18 Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Loyal

Perlu diketahui dalam sebuah bisnis terdapat Langkah penting salah satunya adalah cara mempertahankan pelanggan agar tetap loyal untuk menggunakan produk yang Sedulur miliki.

Cara mempertahankan pelanggan ini bukanlah hal yang mudaj mengingat sebuah perusahaan tidak hanya mempertahankan satu atau dua pelanggan saja. Mereka juha harus mempertahankan banyak oelanggan agar tidak tergoda oleh perusahaan pesaing.

Mempertahankan loyalitas pelanggan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan sedulur. Tapi, bagaimana caranya? Melali artikel ini, Sedulur dapat segera mengetahui bagaimana cara mempertahankan pepanggan dengan tepat.

BACA JUGA: Cek Nomor Pelanggan PDAM yang Hilang, Cukup Dari Rumah

1. Meminta feedback lewat survei pelanggan

Unsplash

Sesuatu hal yang wajar bagi produsen ketika ingin mengetahui apa yang sebenarnya diingkan oleh pelanggan. Sedulur hanya perlu menanyakan langsung kepada konsumen yang telah membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan. Hal ini bisa menjadi bentuk dari kepedulian terhadap konsumen jika suatu perusahaan meminta feedback kepada pelanggannya.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminta feedback kepada pelanggan, mulai dari menyebarkan kuesioner, membuka sesi Q&A di media sosial, hingga melakukan survei via e-mail.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengirimkan survei online kepada pelanggan. Hal ini dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan informasi mengenai alasan mereka terus menggunakan produk dan apa yang seharusnya diperbaiki dari bisnis yang sedang Sedulur jalani. Survei ini juga membantu untuk mengidentifikasi pola pembelian pelanggan.

2. Manfaatkan social proof

Dalam sebuah survei dari Google, 59% pembeli melakukan riset online terlebih dahulu untuk memastikan bahwa produk yang diincar memang layak untuk dibeli. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak bisnis yang menampilkan testimoni positif di berbagai saluran pemasaran mereka. Tujuannya agar calon pembeli percaya dengan produk mereka.

3. Memperkuat bisnis dengan komunitas pelanggan

Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang mimiliki ketertarikan atau minat terhadap sesuatu hal yang sama. Sebuah bisnis bisa mengajak para pelanggan baru untuk bergabung ke dalam komunitas yang berisi pelanggan yang sudah loyal.

Hal ini bisa mendorong mereka untuk setia membeli produk yang Sedulur jual. Strategi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis, salah satu yang paling umum adalah bisnis otomotif yang memiliki klub motor/mobilnya.

4. Berikan bonus dan promo menarik

Cara praktis untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menawarkan bonus atau keuntungan yang dapat mereka dapatkan Ketika membeli produk atau jasa yang sedulur tawarkan. Alasannya, mereka pasti akan tertarik dengan kata promo atau gratis. Jika rutin menawarkan bonus yang sesuai dengan minat pelanggan, pelanggan juga pastinya akan tertarik untuk mengunjungi bisnis Sedulur secara berkala.

Berikut adalah jenis-jenis bonus atau penawaran menarik yang bisa sedulur tawarka:

  • Gratis ongkos kirim
  • Potongan harga (diskon)
  • Promo (contohnya beli 1 gratis 1)
  • Produk gratis setelah melakukan beberapa pembelian
  • Jaminan tukar barang jika terdapat kerusakan atau kesalahan

Intinya, apa pun bonus yang ditawarkan, pastikan sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

5. Menjalin hubungan personal dengan pelanggan

Dalam sebuah pepatah dikatakan bahwa tak kenal maka tak sayang.  Pepatah tersebut juga dapat berlaku pada bisnis yang sedang sedulur dijalani. Bisnis sedulur akan berhasil ketika memiliki kedekatan tersendiri dengan para pelanggannya. Hal ini dapat membangun hubungan personal yang baik dengan mereka

Jika Sedulur tidak mendekatkan diri dengan pelanggan, hubungan sedulur dengan para pelanggan hanya sebatas hubungan jual-beli tidak lebih. Sebuah bisnis dapat memosisikan diri sebagai “pemberi solusi” atau bahkan “teman” mereka sehingga pelanggan akan loyal terhadap bisnis yang sedulur jalani.

