Bisnis roti 1000an memiliki potensi usaha yang begitu besar. Apalagi cemilan ringan satu ini banyak disukai masyarakat. Selain harganya yang terjangkau, roti seribu punya keunikan tersendiri dalam hal rasa, bentuk, dan cara jualannya. Sedulur juga bisa memulai bisnis roti 1000an dengan modal yang minim, jadi bisa dilakukan dengan cepat dan sederhana.

Namun agar bisnis roti Sedulur berjalan dengan lancar, perlu beberapa tips dan trik dari Aplikasi Super nih. Penasaran bagaimana langkah-langkah efektif untuk memulai bisnis roti 1000an? Yuk, langsung simak dengan seksama penjelasan berikut ini!

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

Keuntungan bisnis roti 1000an

iStock

Walaupun memulai bisnis roti 1000an tidak membutuhkan modal yang besar, namun potensi keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis ini sangatlah besar, asalkan Sedulur dapat memasarkannya dengan tepat.

-->

Keuntungan dalam bisnis roti 1000an dapat dicapai dengan menemukan varian rasa dan bentuk produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan di sekitar Sedulur. Keuntungan juga dapat meningkat jika jumlah produksi roti melebihi modal yang dikeluarkan untuk membuat roti tersebut.

Tips dan cara memulai bisnis roti 1000an

bisnis roti 1000an
iStock

Setelah membaca penjelasan terkait keuntungan dari menjalankan bisnis satu ini, tentu Sedulur lebih yakin untuk menjalankan bisnisnya. Nah, untuk membantu Sedulur, kita simak bagaimana tips cara memulai bisnis roti ini. Berikut cara memulai bisnis roti 1000an terbaik untuk Sedulur.

1. Tentukan budget dan varian rasa

Memulai bisnis roti 1000an tidak membutuhkan modal besar karena banyak pengusaha yang sukses dengan menggunakan bahan berkualitas tingkat kedua.  Misalnya, ragi dapat digunakan sebagai pengganti telur untuk membuat roti tetap mengembang, dan isian roti dapat disesuaikan dengan bahan yang tersedia. Meskipun menggunakan bahan berkualitas tingkat kedua, kualitas produk harus tetap dijaga dengan mengandalkan kreativitas dalam mengolah bahan yang terjangkau.

Selain itu, dalam bisnis roti 1000an, penting untuk menawarkan varian rasa yang beragam sesuai dengan preferensi konsumen.  Menyediakan varian rasa dasar seperti cokelat dan keju yang disukai banyak orang, serta varian rasa modern seperti pizza dan sosis, dapat meningkatkan minat konsumen. 

2. Pilih tempat berjualan strategis

Sebagai awal, Sedulur dapat memulainya dari rumah, karena bisnis ini cocok dilakukan di daerah permukiman. Hal ini memudahkan akses bagi pelanggan setempat dan memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis.

Namun, seiring dengan perkembangan bisnis, pertimbangkanlah untuk memindahkan lokasi penjualan ke tempat yang lebih besar dan strategis. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan peralatan yang lebih banyak untuk memproduksi roti 1000an dalam jumlah yang lebih besar. Dengan memiliki lokasi yang lebih luas dan strategis, Sedulur dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kapasitas produksi secara efisien.

3. Menyiapkan peralatan

Dalam proses pembuatan roti 1000an, Sedulur akan memerlukan peralatan baking yang penting seperti mixer, mixer proofer, dough divider, dan oven. Penggunaan dough divider sangat disarankan untuk menghasilkan roti dengan kualitas yang lebih maksimal.

Namun jika tidak tersedia, Sedulur tetap dapat membagi adonan secara manual dengan cara yang merata. Pemilihan peralatan yang tepat akan memudahkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses produksi bisnis roti 1000an yang Sedulur lakukan.

4. Membuat promosi

Promosi merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis roti. Untuk menarik minat pelanggan potensial, penting bagi sedulur untuk merencanakan strategi promosi yang efektif yang sesuai dengan target pasar yang dituju.

