Ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai freelance online? Sedulur wajib simak daftar jenis freelance di Indonesia di bawah ini!

Di dunia saat ini, dengan teknologi dan sistem informasi yang telah berkembang secara pesat, kita bisa melakukan pekerjaan apapun untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya bekerja sebagai freelancer. Banyak jenis freelance online yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang.

Terdapat juga berbagai macam situs freelance Indonesia yang menyalurkan berbagai jenis kerja online terpercaya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar pekerjaan freelance online yang bisa Sedulur lakukan di tengah masa pandemi dan resesi ekonomi yang saat ini sedang terjadi.

Daftar pekerjaan freelance yang menjanjikan akan diulas di bawah ini, Sedulur bisa melakukan kerja freelance online dan kerja freelance di rumah. Sungguh sangat simpel dan super mudah melakukan cara kerja freelance di internet. Yuk, langsung saja kita simak ulasan di bawah ini agar bisa melakukan cara mendapatkan pekerjaan online.

Baca Juga: 10+ Cara Memulai Usaha Online dari Awal. Dijamin Berhasil!

Daftar Jenis Freelance Online yang Bisa Sedulur Lakukan di Rumah

1. Analisis dan Konsultan Bisnis

1. Analisis dan Konsultan Bisnis
99.co

Jenis freelance online yang pertama melakukan analisis dan konsultan bisnis. Hal ini bisa dilakukan oleh Sedulur yang memiliki pengalaman di dunia bisnis, dan telah banyak makan asam garam dunia bisnis. Atau jika Sedulur seorang pelaku bisnis kreatif dan bisnis digital, bisa memberikan jasa freelance online untuk melakukan analisis bisnis.

Banyak startup atau perusahaan rintisan yang membutuhkan analisis dan konsultan bisnis untuk menghadapi segala macam kemungkinan. Salah satu jenis freelance online yang sangat menjanjikan satu ini bisa memberikan Sedulur banyak keuntungan.

2. Data Entry

2. Data Entry
99.co

Jenis freelance online selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Sedulur adalah data entry. Sebagai seorang data entry tugas Sedulur sangat mudah sebenarnya. Pekerjaan utama Sedulur adalah memasukkan data yang ada ke dalam database melalui form online yang telah disediakan secara online.

Namun, walaupun pekerjaan mudah, Sedulur tetap tidak boleh meremehkan pekerjaan ini. Harus tetap melakukannya dengan penuh tanggung jawab dan tepat waktu. Namun honor yang didapatkan pun tidak terlalu besar. Sepadan dengan pekerjaan yang tidak terlalu sulit.

3. Web Designer

3. Web Designer
99.co

Pekerjaan freelance online selanjutnya adalah menjadi seorang web designer. Terutama bagi Sedulur yang memiliki keahlian dalam penguasaan HTML, JavaScript dan CSS. Sedulur juga harus mampu mengoperasikan berbagai software desain seperti Photoshop dan Corel Draw. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk membuat tampilan web menjadi indah dan menarik. Hal tersebut merupakan tugas utama dari pekerjaan sebagai web designer.

Baca Juga: Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal, Untung Jutaan 2021

4. Ahli SEO

4. Ahli SEO
batusolusindo.com

Salah satu pekerjaan freelance online yang saat ini banyak dilakukan adalah menjadi Ahli SEO atau (Search Engine Optimization) sebuah sistem untuk mengoptimalkan pencarian di google agar menikmatkan traffic dan kunjungan pada blog. Biasanya jasa satu ini diperlukan oleh perusahaan media online.

Honor yang diberikan menjadi seorang freelance online ahli SEO sangat besar. Dalam satu bulannya, seorang ahli SEO bisa dibayar hingga belasan rupiah setiap bulannya.

