desain kemasan produk makanan

Di era modern dan era teknologi seperti saat ini, ada banyak perkembangan menarik terkait dunia bisnis produk. Salah satunya yaitu terkait desain kemasan produk makanan. Desain kemasan sangat mempengaruhi banyak hal, mulai dari marketing hingga kepuasan pelanggan.

Untuk itu, bagi Sedulur yang memiliki usaha dengan menjual produk, penting untuk mengetahui referensi dan rekomendasi desain kemasan produk makanan untuk mengembangkan bisnis Sedulur. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 9 Desain Gerobak Ini Cocok Untuk Bisnis Kamu

Membuat desain kemasan produk yang menarik

Sebelum mengetahui berbagai macam desain kemasan makanan, ada baiknya Sedulur harus tahu bagaimana caranya membuat kemasan tersebut lebih menarik versi sendiri. Dikarenakan contoh ide desain hanya sebagai referensi saja dan tidak boleh dijiplak atau disamakan.

Salah satu hal yang harus Sedulur perhatikan dan tentukan saat membuat desain kemasan makanan, yaitu mainkan imajinasi. Mengingat setiap orang memiliki imajinasinya masing-masing, jadi buatlah imajinasi/pikiran sendiri. Kemudian, usahakan membuat kemasan yang mempunyai dua fungsi.

Selain itu, Sedulur juga bisa membuat kemasan yang mempunyai pesan tersendiri agar kesannya unik. Pilihlah desain kemasan makanan yang praktis, food grade / tentukan fitur yang diperlukan oleh jenis makanan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan aluminium foil untuk menjaga cita rasa makanan.

1. Kemasan produk bentuk oven

desain kemasan produk
Cake and Kitchen

Rekomendasi desain kemasan produk makanan pertama yaitu kemasan produk berbentuk oven. Kemasan ini terlihat unik dan menarik perhatian pelanggan. Cocok bagi Sedulur yang menjalankan bisnis atau saha kue. Dengan kemasan ini, akan memberikan kesan pelanggan membeli kue rumahan.

Biasanya desain kemasan makanan berbentuk oven ini ukurannya tidak begitu besar, melainkan kecil. Jadi, cocok untuk kuliner yang bentuknya memang kecil. Seperti misalnya kue satuan, kesan dari tampilan kemasan ini cukup unik, imut dan lucu. Menjadikan customer juga ikut tertarik karenanya.

2. Kemasan praktis

desain kemasan produk
Hubster

Tentu desain kemasan produk makanan praktis akan membuat Sedulur lebih mudah. Semakin praktis desain kemasan, tentu semakin memudahkan pelanggan. Di era modern ini, banyak pembuatan desain kemasan makanan yang praktis.

Itu karena di zaman sekarang, banyak orang yang membutuhkan sesuatu bersifat praktis dan tidak ribet. Jadi, terapkan kemasan untuk makanan yang kesannya praktis, serta tidak terlalu berlebihan kemasannya.

Misalnya saja terlalu banyak aksen tambahan yang justru menjadikan kemasannya terlihat norak. Sedulur bisa menjadikan ide desain kemasan makanan satu ini sebagai referensi, seperti contohnya saja menggabungkan antara kotak kemasan makanan dengan minuman.

3. Kemasan khusus

desain kemasan produk
Pinterest

Desain kemasan produk makanan selanjutnya yaitu kemasan khusus. Ini merupakan desain kemasan makanan yang khusus dengan pesan tersendiri di dalamnya. Misalnya saja seperti menyelipkan beberapa pesan yang dianggap lucu atau menghibur konsumen yang membelinya.

Dengan adanya pesan ini, justru akan menjadikan kemasannya terlihat menarik lagi. Apalagi bisa menghibur banyak konsumen yang membeli makanan Sedulur. Tidak banyak yang menggunakan ide desain kemasan makanan satu ini.

Jadi bisa dijadikan sebagai bahan referensi terbaik untuk bisa dikembangkan kembali. Mungkin bisa juga menambahkan ikon agar lebih unik.

4. Desain kemasan dua fungsi

desain kemasan produk
Hubster

Selanjutnya adalah desain kemasan produk makanan dengan dua fungsi. Kemasan ini tentu memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya seperti kemasan dari kacang rebus, sisi satunya digunakan sebagai wadah. Dijamin menarik dan fungsional.

Sedangkan sisi satunya lagi untuk membuang kulit dari kacang rebusnya. Tentu saja hal ini memiliki kelebihannya sendiri, apalagi jika sampai diterapkan pada jenis kuliner yang cukup populer. Mungkin seperti Sedulur yang menggabungkan antara kentang goreng dengan kemasan minuman.

5. Kemasan produk yang unik

desain kemasan produk
Hubster

Selanjutnya adalah desain kemasan produk makanan yang unik. Sesuatu yang unik tentu saja sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Anggaplah jika Sedulur akan membuat desain baru yang nantinya akan banyak menginspirasi orang. Misalnya saja seperti kemasan pada teh celup yang bagian atasnya dibentuk seperti hanger.