Memanfaatkan media sosial juga merupakan cara yang efektif dalam promosi bisnis roti. Sedulur dapat memasang iklan melalui media sosial dengan mencantumkan nomor kontak atau informasi yang relevan.

5. Buat riset pasar

Riset pasar akan membantu sedulur untuk mengidentifikasi kompetitor yang ada dalam bisnis roti 1000an. Dengan mengetahui kompetitor dan menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka, sedulur dapat mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif untuk membedakan produk bisnis roti 1000an Sedulur dari pesaing. 

Selain itu, riset pasar juga akan membantu Sedulur untuk memahami posisi pasar saat ini dan mengidentifikasi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pangsa pasar.

6. Membuat produksi besar

Dalam bisnis roti 1000an, meningkatkan produksi menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan dan keuntungan yang signifikan. Dengan skala produksi yang besar, Sedulur dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih efisien, meningkatkan profitabilitas, dan memperluas jangkauan pasar.

7. Memperluas jangkauan distribusi

Untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, Sedulur perlu memperluas jangkauan distribusi produk bisnis roti 1000an. Selain menjual secara langsung di toko atau gerai milik sendiri, pertimbangkanlah untuk menjalin kerja sama dengan toko kelontong, warung dan supermarket.

Selain itu, memanfaatkan teknologi dengan membuka saluran penjualan online juga dapat membantu menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan meningkatkan omset.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan dan Seserahan untuk Pemula

Resep bisnis roti 1000an

What to Cook Today

Nah, setelah menyimak tips untuk menjalankan bisnis di atas, sebagai rekomendasi menu bagi Sedulur. Kita akan bahas resep roti seribuan yang bisa jadi salah satu referensi Sedulur. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

Bahan A:

  • Tepung dengan kandungan protein tinggi 360 gr
  • Ragi instan 4 gr
  • Gula 40 gr
  • Susu cair 205 gr
  • Whipping cream 60 gr
  • Susu bubuk 20 gr

Bahan B:

  • Garam 2 gr
  • Mentega 30 gr

Bahan olesan:

  • Kuning telur 1 butir
  • Susu cair 1 sendok makan

Langkah-langkah:

  1. Uleni bahan A hingga setengah kalis, kemudian tambahkan bahan B dan uleni kembali hingga adonan menjadi kalis elastis. Bentuk adonan menjadi bulat dan istirahatkan hingga mengembang.
  2. Kempiskan adonan dan potong-potong menjadi bagian berat 50 gr. Bulatkan dan istirahatkan kembali selama sekitar 10 menit. Pipihkan adonan dan beri isian sesuai selera. Letakkan adonan di atas loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti.
  3. Istirahatkan adonan lagi hingga mengembang, kemudian olesi dengan bahan olesan. Panaskan oven pada suhu 190 hingga 200 derajat celsius. Panggang adonan selama sekitar 13 hingga 15 menit atau hingga matang.
  4. Angkat roti dari oven dan segera olesi dengan mentega. Setelah dingin, roti Taro siap disajikan.

Nah itulah penjelasan terkait tips dan cara menjalankan bisnis roti 1000an beserta dengan rekomendasi resep dan cara membuatnya. Tentu tujuannya agar memudahkan Sedulur agar bisa menjalankan bisnis ini lebih mudah lagi.

Salah satu tempat belanja atau kulakan kebutuhan bisnis kuliner hanya di Aplikasi Super. Lewat aplikasi ini, Sedulur bisa membeli berbagai macam kebutuhan bisnis takoyaki seperti minyak goreng, tepung terigu, sampai bumbu-bumbu penyedap dengan harga murah.

Tak hanya itu saja, Sedulur juga bisa mendapatkan banyak cashback ketika belanja dalam jumlah besar. Barang yang dibeli juga bakal diantar langsung sampai rumah Sedulur dan ongkirnya gratis lho. Menarik sekali bukan? Jadi buruan download Aplikasi Super dan rasakan kemudahan dalam belanja hingga bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah!