Cara mencari winning product

Banyak pedagang atau penjual yang baru mengetahui bahwa barang yang dijualnya ternyata tidak begitu laku di pasaran. Hal ini tentu menunjukan bahwa penjual tersebut tidak melakukan riset yang menyeluruh. Padahal salah satu hal penting dalam riset yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara mencari winning produk yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bisa membantu penjual untuk mengetahui produk mana yang paling diminiati dan paling disukai oleh konsumen.

Riset juga akan memastikan bawha produk tersebut merupakan produk unggulan atau dikenal juga dengan istilah winning product. Dimana Sedulur juga bisa menentukan seberapa banyak barang akan tersedia dan dijual. Untuk itu, kita akan membantu Sedulur untuk mengetahui cara mencari winning produk dan tips penting lainnya dalam menjalankan bisnis. Seperti apa caranya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Struktur Lengkap Pembagian Kerja Dalam Bisnis Restorant

Apa itu winning product?

Pinterest

Tentu sebelum masuk ke pembahasan utama, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa itu winning product. Winning products adalah produk yang sudah terbukti berhasil terjual sesuai dengan target pasar yang dituju dengan anggapan produk tersebut sudah terbukti kualitas dan manfaatnya.

-->

Setelah mengetahui pengertian dari Winning Products, tahapan awal yang harus diketahui agar produk tersebut berpotensi menjadi winning products adalah riset produk. Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat  mengetahui produk apa yang sedang laku dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Selain itu, riset produk juga dapat menjadi alternatif untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga  dapat mengembangkan produk dan layanan. Maka dari itu, riset apapun jika berkaitan dengan bisnis sangat penting dan bermanfaat. 

Ada beberapa contoh winning product atau produk unggul yang menarik perhatian pembeli atau konsumen. Dari sekian banyak produsen, kita ambil contoh dari segmen sepeda motor, yaitu merek Honda.

Dari tahun ke tahun, Honda menjadi motor sejuta umat masyarakat Indonesia. Ini terbukti dari total penjualannya yang selalu unggul dari merek lain. Salah satu produk unggulan yang menjadi Winning Product dari Honda adalah Honda Beat.

Honda Beat memberikan dampak yang sangat besar kepada perusahaan berkat omzet dari penjualannya. Honda Beat menjadi sebuah Winning Product yang selalu laris dari tahun ke tahun. Jika diterapkan pada contoh lain tentu akan sangat banyak contoh yang bisa diterapkan.

Namun pada dasarnya secara sederhana winning produk merupakan produk yang terbukti berhasil terjual sesuai dengan target pasar yang dituju serta terbukti memiliki kualitas yang baik yang dapat menjawab segala masalah dari masyarakat itu sendiri. Sedulur bisa mengetahui winning product dengan melakukan beberapa langkah berikut ini!

1. Riset produk

Packsize

Selanjutnya Sedulur bisa melakukan riset produk sederhana dengan mengumpulkan data informasi mengenai produk yang ingin dijual. Ini merupakan tahapan awal bagi siapa pun yang memutuskan berdagang dan berjualan. Melakukan riset ini Sedulur bisa menggunakan berbagai alat yang dibutuhkan, alat atau tools yang dimaksud akan dibahas lebih lanjut dalam penjelasan selanjutnya.

2. Gunakan Google Trend dan Google Keyword Planner

Unsplash

Cara mencari winning produk kedua adalah dengan menggunakan Google Trend dan Google Keyword Planner. Google adalah mesin pencari yang mendominasi 92% pencarian di seluruh dunia oleh karena itu, menggunakan Google Trend juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Terutama untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari produk dengan kategori winning products. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan fitur ini yaitu pastikan lokasi pencarian dan rentangan waktu pencarian, hal ini disebabkan karena trend di lokasi satu berbeda dengan lokasi lainnya dan berputarnya trend yang cepat harus disesuaikan dengan tepat agar tidak salah momentum.

Selain Google Trends, tools dari Google lainnya yang sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk mendapatkan winning produk adalah Google Keyword Planner dengan menggunakan kata kunci atau keyword sebagai langkah awal.

3. Riset marketplace

Empire Flipper

Cara mencari winning produk selanjutnya dengan memanfaat marketplace. Marketplace sendiri merupakan tempat untuk berjualan secara online. Riset pada platform ini juga sangat direkomendasikan karena banyak marketplace yang tersedia di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur filter.

Fitur filter tersebut bertujuan untuk memudahkan kita untuk melihat produk terlaris dari masing-masing marketplace. Setiap marketplace memiliki konsumen tersendiri sehingga hasilnya juga bisa lebih beragam. Maka dari itu, untuk menggunakan cara ini, Sedulur harus menggunakan marketplace terlebih dahulu.

