10+ Cara Memulai Usaha Online dari Awal. Dijamin Berhasil!

Yuk, simak tips dan cara memulai usaha online di bawah ini, mulai bisnis online dari awal hingga mendapatkan kesuksesan!

Saat ini menjalankan bisnis online tengah menjadi trend. Selain disebabkan karena perkembangan teknologi yang begitu pesat yang membuat belanja secara online menjadi lebih mudah dan aman terpercaya, kepercayaan masyarakat untuk belanja online pun semakin tinggi.

Dalam artikel kali ini, Superapp.id akan mengulas beberapa tips dan cara memulai usaha online, baik itu cara memulai bisnis online kosmetik, cara memulai bisnis online shop baju, cara mulai bisnis online tanpa modal, hingga cara memulai usaha online yang menguntungkan.

Yuk, mari kita langsung saja simak seperti apa saja tips memulai bisnis online rumahan yang menguntungkan dan dapat membuat usaha online yang dijalankan menjadi sukses.

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Singkong Keju Rumahan 2020

Daftar Cara Memulai Usaha Online agar Sukses dan Menguntungkan

1. Memperhatikan Produk yang Akan Dijual

1.   Memperhatikan Produk yang Akan Dijual

Wajib Sedulur ketahui dan perlu diperhatikan secara seksama, bahwa setiap bisnis selalu memiliki risiko. Termasuk juga dalam cara memulai usaha online. Selalu ingat beberapa risiko yang akan terjadi ketika Sedulur berjualan barang secara online, terutama dalam proses pengiriman.

Pertimbangkan dan pastikan bahwa barang yang akan dijual aman dan terkirim sampai kepada pembeli. Sedulur pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk yang Sedulur jual. Contohnya dalam menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman. Memperhatikan produk dan kurir merupakan tips pertama dalam cara memulai bisnis online.

2. Tentukan Platform Usaha Online

2.   Tentukan Platform Usaha Online

Cara memulai usaha online selanjutnya adalah memilih dan menentukan platform usaha online yang sesuai. Akan sangat bijak menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis online yang dijalani. Dengan begitu, Sedulur bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang sedang ditekuni.

Jangan sampai Sedulur menjual produk pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli. Dan pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli untuk mendapatkan produk yang Sedulur jual.

3. Perhatikan Kualitas Produk yang Dijual

3.   Perhatikan Kualitas Produk yang Dijual

Dalam cara menjalankan bisnis online, kualitas produk harus benar-benar diperhatikan. Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk yang Sedulur jual dari foto dan dari keterangan yang Sedulur berikan mengenai produk tersebut.

Maka, Sedulur harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang dijual. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus dipertimbangkan dalam cara memulai usaha online.

Jangan lupa bahwa menarik pelanggan tidak hanya melalui platform digital saja, bisa jadi dari mulut ke mulut. Ketika produk yang Sedulur tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli menyebarkannya kepada rekan sejawatnya

Seperti sebuah testimoni, penyebaran informasi dari mulut ke mulut juga masih sangat ampuh sebagai ajang untuk mempromosikan bisnis. Terutama untuk meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan para calon pembeli terhadap produk dari bisnis online yang Sedulur jalani.

Baca Juga: 10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Untuk Pemula

4. Membuat Foto Produk yang Menarik dan Jujur

4.   Membuat Foto Produk yang Menarik dan Jujur

Karena pembeli tidak langsung melihat produk yang Sedulur jual, membuat foto produk yang jujur dan menarik adalah cara selanjutnya dalam langkah dan cara memulai usaha online. Hal ini dilakukan agar menarik minat para pembeli.

Foto produk yang menarik juga bisa menyihir pelanggan untuk membeli produk online yang Sedulur jual. Namun tetap perhatikan kejujuran dan usahakan memotret produk apa adanya sebagaimana yang produk yang Sedulur miliki, tidak perlu di lebih-lebihkan atau dikurangi.

Sebelum membuat foto produk, Sedulur dapat mencari contoh foto produk yang menurut kita sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya kita mencontoh konsep foto tersebut, namun jangan lupa kita harus fokus dalam pengambilan foto produk sebagai objek utama.

5. Berikan Promosi dan Diskon sebagai Strategi Marketing

5.   Berikan Promosi dan Diskon sebagai Strategi Marketing

Salah satu strategi dalam cara memulai usaha online adalah memberikan beberapa promosi dengan memberikan potongan harga. Promosi akan lebih dapat menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena tidak ada yang tidak menyukai diskon.

Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pengenalan brand online shop yang dijalani. Branding merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis. Karena setiap bisnis yang sukses merupakan bisnis yang memiliki branding yang kuat.

Bahkan jika branding bisnis kita telah kuat, semahal apapun harga produk yang kita jual, pembeli akan rela membeli walaupun mereka sadar bahwa harganya sangat mahal. Hal tersebut manfaat dari memiliki branding yang kuat.

6. Mengetahui Target Pasar

6.   Mengetahui Target Pasar

Strategi bisnis dalam cara memulai usaha online adalah mengetahui target pasar. Dengan mengetahui target pasar juga akan sangat mempengaruhi langkah Sedulur menentukan platform yang sesuai. Lakukan survey langsung, agar Sedulur mengetahui kondisi lapangan dan target pasar dan bisa menentukan langkah yang sesuai.

