rumah tangga tidak perlu lagi repot untuk menghaluskan dan mencapur bumbu satu persatu. Akan tetapi, kelemahan dari bumbu basah ini adalah tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika tidak disimpan di dalam kulkas.

Oleh sebab itu, Sedulur bisa membuat inovasi baru dengan menjual bumbu olahan kering, sehingga para ibu rumah tangga bisa terbaru dan risiko kerugian akibat bumbu yang tidak terjual pun berkurang.

12. Bubur Mpasi Bayi

Dengan kesibukan masyarakat seperti saat ini, ada banyak ibu yang memiliki balita namun tidak sempat untuk menyiapkan makanan untuk si kecil. Dengan begitu, maka Sedulur coba berjualan bubur bayi mpasi di pagi hari.

Bisa dibilang jika bubur bayi ini cukup banyak dicari, karena memang kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, cukup untuk mendukung pertumbuhan si kecil dan juga meningkatkan kesehatan serta mencukupi nutrisi bayi.

Sedulur dapat membuat resep bubur bayi yang tepat dengan bahan-bahan yang alami tentunya. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan jika bahan yang digunakan benar-benar 100 persen organik dan tanpa menggunakan MSG sama sekali.

Hal ini karena pada umumnya orangtua seringkali merasa khawatir dengan hal-hal yang berbahaya untuk kesehatan bayi tersebut.

13. Lontong Sayur

Ide jualan di pagi hari berikutnya adalah lontong sayur. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan berbagai tambahan menu, seperti telur rebus, tahu goreng, tempe, dan juga kerupuk sebagai pelengkap. Lontong sayur sangat populer di seluruh Indonesia dan memiliki berbagai variasi di berbagai daerah.

Walaupun begitu, pada dasarnya bahan yang digunakan tetap sama, yakni lontong, sayur-sayuran, dan kuah santan yang lezat. Hidangan ini seringkali dianggap sebagai hidangan sarapan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Selain memiliki rasa yang nikmat, satu porsi lontong sayur juga ternyata cukup mengenyangkan. Sangat cocok untuk disantap pada pagi hari dan mengisi tenaga yang akan dikeluarkan untuk menjalani aktivitas selama seharian penuh.

14. Gado-Gado

Gado-gado merupakan hidangan khas Indonesia yang dibuat dari berbagai jenis sayuran yang direbus atau dikukus, tempe, tahu, dan telur rebus. Semuanya disajikan bersama dengan siraman saus kacang yang kaya rasa. Hidangan ini sangat populer, dan biasanya dianggap sebagai salad tradisional.

Umumnya, gado-gado biasanya disajikan dalam piring besar atau mangkuk besar, dengan saus kacang disiramkan di atasnya. Makanan ini sangat cocok disantap sebagai sarapan, terutama bagi mereka yang sedang dalam program diet atau hidup lebih sehat.

Gado-gado juga mempunyai beberapa variasi regional di seluruh Indonesia, dengan bumbu dan bahan-bahan tambahan yang bervariasi tergantung pada daerahnya. Sedulur bisa menggunakan resep yang sesuai dengan lokasi usaha gado-gado tersebut.

15. Nasi Pecel

oleh oleh khas tulungagung
Pikiran Rakyat

Nasi pecel adalah hidangan tradisional dari Jawa yang sangat populer. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan dengan sayuran hijau rebus, kemudian disiram dengan saus kacang pedas. Sama halnya seperti gado-gado, pecel juga menjadikan saus kacang sebagai elemen inti.

Akan tetapi, perbedaan utama antara gado-gado dan nasi pecel yakni adanya nasi yang menjadi bagian penting dalam hidangan pecel. Nasi pecel memiliki citarasa yang lezat, sehat, dan juga mengenyangkan. Hidangan ini juga sering dihiasi dengan irisan telur rebus, potongan tomat, serta bawang goreng.

Seperti berbagai hidangan dari Indonesia, variasi nasi pecel juga bisa ditemukan di berbagai daerah. Setiap variasi memiliki bumbu serta bahan-bahan tambahan yang berbeda-beda sesuai dengan selera dan tradisi setempat.

Itulah beberapa ide jualan di pagi hari yang bisa dicoba. Ide-ide yang ada di atas, sangat cocok dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Selain itu, cara untuk menyiapkan beberapa usaha tersebut juga tidak terlalu sulit.

Namun sebelum memulai usaha, pastikan Sedulur benar-benar paham terlebih dahulu akan target pasar agar bisa mengetahui jenis makanan apa yang paling laku di lokasi tersebut.