contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan

Untuk saat ini, platform online menjadi salah satu hal penting dalam kemajuan bisnis. Website yang baik membuat pelanggan lebih percaya dan yakin akan produk yang dihadirkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Seperti yang telah diketahui, kepercayaan pelanggan menjadi kunci utama untuk meningkatkan penjualan dan menjaga keberlangsungan bisnis. Para konsumen biasanya akan melakukan riset sebelum membeli produk.

Cara yang paling umum adalah dengan mencari informasi mengenai suatu brand atau produk dengan mengunjungi secara langsung websitenya. Oleh sebab itu, pebisnis harus dapat meyakinkan para pelanggan jika brand dan produk mereka benar-benar kredibel.

Website yang dimaksud tersebut bukan sekadar website biasa. Terdapat beberapa elemen yang ada pada sebuah website yang mempengaruhi ketertarikan dan kepercayaan konsumen. Untuk itu, berikut ini cara meningkatkan kepercayaan pelanggan pada website beserta contohnya!

BACA JUGA: 220+ Ide Nama Usaha Camilan yang Unik, Kreatif dan Kekinian

1. Desain yang profesional

contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan
Aplikasi Super

Desain website tentu saja sangat menentukan apakah konsumen akan lanjut eksplorasi atau tidak. Hal ini termasuk jendela etalase pada toko dan halaman awal website toko, yang sangat berpengaruh pada kesan pertama pelanggan terhadap brand.

Maka dari itu, pastikan tampilan utama website rapi dan bersih. Hindari tampilan website yang terlalu penuh yang hanya membuat pengunjung bingung. Selain itu, pastikan website mudah digunakan, pasang foto-foto produk dengan beresolusi tinggi, serta gunakan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas.

Dalam hal ini, contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan bisa dilihat dari web resmi Nike dan Adidas. Keduanya web resmi tersebut memiliki tampilan yang simpel, bersih, dan mudah.

2. Cantumkan informasi penting

Setelah masuk ke dalam halaman utama web, biasanya pengunjung akan menuju ke katalog produk. Nah, buat tata letak dan desain produk yang mudah untuk dilihat para konsumen. Pastikan mereka tidak kesulitan ketika ingin mencari produk tertentu.

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi produk yang lengkap seperti nama produk, harga, spesifikasi, stok, dan lain sebagainya. Berikan beberapa foto dari sudut yang berbeda untuk suatu produk, agar calon pembeli bisa mendapatkan gambaran yang jelas.

Misalnya saja pelanggan sedang berada di web resmi Nike dan mencari seri Nike Jordan. Ketika mereka membuka halaman produk tersebut, maka di situ tertera dengan lengkap nama, seri, harga, hingga stok yang tersedia. Selain itu, mereka juga bisa melihat foto Nike Jordan dari beberapa sudut pandang.

3. Update website secara berkala

cara mendapatkan uang dari pinterest
Teachable

Memastikan web toko online terus diperbarui secara berkala berguna agar para pelanggan tahu jika website tersebut masih aktif. Misalnya ketika Sedulur sedang mengadakan promo, tampilkan saja promo tersebut pada halaman awal dengan pop-up, banner, maupun format yang lainnya.

Sedulur juga dapat melakukan update tampilan website secara khusus untuk momen-momen tertentu misalnya saat ketika tahun baru atau lebaran. Website yang update secara berkala menunjukkan jika si pemilik peduli dan ingin membangun hubungan yang baik dengan customer.

Contoh penerapan dari tips yang satu ini bisa dilihat pada web resmi Uniqlo. Ketika web tersebut dibuka, Sedulur akan melihat pop-up dan banner yang menunjukkan produk-produk yang sedang diskon. Selain itu, ada pula beberapa pop-up yang menunjukkan produk-produk baru mereka.

4. Tambahkan testimoni & review

Menurut riset, konsumen akan merasa lebih yakin untuk berbelanja di sebuah toko setelah mereka melihat review dari konsumen yang lain. Terlebih lagi, untuk saat konsumen semakin hati-hati dalam berbelanja secara online karena adanya banyak penipuan.

Oleh sebab itu, menampilkan testimoni dan review dapat lebih meyakinkan konsumen jika bisnis yang Sedulur memiliki benar-benar kredibel dan dapat dipercaya. Biasanya, konsumen akan mencari ada tidaknya keluhan dari pelanggan yang sebelum-sebelumnya.

Maka dari itu, pastikan Sedulur juga memberi tanggapan sekaligus memberikan solusi ketika ada keluhan. Hal semacam ini bisa dilihat dari banyak web brand besar, yang selalu menanggapi keluhan konsumen melalui review produk. Bahkan tidak jarang mereka menawarkan pengembalian barang dan dana.

BACA JUGA: Pengertian Website Beserta Jenis dan Manfaatnya

5. Pastikan website aman

contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan
Uniqlo

Nah, untuk yang berikutnya ini sangat penting, yakni Sedulur harus dapat menjamin jika website yang dimiliki benar-benar aman. Lakukan scan secara berkala pada website untuk mencari tahu ada tidaknya malware atau software berbahaya.

Jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan, langsung atasi secepat mungkin untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun pengunjung yang terkena dampaknya. Jangan lupa gunakan HTTPS untuk keamanan website yang lebih baik.

Seperti yang telah diketahui, website dari brand-brand besar pasti telah menggunakan HTTPS. Nah, Sedulur bisa mengetahui apakah website yang dimiliki sudah menggunakan HTTPS atau belum, dengan memeriksa apakah ada logo gembok di samping alamat URL web atau tidak.

6. Pastikan transaksi mudah

Selain itu, pastikan konsumen bisa melakukan pembayaran dengan metode yang mudah. Berikan opsi pembayaran yang beragam dan juga sederhana. Jadi ketika mereka akan melakukan check out, sediakan fitur untuk mengubah shopping cart.

Tampilkan total harga produk yang harus dibayarkan oleh pembeli, lengkap dengan diskon serta biaya pengiriman. Tambahkan pula fitur untuk melacak pengiriman. Dan setelah proses transaksi selesai, Sedulur dapat menambahkan informasi mengenai kebijakan dalam pengembalian produk.

Sebenarnya untuk tips yang satu ini tidak perlu diberi contoh, karena Sedulur sudah tahu sendiri jika hampir semua web jual beli profesional telah menyediakan opsi pembayaran yang lengkap.

7. Menunjukkan bukti jejaring sosial

apa itu side hustle
Startup Nation

Cara website meningkatkan kepercayaan pelanggan yang terakhir adalah dengan menunjukkan bukti jejaring sosial yang terkait dengan web tersebut. Seperti yang telah diketahui, sebuah brand terpercaya pasti memiliki jejaring sosial yang lengkap.

Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya, pasti mereka punya akun official. Nah, jangan ragu untuk menampilkan tautan dan ikon media sosial untuk menunjukkan kehadiran dan popularitas dari bisnis yang dimiliki.

Hal semacam itu dapat Sedulur lihat dari brand-brand besar, yang mana mereka mencantumkan beberapa jejaring sosial dari akun official terkait dengan brand tersebut.

Itulah beberapa cara dan contoh website meningkatkan kepercayaan pelanggan yang harus selalu diingat. Ya, membangun sebuah web atau platform bisnis memang tidak mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa mendapatkan perhatian dari konsumen.

Kendati demikian, jangan pernah menyerah untuk selalu mengembangkannya. Seperti yang ada pada poin ketiga, perkembangan web sendiri akan membuat pelanggan lebih yakin akan kredibilitas web tersebut.