Menjadi pengusaha merupakan salah satu pilihan profesi yang tepat bagi Sedulur yang ingin mendapatkan kesuksesan dan sejumlah kekayaan materi. Karena berbisnis tidak mengandalkan gaji bulanan, dan jika usaha yang dijalankan maju dan laris Sedulur bisa mendapatkan pemasukan yang melebihi gaji standar bulanan.

Salah satu usaha yang menarik dan membawa keuntungan yang cepat adalah usaha beras. Namun, tidak mudah mengembankan usaha beras. Perlu proses yang membutuhkan perjuangan untuk bisa mencapai kesuksesan menjalankan usaha beras. Bagi Sedulur yang pemula, Sedulur tidak perlu khawatir memulai usaha beras.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas tips sukses usaha jual beras bagi pemula. Tentu saja, bagi Sedulur yang mendambakan kesuksesan simak tips dalam penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Baca Juga: Tips & Trik Budidaya Udang Vaname, Bisa Jadi Ladang Cuan!

Tips Sukses Memulai Usaha Beras Bagi Pemula dari Nol

1. Menyiapkan Modal Usaha Beras

1. Menyiapkan Modal Usaha Beras
okezone.com

Tips pertama usaha jual beras bagi pemula adalah mempersiapkan modal awal. Modal awal sangat penting untuk setiap jenis usaha yang dijalankan. Hampir mustahil kita menjalankan usaha tanpa mempersiapkan modal usaha. Dalam usaha beras, Sedulur bisa menyiapkan modal usaha sekitar Rp 4 Juta dengan asumsi belanja 20 karung beras untuk awal berjualan.

Setiap karung beras, biasa memiliki berat 20 – 50 kg. Jika kita asumsikan harga beras dengan berat 20 kg sekitar Rp 220.000, maka setiap kilogram beras memiliki harga Rp 11.000. Maka, dengan modal usaha Rp 4 juta Sedulur bisa mendapatkan 20 karung sebagai awal penjualan.

2. Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis

2. Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis
merasmaknyuss.com

Setelah menyiapkan modal usaha, langkah yang tidak kalah penting adalah menyiapkan lokasi usaha yang strategis. Beruntung bagi Sedulur yang memiliki rumah di samping jalan utama. Menjalankan usaha menjadi lebih mudah untuk mendatangkan pelanggan, berbeda dengan pemula. Memikirkan lokasi usaha adalah hal lain yang mesti dipikirkan.

Tips sukses usaha jual beras bagi pemula yang kedua adalah dengan menyiapkan modal untuk menyewa tempat usaha. Asumsikan biaya sewa habis Rp 10 juta, dengan lokasi yang strategis biaya sewa tersebut sangat sebanding. Karena, biasanya lokasi usaha yang strategis selalu mematok harga sewa yang lumayan mahal.

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya operasional untuk biaya air, listrik, akomodasi, transportasi dan biaya karyawan. Modal yang harus disiapkan pun terpisah dengan sewa lokasi. Namun, jika Sedulur langsung turun tangan menangani usaha, biaya karyawan tidak perlu Sedulur masukkan.

3. Memahami Segala Hal Tentang Usaha Sembako

3. Memahami Segala Hal Tentang Usaha Sembako
superapp.id

Hal penting lainnya yang seringkali dianggap enteng oleh pemula adalah terkait informasi dan pengetahuan tentang usaha sembako. Memahami segala hal tentang usaha toko sembako sangat penting, karena beras merupakan salah satu sembako yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Pengetahuan seperti pengelolaan modal usaha, pengelolaan biaya operasional, cara menarik pelanggan dan lain sebagainya merupakan hal penting. Sedulur juga penting untuk memikirkan distribusi pengeluaran barang, agar barang tidak terlalu lama berada di gudang. Untuk mengetahui ini, tentu saja Sedulur perlu mengetahui segala hal tentang usaha sembako.

4. Ketahui Target Pelanggan

4. Ketahui Target Pelanggan
kompas.com

Tips selanjutnya melakukan analisa usaha beras, yang paling penting adalah mengetahui target pelanggan, atau target pasar. Mengetahui siapa target pasar kita merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis apapun. Termasuk juga dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula. Mengetahui siapa target pasar merupakan hal yang sangat penting.

Walaupun tidak terlalu sulit menentukan dan mengetahui siapa target pasar kita saat berjualan beras, karena hampir setiap masyarakat Indonesia membutuhkan beras sebagai makanan utama. Agar dapat fokus menemukan siapa target pasar, pilih tempat berjualan yang tepat.

Dalam menjalankan langkah usaha jual beras bagi pemula, memiliki pelanggan utama sebagai target pasar adalah hal yang sangat tepat sebagai langkah awal menjalankan cara usaha jual beras bagi pemula.

Baca Juga: Begini Tips Jitu Beli Sayur dan Buah Online

5. Pilih Jenis Beras yang Akan Dijual

5. Pilih Jenis Beras yang Akan Dijual
popmama.com

Hal penting selanjutnya dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula yaitu dengan memilih jenis beras yang akan dijual. Banyak sekali jenis beras yang tersedia di pasaran. Setiap jenis beras juga memiliki tingkatan kualitas yang berbeda-beda. Sedulur bisa dengan mudah menentukan pilihan jenis beras, setelah Sedulur mengetahui siapa target pelanggan Sedulur.

