cara promosi camilan

Promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis camilan. Bukan tanpa alasan, promosi dapat mempengaruhi penjualan produk yang Sedulur tawarkan. Adapun salah satu cara promosi camilan yang bisa Sedulur coba adalah dengan menggunakan kalimat atau kata-kata yang dapat menarik perhatian konsumen.

Meski terlihat sederhana, kalimat yang menarik sekaligus informatif ternyata bisa mendorong target konsumen tertarik untuk membeli produk Sedulur. Lantas bagaimana cara membuat kalimat promosi? Serta seperti apa contoh kalimat promosi camilan yang menarik? Berikut ini sudah dirangkum informasi selengkapnya. Yuk, langsung disimak.

BACA JUGA: 15 Cara Promosi Makanan di Sosmed, Raup Omzet Berlipat!

Mengapa Harus Membuat Kalimat Promosi?

cara promosi camilan
Pexels/Polina Tankilevitch

Ada banyak cara untuk memperkenalkan produk, termasuk camilan yang Sedulur jual kepada calon konsumen. Salah satunya dengan membuat konten iklan dan memasangnya di berbagai platform media sosial. Namun, dalam membuat konten iklan tersebut ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Satu di antaranya adalah penulisan copy atau kalimat promosi.

Selain membuat iklan yang menarik dari segi visual, misalnya dengan menampilkan gambar, foto, atau video, Sedulur juga perlu menuliskan kalimat promosi. Hal ini agar calon konsumen mengetahui maksud dari iklan tersebut. Kalimat promosi sendiri bisa ditampilkan dalam bentuk tulisan maupun narasi yang dibacakan dalam video iklan. Melalui narasi tersebut, calon konsumen dapat mengetahui informasi terkait produk yang Sedulur tawarkan, termasuk terkait promo dan diskon yang berlaku.

Mengingat pentingnya fungsi kalimat promosi dalam sebuah bisnis, Sedulur perlu membuatnya secara hati-hati. Hal ini dimaksudkan agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen, di samping juga dapat menarik minat mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

Cara Membuat Kalimat untuk Promosi Camilan

Pexels/Lisa Fotios

Selayaknya menulis, membuat kalimat untuk promosi camilan juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Melainkan Sedulur perlu menyusunnya secara hati-hati sehingga didapatkan kalimat yang menarik, informatif, dan dapat diterima oleh masyarakat, terutama yang menjadi target pasar Sedulur.

Agar Sedulur tidak bingung, ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk membuat kalimat promosi camilan yang bagus.

1. Gunakan kata-kata ajakan

Kata-kata ajakan atau persuasif menjadi salah satu kunci untuk membuat kalimat promosi yang baik. Sebab, pada dasarnya pembuatan kalimat promosi memang ditujukan untuk mengajak target konsumen melakukan kegiatan sesuai keinginan penjual, yaitu membeli barang atau jasa. Salah satu kata persuasif yang bisa Sedulur gunakan adalah “ayo”.

Di sisi lain, terkait dengan promosi camilan Sedulur bisa memilih kata-kata yang dapat menggugah keinginan konsumen untuk mencicipi camilan yang dijual. Bagaimana caranya?

Sedulur bisa memasukkan informasi seputar rasa camilan yang dijual. Selain itu, gunakan juga istilah yang dapat membuat konsumen penasaran, ngiler, bahkan menjadi lapar karena membayangkan kelezatan camilan yang dipromosikan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  • “Cokelatnya lumer di mulut!”
  • “Wah, pedasnya nampol!”
  • “Camilan gurih dan asin, bikin nggak bisa berhenti ngunyah!”

2. Terapkan teknik copywriting

Sedulur dapat menerapkan teknik copywriting dalam membuat kalimat promosi. Sebagaimana diketahui, copywriting merupakan teknik dalam marketing atau pemasaran yang dimaksudkan untuk membujuk target konsumen agar membeli produk yang dijual.

Teknik copywriting sendiri umumnya diterapkan dalam promosi untuk menciptakan sebuah konten berupa tulisan, baik itu artikel maupun kalimat yang menarik.

Sekadar informasi, Sedulur dapat mempelajari teknik copywriting melalui online course yang kini banyak tersedia. Teknik ini juga sekaligus bisa menjadi salah satu modal yang sangat bermanfaat bagi Sedulur yang berkecimpung di dunia pemasaran maupun periklanan.

3. Sesuaikan kalimat promosi dengan target konsumen

Membuat kalimat promosi yang menarik tak sebatas menggunakan kata-kata persuasif, lo. Melainkan Sedulur juga perlu mengenali target konsumen yang ingin dituju.

Sedulur dapat memulainya dengan melakukan analisis terkait karakter target konsumen dari produk yang dijual. Analisis di sini dapat meliputi usia, pekerjaan, hingga kebiasaan mereka. Hal ini juga sekaligus bisa membantu Sedulur untuk menyediakan produk yang sesuai.

Selanjutnya, buat kalimat promosi menggunakan pilihan kata yang sesuai dengan karakter target konsumen tersebut berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan. Misalnya, apabila target pasar Sedulur adalah anak muda, coba gunakan kata-kata yang juga familier untuk mereka.

4. Peka dengan tren terkini

Tak hanya menyesuaikan kalimat promosi dengan target pasar, Sedulur juga bisa membuat kalimat promosi yang memuat tren terkini. Misalnya menggunakan gaya bahasa maupun istilah-istilah yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial.

Selain itu, Sedulur juga bisa memanfaatkan tren perhelatan sepak bola dunia ataupun kejuaraan lainnya. Namun, pastikan bahwa pilihan kata yang dipilih tidak melanggar hak cipta, ya.

BACA JUGA: 50+ Kumpulan Kata-kata Promosi yang Bikin Pembeli Datang

Contoh Kalimat untuk Promosi Camilan

Unsplash/Toa Heftiba

Setelah menyimak tips membuat kalimat promosi camilan yang menarik, Sedulur tentu ingin tahu bagaimana contoh kalimatnya. Nah, berikut ada beberapa contoh kalimat promosi camilan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahan referensi untuk Sedulur.

1. Kalimat promosi camilan dalam bahasa Indonesia

  • “Pengin ngemil tapi bokek? Jangan khawatir, cukup dengan Rp 5.000 camilan ini akan manjakan lidahmu!”
  • “Rumah Jadoel, pusatnya jajanan tradisional yang bikin nostalgia.”
  • “Produk Best Seller! Persediaan terbatas! Buruan beli sebelum kehabisan!”
  • “Bronis lembut dengan cokelat berkualitas. Meleleh di mulut!”
  • “Keripik pedas kaya rempah. Lidahmu dijamin bakal naik kelas!”
  • “Cromboloni Super, renyah di luar, lembut di dalam, cokelatnya meleleh!”
  • “Bukan keripik biasa! Rasa gurih dan pedasnya dijamin bikin ketagihan!”
  • “Telur Gabus Nenek Super, camilan legendaris yang selalu bikin kangen.”
  • “Sambal Bu Super. Dibuat dari cabai segar berkualitas tanpa bahan pengawet.”
  • “Sambal Bu Super, pedasnya nampol bikin lidah bergoyang.”
  • “Bakso Aci Mang Super, kuah kaldunya bikin perut keroncongan!”
  • “Paket Camilan Komplit. Ada manis, asin, dan pedas. Cocok buat nemenin nongkrong rame-rame.”
  • “Lagi nggak mood? Tandanya kamu butuh ngemil yang asyik. Yuk, cobain keripik super kriuk. Ada banyak varian rasa yang sesuai dengan mood kamu.”
  • “Pengin ngemil tapi dompet tipis? Bronis Mama Super solusinya. Bronis lezat, harga bersahabat.”
  • “Ayam Popcorn Super Oppa, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima!”
  • “Ayam Popcorn Super Oppa, potongan ayam lembut yang berpadu dengan saus keju creamy.”
  • “Awas ketagihan! Pedas dan gurihnya bakal bikin kamu nggak bisa berhenti ngunyah!”
  • “Telur Gabus Mama Super, renyah dan gurihnya bikin nostalgia!”
  • “Pengin ngemil tapi lagi diet? Bronis Super aja, enak dan rendah kalori.”
  • “Promo spesial akhir tahun! Buy 1 Get 1 Telur Gabus kemasan 100 gram!”
  • “Martabak Manis Super, Toppingnya Tumpah-Tumpah!”
  • “Kue Cubit Cinta, camilan manis anti galau.”
  • “Risoles Mayonais Bunda Super. Banyak isinya, meleleh di mulut.”

2. Kalimat promosi camilan dalam bahasa Inggris

  • “Our foods make life sweeter. (Makanan kami membuat hidup menjadi lebih manis.)”
  • “Feeling a little down today? Enjoy our brownie! (Merasa sedikit sedih hari ini? Selamat menikmati brownies kami!)”
  • “Mama’s Bakery. Enjoy a taste of heaven. (Mama’s Bakery. Nikmati kenikmatan bak di surga.)”
  • “Life is too short to eat bad ice cream. (Hidup terlalu singkat untuk makan es krim yang buruk.)”
  • “Mama’s Cake. Mother’s love in every bite. (Mama’s Cake. Menyajikan cinta ibu di setiap gigitan.)”
  • “Doughnut worry, we’ve got lots of sweet treats for you. (Jangan khawatir, kami punya banyak makanan manis untukmu.)”
  • “We only serve good food. (Kami hanya menyajikan makanan yang lezat.)”

Demikian rangkuman mengenai cara promosi camilan yang baik untuk meningkatkan penjualan Sedulur. Selain itu, juga telah dipaparkan beberapa contoh kalimat promosi yang sebagai referensi untuk Sedulur. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi Sedulur dalam menjalankan bisnis camilan, ya!