BACA JUGA: 5 Cara Dapatkan Feedback dari Pelanggan

6. Melakukan personalia pada pengalaman pelanggan

cara mempertahankan pelanggan

Setelah menjalih hubungan personal yang baik dengan pelanggan. Sedulur juuga bisa mengeksplorasi pengalaman yang personal kepada pelanggan lama. Ingat preferensi mereka, ulang tahun, atau perayaan khusus lainnya. Sediakan rekomendasi atau penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Personalisasi pengalaman pelanggan menciptakan hubungan yang lebih dalam dan membuat mereka merasa dihargai.

7. Menawarkan opsi berlangganan

Jika bisnis yang sedulur jalani menawarkan program berlanggan, tentu saja hal ini bisa menjadi pengikat agar pelanggan tidak akan hanya membayar dalam satu kali transaksi. Mereka juga akan rutin melakukan transaksi setiap bulan atau tahun karena pelanggan memperoleh keuntungan yang tidak dimiliki pelanggan reguler dalam opsi berlangganan tersebut.

Biasanya, opsi berlangganan juga menawarkan biaya yang lebih “ekonomis” dibanding transaksi biasa. Terkadang, ada pelanggan yang ingin menggunakan produk atau layanan secara rutin. Opsi berlangganan dapat menjadi solusi tersebut karena mereka tinggal melakukan pembayaran per bulan atau per tahun untuk bisa menikmati produk atau layanannya. Lalu, apakah program berlangganan menguntungkan pebisnis? Tentu saja, karena ini adalah cara ampuh untuk membuat para pelanggan melakukan pembelian berulang.

8. Adakan program loyalitas

Program Loyalitas merupakan program khusus yang dibuat untuk memicu loyalitas pembeli. Cara ini terbilang cukup popular dalam suatu bisnis, Sedulur pun pasti pernah merasakan praktiknya secara langsung. Program ini merupakan cara yang ampuh untuk memicu pelanggan agar melakukan pembelian berulang. Mereka dapat tergoda dengan bonus yang ditawarkan tiap berbelanja.

9. Berikan kesan terbaik saat melayani

Bisnis yang diingat adalah bisnis yang meninggalkan kesan yang baik kepada pelanggannya. Oleh karena itu, berikan kesan terbaik untuk pelanggan Sedulur. Caranya bagaimana? Sedulur bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan website Sedulur memiliki kecepatan loading yang tinggi sehingga mudah dikunjungi.
  • Pastikan website Sedulur responsif. Jadi, tampilannya tetap bagus walau dibuka di perangkat mobile.
  • Berikan pelayanan yang prima. Hal ini sangat penting karena pelanggan tak akan ragu untuk membeli kembali apabila mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

10. Membuat saluran komunikasi

Pastikan bisnis sedulur muncul dan aktif di berbagai platform social media untuk memudahkan pelanggan  menghubunginya. Bisnis Sedulur akan semakin terhubung dengan para pelanggan dengan cara ini. Sedulur juga bisa dengan mudah menyampaikan berbagai informasi penting, seperti update produk terbaru atau info promosi.

BACA JUGA: Banyak Dicari Pelanggan, Ini Daftar Produk Kecap Manis Terbaik Dikulak!

11. Menciptakan produk yang unggul

cara mempertahankan pelanggan
Unsplash

Membuat produk Sedulur lebih unggul dari kompetitor mungkin kedengarannya lebih mudah diucapkan daripada dilaksanakan. Namun, inil adalah hal yang harus Sedulur perhatikan sedari awal. Sebagus apapun pelayanan yang ditawarkan, pembeli tidak akan membeli lagi jika produknya biasa-biasa saja.

12. Menggunakan strategi kode referal

Cara mempertahankan pelanggan lama serta mencari pelanggan baru dengan mudah adalah menggunakan strategi pemasaran kode referal, Sedulur bisa menawarkan diskon atau promo kepada pelanggan yang berhasil merujuk teman atau kerabat untuk membeli dan berlangganan produk atau jasa bisnis perusahaan. Sedulur bisa memberikan pelanggan beberapa poin yang dapat ditukarkan setiap pembelian.

