tips jualan album kpop

Tidak usah ditanyakan lagi, saat ini popularitas K-Pop sangat tinggi penggemarnya dan banyak yang menyukainya. Termasuk di Indonesia, budaya Korea sangat digandrungi bukan hanya musiknya saja, namun segalanya, mulai dari film, series dan lainnya. Nah, di antara itu semua, pecinta K-Pop sangat banyak dan juga siap untuk membeli karyanya. Khusus bagi Sedulur penggemar K-Pop dan ingin berbisnis, Sedulur bisa mempelajari bagaimana cara jualan online album KPop agar bisa laris.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara jualan online album KPop yang bisa Sedulur lakukan. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, kita simak terlebih dahulu kenapa penting untuk menjalankan bisnis satu ini.

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

Alasan jualan album K-Pop

cara jualan online allbum k-pop
IDN Times

Jualan album K-Pop adalah pilihan yang ideal bagi yang ingin menambah penghasilan. Tak sedikit orang meyadari jika K-Pop sendiri telah berpengaruh banyak bagi Indonesia, mengingat semakin banyaknya penggemar K-Pop.

-->

Selain itu, jika Sedulur sangat tertarik di dunia K-Popers tentu jangan melewatkan kesempatan yang satu ini. Tak ada salahnya jika sambil menyelam minum air. Sedulur bisa berjualan album K-Pop kesukaan kepada teman-teman penyuka K-Pop dan mendapatkan keuntungan dari hasil berjualan.

Jadi dengan berbisnis album K-Pop ini, selain pemasukan tetap ada, Sedulur juga bisa sembari menjalankan hobi tanpa harus mengeluarkan uang, namun sebaliknya malah mendapatkan uang.

Cara jualan online album K-Pop

cara jualan online album k-pop
JPNN

Penjelasan terkait alasan kenapa penting menjalankan usaha jualan online album K-Pop di atas, tentu sangat menggiurkan. Siapa yang tidak ingin dibayar untuk menikmati dan menjalankan hobinya? Tentu semua orang ingin mendapatkan hal tersebut. Nah, bagi yang memang sudah berniat dan fokus untuk menjalankan bisnis satu ini, ada beberapa cara jualan online album Kpop yang perlu Sedulur lakukan, berikut ini penjelasannya:

1. Persiapan yang perlu dilakukan

Cara jualan online album K-Pop pertama yaitu dengan melakukan persiapan. Pada dasarnya tidak perlu banyak hal yang Sedulur lakukan sebagai persiapan. Hal pertama yang tentu saja harus dipersiapkan yaitu modal uang.

Jika modal belum Sedulur miliki, maka hal yang perlu Sedulur lakukan yaitu menjadi dropship terlebih dahulu. Karena menjadi dropshipper tidak membutuhkan modal sama sekali. Prinsip dari dropshipp yaitu membantu orang lain berjualan.

Sehingga nantinya Sedulur cukup mempromosikan produk dengan cara menaikkan harga. Adapun keuntungan yang diambil nantinya berdasarkan selisih harga yang ditawarkan. Uang adalah modal terpenting, sebab uang yang Sedulur jadikan sebagai modal nantinya digunakan minimal untuk membayar ongkos kirim dari Korea ke Indonesia terlebih dahulu. Sebab sistem yang digunakan ialah sistem penjualan dengan membayar DP terlebih dahulu.

2. Jualan album K-Pop

Cara jualan online album K-Pop kedua yaitu bagaimana cara dan prosesnya? Memang bagi yang baru pertama kali berbisnis akan cukup bingung mempromosikannya. Apalagi bagi yang belum terlalu banyak kenalan dalam dunia per-KPOP-an.

Oleh karena itu, Sedulur harus melakukan persiapan riset pasar. Selanjutnya, langkah cara jualan album K-pop pertama ialah paid promote pada akun fanbase yang berskala besar. Sebelum menggunakan jasa dari paid promote, Sedulur harus menanyakan terlebih dahulu biayanya ke fanbase-fanbase tertentu.

