contoh buku kas keluar

Mengenal contoh buku kas keluar dan buku kas masuk memang cukup penting untuk Sedulur yang ingin menjalankan sebuah usaha. Pencatatan akuntansi sederhana tersebut, bisa membantu untuk mengatur keuangan usaha agar rapi dan terkontrol dengan baik.

Jika Sedulur penasaran dan ingin mengetahui seperti apa contoh buku kas keluar dan masuk yang biasa muncul dalam jurnal pengeluaran. Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

Pengertian Kas Masuk dan Kas Keluar

Pexels

Sebelum membahas tentang contoh buku kas keluar dan masuk, Sedulur tentu perlu mengenal istilah kas keluar masuk dan masuk terlebih dahulu. Dua hal ini cukup penting ketika Sedulur ingin menjalankan sebuah usaha karena termasuk sebagai pencatatan utama dalam bisnis.

Kas masuk sendiri merupakan arus keuangan dalam perusahaan setelah mendapatkan pembayaran uang secara tunai dari konsumen. Sementara kas keluar adalah arus kas dimana perusahaan mengeluarkan uang tunai untuk melakukan transaksi dengan pihak lain seperti membeli perlengkapan karyawan, pembayaran gaji, pelunasan utang, dan sebagainya.

Semua arus transaksi ini lantas dicatat dalam sebuah buku kas. Jadi bisa buku kas keluar dan masuk bisa disebut sebagai media yang digunakan untuk mencatat secara mendetail terkait informasi keluar dan masuknya arus uang usaha, baik secara tunai maupun kredit.

Pencatatan mendetail dilakukan sehingga bisa diketahui tentang kondisi finansial sebuah usaha dengan cara penggolongan transaksi, status dan keterangannya.

Manfaat Menggunakan Buku Kas

Unsplash

Adanya buku kas dalam sebuah bisnis memiliki manfaat yang begitu besar dan penting. Hal ini karena pemilik usaha bisa memiliki gambaran tentang kondisi terkini usaha miliknya. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat menggunakan buku kas yang bisa dirasakan.

  • Mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian

Dеngаn mеngеtаhuі setiap transaksi уаng terjadi ѕеtіар hаrі dаn mengetahui aliran uаng hingga dіѕtrіbuѕі barang dі реruѕаhааn, Sedulur dараt mengetahui реrkіrааn kеuntungаn уаng аkаn dіреrоlеh аtаu kеrugіаn уаng аkаn dіkеluаrkаn. Dari catatan semua trаnѕаkѕі, аkаn аdа аngkа-аngkа уаng dapat mеnunjukkаn perkembangan keuangan usaha.

  • Transaksi tercatat secara rinci

Fungѕі utаmа akuntansi аdаlаh untuk mеngеtаhuі semua trаnѕаkѕі уаng terjadi dі реruѕаhааn. Tidak аkаn аdа trаnѕаkѕі уаng terlewat аtаu tіdаk tеrсаtаt. Dаlаm hаl ini, аkurаѕі ѕаngаt реntіng untuk pencatatan. Pеnсаtаtаn yang hati-hati dаn аkurаt mеmіlіkі efek mendalam раdа keberlanjutan bisnis уаng ѕеdаng bеrjаlаn.

Dеngаn mеngеtаhuі trаnѕаkѕі ара yang terjadi раdа hari іtu, mаkа аkаn diketahui bagaimana uang іtu didistribusikan раdа hаrі itu, kеmаnа uаng іtu реrgі dan dari mаnа uаng іtu berasal. Tіdаk hanya mendistribusikan uang, tеtарі jugа tahu bagaimana mendistribusikan barang.

  • Memisahkan aset pribadi dan bisnis

Pembukuan yang tеrаtur аkаn mеmbаntu Andа misalnya dаlаm mеngеlоlа aset, terutama dalam mеmіѕаhkаn аѕеt bіѕnіѕ dаn pribadi dеngаn lеbіh mudаh agar tidak tеrсаmрur. Dеngаn dеmіkіаn, hаѕіl yang diperoleh dapat dіkеtаhuі dаn dіаlоkаѕіkаn untuk rеnсаnа bisnis kе dераn.