13. Melakukan update pada produk terbaru

Cara mencari pelanggan selanjutnya adalah dengan menginformasikan perkembangan baru seperti produk baru melalui Saluran Komunikasi, E-mail atau WhatsApp agar lebih personal terhadap pelanggan.

14. Memprioritaskan pelanggan

Banyak perusahaan yang masih memiliki fokus terhadap bisnis atau produk mereka, padahal fokus pada pelanggan juga menjadi hal yang penting, karena pelanggan bisa memberikan pengalaman serta saran setelah menggunakan produk bisnis yang Sedulur jalankan, yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk produk yang akan datang.

15. Memberikan pelayanan yang terbaik

Cara mendekati pelanggan adalah dengan memberikan pelanggan yang terbaik, karena ketika mereka ingin membutuhkan produk atau layanan dari sebuah bisnis, biasanya pelanggan akan melihatnya dari cara pelayanan bisnis tersebut. Tidak jarang apabila pelayanannya buruk, mereka akan berpaling ke produk atau kompetitor lain.

Untuk memberikan pelayanan yang baik Sedulur bisa membuat pelanggan untuk selalu mendapatkan perhatian baik melalui email, telepon, atau layanan pesan langsung cari tahu apa yang paling pelanggan butuhkan agar mereka juga bisa terbantu.

16. Menjalin komunikasi yang rutin

Menjalin dan menjaga komunikasi yang teratur dan rutin dengan pelanggan merupakan hal yang peting untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan buletin, email, atau newsletter rutin untuk memberi tahu mereka tentang update terbaru terkait produk anda,  penawaran terbaru, promo khusus, atau pembaruan bisnis. Komunikasi yang teratur memperkuat hubungan dan menjaga pelanggan tetap terlibat dengan bisnis yang Sedulur jalani.

17. Melakukan berbagai Inovasi

Jangan berhenti untuk terus berinovasi dalam produk atau layanan Sedulur. Tingkatkan kualitas, tambahkan fitur baru, atau ciptakan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan lama yang juga bisa memikat pelanggan baru. Dengan terus berinovasi, Sedulur dapat mempertahankan ketertarikan dan minat pelanggan untuk tetap setia pada bisnis Sedulur.

18. Melakukan pelayanan yang proaktif

Jangan hanya menunggu pelanggan lama menghubungi Sedulur dengan masalah atau pertanyaan. Sebaliknya, cobalah untuk aktif dalam memantau kebutuhan mereka dan menawarkan bantuan sebelum mereka memintanya. Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan atau panggilan secara berkala untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. Dengan menjadi proaktif, Sedulur dapat menunjukkan perhatian dan kepedulian yang mengesankan kepada pelanggan, serta memberi mereka rasa dihargai.

19. Menganalisis perilaku pelanggan

Memahami perilaku dari pelanggan membantu sedulur untuk menyusun strategi pemesaran yang sesuai dengan keinginan mereka. Mulailah dengan mencari tahun kebiasaan- kebiasaan konsumen saat membeli produk dari bisnis yang sedulur jalankan. Bisa juga dengan mencari informasi dari produk apa yang paling sering dibeli pelanggan dan frekuensi mereka membeli produk tersebut

20. Membagikan value bisnis

Ketika memilih teman atau pasangan, biasanya kencenderung orang akan memilih mereka yang memiliki prinsip yang sama. Begitu pula dengan memilih bisnis. Terkadang prinsip dan value yang ditawarkan bisnis dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli produknya. Sedulur bisa membagikan nilai atau prinsip tersebut dalam produk atau jasa yang sedulur tawarkan.

Demikian tadi tips dan trik untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia dengan usaha Sedulur. Cara-cara di atas bisa dilakukan satu persatu dengan melihat kondisi para pelanggan yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lain. Jadi selamat mencoba dan semoga usahamu semakin berkembang ya Sedulur!