brand value adalah

Brand value adalah elemen penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Peran brand value memang tidak secara langsung pada perusahaan, tapi bisa memberikan citra jangka panjang agar dipercaya oleh konsumen sebagai sebuah entitas perusahaan.

Dari perannya tersebut, wajar jika brand value adalah hal yang wajib dipahami oleh pengusaha. Untuk itu, kita akan bahas bersama tentang brand value adalah apa serta bagaimana cara membangunnya dalam artikel ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung simak berikut ini!

BACA JUGA: Memahami Akuisisi dari Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Memahami Konsep Brand Value

brand identity
Freepik

Pengertian brand value adalah tentang sebuah nilai. Secara mendasar adalah nilai yang dimiliki oleh sebuah brand dan melekat di benak konsumen. Brand value adalah jumlah total nilai uang dari nama merek dan logo perusahaan.

Ini juga merupakan indikasi kekuatan merek dan potensinya untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Ada banyak cara untuk mengukur nilai merek. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode riset pasar, seperti survei, kelompok fokus, wawancara, dan studi kepuasan pelanggan.

Cara lain adalah dengan menggunakan metode “penilaian merek” seperti analisis arus kas yang didiskontokan atau metodologi berbasis kelipatan seperti model penilaian ekuitas. Contoh brand value adalah ketika konsumen atau masyarakat umum menilai produk Sedulur dalam benak mereka

Misalnya konsumen menilai produk sabun Sedulur sebagai sabun kesehatan yang dapat menjaga keluarga. Atau produk sepatu Sedulur sebagai sepatu kalangan atas untuk mendukung gaya hidup.

Peran Digital Marketing untuk Brand Value

Freepik

Di era tekonolgi digital saat ini, pentingnya brand value telah meningkat secara signifikan dan memang telah berhasil memberikan bukti nyata terkait perkembangan dan peningkatan bisnis. Ada banyak cara bagi perusahaan untuk dapat membangun brand valuenya.

Salah satu metode paling populer untuk membangun branding yang kuat adalah melalui media sosial. Pemasaran media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Sedulur dan meningkatkan jangkauannya.

Ini membantu untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Sedulur. Metode ini juga membantu Sedulur untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang konsumen inginkan dari produk Sedulur.

Ada sejumlah manfaat yang datang dengan mengembangkan kehadiran online yang kuat untuk perusahaan Sedulur, seperti peningkatan visibilitas, peningkatan basis pelanggan, dan peningkatan penjualan.

Pemasaran media sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran apapun karena memberi Sedulur kesempatan untuk memasarkan produk dengan cara yang menarik. Strategi ini dapat menarik pelanggan baru dan tetap mengikuti perkembangan produk Sedulur.

BACA JUGA: 400 Nama Brand yang Unik dan Estetik untuk Bisnis!

Manfaat Brand Value untuk Bisnis

brand identity
Freepik

Dari penjelasan di atas, brand value adalah hal penting yang berperang vital bagi perkembangan bisnis. Brand value tidak bisa didapatkan dengan mudah tanpa usaha oleh perusahaan Sedulur, namun membutuhkan upaya yang besar.

Sedulur perlu memaksimalkan kualitas dan layanan agar produk Sedulur memiliki value yang tinggi di mata konsumen. Karena itu, penting bagi Sedulur untuk menganalisis value atau nilai seperti apa yang ingin dicapai oleh brand, perusahaan, atau produk itu sendiri.

Berbicara peranan penting brand value tidak lengkap tanpa mengulas apa saja manfaat brand value tersebut. Berikut beberapa manfaat penerapan brand value untuk pengembangan bisnis:

1. Mengenal dan memahami target audience

Manfaat pertama yang bisa Sedulur dapatkan dari brand value adalah membantu Sedulur mengenali dan mengidentifikasi target audience dari produk atau brand. Biasanya, nilai-nilai yang dimiliki oleh sebuah brand akan menarik pasar yang memiliki nilai yang sama.

Hal ini dapat membantu Sedulur memahami lebih baik bagaimana karakter target pasar. Misalnya brand Sedulur mengusung konsep eco-friendly dan kualitas yang berkelas. Maka konsumen atau target pasar Sedulur juga merupakan sekelompok orang yang memiliki ketertarikan atas nilai-nilai tersebut.

Informasi tersebut dapat menjadi acuan bagi Sedulur dalam melakukan analisis target pasar dan membuat strategi pemasaran yang tepat.

2. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Memiliki brand value yang kuat dan positif akan menumbuhkan kepercayaan pada konsumen. Terlebih lagi jika nilai-nilai yang Sedulur usung pada brand dan produk sejalan dengan kualitas yang diberikan. Dalam bisnis di era digital saat ini kepercayaan konsumen menjadi fokus penting.

Kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, yang akan menumbuhkan loyalitas dan pembelian ulang. Selain itu, perkembangan bisnis juga sangat tergantung dengan kepercayaan konsumen. Termasuk terkait pengembangan produk dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan angka penjualan

Tak dapat dipungkiri bahwa angka penjualan sering menjadi target bisnis yang ingin dicapai oleh banyak brand. Memiliki brand value yang baik akan sangat membantu dalam peningkatan angka penjualan yang diharapkan.

Terlebih jika Sedulur dapat membangun brand value yang positif dan menyasar kelompok yang sesuai dengan target pasar. Misalnya ketika Sedulur memasukkan nilai sosial pada promosi produk yang Sedulur lakukan dengan program khusus.