5. Penulis Lepas

5. Penulis Lepas
idntimes.com

Sedulur hobi menulis atau ahli merangkai tulisan indah? Sedulur bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer penulis. Sedulur harus mengetahui bahwa di era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai penulis konten sangat diminati oleh sebagian orang karena banyak perusahaan yang membutuhkan skill penulis untuk brand awareness dan meningkatkan omset bisnis.

Menjadi seorang freelancer penulis memang sangat menguntungkan. Jam kerjanya pun bebas dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk jadi seorang freelancer penulis, yang Sedulur lakukan hanyalah laptop atau gadget lainnya dan koneksi internet.

6. Blogger dan Vlogger

6. Blogger dan Vlogger
okezone.com

Tidak ada yang menyangka, bahwa dengan menjadi vlogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Di era serba digital dan teknologi yang serba canggih seperti saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya mengunjungi internet, dan memanfaatkan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, baik dengan membuat konten blog dan atau video yang diupload di YouTube.

7. Online Shop

7. Online Shop
kompasiana.com

Freelance online selanjutnya adalah melakukan online shop atau berjualan secara online. Sebelum memulai jualan online shop, tentu Sedulur harus mencari jenis bisnis yang cocok untuk Sedulur kelola, seperti bisnis fashion, makanan, dan lainnya. Setelah itu, baru deh, Sedulur membuat akun di berbagai platform media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter. Sedulur juga bisa membuat akun di marketplace.

Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis online shop yang Sedulur buat akan dikenal oleh banyak orang. Terlebih lagi, berbisnis di media sosial bisa menaikkan omset penjualan, lho! Jadi, jangan lupa manfaatkan media sosial ya, Sedulur Super!

8. Fotografer

8. Fotografer
detik.com

Sedulur bisa menjadi fotografer sebagai pekerjaan freelance online, dan menjual foto-foto hasil jepretan Sedulur secara online. Pemasukan yang akan Sedulur dapatkan berasal dari beberapa pengunjung internet yang mengunduh foto karya Sedulur.

Beberapa web yang menyediakan tempat untuk mengunggah foto dan akan memberikan komisi adalah Fotolia, Shutterstock, Dreamstime dan banyak lagi. Dari itu Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet sesuai jumlah download foto. Biasanya komisi yang didapat berbeda setiap platform. Sekitar 20-45 persen.

9. Digital Marketing

9. Digital Marketing
superyou.co.id

Sedulur menyukai bermain medsos? Atau Sedulur kuat dan siap menghabiskan waktu berlama-lama memainkan smartphone untuk melihat media sosial? Jika jawabannya adalah iya, hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Karena menjalankan Digital Marketing salah satu syarat pentingnya adalah terus memainkan media sosial dan mempromosikan produk dengan sangat menarik. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing dan aktivitasnya hanya seputar dunia maya dan internet saja.

10. Jualan Sembako Online

superapp.id

Daftar pekerjaan freelance online selanjutnya selain menguntungkan juga bisa memberi manfaat bagi banyak orang, yaitu menjual sembako secara online. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat toko sembako semakin laris. Kita bisa melakukan promosi atau kerjasama dengan supplier sembako. Yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan adalah kunci utama untuk memajukan toko kelontong.

Satu cara lagi yang bisa Sedulur lakukan untuk memajukan toko kelontong adalah dengan bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan platform digital yang bergerak di bidang sembako. Walaupun hanya contoh usaha kecil-kecilan, namun bisa mengantarkan banyak keuntungan.

Klik di sini untuk mengunjungi Aplikasi Super, dan jangan lupa pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super. Banyak testimoni dari setiap pihak yang telah merasakan langsung manfaat Aplikasi Super dan menjadi freelance online menjual sembako. Jangan sampai Sedulur menjadi orang yang melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan.

Jangan lupa juga untuk klik di sini untuk download Aplikasi Super dan melakukan segala aktivitas bersama Aplikasi Super melalui smartphone. Selamat mencoba dan merasakan langsung manfaat dari Aplikasi Super!

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!