Memanfaatkan fanbase merupakan cara yang paling ampuh, fanbase yang bisa Sedulur manfaatkan yaitu fanbase di Instagram dan Twitter.

3. Beli album K-Pop melalui website

Sedulur harus mengetahui tempat membeli album K-Pop yang terpercaya. Sebenarnya ada 3 tempat pembelian album untuk K-Pop itu sendiri, seperti fansite, seller Korea langsung atau di website. Namun diantara ketiganya, tempat pembelian album yang paling mudah mungkin di seller Korea dan di website.

Jika Seduluringin membeli album KPOP di website, maka pilihlah ktown4u, gmarket, 11treet atau lewat website dari masing-masing agensi. Namun tempat pembelian paling populer yang lebih banyak dipilih biasanya di gmarket atau ktown4u.

Sebenarnya cara beli album KPOP di sana cukup mudah, Sedulur bisa melakukan pembayaran menggunakan akun Jenius atau Paypal.

4. Beli album K-Pop via seller Korea

Cara jualan online album K-Pop selanjutnya yaitu Sedulur bisa membeli lewat seller Korea. . Adapun kelebihan membeli album K-Pop di seller Korea biasanya harganya lebih terjangkau namun resikonya cukup tinggi.

Sebab saat ini banyak pihak-pihak tak bertanggungjawab melakukan penipuan. Namun tenang saja, untuk cara jual album K-Pop dengan membeli album tersebut di seller Korea, caranya bisa mencari di akun Twitter.

Adapun untuk memilih seller Korea Sedulur bisa melihatnya berdasarakn jumlah follower. Namun ini sebenarnya tak terlalu membantu sebab seller Korea biasanya hanya menggunakan akun non permanen alias sekali pakai. Langkah cara kedua ialah meminta bukti/resi pembayaran melalui website yang telah dilakukan oleh seller Korea itu sendiri.

5. Lakukan distribusi

Tahapan selanjutnya, proses distribusi pihak pertama umumnya dilakukan selama 7 hari sesudah tutup PO. Baru kemudian dikirim hingga ke seluruh Indonesia. Sebenarnya pengiriman dari Korea ke Indonesia tidak lama, namun biasanya yang cukup menghabiskan waktu adalah pemeriksaan cukainya.

Sebenarnya hal ini wajar, karena bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelundupan maupun hal negatif lainnya. Sehingga hal ini merupakan bagian atau tahapan yang cukup memakan waktu yang lama.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan dan Seserahan untuk Pemula

Ada beberapa peluang bisnis lain yang bisa Sedulur jalankan selain melakukan cara jualan online album K-Pop. Jika Sedulur merasakan Korean Wave sebagai sebuah peluang dan potensi bisnis, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba berjual hal lain selain album K-Pop.

Berikut ini beberapa peluang lain yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur lakukan:

PO barang import dari Korea

KoreaByMe

Jenis usaha yang pertama yaitu PO barang import dari Korea. Jenis usaha yang satu ini dapat dimulai meskipun hanya memakai akun sosmed saja. Misalnya dengan mencoba jasa titip beli produk, dan Sedulur bisa tetap menjual barang-barang Korea yang sering digunakan artis Kpop asli tanpa harus pergi jauh-jauh ke negeri ginseng.

Adapun produk-produk menarik yang banyak diminati biasanya berupa celana, sepatu, topi, pakaian, make up dan aksesoris. Sehingga kunci sukses menjalankan usaha ini ialah harus rajin melakukan update tentang tren fashion yang sedang tren di Korea.

Pernak pernik serba K-Pop

BP Guide

Bukan hanya cara jualan online album K-Pop yang bisa Sedulur lakukan, namun juga Sedulur bisa melakukan penjualan pernak pernik serba K-Pop. Item yang juga banyak diminati dan bisa dijadikan sebagai produk yang dapat dijual ialah semua aksesoris menarik yang bergambar wajah idolanya.

