tips usaha travel mobil

Tingginya mobilitas masyarakat Indonesia tidak lepas dari banyaknya destinasi wisata, dunia kerja, hingga masih berjalannya proses pembangunan di daerah-daerah. Hal ini membuat kebutuhan kendaraan bermotor, khususnya mobil begitu penting. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir lini usaha seperti jasa travel berkembang pesat. Jika Sedulur tertarik dalam bisnis ini, maka perlu mengetahui cara membuka usaha travel sendiri.

Dalam dunia travel atau perjalanan, umumnya kendaraan yang banyak diminati adalah mobil bertipe mini bus dan bus. Selain itu, tingkat pelayanan dan ketepatan dalam pengelolaan waktu juga jadi salah satu yang dilihat ketika membuka usaha ini. Bisnis ini juga tergolong memiliki potensi besar, karena setiap saat pasti ada saja masyarakat yang membutuhkan untuk perjalanan rekreasi, perjalanan bisnis, mengunjungi keluarga, dan lainnya.

Bila Sedulur sudah mantap dan tertarik dengan bisnis travel mobil, maka bisa simak beberapa tips dan cara membuka usaha perjalanan berikut ini!

BACA JUGA: Struktur Lengkap Pembagian Kerja Dalam Bisnis Restorant

-->

Syarat izin usaha travel mobil

cara membuka usaha travel sendiri
Lifepal

Pentingnya legalitas dalam bisnis tidak hanya untuk mematuhi kebijakan dan aturan yang berlaku, tetapi juga memberikan rasa aman dan keamanan bagi bisnis Sedulur. Sebelum memulai operasional bisnis, penting untuk memperoleh izin usaha yang sesuai.

Menurut ketentuan pemerintah, usaha travel mobil harus berbentuk badan hukum CV atau PT, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.85/HK.501/MKP/2010 Pasal 6 Ayat 1.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk memperoleh legalitas.

1. Persyaratan teknis

  • Usaha sudah berbentuk PT.
  • Memiliki setidaknya 5 kendaraan (mobil).
  • Semua kendaraan telah lulus uji berkala.
  • Memiliki tempat penyimpanan kendaraan.
  • Memiliki fasilitas pemeliharaan kendaraan.
  • Mempekerjakan sopir dengan SIM resmi/legal.

2. Dokumen permohonan

  • Akta pendirian usaha.
  • Bukti pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.
  • Tanda daftar perusahaan.
  • NPWP badan usaha.
  • Surat keterangan domisili perusahaan.
  • Surat izin tempat usaha.
  • Lampiran pernyataan kesanggupan atas kewajiban dengan tanda tangan di atas materai.
  • Surat pernyataan kerja sama atau kepemilikan fasilitas pemeliharaan kendaraan.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Sedulur dapat mengunjungi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Mereka akan membantu Sedulur dalam membuat Surat Persetujuan Prinsip (SPP) yang diperlukan untuk proses pengajuan izin di instansi terkait di wilayah Sedulur.

Ajukan permohonan izin tersebut, dan setelah itu Sedulur akan segera memperoleh izin usaha yang diperlukan.

BACA JUGA: Bisnis Jus Buah, Tips Sukses dan Rincian Modal Lengkapnya!

Cara membuka usaha travel sendiri

cara membuka usaha travel sendiri
iStock

Cara membuka usaha travel sendiri sendiri bisa dibilang tidak mudah, banyak tahapan yang harus Sedulur ikuti. Berikut ini adalah cara membuka usaha travel sendiri yang bisa Sedulur ikuti:

1. Tentukan jenis bisnis travel

Sebelum memulai bisnis dalam bidang jasa travel, penting untuk menentukan jenis travel yang ingin Sedulur fokuskan. Apakah itu tiket pesawat, tiket bus atau kereta api, sewa kendaraan/mobil beserta sopir, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel/homestay atau vila, perjalanan ke destinasi pariwisata, dan lain sebagainya. Setelah memilih, Sedulur dapat fokus pada jenis yang telah ditentukan dan lebih mudah mempelajari hal-hal yang diperlukan.

2. Identifikasi lokasi yang menjadi target

Jika bisnis travel yang dipilih adalah dalam bidang wisata, identifikasilah destinasi wisata yang akan Sedulur tawarkan. Setiap daerah memiliki tujuan wisata, baik itu wisata alam, taman rekreasi, taman hiburan, wisata sejarah, atau wisata kuliner.