Selain itu, biasanya, setiap marketplace memiliki fitur sendiri yang lebih spesifik dan berbeda dari marketplace lainnya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan marketplace yang beragam untuk mengetahui winning product di setiap marketplace tersebut.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan dan Seserahan untuk Pemula

4. Social media research

Indeed

Cara mencari winning produk selanjutnya adalah dengan menggunakan social media research. Menggunakan riset media sosial juga sangat membantu untuk mendatangkan produk, hal tersebut dapat terlihat dari penggunakan fitur tagar (#).

Twitter dan Instagram merupakan media sosial yang menggunakan fitur tagar. Selain itu, tidak sedikit influencer yang memasarkan produk melalui fitur seperti story Instagram dan utas di Twitter.  Bahkan, tarif tinggi dikeluarkan oleh sebuah produk agar dapat memasarkan melakui Instagram atau Twitter para selebgram atau influencer.

Facebook juga tidak kalah penting dalam mesin pencari, Sedulur dapat mencari produk apa yang sedang banyak dijual dengan mengandalkan keyword promosi seperti misalnya “diskon 50% all item” atau “Gratis Ongkir” maka akan muncul beberapa pilihan yang dapat Sedulur pertimbangkan menjadi calon winning products.

5. Consumer product review

Search Engine Journal

Sedulur juga bisa melakukan cara mencari winning produk dengan memanfaat riview dari konsumen. Review atau ulasan banyak dilakukan oleh konsumen melalui berbagai media, baik melalui marketplace, blog atau Youtube dalam bentuk video.

Dengan Melihat ulasan dari konsumen yang telah membeli produk, biasanya produk yang banyak mendapat ulasan menandakan produk tersebut sedang banyak dicari oleh konsumen.

Namun, riset produk melalui review juga bisa menjadi sarana untuk menemukan keunggulan dan kekurangan produk kompetitor bagi Sedulur yang menciptakan produk sendiri. Dengan informasi yang didapatkan, Sedulur dapat menyusun strategi bagaimana membuat produk akan lebih baik daripada milik kompetitor.

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

6. Riset ekplorasi dan riset konklusi

Better Up

Apabila Sedulur ingin mendapat jawaban langsung dari calon pelanggan, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan kedua jenis riset ini, yaitu riset eksplorasi dan riset konklusi. Riset eksplorasi berguna untuk melemparkan pertanyaan umum kepada audiens seperti “produk apa yang sedang anda butuhkan” atau menjurus ke satu jenis produk “payung apa yang menurutmu bagus?”

Dari kedua pertanyaan ini Sedulur akan mendapatkan insight yang dapat digunakan untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan pada riset Konklusi. Riset konklusi berfungsi untuk menyortir insight-insight yang Sedulur dapatkan di riset eksplorasi dapat digunakan untuk menyusun kuesioner dari insight yang didapatkan dari pertanyaan “payung seperti apa yang menurutmu bagus?”

Seperti misalnya terdapat beberapa jawaban “Payung yang bagus adalah payung yang murah, payung yang trendy, payung yang premium” dari ketiga pilihan tersebut Sedulur dapat membuat skala sehingga dapat menentukan pilihan yang paling banyak diinginkan oleh responden.

Hasil dari riset eksplorasi dan konklusif yang akurat dapat digunakan untuk menentukan pemilihan produk yang tepat serta inovasi layanan bisnis Sedulur.

7. Rumus yang bisa digunakan

Pexels

Rumus yang bisa digunakan untuk melakukan riset sendiri adalah sebagai berikut:

  • Winnig Product = engage + wow factor + problem solving + Profit tinggi

Penjelasan dari rumus di atas sendiri secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • Engage : cari produk yang menarik walaupun orang tidak terlalu butuh produk tersebut. Contoh Produk Solusi atau perawatan.
  • Wow factor : suatu nilai tambah sebuah produk yang sangat berkesan untuk pelanggan. Tidak hanya berbeda dari produk lain tapi harus punya nilai tambah.
  • Problem solving, produk yang dapat menyelesaikan masalah pasti akan selalu laku jika bertemu dengan customer yang membutuhkan.
  • Profit Tinggi :Tidak hanya laris produk yang kita jual juga dapat menghasilkan profit yang cukup tinggi. Sehingga bisa untuk menutup biaya iklan dan operasional usaha.

Nah itulah beberapa tips dan cara mencari winning produk yang bisa Sedulur lakukan agar Sedulur tidak salah lagi dalam melakukan riset produk terbaik yang harus dijual. Sehingga dampaknya Sedulur akan mendapatkan omset dan penghasilan yang melesat tinggi!