Selain itu, Sedulur yang ahli menggambar dan memiliki skill dalam bidang desain harus mencoba usaha ala K-Pop yang satu ini.

Sedulur juga harus tahu ada beberapa jenis aksesoris atau pernak pernik K-Pop yang banyak disukai. Berikut daftarnya:

1. BTS Keychain FYG OSM Prestonlast

BTS gantungan kunci K-pop BTS keychain FYG OSM prestonlast adalah gantungan kunci dengan tema BTS. Terbuat dari perpaduan bahan akrilik dan PVC yang berkualitas, sehingga tidak mudah patah dan rusak. Gantungan kunci yang memiliki berat 50 gram ini memiliki tinggi 4 hingga 6 cm.

Siapa yang tidak tahu BTS dan siapa yang tidak ingin gantungan ini? Dijamin sangat laris jika Sedulur menjual aksesoris atau pernak pernik ini.

2. Adam Bubilian Tas Ransel

Adam Bubilian Tas Ransel Backpack Sekolah KPOP adalah tas ransel yang terbuat dari bahan dinir. Tas ini berukuran 30×40 cm. Warna yang tersedia adalah hijau, oranye, hitam, merah muda, dan kuning. Sedulur bisa mencari rekomendasi reseller secara online atau menghubungi koneksi atau jejaring bisnis Sedulur di Korea.

3. Boneka Plush Model K-Pop Army BTS

Boneka Plush Model K-Pop Army BTS BT21 Bangtan Boys adalah boneka kecil dengan tema anggota BTS. Boneka yang memiliki tinggi 22 cm ini didesain dengan imut dan lucu. Bahan pembuatnya adalah PP cotton. Anda bisa memilih varian boneka Tata, Chimmy, Cooky, Shooky, Mang, RJ, Koya, dan Van.

4. Jaket Premium Hoodie Jumper Black Pink

Jaket ini bisa jadi aksesoris yang Sedulur pilih sebagai pernak pernik. Aksesoris terbaik yaitu jaket yang terbuat dari bahan cotton fleece dengan ketebalan sedang. Sablonnya menggunakan sablon digital berkualitas tinggi.

Ada banyak sekali jenis jaket fanbase yang khusus dikeluarkan oleh idol khusus para fansnya. Hal ini bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk menjual pernak pernik menarik yang dijamin laris.

Translator program TV Korea

PentaQ

Rekomenadasi terakhir bisa jadi peluang bagi Sedulur yang mahir bahasa Korea dan Inggris. Sedulur bisa mencoba usaha translator. Sedulur bisa menjual kemampuan menerjemah bahasa Korea dengan menjadi seorang translator pada website-website yang besar.

Berisi program-program TV atau Korea yang sudah diterjemahkan. Pasarnya jangan ditanya, pasti banyak yang menyukai program dari Korea dan akan banyak yang membutuhkan kemampuan bahasa Sedulur.

Daftar di atas merupakan rekomendasi saja, jika Sedulur terpikirkan banyak pernak pernik atau aksesoris yang lebih menarik, tentu Sedulur yang lebih mengetahui. Karena, akan banyak ide dan peluang lain yang muncul, terutama jika insting bisnis Sedulur telah terlatih dengan tajam.

Nah itulah beberapa tips dan cara jualan online album KPop yang bisa Sedulur lakukan, jangan lupa juga untuk tetap displin dalam menjalankan bisnis. Kendatipun bisnis yang dijalankan adalah hobi, namun harus tetap dijalankan secara disiplin dan serius.

Namun, keuntungan menjalankan bisnis yang juga adalah hobi yaitu membuat Sedulur tidak begitu kesulitan dan akan lebih mudah. Setidaknya Sedulur akan lebih mudah dan tidak begitu berat menjalankannya.