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, tentu saja Sedulur harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Sedulur jual, maka Sedulur dapat mengetahui siapa target pasar dan apa yang mereka inginkan dari produk yang kita jual tersebut.

Menjadi konsumen untuk produk sendiri bisa dilakukan setelah Sedulur melakukan survey sebagai data perbandingan. Hal ini akan membuat Sedulur lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis online yang dijalani.

7. Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis

7.   Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam cara memulai usaha online dan menjalankannya. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis online yang sedang Sedulur jalankan. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Sedulur tawarkan dapat juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tingkat kepercayaan konsumen sangat penting untuk Sedulur dapatkan, karena dengan mendapatkan kepercayaan konsumen apapun produk yang kita jual, konsumen akan dengan yakin membelinya. Itu mengapa kreativitas dan inovasi masuk sebagai strategi bisnis yang wajib diketahui.

8. Manajemen Bisnis Online yang Baik

8.   Manajemen Bisnis Online yang Baik

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk juga bisnis online. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen yang dimaksud adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang kita jalankan.

Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat. Selain itu mengandalkan teknologi dalam proses akuntansi juga salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada bisnis.

Walaupun menjalankan bisnis online dapat memangkas biaya operasional, namun pengaturan keuangan harus dilakukan agar bisnis dapat berjalan sebagaimana seharusnya. Hal ini merupakan salah satu hal penting dalam cara memulai usaha online.

9. Menghemat Penggunaan Uang

9.   Menghemat Penggunaan Uang

Selain mengetahui cara memulai usaha online, dan juga mengetahui strategi bisnis yang tepat, Sedulur juga harus sebisa mungkin berupaya mempertahankan bisnis. Khawatir kondisi buruk bisa tiba-tiba terjadi. Seperti saat ini, adanya Covid-19 tentu saja mempengaruhi sektor bisnis.

Covid-19 sangat dikhawatirkan dapat memicu krisis finansial yang lebih buruk dibandingkan krisis keuangan yang pernah terjadi sebelumnya. Penting bagi Sedulur untuk menempuh langkah-langkah berbeda agar nafas bisnis online bisa berjalan lebih lama.

Langkah wajib yang perlu Sedulur tempuh dengan menekan pengeluaran dengan berbagai cara supaya likuiditas bisa lebih kuat. Misalnya, menekan biaya operasional dari pos-pos rutin seperti tagihan listrik, air, dan internet.

Tunda dulu pengeluaran untuk belanja modal yang menguras dana besar. Jika memungkinkan, lakukan negosiasi dengan pemasok terkait pembayaran yang mungkin bisa diperpanjang. Pertimbangkan juga negosiasi dengan perbankan bila pembayaran cicilan utang terasa memberatkan.

10. Persiapkan Skenario Terburuk

10.   Persiapkan Skenario Terburuk

Skenario terburuk selalu harus disiapkan dalam menjalankan setiap bisnis, baik itu bisnis secara langsung atau bisnis online sekalipun. Karena menjalankan bisnis juga berarti menjalankan hidup yang penuh dengan risiko.

Selain itu, mempersiapkan skenario terburuk juga merupakan cara mempertahankan bisnis di tengah krisis, seperti saat ini, musibah pandemi COVID-19 ini jelas berpengaruh besar terhadap bisnis siapapun.

Bukan hanya pasar yang mendadak lesu secara drastis seiring kebijakan PSBB, gangguan pasokan barang dan bahan juga mengganggu aktivitas bisnis. Belum lagi pembatalan permintaan atau project yang sebelumnya telah disepakati seiring kejadian wabah ini. Hal itu jelas mempengaruhi nasib bisnis.

Maka itu, sebagai langkah antisipasi, buatlah business plan atau perencanaan yang juga memuat proyeksi atas keberlanjutan usaha kita, paling tidak hingga setahun ke depan. Misalnya, proyeksi dari sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan dan sebagainya.

11. Gunakan Aplikasi Super Agar Usaha Online Sedulur Semakin Sukses

11.   Gunakan Aplikasi Super Agar Usaha Online Sedulur Semakin Sukses

Bisnis online merupakan bisnis yang sangat bergantung dengan teknologi. Memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi sudah menjadi sebuah keharusan dalam cara memulai usaha online. Cara memulai bisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis yang bergerak di secara online.

Bukan hanya manajemen bisnis dan keuangan yang menjadi nyawa dalam setiap bisnis, di era digital seperti saat ini, memanfaatkan teknologi merupakan hal yang penting dan juga menjadi nyawa agar bisnis dapat berjalan.

Pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan. Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan.

Terlebih lagi jika kita bergerak di sebuah bisnis digital, kita dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada. Saat ini banyak platform yang ada, yang menawarkan segala kemudahan dalam menjalankan hidup.

Salah satu platform yang dimaksud adalah Aplikasi Super. Aplikasi Super menawarkan kemudahan kepada setiap masyarakat yang akan belanja sembako. Selain belanja sembako lebih mudah karena bisa dilakukan secara online, belanja sembako di Aplikasi Super juga jauh lebih untung.

Hal ini membuat setiap masyarakat yang belanja sembako di Aplikasi Super bisa berkemungkinan mendapatkan keuntungan dari harga sembako murah yang Aplikasi Super berikan. Apa yang dilakukan Aplikasi Super, merupakan penerapan dalam memanfaatkan teknologi yang baik dan optimal.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa lebih memaksimalkan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super.