Lakukan pemetaan dengan potensi wisata yang berada di sekitar tempat tinggal Sedulur. Upayakan agar jarak antara tempat wisata tidak melebihi 200 km. Mengapa? Karena ini akan mempengaruhi biaya dan paket yang akan Sedulur tawarkan nantinya.

Selain itu, Sedulur juga perlu memiliki database untuk setiap destinasi wisata, termasuk informasi kontak pengelola tempat wisata, harga tiket, persyaratan administrasi, dan biaya-biaya yang mungkin terkait dengan perjalanan wisata.

3. Buat profil bisnis 

Setelah menentukan jenis bisnis travel yang akan dijalankan, buatlah profil bisnis Sedulur. Tulis profil bisnis dengan baik dan meyakinkan bagi calon pengguna jasa. Kredibilitas bisnis Sedulur dipengaruhi oleh profesionalitas yang tergambar dalam profil tersebut. Tuliskan profil bisnis Sedulur dan keunggulan yang ditawarkan.

Sertakan foto yang menarik atau animasi bergerak untuk memperhatikan profil. Profil ini menjadi alat penjualan untuk menawarkan jasa. Semakin menarik gambar yang digunakan, semakin besar peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Hal ini penting agar merek bisnis travel Sedulur mudah dikenali dan diingat oleh orang. Hindari nama yang terlalu rumit, karena semakin mudah nama tersebut diingat dan diterima oleh banyak orang, semakin membantu dalam strategi pemasaran Sedulur.

4. Lakukan pendaftaran merek bisnis travel

Hal ini sangat penting, karena setelah Sedulur merancang nama/brand dan logo untuk bisnis travel Sedulur, jika Sedulur tidak mendaftarkannya dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Sedulur tidak memiliki hak hukum atas nama atau logo tersebut. Jika ada orang lain yang menggunakan nama/logo tersebut, Sedulur tidak dapat mengajukan gugatan meskipun Sedulur adalah pencipta pertama.

5. Sajikan paket perjalanan menarik

Setelah Sedulur menyusun persiapan yang diperlukan untuk memulai bisnis ini, buatlah berbagai paket perjalanan yang dapat menjadi pilihan bagi calon pelanggan. Memberikan banyak alternatif kepada pelanggan akan lebih menarik, karena mereka akan memiliki opsi dan pertimbangan yang bisa mereka ambil.

Paket tersebut dapat berupa lamanya perjalanan, di mana semakin lama perjalanan, harganya akan lebih murah. Paket juga dapat mencakup beberapa tujuan sekaligus, yang akan mendapatkan potongan harga. Selain itu, jumlah peserta perjalanan tertentu juga dapat mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Persiapkan pemasaran yang efektif

Cara membuka usaha travel sendiri selanutnya adalah Sedulur perlu memiliki alat pemasaran yang efektif untuk menjual atau mempromosikan kepada calon pelanggan. Pertama, buatlah kartu nama (business cards) sebagai salah satu alat pemasaran Sedulur. Alat pemasaran kedua adalah akun media sosial. Buatlah akun media sosial khusus untuk bisnis travel Sedulur.

Selain itu, pertimbangkan untuk membuat sebuah blog yang memudahkan calon pelanggan menemukan informasi lengkap tentang jasa dan paket yang Sedulur tawarkan melalui mesin pencari internet.

Sedulur dapat mempromosikan bisnis Sedulur kepada khalayak secara mudah dan cepat melalui media sosial. Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif. Berikan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan Sedulur.

Dengan menggunakan media sosial, peluang Sedulur untuk menjangkau pelanggan di luar kota atau daerah semakin besar. Ingatlah bahwa calon pelanggan terbesar atau berpotensi adalah mereka yang berasal dari kota lain.

7. Perluas jaringan kerjasama bisnis

Selanjutnya, lakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan bisnis travel Sedulur, seperti jasa transportasi, pemerintah daerah, pengelola tempat wisata, dan restoran. Terdapat banyak mitra potensial yang dapat Sedulur ajak berkolaborasi dengan sistem komisi atau kerjasama saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Peluang kerjasama ini akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis Sedulur. Dalam bisnis wisata, Sedulur juga dapat menjalin kerjasama dengan agen travel di luar kota, karena mereka dapat mencari mitra jika terdapat paket wisata di daerah Sedulur.