BACA JUGA: 6 Aplikasi dan Cara Membuat Nota Online yang Praktis

Cara Membuat Buku Kas

iStock

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dalam membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan dengan Excel atau menulis secara manual.

  • Menyiapkan media untuk mencatat

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah menyiapkan metode pencatatan, Sedulur bisa menggunakan buku kas fisik atau buat lembaran Excel/Google Sheets untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Kemudian bagilah lembaran tersebut menjadi dua bagian: satu bagian untuk mencatat pemasukan dan satu bagian untuk mencatat pengeluaran.

  • Tentukan kolom yang dibutuhkan

Jika media pencatatan sudah dilakukan, berikutnya Sedulur bisa membuat dua kolom untuk membedakan pencatatan setiap transaksi pemasukan maupun pengeluaran. Kolom pertama merupakan bagian pemasukan terdiri dari tanggal, sumber pemasukan, deskripsi, dan jumlah pemasukan.

Berikutnya adalah bagian pengeluaran, terdiri dari tanggal, sumber pengeluaran, deskripsi, dan jumlah pengeluaran.

  • Catat pemasukan

Pada bagian pemasukan, setiap kali Sedulur menerima pemasukan, catat tanggal pemasukan, sumber pemasukan (misalnya gaji, penjualan, atau pendapatan lainnya), deskripsi singkat mengenai pemasukan tersebut, dan jumlah pemasukan yang diterima.

Kemudian jumlahkan total pemasukan pada akhir periode tertentu (misalnya setiap minggu atau bulan).

  • Catat pengeluaran

Lakukan hal yang sama pada proses pencatatan pengeluaran, dimana Sedulur perlu memasukkan data setiap kali melakukan pengeluaran, catat tanggal pengeluaran, sumber pengeluaran (misalnya pembelian bahan baku, sewa, atau biaya lainnya), deskripsi singkat mengenai pengeluaran tersebut, dan jumlah pengeluaran yang dikeluarkan.

Kemudian menjumlahkan total pengeluaran pada akhir periode yang sama dengan periode pemasukan.

  • Hitung saldo kas

Selanjutnya, hitung saldo kas dengan mengurangkan total pengeluaran dari total pemasukan. Lalu mulailah dengan saldo awal pada awal periode dan tambahkan pemasukan serta kurangkan pengeluaran untuk mendapatkan saldo kas saat ini.

  • Analisis dan evaluasi hasil saldo kas

Kemudian, setelah Sedulur memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan yang lengkap, Sedulur dapat menganalisis tren, mengidentifikasi area di mana pengeluaran berlebihan, serta mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran Sedulur secara keseluruhan.

  • Rekonsiliasi

Hal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan rekonsiliasi antara catatan buku kas Sedulur dengan laporan bank atau sumber keuangan lainnya untuk memastikan keakuratan dan konsistensi catatan. Sedulur perlu melakukan rekonsiliasi ini secara berkala agar data yang dimiliki valid dan balance.

Contoh Buku Kas Keluar dan Masuk

1. Contoh buku kas arus keluar

contoh buku kas keluar
Pinterest

2. Contoh buku kas keluar sederhana

contoh buku kas keluar
Jurnal

3. Contoh kas masuk

contoh buku kas keluar
Pinterest

4. Contoh buku kas masuk sederhana

Pinterest

5. Contoh buku kas keluar masuk

Jurnal

Demikian tadi pengertian kas masuk dan keluar yang cukup penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Sedulur juga perlu memperhatikan pembuatan buku kas agar pencatatan tetap rapi dan bisa membantu dalam membuat strategi bisnis kedepannya.

Semoga dengan ulasan dan contoh buku kas keluar masuk kali ini bisa memberikan ilmu baru bagi Sedulur dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis ya!