Tentu saja model semacam itu memiliki keunikannya tersendiri. Konsumen yang akan membeli produk makanan Sedulur jika kemasannya unik, pasti mereka akan lebih tertarik dan akan membeli lagi di kemudian hari. Oleh karena itu, buatlah usaha bisnis semakin laris dengan membuat kemasan unik.

6. Kemasan produk dengan imajinasi

desain kemasan produk
Behance

Seperti yang telah Sedulur ketahui, bahwa dalam rangka membuat desain kemasan makanan itu harus berani memainkan imajinasi. Mengingat setiap orang memiliki versi imajinasinya sendiri, jadi harus berani dalam mengembangkannya. Jangan takut dan pesimis / tidak percaya diri dengan lainnya.

Ingat, bahwa imajinasi setiap orang itu beda. Begitu pula dengan anggapannya masing – masing. Apa yang ada di pikiran Sedulur, belum tentu dipikirkan oleh orang lain juga. Jadi, selagi ada imajinasi yang muncul. Segera kembangkan menjadi desain kemasan makanan terbaru dan menginspirasi.

7. Kemasan yang serbaguna

Hubster

Di era modern seperti saat ini, desain kemasan produk makanan dibutuhkan kemasan yang serbaguna. Terutama dengan desain yang praktis dan cepat. Maka dari itu, hal tersebut bisa dijadikan sebagai referensi atau peluang untuk membuat desain produk itu sendiri.

Dalam hal tersebut bisa dijadikan sebagai referensi atau peluang bagi Sedulur dalam membuat desain kemasan makanan. Buatlah desain kemasan makanan yang berguna, misalnya saja seperti pembuatan kemasan untuk selai. Pada bagian tutupnya buatkan lebih serbaguna, seperti bisa dijadikan sebagai sendok atau bahkan pisau oles.

BACA JUGA: 15 Desain Interior Toko Distro yang Simple Tapi Tetap Keren

8. Desain kemasan ziplock

Pinterest

Rekomendasi kemasan produk selanjutnya yaitu desain kemasan ziplock. Terutama bagi Sedulur yang menjual produk seperti keripik atau minuman sebut seperti kopi atau cokelat. Desain ziplcok sangat cocok untuk Sedulur gunakan.

Karena desain seperti ini cenderung menggunakan kertas khusus yang mengkilap. Maka logo serta informasi makanan lainnya bisa terlihat lainnya. Lalu bagian atasnya dilengkapi dengan ziplock yang bisa dibuka-tutup. Jadinya bisa disimpan dan menjaga kualitas makanannya.

Selain itu, desain kemasan ziplock juga sangat praktis dan memudahkan konsumen. Dijamin ketika mendapatkan produknya, konsumen akan tertarik dengan desain buatan Sedulur ini dan mempengaruhi untuk membeli produk yang Sedulur jual.

9. Kemasan produk lipat

Pinterest

Rekomendasi kemasan selanjutnya yaitu desain kemasan produk lipat. Desain ini bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang menjual makanan untuk sarapan atau camilan. Kemasannya dibuat dengan konsep kekinian menggantikan kemasan menggunakan kertas minyak yang kuno.

Jika desain seperti ini mungkin terlihat lebih kekinian. Konsepnya sama seperti nasi bungkus umumnya tapi terlihat lebih rapi. Jika dipromosikan sudah jelas lebih menarik. Kemasannya juga mudah dibawa dan dibuang ketika sudah habis.

Meskipun menjual sarapan yang umum dan sederhana, namun dengan kemasan produk lipat ini dapat membuat produk Sedulur menjadi lebih modern dan kekinian.

10. Kemasan produk lucu dan praktis

Pinterest

Rekomendasi desain terakhir yaitu dengan menggunakan desain kemasan produk yang lucu dan praktis. Bisa jadi rekomendasi dan referensi untuk membuat kemasan produk yang berbeda. Terutama menjual janana seperti sandwich dan roti, bisa menggunakan desain kemasan produk satu ini.

Dengan desain kemasan ini, konsumen dijamin akan tertarik dan nyaman memegang produknya. Selain itu, konsmen juga akan mudah mengkonsumsi camilan yang dibeli tanpa harus kerepotan. Dengan desain lucu dan praktis ini, dijamin akan menguntungkan Sedulur.

Dengan desan kemasan seperti laci yang bisa digeser ini, akan memudahkan saat mengkonsumsinya. Ditambah jangan lupa memasukkan logo produk untuk memudahkan konsumen mengenali produk Sedulur saat membelinya. Ini juga jadi salah satu teknik marketing yang penting dalam brand awareness.

Nah itulah rekomendasi beberapa desain kemasan produk makanan yang menarik yang bisa jadi referensi Sedulur. Semoga dari daftar di atas, Sedulur bisa mendapatkan inspirasi dan rekomendasi kemasan produk untuk membuat usaha Sedulur semakin berkembang.