Dengan memperluas jaringan kerjasama, Sedulur dapat memperkaya pengalaman perjalanan pelanggan Sedulur dengan menyediakan layanan yang lebih lengkap dan bervariasi. Kerjasama dengan pihak-pihak terkait juga akan memberikan reputasi yang lebih baik bagi bisnis travel Sedulur.

8. Kenalkan usaha

Penting untuk memperkenalkan usaha baru Sedulur kepada orang-orang terdekat agar mereka mengetahuinya dan dapat menyebarkannya lebih luas. Cobalah untuk memperkenalkan usaha Sedulur kepada teman dan keluarga. Ajukan permintaan bantuan kepada mereka jika ada kebutuhan perjalanan, sehingga Sedulur menjadi kontak pertama yang mereka hubungi. Memperkenalkan usaha melalui metode word-of-mouth juga terbukti efektif.

Tunjukkan bahwa Sedulur sudah siap memulai bisnis ini dengan baik. Buat mereka yakin bahwa bisnis Sedulur siap melayani pelanggan, sehingga mereka tidak ragu untuk merekomendasikannya.

9. Manfaatkan platform online untuk bisnis

Selanjutnya, fokuslah pada pengembangan bisnis travel secara online. Di era digital saat ini, segala sesuatunya menjadi lebih mudah dilakukan, sehingga membuat bisnis lebih efektif dan efisien. Dengan gaya hidup yang dinamis dan sibuknya jadwal kerja dan aktivitas, banyak orang kesulitan untuk meluangkan waktu untuk hal-hal di luar pekerjaan mereka yang sudah menjadi prioritas.

Oleh karena itu, dengan mengembangkan bisnis Sedulur di platform digital atau melalui bisnis online, akan memudahkan calon pelanggan dan pelanggan lama untuk menggunakan dan memanfaatkan layanan yang Sedulur tawarkan. Selain pemasaran, transaksi pembelian dan pembayaran dapat dilakukan secara online, serta hal-hal lainnya.

10. Prioritaskan pelayanan terbaik

Setelah memulai bisnis Sedulur, penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Sedulur. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilakukan dan jalin komunikasi aktif dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik mengenai pengalaman perjalanan mereka.

Menyimpan catatan yang lengkap dan positif dari pengalaman pelanggan dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif bagi bisnis Sedulur. Selain itu, tanggaplah dengan cepat setiap masalah atau keluhan yang dialami pelanggan terkait dengan jasa yang Sedulur berikan.

Memastikan bahwa setiap masalah diselesaikan dengan baik dan segera memberikan solusi yang memuaskan akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

11. Terhubung dengan pelanggan

Berupaya agar para pelanggan dapat terhubung dengan akun media sosial bisnis Sedulur merupakan langkah penting untuk memperkuat eksistensi usaha Sedulur. Manfaatkan media sosial untuk mengunggah pengalaman perjalanan wisata yang telah mereka lakukan dengan menggunakan layanan travel Sedulur, sertakan ucapan terima kasih yang tulus atas kepercayaan yang diberikan.

Dengan membagikan pesan-pesan yang Sedulur sampaikan, Sedulur membuka peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian calon pelanggan baru yang melihat konten-konten menarik tersebut.

12. Mendaftarkan izin usaha

Ketika bisnis travel Sedulur mengalami pertumbuhan yang baik dan semakin berkembang, penting untuk memastikan bahwa Sedulur mempersiapkan pendaftaran usaha secara resmi. Jangan sampai usaha yang Sedulur bangun menghadapi masalah hukum di negara ini.

13. Melakukan asuransi untuk mobil

Setiap hal memiliki risiko sendiri, termasuk dalam bisnis travel mobil. Aset utama ini perlu diasuransikan sebelum menjalankan bisnis agar dapat menghindari kemungkinan hal buruk seperti kecelakaan lalu lintas, pencurian mobil, dan risiko lain yang dapat menghambat kelancaran bisnis.

14. Menerapkan regulasi penyewaan mobil

Dalam bisnis penyewaan kendaraan, penerapan regulasi merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya regulasi, akan ada risiko terhadap mobil yang disewakan dan hal-hal yang tidak diharapkan.