Selain memilih jenis beras yang berkualitas merupakan hal wajib, Sedulur juga wajib memilih jenis beras yang paling disukai dan banyak dibeli oleh target pelanggan Sedulur. Tentu saja hal ini akan membuat usaha beras Sedulur mudah untuk laris lagi.

6. Memilih Supplier Beras yang Tepat

6. Memilih Supplier Beras yang Tepat
detik.com

Tersedia banyak supplier dan distributor beras murah, memiliki supplier yang tepat juga merupakan langkah penting. Mempunyai supplier beras yang tepat merupakan kunci utama dalam berjalannya bisnis berjualan beras.

Sebagai penjual beras, Sedulur harus selalu memiliki pasokan beras. Karena jika tidak, pelanggan yang membutuhkan beras akan berpindah ke toko beras lainnya. Hal ini akan menjadi sebuah kerugian bagi Sedulur, karena kehilangan satu pelanggan.

Seperti yang Sedulur ketahui sendiri, bahwa masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari yang namanya beras. Belum makan namanya jika kita belum makan nasi. Oleh karena itu, keberadaan beras sangat penting bagi masyarakat.

7. Berikan Pelayanan yang Baik

7. Berikan Pelayanan yang Baik
superapp.id

Menjual beras atau menjual produk apapun merupakan hal yang sangat berkaitan erat dengan pelayanan. Toko beras Sedulur harus memberikan pelayanan yang baik agar pelanggan tetap datang dan berbelanja beras di toko Sedulur.

Berikan beberapa bonus dan harga diskon bagi setiap pelanggan tetap. Hal tersebut akan membuat pelanggan nyaman dan Sedulur sebagai pemilik toko telah memberikan pelayanan yang baik dan sempurna untuk membuat pelanggan tetap belanja di toko beras Sedulur.

8. Mempersiapkan Kemasan dan Alat Penakar Beras

8. Mempersiapkan Kemasan dan Alat Penakar Beras
ilmu-ekonomi-id.com

Sedulur juga wajib mempersiapkan kemasan dan alat penakar beras. Alat penakar beras ini berfungsi untuk melayani pembeli yang membeli eceran. Menjual beras eceran tentu saja akan membawa keuntungan lebih. Karena keuntungan jual beras per kg terletak pada harga jual dengan harga beli yang memiliki selisih. Selisih tersebut yang menjadi untung bagi Sedulur.

Siapkan kemasan yang aman dan memudahkan pelanggan. Setelah itu, Sedulur juga wajib mempersiapkan peralatan lain seperti kursi, meja, dan peralatan penunjang lainnya.

9. Atur Manajemen Keuangan

9. Atur Manajemen Keuangan
danamon.co.id

Dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula, mengatur keuangan usaha adalah hal penting. Jangan sampai mengabaikan mengatur keuangan, karena jika terjadi kesalahan dalam menghitung pemasukan, toko beras yang sedang dibangun akan keteteran. Jangan sampai langkah usaha jual beras bagi pemula menjadi kacau karena masalah keuangan.

Pada awal menjalankan usaha beras, kita harus fokus menghitung pemasukan untuk mendapatkan kembali modal awal dan berapa keuntungan yang didapat. Hal ini penting, karena keberlangsungan toko beras akan sangat bergantung pada pemasukan awal.

10. Disiplin dan Pantang Menyerah

10. Disiplin dan Pantang Menyerah
blog.indogold.id

Dalam setiap bisnis apapun, kendala dan resiko akan selalu kita temui. Oleh karena itu, selalu semangat untuk belajar dan tidak mudah menyerah adalah pilihan satu-satunya yang harus dijalankan. Terutama dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula, kendala dan resiko akan banyak dihadapi, karena banyaknya pesaing yang berjualan beras. Jangan mudah menyerah, pelajari pola dalam menjalankan bisnis beras dari para pesaing.

11. Selalu Terbuka dan Jangan Berhenti Belajar

11. Selalu Terbuka dan Jangan Berhenti Belajar
bisnis.com

Terbuka terhadap semua kemungkinan dan juga teknologi, serta jangan pernah berhenti untuk belajar. Dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula, membuka diri terhadap segala hal baru merupakan hal wajib. Seperti saat ini, trend usaha yang sedang ramai dijalankan yaitu menggunakan media sosial.

Sedulur juga wajib melakukannya, tujuannya agar Sedulur bisa mendapatkan pasar yang lebih luas lagi. Saat ini banyak aplikasi atau marketplace yang bisa Sedulur gunakan untuk mengembangkan usaha beras yang dijalankan

12. Gunakan Aplikasi Super Dan Jalankan Usaha Beras yang Sukses

12. Gunakan Aplikasi Super Miliki Usaha Beras yang Sukses
superapp.id

Jika Sedulur bertanya apa aplikasi untuk kulakan yang memudahkan masyarakat, jawabannya adalah Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang menyediakan berbagai kebutuhan sembako masyarakat. Sedulur bisa bergabung dengan Aplikasi Super untuk mengembangkan usaha beras Sedulur.

Banyak cara yang bisa dijalankan dalam meniti usaha jual beras bagi pemula. Bergabung menjadi Mitra Supercenter dan menggunakan Aplikasi Super adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Sedulur boleh klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mempelajari terlebih dahulu bagaimana Aplikasi Super bekerja dalam melayani masyarakat.