Program tersebut dapat berupa bantuan makanan sehat untuk anak-anak yang kekurangan gizi di daerah pedalaman Indonesia. Brand value yang seperti ini akan menarik orang-orang yang memiliki nilai serupa dan tentunya mendorong terjadinya penjualan.

4. Meningkatkan branding yang kuat

Manfaat brand value yang selanjutnya adalah membantu perusahaan dalam proses branding. Brand value yang jelas akan mendorong meningkatnya proses branding perusahaan, merek, maupun produk dengan lebih kuat.

Semakin kuat nilai brand yang Sedulur miliki, semakin bagus pula kesan brand tersebut di mata konsumen. Hal ini yang menjadi dasar dan landasan kenapa brand value sangat berperang penting bai sebuah bisnis di era digital saat ini.

5. Meningkatkan harga jual produk

Memiliki brand value dapat memberikan manfaat yang menggiurkan bagi para pebisnis, yaitu meningkatnya harga jual. Dengan implementasi brand value yang tepat, bukan tidak mungkin produk Sedulur mengalami peningkatan harga jual.

Terutama jika dibanding dengan produk-produk kompetitor yang memiliki fitur serupa, namun tidak mengusung brand value seperti Sedulur. Misalnya Sedulur mengusung brand value sebagai produk sepatu yang berkelas dan mewah.

Nilai ini akan mendongkrak harga jual produk sepatu Sedulur dibanding kompetitor, meski mungkin kompetitor juga memiliki sepatu sejenis. Dari sini, dapat dipahami betapa pentingnya memiliki brand value untuk perkembangan bisnis Sedulur.

BACA JUGA: Cara Mendirikan CV, Jenis, Biaya dan Syaratnya Terlengkap 2023

Fungsi Brand Value

Pengertian ekspansi bisnis adalah
Unsplash

Selain penjelasan penting di atas, terdapat juga hal lain yang perlu Sedulur ketahui terkait brand value, terutama terkait fungsinya. Fungsi dari brand value tentu saja dapat memberikan manfaat, sebagaimanaya yang telah dijelaskan di atas.

Adapun beberapa fungsi yang dapat memberikan manfaat bagi bisnis Sedulur yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui nilai finansial yang terdapat pada sebuah merek di pasaran yang. Nilai tersebut ditentukan melalui analisis pada keuangan serta pemasaran.
  • Untuk mengetahui berapa nilai bersih pendapatan yang bisa diperoleh di masa yang akan datang dari sebuah merek.
  • Untuk mengetahui kejelasan, keaslian, diferensiasi, komitmen, konsistensi, kejelasan merek dan sebagainya.
  • Untuk mengetahui berapa nilai total penjualan atau finansial sebuah merek di pasaran.

Cara Meningkatkan Brand Value

usaha warung kopi rumahan
iStock

Setelah mengetahui konsep dan manfaat brand value untuk bisnis, selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara meningkatkannya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, membangun brand value bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan tanpa usaha. Bahkan mungkin penerapan brand value membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus dilakukan secara terus-menerus.

Meski begitu, bukan berarti brand value yang telah Sedulur miliki sekarang akan stagnan dan begitu-begitu saja tanpa perubahan. Dengan strategi yang tepat, Sedulur bisa meningkatkan brand value yang sudah ada. Berikut beberapa cara meningkatkan brand value yang dapat Sedulur terapkan:

  • Menjangkau pasar baru yang lebih sesuai dengan produk.
  • Meningkatkan produksi agar mendongkrak penjualan produk.
  • Melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang tepat untuk pengembangan produk.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk.
  • Menggandeng partisipasi konsumen melalui event yang menarik.

Sebelum menerapkan langkah-langkah tersebut, pastikan Sedulur telah membuat analisis terhadap strategi mana yang tepat untuk brand. Jika Sedulur ingin melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan pihak lain, tentukan dengan baik siapa yang tepat untuk hal tersebut. Intinya, Sedulur perlu melakukan persiapan dan riset yang matang sebelum menerapkan strategi untuk meningkatkan brand value.

BACA JUGA: Contoh Proposal Penawaran Kerjasama untuk Usaha dan Bisnis

Perbedaan Brand Value dengan Brand Equity

Freepik

Selain brand value dalam dunia pemasaran terdapat juga istilah brand equity atau ekuitas merek. Meskipun tampak sama namun sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki definisi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari brand value dan brand equity.

Brand value diukur berdasarkan analisa keuangan serta pemasaran sedangkan brand equity hanya dinilai dari tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan saja. Brand value merupakan nilai bersih sebuah merek atau produk sedangkan brand equity adalah persepsi serta kemampuan konsumen terhadap sebuah merek.

Brand value menggambarkan total nilai dari penjualan sebuah merek di pasaran sementara brand equity menunjukkan kekuatan merek di pasaran. Brand value diukur dari kejelasan, keaslian, komitmen, diferensiasi, kinerja, konsistensi merek dan sebagainya sedangkan brand equity hanya dinilai dari recall value saja.

Produk dengan brand equity tinggi sangat digemari konsumen karena faktor produksi oleh brand kesukaan mereka. Hal seperti ini tidak berlaku bagi brand value.

Meskipun memiliki pengertian dan definisi berbeda tentu saja brand value dan brand equity sama pentingnya bagi pengembangan usaha. Sebab, keduanya sama-sama bisa menjadi tolak ukur seberapa dikenalnya bisnis Sedulur di mata konsumen.

Dari penjelasan di atas, brand value adalah hal yang penting dan akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Sedulur. Semoga penjelasan di atas cukup lengkap untuk membuat Sedulur memahami brand value dan mengaplikasikannya untuk perkembangan bisnis Sedulur, ya!