Beberapa regulasi yang dapat Sedulur terapkan antara lain:

  • Meminta penahanan KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai jaminan.
  • Menyediakan formulir yang harus diisi oleh penyewa yang berisi informasi data pribadi.
  • Menggunakan perjanjian penyewaan yang ditandatangani dan dicapai materai.
  • Menggunakan alat pelacak berupa GPS pada mobil.

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

Keuntungan usaha travel mobil

iStock

Setelah mengetahui cara membuka usaha travel sendiri, Sedulur juga harus tahu keuntungan bisnis ini. Memulai bisnis travel mobil memiliki potensi keuntungan yang besar. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan melalui bisnis ini.

1. Potensi pendapatan yang tinggi

Pendapatan atau keuntungan dalam bisnis ini tentunya akan bergantung pada jumlah konsumen yang menggunakan jasa Sedulur. Sebagai contoh, tiket untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta seharga Rp300.000.

Jika ada 20 orang yang menggunakan jasa Sedulur, maka keuntungan harian yang dapat Sedulur peroleh mencapai Rp6 juta. Jika dikalikan dengan 30 hari dalam sebulan, Sedulur dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp180 juta. Jumlah ini sangat menguntungkan, bukan?

2. Manajemen yang mudah

Bisnis travel mobil termasuk dalam kategori bisnis jasa yang sederhana. Sedulur dapat mengelola bisnis ini dari rumah, memberikan kemudahan dalam pengelolaan bisnis bagi Sedulur dan keluarga Sedulur.

Sebagai pemilik kendaraan, Sedulur juga dapat menyewakan mobil dari perusahaan rental untuk mendapatkan keuntungan. Jika mobil digunakan oleh konsumen, Sedulur akan menerima persentase keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal atau skema bagi hasil.

Meskipun mudah diatur, Sedulur perlu membatasi jumlah mobil sewaan Sedulur untuk menghindari penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sedulur dapat meminta bukti identitas dan melengkapi dokumen seperti fotokopi KTP, SIM A, serta formulir atau surat persetujuan syarat-syarat hipotek. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penipuan oleh orang yang menyewa mobil Sedulur.

3. Fleksibilitas waktu

Bisnis travel mobil memberikan fleksibilitas waktu yang lebih baik bagi Sedulur. Sedulur dapat mengatur jadwal penyewaan mobil sesuai dengan ketersediaan Sedulur, sehingga Sedulur memiliki kontrol penuh atas waktu yang ingin Sedulur dedikasikan untuk bisnis ini. Sedulur dapat menyesuaikan waktu dengan pekerjaan atau kegiatan lain yang Sedulur lakukan.

4. Potensi kemitraan

Dalam bisnis travel mobil, terdapat potensi untuk menjalin kemitraan dengan penyedia layanan lainnya seperti hotel, restoran, atau agen wisata. Kemitraan ini dapat saling menguntungkan, di mana Sedulur dapat merekomendasikan layanan mereka kepada pelanggan Sedulur.

Sementara mereka juga dapat merekomendasikan jasa Sedulur kepada klien mereka. Dengan demikian, Sedulur dapat memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan visibilitas bisnis Sedulur.

5. Pasar yang luas dengan banyak pilihan

Industri travel mobil mungkin kompetitif, tetapi pasar yang tersedia sangat luas dan menguntungkan, sehingga masih ada peluang untuk memasarkan bisnis ini. Masyarakat umumnya merasa lebih nyaman menggunakan mobil untuk perjalanan jarak menengah maupun jauh.

Selain itu, melakukan strategi kemitraan atau kerjasama dengan agen travel, aplikasi online, tempat wisata, atau perusahaan lain dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.

6. Tidak dipengaruhi oleh tren

Bisnis travel mobil termasuk dalam jenis usaha yang tidak terpengaruh oleh tren.Mobil travel dengan kapasitas yang terbatas memberikan rasa aman bagi banyak orang dibandingkan dengan opsi transportasi lainnya.

Selain itu, kebutuhan untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lain tidak pernah berkurang. Apaun tren yang sedang hits dan secepat apapun tren berganti, kebutuhan untuk berpergian akan selalu ada setiap waktu. Terutama saat musim liburan, permintaan yang datang akan sangat tinggi.

Itu tadi informasi seputar cara membuka usaha travel sendiri yang bisa Sudulur jadikan sebagai pertimbangan. Dari penjelasan lengkap di atas, diharapkan Sedulur bisa membuka dan menjalankan usaha dengan lancar di masa-masa awal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!